Bola Kasti :  Pengertian, Teknik, Peraturan,  dan Peralatan

Posted on

Bola Kasti :  Pengertian, Teknik, Peraturan,  dan Peralatan

Bola Kasti – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas sebuah materi mengenai Bola kasti ,yang meliputi pengertian  bola kasti , teknik , peraturan  serta perlengkapan yang akan di bahas secara lengkap. Permainan kasti  merupakan salah satu jenis olahraga permainan yang dilakukan secara  beregu dengan menggunakan bola kecil. Peralatan yang di gunakannya berupa  bola kasti dan  alat pemukul.

Pengertian Permainan Bola Kasti

Permainan  bola kasti adalah  suatu permainan yang di mainkan oleh dua regu yang masing- masing regu terdiri atas  12 orang. Kasti merupakan sebuah  permainan yang berasal dari Belanda. permainan tersebut dimainkan oleh anak – anak . Permainan bola  kasti termasuk dalam  kategori permainan bola kecil yang di mainkan secara beregu, yaitu regu pemukul  dan   regu penjaga. Permainan di nyatakan menang apabila  salah satu regu  sudah  mengumpulkan poin yang lebih banyak.

Menurut Iwan Ridwan dan Ikman Sulaeman ( 2008 : 12 ) Bola Kasti adalah  salah satu dari  jenis permainan bola kecil. Permainan kasti termasuk permainan yang  beregu. Permainan ini lebih mengutamakan rasa  kegembiraan  dan ketangkasan dari  para pemainnya. Agar dapat  memenangkan permainan, maka  satu regu di tuntut untuk bekerja sama dengan baik.

Teknik Dasar Permainan Kasti

Seperti permainan pada umumnya yang memiliki   teknik – teknik dalam permainannya , seperti  teknik dasar pada permainan softball, teknik dasar baseball atau bisbol. Permainan kasti juga memiliki  beberapa teknik dasar yang harus kuasai. Berikut ini adalah teknik – teknik dari permainan bola kasti :

Teknik Memegang Bola

Langkah – langkahnya, adalah sebagai berikut :

  • Bola di pegang dengan menggunakan seluruh jari – jari tangan
  • Bola di pegang dengan erat – erat agar tidak terlepas
  • Jari – jari tangan terbuka serta menghadap ke atas.

Teknik Melempar Bola

  • Melempar Bola Bawah

Melempar bola bawah bertujuan untuk  mengirimkan bola kepada teman yang berada jarak  dekat. Arah bola bawah menyusur tanah sehingga dalam melemparpun posisi badan agak sedikit  membungkuk.

  • Melempar Bola Lurus

Lemparan bola lurus digunakan   untuk melempar lawan yang sedang  berlari. Kecepatan  dan   arah bola harus tepat mengenai lawan yang sedang  berlari. Sasaran yang di incar adalah punggung ataupun bokong.

  • Melempar Bola Lambung

Lemparan melambung adalah  teknik yang dilakukan  untuk mengirimkan bola operan kepada teman yang berada di posisi  agak jauh. Selain  itu, lemparan ini juga  dipakai   oleh pelambung. Pelambung memberikan bola lambung yang  sesuai dengan permintaan si pemukul. Posisi lambungan yang benar adalah di antara pusar dan dada si pelempar.

Baca Juga :  √ Pengertian Dribbling Bola Basket dan Cara Melakukannya Lengkap

Teknik Menangkap Bola

  • Menangkap Bola Bawah

Teknik menangkap ini dilakukan sesuai dengan arah bola ketika menerima operan dari teman. Posisi badanpun agak jongkok dengan  jari – jari kedua tangan yang  dibuka lebar sehingga bola tidak lepas.

  • Menangkap Bola Lurus

Cara menangkap bola lurus harus berdasarkan pada  arah datangnya bola. Setiap pemain yang menjaga tiang – tiang harus menguasai teknik menangkap bola lurus ini. Karena hal ini untuk memudahkan ketika menangkap bola pemberian dari temannya.

  • Menangkap Bola Lambung

Teknik menangkap bola lambung adalah posisi badan yang  tegak dengan  kedua tangan yang  siap untuk  menerima bola lambung.

 

Teknik Memukul Bola

  • Memukul Bola Lurus

Teknik memukul ini sering digunakan  oleh para pemain bola  kasti karena mudah untuk dilakukan. Dalam melakukan teknik ini, dibutuhkan   tenaga untuk memukul bola sehingga jauh kedepan sehingga tidak mudah untuk ditangkap oleh pihak  lawan.

