Voli Pantai : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Manfaat, Teknik Dan Aturan Permainannya

Posted on

Voli Pantai – Voli pantai merupakan salah satu arti olahraga tim yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari dua pemain, yang dilakukan di lapangan pasir yang dibagi dengan net.

Seperti halnya voli dalam ruangan, tujuan permainan ini adalah mengirim bola melewati net dan menjatuhkannya ke sisi lawan di lapangan dan untuk mencegah upaya yang sama dari lawan.

Setia[ tim diperbolehkan hingga tiga kali sentuhan untuk mengembalikan bola melewati net dan pemain individu mungkin tidak menyentuh bola dua kali berturut-turut kecuali setelah melakukan blocking, yang merupakan salah satu teknik dasar dalam voli pantai.

Secara historis pada dasarnya voli pantai adalah evolusi alami bola voli yang mulai muncul di pantai-pantai Santa Monica California, sekitar tahun 1920.

Pengertian Voli Pantai

Voli pantai adalah permainan yang memberikan kegembiraan yang bagi para penonton. Banyak orang suka memainkan olahraga yang ini di pantai, karena permainan ini memang menarik sehingga populer di seluruh dunia.

Voli pantai dimainkan di lapangan pasir denngan bola voli ringa dan net/jaring yang membagi lapangan menjadi dua area.

Voli pantai merupakan varian dari bola voli normal yang dimainkan di pasir dan memiliki aturan praktis yang sama dengan jenis permainan bola besar voli asli, tapi salah satu perbedaan terbesarnya yakni dimainkan oleh tim yang terdiri dari dua pemain.

Pengertian Voli Pantai Menurut Para Ahli

Adapun definisi voli pantai menurut para ahli diantaranya yaitu:

  • Collins English Dictionary
    Voli pantai adalah permainan bola voli yang dimainkan di atas pasir dengan dua tim yang masing-masing terdiri dari dua pemain.
  • Cambridge Dictionary
    Voli pantai adalah suatu bentuk bola voli yang dimainkan di atas pasir oleh dua tim yang terdiri dari dua pemain.

Sejarah Voli Pantai

Bola voli pantai mungkin pertama kali dimainkan di Hawaii pada tahun 1915, ketika Outrigger Beach dan Canoe Club mendirikan court (gerai) di Pantai Waikiki. Namun sebagian besar orang percaya bahwa itu dimulai di Santa Monica, California, pada 1920-an, sekitar 25 tahun setelah versi dalam ruangan permainan ditemukan di sisi lain Amerika Serikat di Massachusetts.

Baca Juga :  Karate :  Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan dan Manfaatnya

Olahraga ini dimulai sebagai bentuk kesenangan keluarga di pantai, dan daya tariknya yang luas dan biaya rendah membuatnya segera menyebar ke seluruh dunia. Pada 1930-an itu dimainkan di tempat-tempat yang paling aneh: Riga, Sofia dan Praha, ibu kota Latvia, Bulgaria, dan Cekoslowakia.

Olahraga ini mendapatkan dorongan selama terjadinya Great Depression (Depresi Hebat). Warga Amerika yang kekurangan uang berbondong-bondong ke pantai untuk memainkan apa yang sebenarnya merupakan hobi tanpa biaya dan sumber hiburan gratis.

Pada 1950-an, kompetisi diadakan di California. Termasuk dalam program ini adalah kontes kecantikan dan bentuk hiburan lainnya. Ketika olahraga terus berkembang, itu tidak lama sebelum sponsor datang untuk mengambil keuntungan dari popularitas bola voli pantai, dan pada tahun 1970-an tur voli pantai pro penuh diselenggarakan.

Pada tahun 1986, Federasi Voli Internasional mengakui olahraga ini. Sejak itu, tur dunia voli pantai telah menyebar dari Amerika Serikat ke Asia dan Eropa. Pada tahun 1999 ini menampilkan dua belas acara terbuka untuk pria dan enam untuk wanita dengan total hadiah uang US $ 3,66 juta. Tur 1999 menarik lebih dari 460.000 penonton.

Bola voli pantai adalah olahraga demonstrasi di Olimpiade 1992 di Barcelona, dan tak lama kemudian Komite Olimpiade Internasional mengumumkan bahwa olahraga itu akan dimasukkan dalam pertandingan 1996 di Atlanta.

