Permainan Bola Kecil : Pengertian, Macam Dan Manfaatnya

Posted on

Permainan Bola Kecil – Apakah ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Permainan Bola Kecil? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Permainan Bola Kecil. Nah agar lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil ialah salah satu permainan dari cabang olahraga yang memanfaatkan bola kecil sebagai bahan permainannya karena biasanya dapat menggunakan bahan atau alat bantu yang berupa pukulan yang dapat dimainkan dalam beregu.

Macam-Macam Permainan Bola Kecil

Adapun macam-macam permainan bola kecil diantaranya yaitu:

Softball

Softball merupakan salah satu cabang olahraga yang permainannya menuerupai permainan bola kasti, karena dalam permainan ini sangat menarik dan sama-sama menggunakan bola kasti.

Pada tahun 1891 softball pertama kali diperkenalkan oleh George Hancock yang merupakan ahli bidang olahraga. Sampai saat ini softball merupakan permainan yang banyak disukai oleh masyarakat.

Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau yang biasa dikenal badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat banyak peminatnya dari di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri, karena olahraga ini mempunyai beberapa keutamaan dalam melakukan setiap permainannya.

Olahraga bulu tangkis sangat terkanal dikalangan masyarakat maka dari itu sering sekali diadakannya perlombaan piala dunia bulu tangkis.

Billiard

Billiard merupakan salah satu bentuk permainan yang sangat mudah dan dapat dimainkan pada tempat yang tertutup agar memicu dalam pelatihan otak dan konsentrasi. Permainan billiard dapat dimainkan perorangan ataupun secara tim.

Baca Juga :  Teknik Lompat Jauh

Baseball

Baseball merupakan salah satu cabang olahraga yang dapat dimainkan secara 2 tim dengan cara memukul bola kecil menggunakan bat atau pemukul. Baseball sangat terkenal di negara Amerika, tetapi kurang terkenal di Indonesia.

Kasti

Kasti merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola kecil dalam permainannya. Kasti dimainkan beregu karena untu menjaga kekompakan dalam memainkannya.

Permainan kasti ini dilakukan dilapangan terbuka sehingga setiap pemainannya dapat diciptakan untuk menjaga kedisplinan dan solidaritas antar sesama teman.

Tenis Lapangan

Tenis lapangan merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan raket dengan bola kasti untuk melewati net hingga sampai di titik lapangan lawan.

Dalam permainan ini dapat dimainkan dengan dua pasangan masing-masing antara pemain harus menggunakan untuk memukul bola.

Tenis Meja

Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang terkenal dan banyak digemari oleh masyarakat, karena memiliki teknik cara bermain yang berbeda dengan olahraga lainnya.

Tenis meja sering didengar sebagai permainan bola pingpong dan permainan ini dapat dimainkan secara individu maupun berpasangan.

Permainan Golf

Golf merupakan salah satu olahraga yang cukup terkenal di masyarakat terutama di kalangan atas, karena dalam olahraga ini memerlukan peralatan yang cukup mahal yang tidak semua orang membelinya.

Golf juga mempunyai berbagai macam permainan yang bertujuan untuk memasukan bola ke dalam lubang dari arah yang jauh dan sudah ditentukan.

Manfaat Permainan Bola Kecil

Adapun manfaat permainan bola kecil diantaranya yaitu:

Mengalihkan Perhatian

Bermain bola kecil dengan cara meremasnya dapat membantu kita mengalihkan pikiran yang mengganggu kita, dan membiarkan kita berpikir lebih santai selama beberapa menit.

Mengurangi Ketegangan

Permainan bola kecil saat dilakukannya penekanan pada bola, maka otot-otot di lengan dan pergelangan juga digerakan dan akan ketat, dimana apabila dilepas otot-otot ini akan menjadi rileks, dan mengurangi ketegangan yang kita rasakan.

Baca Juga :  √ Baseball  : Ukuran Lapangan Permainan Baseball  dan   Gambarnya

Merangsang Saraf

Di tangan kita terdapat banyak saraf yang sebagian terhubung ke otak. Saat bola ditekan, saraf-saraf tangan akan dirangsang, secara tidak langsung pun merangsang ke otak. Dengan demikian, otak melepaskan endorfin yang dapat memerangi stres.

Mencegah Cedera Berulang

Kegiatan seperti mengetik, memainkan alat musik, dan menggunakan telepon seluler bisa menyebabkan tangan atau pergelangan mengalami cedera selama beberapa waktu.

Kondisi tersebut dikenal dengan cedera peregangan berulang. Dengan bermain bola kecil, akan memperkuat otot-otot di pergelangan tangan dan membuat tangan lebih fleksibel.

Demikianlah pembahasan mengenai Permainan Bola Kecil semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.