Modernisasi : Pengertian dan Contohnya di Berbagai Aspek

Posted on

Modernisasi : Pengertian dan Contohnya di Berbagai Aspek

Pengertian Modernisasi – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai Pengertian Modernisasi yang akan dilengkapi dengan contohnya  dan dibahas secara jelas . Langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

 

Pengertian Modernisasi

Modernisasi adalah  suatu proses transformasi dengan berupa suatu  perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di lihat dari berbagai aspek  yang ada di kehidupan nyata. Apabila  di artikan secara sederhana bahwasanya modernisasi adalah merupakan  sebuah proses dalam perubahan dari berbagai cara tradisional ke cara yang lebih canggih  yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup di tengah masyarakat.

Apabila  di lihat dari segi perubahan sosial, modernisasi ini adalah suatu  bentuk perubahan yang lebih terarah atau terencana. Perencanaan sosial  ( social planning ) sekarang ini  bisa di katakan sebagai ciri umum pada masyarakat atau Negara yang sedang berkembang. Pada perencanaan sosial seharunya berdasarkan pada pengertian yang mendalam tentang  bagaimana kebudayaan  dapat  berkembang dari proses taraf yang  terendah hingga menjadi taraf yang lebih maju atau modern.

Di Negara Indonesia, berbagai bentuk Modernisasi banyak kita  temui  dari berbagai aspek dalam kehidupan bermasyarakat, di antaranya seperti aspek pertanian, industri, perdagangan, maupun sosial budaya. Seperti  modernisasi yang terajdi  pada aspek pertanian adalah  dengan adanya berbagai teknik pengolahan lahan pertanian  yang baru dengan menggunakan Alat atau mesin, pupuk  dan juga  obat – obatan, irigasi Modern, ariettas –  ariettas unggulan baru dan yang  lain sebagainya. Kesemuanya tersebut merupakan  hasil dari adanya modernisasi.

Dari berbagai bidang yang sudah  di sebutkan di atas  dapat  dikembangkan  melalui  beberapa proses yang cukup panjang sehingga  dapat  mencapai berbagai pola perilaku yang baru dimana berupa di kehidupan masyarakat modern seperti saat ini. Akan tetapi  yang sangat di sayangkan adalah penggunaan istilah dari modernisasi ternyata banyak disalah artikan sehingga di lihat dari segi moralnya di lupakan. Dimana banyak orang yang beranggapan bahwa  modernisasi hanya  sebatas di suatu kebebasan yang sifatnya keduniawian saja . Tidak heran jika  di tengah masyarakat banyak salah kaprah  dalam mengartikan mengenai  konsep modernisasi.

Baca Juga  Wesel : Pengertian Wesel, Unsur, Syarat Dan Macamnya

Sebagai solusi dalam menghindari dari kesalah pahaman  atas  pengertian modernisasi, maka secara global atau secara luas Istilah modern  dapat  di artikan sebagai berikut :

  • Modern dapat juga  disebut sebagai kemajuan yang rasional dari segala aspek atau bidang  dan  meningkatnya taraf kehidupan masyarakat secara keseluruhan dan merata
  • Modern bisa  di artikan berkemanusiaan serta mempunyai  nilai yang  tinggi peradabannya dalam bermasyarkat

Agar modernisasi bisa  di lihat sebagai suatu proses yang tidak mengarah kepada angan saja, maka modernisasi harus mampu menggambarkan kecenderungan yang  berada di tengah masyarakat saat ini ke arah waktu ke masa depan. Proses modernisasi bukan hanya sebatas yang terjadi pada dirinya sendiri, Modernisasi  dapat terjadi apabila  adanya beberapa syarat sebagai berikut :

  • Mempunyai cara berfikir yang ilmiah  dan  melembaga daripada kelas penguasa ataupun masyarakat.
  • Adanya system administrasi yang sangat baik dan memang benar – benar mampu mewujudkan birokrasi.
  • Menggunakan system pengumpulan data yang baik dan
  • Menciptakan suatu iklim yang menyenangkan oleh masyarakat kepada modernisasi dengan memanfaatkan cara penggunaan alat – alat komunikasi massa.
  • Tingkat organisasi yang tinggi, Khususnya disiplin diri.
  • Adanya berupa Sentralisasi wewenang pada saat melaksanakan perencanaan sosial.

Terdapat beberapa hal yang harus  dipahami yang mana bahwasanya modernisasi sangat berbeda dengan westernisasi. Dimana  pengertian modernisasi adalah  suatu proses transformasi dengan berupa perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di lihat dari berbagai aspek di kehidupan nyata, Sedangkan westernisasi  adalah  suatu proses peniruan dari masyarakat atau negara dari budaya luar seperti negara Barat yang di anggap lebih baik dari kebudayaannya sendiri.

Contoh Modernisasi

Komunikasi

Seperti yang kita ketahui bahwa komunikasi adalah  suatu hal yang sangat penting yangmana bisa membantu manusia supaya  tetap hidup. Komunikasi secara tidak sadar maupun sadar di lakukan setiap saat seperti ketika  berbisnis, mengenyam pendidikan, dan juga  berbagai komunikasi dengan teman atau keluarga  yang ada di dalam rumah. Disamping  itu, Pengertian Komunikasi merupakan suatu usaha yang diperlukan  untuk membangun  dan juga  membina pada suatu hubungan. Maka dari itu kualitas dari  komunikasi harus di prioritaskan  dan juga  di tingkatkan. Akan  tetapi bagaimana keadaan masyarakat sekarang ini di lihat dari sisi komunikasi ? Dan bagaimana juga  hasil keadaan dengan keadaan sebelum teknologi ada ?