Tujuan Voli Pantai

Sama halnya seperti permainan bola voli pada umumnya tujuan dari voli permainan bola voli yakni untuk mengirimkan bola voli melewati net agar bola tersebut jatuh di wilayah/area permainan lawan dan untuk mencegah usaha yang sama dari tim lawan.

Manfaat Voli Pantai

Berikut ini beberapa manfaat voli pantai bagi kesehatan diantaranya:

Latihan Kardiovaskular

Permainan bola voli dalam ruangan dikenal karena dapat melatih kardiovaskular secara intensif. Tuntutan permainan memaksa pemain untuk melompat dan berlari, meningkatkan detak jantung dan daya tahan mereka.

Dalam voli pantai, lapangan pasir menciptakan resistensi atau daya tahan. Ini meningkatkan intensitas latihan kardiovaskular, yang membakar lebih banyak kalori. Seiring waktu, pemain bola voli mengembangkan daya tahan dan stamina yang sangat baik.

Pengkondisian Daya Tahan Tubuh

Daya tahan adalah salah satu komponen kunci untuk membentuk tonus otot. Dengan bermain bola voli di pasir, para pemain voli pantai dipaksa untuk menggerakkan kaki mereka dua kali lebih keras daripada yang harus mereka lakukan di lapangan dalam ruangan. Ini menguatkan dan mengencangkan otot dan menciptakan latihan yang intens bagi seluruh tubuh.

Meningkatkan Kelincahan/Ketangkasan

Ini bisa menjadi tantangan untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas kita di lapangan pasir. Dengan pasir yang terus-menerus bergeser di bawah kaki kita, kita dipaksa untuk dengan cepat mengubah posisi kita, entah kita sadari atau tidak.

Baca Juga :  Lari Jarak Jauh : Pengertian, Sejarah, Teknik Dan Peraturannya

Hal tersebut meningkatkan denyut jantung kita dan mengaktifkan otot-otot yang dapat berkedut secara cepat, yang seringkali terabaikan dalam sebagian besar latihan.

Menyediakan Aktivitas Sosial Luar Ruang

Menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam ruangan dapat merusak kesehatan mental dan fisik kita. Faktanya, hidup dengan gaya hidup yang tidak bergerak dan tertutup ditunjukkan untuk meningkatkan gejala depresi dan kecemasan.

Untungnya, bola voli pantai memberikan kesempatan untuk keluar, berolahraga, dan mendapatkan teman baru. Olah raga ini memiliki reputasi sebagai kegiatan spontan di mana permainan seadanya biasa dilakukan.

Ketika kita berada di komunitas bola voli pasir, kita pasti akan bertemu banyak orang baru. Jika kita mencari kegiatan sosial baru, pertimbangkan untuk bergabung dengan liga atau mendaftar pada olahraga luar ruangan.

Ukuran Lapangan Voli Pantai

Panjang Lapangan berpasir = 16 meter
Lebar lapangan berpasir = 8 meter

Ukuran Bola Voli Pantai

Warna bola lebih cerah
Diameter Lingkaran / keliling bola (66 – 68 cm untuk FIVB Kompetisi Internasional)
Berat bola (260 – 280 gram)
Tekanan dalam bola (171-221 mbar atau hpa (0,175 – 0,225 kg/cm2).

Jumlah Pemain Voli Pantai

Jumlah pemain setiap regu terdiri atas 2 pemain. Bisa keduanya pria untuk kelas men dan keduanya wanita untuk kelas women.

Teknik Voli Pantai

Nah berikut ini beberapa teknik dasar dalam permainan voli pantai yang harus dikuasai oleh para pemainnya diantaranya yaitu:

Teknik Servis

Teknik servis merupakan teknik memukul bola untuk menghidupkan permaianan. Dalam voli pantai, ada beberapa cara untuk melakukan  servis yaitu:

  • Servis dengan ayunan tangan dari arah bawah ke atas
  • Servis dengan ayunan tangan dari samping
  • Servis dengan ayunan tangan dari atas
  • Jump smash.