  • Memukul Bola Bawah

Teknik memukul ini digunakan   untuk mengecoh lawan. Arah bolanya mengarah  ke bawah sehingga tidak mudah untuk ditangkap oleh pihak  lawan. Teknik ini bisa  digunakan   jika  pemain telah  kekurangan tenaga.

  • Memukul Bola Lambung

Teknik memukul bola lambung biasanya dipakai  oleh pemain yang sudah  mahir dan mampu  menguasai arah bola yang datang secara melambung. Teknik ini harus dilatih  secara terus – menerus karena membutuhkan ketepatan ketika   memukul. Jika tidak, maka bola tidak akan mengenai tongkat.

Teknik Berlari

Tips berlari yang baik dan benar, adalah sebagai berikut :

  • Berlarilah dengan selalu menjauhi bola dengan melihat bola.
  • Jangan memegang tiang pertolongan, agar sewaktu – waktu dapat mencoba lari ke tiang bebas lalu  kembali lagi, jika  percobaan itu gagal.
  • Jika bola yang dipukul tersebut  jatuh di dekat tiang pertolongan, maka larilah terus menuju ke tiang bebas.
  • Cobalah untuk lari dan masuk keruang bebas, apabila  bola terpukul atau terlempar tinggi dan
  • Jika ada teman yang gagal dalam percobaannya untuk lari ke ruang bebas, maka  hendaklah teman – teman yang lain turut membantu dengan mencoba berlari masuk ke ruang bebas.

Peralatan Permainan Kasti

  • Bola kecil dengan keliling 20 cm, serta berat 60 – 70 gram
  • Tiang hinggap setinggi 150 cm di atas tanah
  • Tongkat pemukul, yang bergaris tengah 5 cm dengan panjang 50 – 60 cm
  • Patok tali
  • Nomor dada berukuran 25 x 25 cm, berwarna putih.

 

Peraturan Permainan Bola Kasti

Seperti halnya peraturan dalam  permainan baseball dan peraturan softball, bola kasti juga memiliki peraturan – peraturan yang harus di ketahui. Berikut ini  adalah peraturan dari permainan bola kasti :

Ukuran Lapangan Kasti

Ukuran lapangan bola kasti yang terbesar adalah 30 x 60 M dengan ruang pemukul  dan  ruang bebas yang menjadi 30 x 65 M. Ukuran terkecil yaitu  30 X 45 M dengan ruang pemukul  dan  ruang bebas menjadi 30 x 50 M. Ukuran yang besar untuk anak – anak besar, sedangkan ukuran yang  kecil untuk anak – anak kecil atau anak – anak perempuan. Semua garis batas di nyatakan dengan menggunakan kapur, atau tali, atau juga  bilah.  Dapat   juga dengan cara menggali tanah dengan ketentuan yang tidak lebih dari 3cm. Pada ke empat sudut lapangan  dan   pertengahan garis samping ditancapkan bendera.

Baca Juga :  Lari Halang Rintang : Pengertian Dan Cara Melakukan Lari Halang Rintang

Tinggi tiang bendera sekurang – kurangnya adalah  1.50 M dari tanah. Dalam pertandingan bola kasti , di luar garis ( batas ) harus ada tanah  yang kosong yang lebarnya sekurang – kurangnya yaitu 5 M, sedangkan  untuk di luar garis sebelah kiri 10 M. Penonton juga harus berada bagian diluar tanah yang  kosong tersebut.

Lama bermain

Lama pertandingan dari permainan bola  kasti sekurang – kurangnya adalah 2 x 20 menit dan selama – lamanya adalah 30 menit, tidak terhitung waktu istirahat 10 menit.

Regu

Jumlah pemain bola kasti  setiap regu terdiri dari  12 orang pemain. Salah seorang di tunjuk untuk  mejadi kapten regu. Semua pemain memakai  nomor dada yang tampak dengan jelas. Sebelum pertandingan di mulai kapten regu akan menyerahkan daftar nama- nama pemain dengan nomor urutnya kepada wasit. Giliran memukul bola dilakukan juga  berdasarkan  dengan urutan nomornya. Selama pertandingan berlangsung  urutan nomornya tidak boleh di ubah. Wasit juga membolehkan adanya pergantian seorang pemain.

Wasit

Wasit di bantu oleh 3 orang penjaga garis  yang berada di samping kiri, kanan  serta  belakang dan  seorang pencatat nilai.

Tempat pemain

Sebelum pertandingan di mulai, terlebih dahulu  diadakan suatu  undian oleh wasit untuk menentukan regu mana yang akan menjadi regu pemukul atau regu lapangan. Undian dapat   ditentukan dengan suit.

