Efektif Dan Efesien: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya

Posted on

Efektif dan Efesien – Kata efektif dan kata efektif adalah kata yang kerap dipasangkan untuk mengatakan sesuatu.

Selain itu, ke-2 kata ini mampu dijadikan untuk tolak ukur atau penilaian suatu pekerjaan atau usaha. Meskipun kerap digunakan, ternyata masih banyak yang salah apalagi tidak tau arti berasal dari kata efektif dan kata efisien.

Memang dapat dikatakan  antara efektif dan efisien merupakan  kedua istilah yang sering kali di hubungkan atau dikaitkan. Akan tetapi yang harus anda ketahui bahwa sebenarnya efektif dan efisien memiliki makna yang berbeda. Diartikan secara singkat efektif mempunyai pengertian “suatu tujuan yang diperoleh secara maksimal atau sesuai dengan apa yang di harapkan”.

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai admin akan menjelaskan mengenai Efektif dan Efesien yang meliputi, pengertian, perbedaan dan juga contohnya.

Pengertian Efektif dan Efisien

Kata efektif dan efisien merupakan kata yang sering diucapkan di dunia pendidikan dan pekerjaan. Efisien dan efektif kebanyakan menjadi satu standar tujuan yang dicapai. Efektif dan efisien juga menjadi faktor penilaian dari suatu keberhasilan yang didapat. Namun masih banyak yang belum mengetahui arti dan perbedaan antara kedua kata tersebut. Dalam artikel berikut ini, penulis mencoba menjelaskan secara sederhana arti dan perbedaan dari kata efektif dan efisien.

Arti Kata Efektif

Menurut KBBI, efektif adalah kata yang memiliki arti ada efeknya. Arti lainnya adalah dapat membawa hasil, manjur, atau mujarab. Jika merujuk pada KBBI, efektif dapat diartikan sebagai sesuatu yang memiliki hasil. Hasil yang dimaksud adalah dalam hal positif atau dapat dikatakan berhasil.

Selain itu, efektif juga dapat dikatakan sebagai sebuah usaha. Usaha untuk mendapatkan suatu hasil, target, atau tujuan. Maka dapat disimpulkan bahwa suatu usaha bisa dibilang efektif ketika hasil, target, atau tujuan yang ditetapkan sebelumnya dapat dicapai. Efektif juga bisa diukur dari ketepatan waktu dalam menjalankannya.

Arti kata efektif menurut para ahli

Selain pengertian di atas, ada beberapa ahli yang menyatakan pendapatnya mengenai efektif. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hidayat
    Hidayat (1986) menjelaskan, efektif adalah suatu ukuran yang digunakan untuk menyatakan target. Melihat dan menyatakan seberapa besar sebuah target telah dicapai. Target disini menjelaskan mengenai kuantitas, kualitas dan waktu. Jika target yang dicapai memiliki persentase yang besar, maka efektifitasnya juga akan besar dan sebaliknya.
  • Sondang P. Siagian
    Menurut Sondang P. Siagian (2001:24), efekti adalah suatu pemanfaatan. Pemanfaatan sebuah sumber daya, sarana dan prasarana yang dilakukan dalam jumlah tertentu. Jumlah tersebut ditetapkan dengan keadaan sadar sebelumnya. Jumlah tersebut juga digunakan untuk menghasilkan beberapa jumlah barang atau jaga kegiatan yang sedang dijalankan.
  • Schermerhorn John R. Jr.
    Efektif adalah sebuah pencapaian target. Target yang dimaksud adalah sebuat output, diukur melalui cara membandingkan. Output anggaran (OA) dibandingkan dengan output realisasi (OS). Ketika hasilnya OA > OS maka disebut efektif. hal tersebut diutarakan oleh Schemerhon John R. Jr. (1986:35)

Arti Kata Efisien

Dalam KBBI, efisien memiliki arti tepat atau sesuai untuk mengerjakan sesuatu. Selain itu efisien juga dapat berarti mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat, berdaya guna, tepat guna. Sesuatu dikatakan efisien ketika tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya.

Arti kata efisien menurut para ahli

  • S.P. Hasibuan
    S.P. Hasibuan menjelaskan, efisien adalah sebuah perbandingan terbaik. Perbandingan yang dimaksud adalah antara output (hasil laba dengan sumber yang digunakan) dan input (masukan) dan juga hasil optimal yang dicapai melalui penggunaan sumber daya yang terbatas.
  • Miranda
    Efisien menurut miranda adalah suatu prediksi. Prediksi yang dimaksud yaitu pengeluaran atau rasio antara kuantitas sumber yang digunakan melalui keluaran yang telah dikirim.
  • Mulyadi
    Mulyadi mengatakan, bahwa efisien adalah suatu ketepatan cara. Cara yang dimaksud adalah sebuah usaha atau kerja untuk menjalankan sesuatu. Akan tetapi, tanpa harus membuang tenaga, waktu dan biaya.
Baca Juga :  E-commerce: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Jenis, Contoh Dan Dampaknya

Perbedaan Efektif dan Efisien

Meskipun memiliki sedikit persamaan, tetapi sebenarnya dua kata ini berbeda. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa perbedaan dari kata efektif dan efisien.