Baca Juga  √ Pengertian Pendidikan Secara Umum, Etimologi, Undang-Undang & Menurut Para Ahli Serta Tujuan - Fungsi - Manfaat - Ciri - Ruang Lingkup

Sebelum :

Tidak adanya media penghalang dari hubungan interpersonal yang terjadi secara langsung tanpa adanya suatu perantara. Komunikasi di penuhi dengan berbagai interaksi eye – contact sebagai tambahan dari nilai kedekatan. Disaat  melakukan komunikasi dengan jarak yang cukup jauh, pesan di antar dengan  melalui surat serta  diterima dengan waktu yang lama. Jadi, hal tersebut akan menjadi penghambat apabila  mengirim pesan yang sifatnya darurat atau penting.

Sesudah :

Teknologi hadir sebagai  sebuah solusi dengan berbagai ketersediaan yangmana dapat  memudahkan dari segala hal komunikasi. Sehingga kita tidak  harus memerlukan  waktu yang  lama supaya dapat  menerima pesan singkat. Bahkan beberapa di antaranya teknologi memberikan berbagai inovasi sebagai pengekspresikan apa saja yang kita rasakan ataupun  berbagai kegiatan yang sedang dikerjakan, baik itu melalui Post – profile, foto, atau video. Akan tetapi  secara tidak sadar, dunia maya sudah  mengalihkan perhatian kita dari dunia nyata dan pada akhrinya dunia maya sendiri lah yang akan menghancurkan kualitas interaksi interpersonal.

Pekerjaan

Setiap manusia di berbagai usia pasti melakukan pekerjaan, baik itu pekerjaan yang  bersifat  pendidikan ( Sekolah ) atau pekerjaan kantor. Pada  zaman sebelum industri berkembang, masyarakat melakukan setiap pekerjaannya dengan cara tradisional yaitu  dengan cara memanfaatkan tenaga manusia, ataupun  terkadang dengan bantuan hewan seperti membajak sawah. Suatu pekerjaan tanpa  adanya spesialisasi bisa menyebabkan waktu menjadi lebih lama untuk menyelesaikannya. Sementara  itu di masa sekarang ini, hampir semua pekerjaan manusia di lakukan dengan  serba cepat dan mudah. Akan tetapi  yang menjadi pertanyaan adalah apakah dengan semua hal tersebut menjadi lebih baik ?

Sebelum:

Dengan tidak adanya teknologi atau mesin dalam membantu setiap pekerjaan, maka manusia hanya  dapat  mengandalkan pikiran  dan  tenaga yang terbatas di kalangan internal. Setiap pekerjaan tersebut belum mengalami tahap di ferensiasi yang membagi pada setiap tenaga kerja pada spesifikasi tertentu. Sehingga, dengan keterbatasan pada setiap tenaga manusiapun akan  mengharuskan pekerjaan dilakukan oleh banyak tenaga kerja, sehingga  harus banyak modal yang dikeluarkan hanya untuk kebutuhan SDM.

Sesudah:

Sekarang ini pekerjaan sudah  mengalami diferensiasi dengan baik, dan  telah ada  banyaknya mesin yang membantu pekerjaan manusia serta  mengurangi penggunaan SDM. Pada setiap Karyawan diberikan tugas  yang secara khusus dengan memberikan deadline tertentu, hasilnya pada setiap orang yang bekerja tersebut  akan menjadi kehilangan banyak waktu dalam menyelesaikan berbagai tugas. Dengan begitu para pekerja harus rela mengesampikan waktu bersama  dengan keluarga dan juga  berinteraksi bersama pekerja yang  lainnya.

Baca Juga  √ Pengertian Modernisasi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri - Syarat - Dampak - Contoh

Pendidikan

 Dapat  di katakan bahwa modernisasi serta  globalisasi sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan seperti sekarang ini, dilihat dari sisi negatif maupun positif. Beberapa manfaat seperti teknologi yang kita gunakan sekarang ini merupakan hasil dari globalisasi. Meskipun  demikian, tetap saja  ada kelemahannya.

Sebelum:

Dalam proses belajar sebagai media pengetahuan dengan  menggunakan buku yangmana bisa membuang kertas dengan banyak dan juga  terkadang kertas tersebut yang kita gunakan di buang  dengan begitu saja. Tidak hanya itu saja , pendidikan konvensional  dapat  dikatakan  masih kurang efektif karena tidak mengedepankan kreativitas dari  para siswa. Bahkan jika  di lihat dari kondisi ruang kelas masih dapat dikatakan  kurang memadai.

Sesudah:

 Saat ini para guru dididik untuk menggali kreativitas dari setiap siswa, dengan dukungan  yang berupa kecanggihan teknologi yang  menjadikan setiap anak mampu  mengakses internet atau Aplikasi  yang lainnya dengan sangat mudah dimana saja dan  kapan saja. Akan tetapi  dengan kecenderungan  dari penggunaan internet pada anak  yang dilakukan setiap saat tanpa adanya  pengawasan  dari orang tua seringkali di pergunakan untuk berbagai hal yang bisa  merusak moral anak seperti pornografi  dan  beberapa kegiatan lainnya yang seharusnya tidak diperlukan .

Demikianlah penjelasan di atas mengenai Modernisasi : Pengertian dan Contohnya di Berbagai Aspek yang dapat dijelaskan . Semoga apa yang admin sampaikan mudah untuk di pahami dan juga dapat memberikan manfaat untuk anda semua , sekian dan terimakasih.