Sebelum melakukan servis terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemain yaitu sikap badan, pandangan mata, dan waktu atau timing atau perkiraan waktu memukul bola servis

Teknik Passing

Teknik passing merupakan teknik mengoper bola kepada kawan untuk mengatur ritme bola sehingga saat akan menyerang sudah mempunyai tumpuan bola yang akurat.

Dalam voli pantai, teknik ini tentunya juga sangat dibutuhkan. Terdapat dua jenis passing dalam permaianan voli pantai diantaranya yaitu passing bawah dan passing atas.

Teknik Smash

Pukulan smash merupakan teknik memukul bola dengan keras dan menghujam tepat ke arah area pertahanan lawan yang bertujuan untuk memperoleh poin atau nilai.

Dalam melakukan pukulan smash penting untuk memperhatikan aspek awalan, tolakan, pukulan dan pendaratan tubuh serta posisi lawan.

Teknik Blocking

Teknik bloking merupakan teknik yang digunakan untuk meredam serangan lawan dengan cara menghalangi laju perputaran bola yang datang menuju area pertahanan kita. Teknik yang satu ini dilakukan di depan net atau jaring.

Baca Juga :  Pengertian Kebugaran Jasmani : Konsep, Unsur, Manfaat, Fungsi Dan Tujuannya

Aturan Permainan Voli Pantai

Adapun beberapa peraturan dan regulasi dalam permainan voli pantai diantaranya yaitu:

  • Seperti bola voli dalam ruangan, masing-masing tim selalu berusaha untuk mendaratkan bola di area lawan.
  • Tim yang mampu mendaratkan bola di sisi lawan memenangkan satu poin.
  • Area bermain voli pantai sepenuhnya terbuat dari pasir. Segala jenis batu dan puing-puing dikeluarkan dari permukaan lapangan untuk mencegah segala jenis cedera karena biasanya pemain suka bermain dengan kaki telanjang sehingga tindakan pencegahan ini diambil.
  • Tingkat kedalaman pasir harus minimal 40 sentimeter. Ini dapat meningkat di berbagai kompetisi.
  • Lapangan bola voli standar memiliki panjang 16 meter dan lebar 8 meter dan lapangan berbentuk persegi panjang.
  • Di sekeliling lapangan, ada zona bebas yang memiliki lebar 3 meter dan tidak ada halangan untuk setidaknya ketinggian 7 meter.
  • Pemain di voli pantai bisa bermain dengan kaki telanjang; itu tergantung pada pilihan para pemain.
  • Di setiap tim, hanya ada dua pemain. Jadi total empat pemain bisa saling bersaing.
  • Sistem penilaian dalam voli pantai merupakan hal yang menarik. Tiga set terbaik dimainkan. Dalam setiap set, maksimal 21 poin dapat dicetak oleh tim untuk memenangkan pertandingan. Jika pertandingan dipindahkan ke set ketiga atau set penentuan, maka poin maksimum dikurangi menjadi 15 bukannya 21.
  • Sentuhan tangan terbuka tidak diperbolehkan dalam voli pantai. Segala jenis sentuhan tangan terbuka atau dink atau tip direkomendasikan sebagai tindakan ilegal.
  • Selama pertandingan, jika blocking terjadi di net, maka itu akan dihitung sebagai sentuhan dan jumlah sentuhan yang diizinkan dikurangi menjadi dua.
  • Selama pertandingan, para pemain dapat beralih sisi sesuka hati. Tim dapat mengubah atau mengubah ujung pengadilan di setiap tujuh poin.
  • Net yang digunakan dalam permainan voli pantai ketinggiannya sekitar 8 kaki untuk pria dan 7 kaki 4 inci untuk wanita. Ketinggian net bervariasi untuk remaja. Panjang net tersebut 28 kaki dan masing-masing ujung jala berlapis.
  • Jaring ini juga dibatasi di bagian atas dan bawah dengan kanvas selebar 4 inci.
  • Bola yang diguankan dalam voli pantai bermotif garis-garis dengan warna-warna cerah yang membuatnya terlihat cantik dan menarik. Berat bolanya sekitar 300 gram, dengan udara internal dalam bola adalah sekitar 0,200 kg per sentimeter persegi. Lingkar bola tidak di atas 70 cm dan tidak di bawah 65 cm.

Demikianlah pembahasan mengenai Voli Pantai semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.