Berkaitan dengan tujuan

Perbedaan antara efektif dan efisien berikutnya berkaitan dengan tujuan. Dalam hal ini, efektif menekankan pada sebuah hasil. Tujuan dari efektif adalah untuk mencapai sebuah hasil yang memuaskan, dan sesuai dengan harapan. Berbeda dengan efisien, efisien menekankan pada sebuah proses. Sebuah pekerjaan atau usaha dapat disebut efisien, jika dijalankan dengan menghemat biaya, tenaga dan waktu. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai sebuah hasil yang maksimal.

Bidang sumber daya dan biaya

Sebuah pekerjaan atau usaha dapat dikatakan efektif apabila sudah menjalankan beberapa tindakan. Tindakan-tindakan tersebut digunakan untuk memenuhi suatu target yang sudah diharapkan. Dalam situasi seperti ini, tidak perlu memikirkan mengenai biaya atau sumber daya yang harus dikeluarkan.

Keadaan sebaliknya, sebuah pekerjaan atau usaha dapat dikatakan efisien saat mampu memanfaatkan sumber daya yang telah ada. Selain itu, sudah mengalami penyesuaian. Dalam situasi ini, jika memungkinkan, tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan. Keluarkan biaya yang sudah direncanakan sebelumnya.

Berkaitan dengan sebuah proses

Sebuah pekerjaan yang terbilang efektif, tidak selalu dilakukan dengan cara yang efisien dan sebaliknya. Karena pendekatan kedua kata tersebut terhadap proses sudah jelas berbeda. Maka dari itu, perlu adanya usaha yang efektif dan juga maksimal. Hal tersebut dilakukan demi mencapai tujuan yang sesuai harapan.

Berkaitan dengan upaya

Efektif adalah sebuah tindakan yang tidak membicarakan mengenai penghematan biaya, tenaga dan waktu. Semua hal bisa dilakukan, asalkan target dapat tercapai.

Berbeda dengan efisien yang mengharuskan untuk melibatkan tenaga, waktu dan biaya. Perlu dilakukan pengelolaan yang baik. Hal tersebut dilakukan supaya dapat mencapai hasil tanpa melakukan tindakan yang boros.

Secara singkat, perbedaan efektif dan efisien dapat dilihat dari table berikut:

Perbedaan Efektif dan Efisien

Contoh Efektif Dan Efisien

Sebenarnya terdapat  banyak sekali contoh yang mengenai Efektif dan Efesien dalam kehidupan sehari – hari, diantaranya sebagai berikut.

  • Jual beli Online
Baca Juga :  Kepemimpinan Pendidikan : Pengertian, Teori, Dimensi Dan Gayanya

Mungkin saat ini hampir setiap orang lebih memilih untuk  melakukan transaksi pembelian melalui Online karena di katakan efektif dan efesien yang artinya pembeli tidak perlu membuang waktu, tenaga dan juga bahkan ongkos untuk datang ke Toko si penjual hanya untuk membeli barang yang sesuai dengan keinginan bahkan anda dapat memperoleh barang tersebut dengan harga yang jauh lebih murah.Hal ini pun berlaku untuk si penjual karena tidak perlu menyewa atau menyediakan lapak untuk berjualan sehingga si penjual tersebutpun bisa  menghemat biaya, waktu dan juga  tenaga.

Bekerja Efektif Dan Efisien

Melakukan latihan bekerja efektif dan efisien, tentunya hal ini sangat penting untuk dilakukan khususnya di lingkungan pekerjaan. Salah satu latihan yang dapat dijalankan adalah dengan menerapkan Apprentice Training yaitu mengerjakan semua pekerjaan atau tugas dengan sangat baik.

Selain itu anda juga dapat  menerapkan On Job Training atau latihan memikul suatu jabatan, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih pengembangan efektivitas serta efisiensi.

Kesimpulan

Pengertian Efektif, Menurut KBBI, kata efektif berkaitan dengan kata efek, efektif berarti menimbulkan akibat, manjur, berhasil dan berlaku. Dari kata tersebut efektif bisa dibilang sebagai suatu akibat yang mengarah positif dan berhasil. Namun dalam pengertian umum lainnya, Efektif adalah sebuah usaha untuk mendapatkan tujuan, hasil dan terget yang diharapkan dengan tepat waktu. Sehingga bisa disimpulkan bahwa suatu pekerjaan dapat dikatakan efektif jika tujuan yang ditetapkan sebelumnya berhasil untuk dicapai.

Pengertian Efisien, Menurut KBBI, kata efisien adalah melakukan pekerjaan dengan tepat dan mampu menjalankan tugas dengan cermat, dan berdaya guna. Pengertian umum menjelaskan efisien adalah usaha yang mengharuskan penyelesaian pekerjaan dengan tepat waktu, cepat dan memuaskan. Sehingga egisien berkaitan erat dengan ketepatan waktu tanpa harus mengeluarkan biaya atau cost yang berlebihan.

Demikianlah penjelasan mengenai Efektif dan Efesien semoga bermanfaat dan membuat kalian lebih memahami mengenai Efektif dan Efisien , terimakasih.