Regu pemukul

setiap pemain berhak untuk satu kali memukul bola terkecuali pemain terakhir yang  berhak  untuj memukul sebanyak tiga kali pukulan. Sesudah   memukul, pemain harus meletakkan alat pemukul di dalam ruang pemukul apabila   pemukul tersebut  berada di bagian  luar pemain tersebut tidak dapat  di nilai terkecuali ia membetulkan nya kembali.

Pukulan Yang Benar

  • Pukulan dinyatakan benar apabila   bola yang di pukul melampaui atau melewati garis pukulan.
  • Disamping itu disaat   bola dipukul, bola tidak boleh mengenai tangan  dan  tidak boleh jatuh di ruang bebas.

Regu Penjaga

Regu penjaga bertugas untuk :

  • Mematikan lawan dengan bola yang di lambungkan.
  • Menangkap langsung bola yang dipukul.
  • Mematikan ruang bebas dengan cara menempati ruang bebas jika ruang bebas tersebut kosong.

Pelambung

Seorang dari regu lapangan menjadi pelambung. Ia melambungkan bola dari dalam petaknya. Selama pertandingan berlangsung , maka pelambung dapat  di tukar atau di ganti dengan pemain yang lain oleh pemimpin regu, asalkan  ketika bola tidak dalam permainan.

Baca Juga :  Senam : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Jenis - Jenisnya

Pembantu Pelambung

Pembantu pelambung berdiri di belakang pemukul, dengan jarak yang sekurang – kurangnya dua langkah  yaitu lebih kurang 1,50 M.

Mendapatkan Nilai

Seorang pemukul akan memperoleh   nilai 2, jika  ia bisa lari dari ruang pemukul menuju ke tiang bebas kemudian  kembali ke ruang bebas dengan selamat, atas pukulan nya sendiri. Jika   perjalanan kembali ke ruang bebas tersebut  di lakukan dalam 2 atau 3 bagian dengan selamat  dan   pukulannya benar , maka pelari akan mendapatkan  nilai 1. Setiap anggota regu lapangan akan mendapatkan  nilai 1, jika  bisa  melakukan satu kali tangkap bola. Jika  pada saat akhir pertandingan jumlah nilai dari  kedua regu sama besar, maka regu yang mendapatkan  nilai lari terbanyak akan  di nyatakan menang.

Pertukaran Bebas

Pertukaran bebas bisa terjadi jika :

  • Setelah 5 bola tangkap dan belum terjadinya pertukaran.
  • Jika pukulan terakhir dari pembebas adalah  pukulan yang  salah, atau ruang bebas sudah  di bakar, karena tidak seorangpun dari tim regu pemukul yang tinggal.
  • Jika pelari yang masuk ke ruang bebas telah melewati garis belakang ruang bebas.
  • Jika pemain dari regu pemukul keluar ruang bebas tidak untuk memukul.
  • Jika pemain dari regu pemukul telah keluar dari batas lapangan.
  • Jika kayu pemukul pada saat  untuk memukul terlepas dari tangan si pemukul.

Cara Bermain Bola Kasti

Cara bermain bola kasti adalah sebagai berikut :

  • Mula – mula pemain nomor 1 menuju ruang lempar kemudian ia melemparkan bola dengan sejauh – jauhnya.
  • Setelah bola terlepas ia langsung segera menuju tiang pertolongan ataupun dapat  langsung menuju ke tiang bebas.
  • Selanjutnya pemain nomor 2 melemparkan bola. Apabila  lemparan bolanya tersebut  jatuh di luar garis samping maka akan di nyatakan tidak sah, sehingga  pemain nomor 2 hanya boleh berlari ke tiang pertolongan.
  • Setelah pemain nomor 3 melakukan lemparan dengan benar, maka pemain nomor 2 baru boleh berlari ke  tiang bebas, sedangkan untuk  pemain nomor 1 selamat kembali ke ruang bebas maka pemain nomor 1 mendapatkan nilai atau skor satu ( 1 )
  • Ketika pemain nomor 2 berlari ke tiang bebas, di lempar akan namun tidak mengenai sehingga pemain nomor 3 bisa  kembali ke ruang bebas dengan selamat dan ia memperoleh  nilai atau skor dua atau yang dengan run. Berbarengan  dengan itu pemain nomor 2 sampai juga di ruang bebas akan tetapi   ia tidak memperoleh  nilai karena telah  melakukan lemparan yang salah.

Demikianlah ulasan mengenai Bola Kasti : Pengertian, Teknik, Peraturan, dan Peralatan semoga apa yang disampaikan dan  dibagikan dapat bermanfaat untuk kalian semua, sekian dan terimakasih untuk kunjungannya .