√ Pengertian Sinopsis Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri – Fungsi – Jenis – Cara Membuat – Contoh

Posted on

Pengertian Sinopsis Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri – Fungsi – Jenis – Cara Membuat – Contoh

Pengertian Sinopsis Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri – Fungsi – Jenis – Cara Membuat – Contoh – Dalam pelajaran bahasa Indonesia, sinopsis menjadi salah satu bab yang menarik untuk dibahas. Sinopsis berhubungan erat dengan beberapa media pembelajaran, seperti novel, cerita atau bahkan film. Tentu untuk bisa memahami sinopsis dengan baik, maka memiliki pengetahuan tentang pengertian sinopsis menjadi hal awal yang harus kalian lakukan.

Seringkali, beberapa orang menganggap remeh pengertian dari sesuatu, mereka enggan membaca apa definisi awal dari sesuatu tersebut. Padahal membaca definisi adalah langkah awal untuk memahami sesuatu dengan lebih detail. Begitu pula dengan sinopsis, kalian harus memahami terlebih dahulu, definisi lengkap dari sinopsis sebelum mengenal hal-hal lainnya. Nah untuk lebih memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Sinopsis Secara Umum

Sinopsis berasal dari kata synopical yang artinya ringkas. Jadi secara umum sinopsis merupakan ringkasan atau garis besar dari sebuah cerita panjang atau naskah. Ketika kita membaca sebuah cerita, entah itu non fisik atau fisik pasti akan membaca sinopsisnya terlebih dahulu. Sinopsis harus mencakup semua hal tentang hasil karya tersebut, jadi satu cerita yang panjang, diringkah menjadi beberapa paragraf saja.

Pengertian Sinopsis Menurut Para Ahli

Adapun pengertian sinopsis menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

  • Menurut Dr. Gorys Keraf yaitu ahli dalam bahasa, kelahiran Nusa Tenggara Timur adalah summary atau ringkasan atau precis yang paling efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang menjadi lebih pendek.
  • Sedangkan pengertian sinopsis menurut kamus besar bahasa indonesia, sinopsis merupakan karangan ilmiah biasa digunakan bersamaan dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis tersebut, sinopsis secara garis besar ialah ringkasan, abstraksi atau ikhtisar karangan.

Ciri-Ciri Sinopsis

Adapun ciri-ciri sinopsis yang diantaranya yaitu:

  • Alur atau jalan ceritanya disusun secara berurutan dari awal sampai akhir atau kronologis dan tepat. Alur atau plot sinopsis sebaiknya sama dengan alur cerita aslinya.
  • Bahasa yang digunakan hendaknya menggunakan jenis bahasa persuasif atau berupa kalimat ajakan dan bujukan supaya calon pembaca tertarik untuk membaca bukunya.
  • Menampilkan konflik secara detail, ringkas dan menarik.
  • Membuat penasaran untuk calon pembacanya.
Baca Juga  √ Pengertian Anekdot Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Struktur - Ciri - Tujuan - Unsur - Contoh

Fungsi Sinopsis

Sinopsis memiliki fungsi yang banyak sekali, fungsi yang paling utama untuk menggambarkan atau menjelaskan sebuah naskah atau cerita secara singkat dan ringkas. Sinopsisnya juga digunakan untuk prolog maupun epilog dari sebuah pementasan drama. Sinopsis menggambarkan secara eksplisit  dari sebuah cerita.

Bahkan digunakan sebagai pedoman dari para pemain untuk lebih mudah berimpovisasi. Sinopsis seperti memudahkan kita dalam memahami sebuah cerita atau naskah. Di setiap cerita pasti memakai sinopsis, entah itu berbentuk buku, film atau pementasan.

Jenis – Jenis Sinopsis

Untuk memahami pengertian sinopsis, kalian juga harus memahami apa saja jenis dari sinopsis itu sendiri. Sinopsis dibagi menjadi tiga bagian, ada sinopsis fiksi, sinopsis non fiksi dan sinopsis esai.

Setiap jenis sinopsis memiliki metode pembuatan yang berbeda. Sinopsis fisik tentunya digunakan untuk membuat cerita singkat dari sebuah cerita fisik. Sedangkan non fisik digunakan untuk sinopsis singkat dari cerita non fisik. Biasanya ditulis di sebuah novel, sinopsisnya pun dibuat agak menggantung, supaya tidak tahu endingnya.

Sedangkan sinopsis esai, lebih menceritakan isi singkat dari artikel akademik yang dibuat, misalnya pada skripsi, ditulis sebuah sinopsis singkat. Dari hasil skripsi, metode yang digunakan dan lainnya. Semua hasilnya harus ditulis sesingkat mungkin dan tidak boleh betele-tele.

Sinopsis maksimal dibuat satu halaman, pada saat menulisnya pun harus memakai alur yang jelas, gaya bahasa yang persuasive, konflik dan penyelesaian masalah ditulis dengan singkat dan membuat penasaran bagi para pembaca.

Cara Membuat Sinopsis

Sinopsis ialah ringkasan cerita atau dengan kata lain pemendekan cerita dari cerpen, novel, dan drama dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik cerpen dan novel tersebut. Membuat sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan cerita yang panjang dalam bentuk yang singkat.

Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli. Langkah-langkah membuat sinopsis sebagai berikut:

  • Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.
  • Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan-gagasan yang penting.
  • Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke-2. Kita hanya menggunakan kalimat yang padat, efektif dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
  • Dialog dan menolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.
  • Ringkasan/sinopsis novel atau naskah drama tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel atau naskah drama.
Baca Juga  Opini Publik : Pengertian Opini Publik, Ciri, Karakteristik  Dan Tahap Pembentukannya

Contoh Sinopsis

Nah berikut ini ialah tiga contoh sinopsis film pendek karya anak bangsa yaitu:

Sinopsis Film Pendek “Mata Bintang”

Seorang pemula yang datang ke desanya untuk melepas kepenatannya dari rutinitas kuliah di kota. Saat Bintang pulang kedesanya ia bertemu dengan kawan lamanya saat di desa dulu yaitu Ferry. Bukan hanya ingin berlibur dan bertemu teman lama saja, Bintang juga ingin bertemu dengan Devi orang yang dia sayangi dulu. Tapi tidak disangka Devi malah bersifat dingin saat bertemu dengan Bintang. Devi tak tahu bahwa dulu Bintang pernah menyumbangkan kornea matanya untuk dirinya yang buta warna. Saat Devi ingin mendatangi Bintang, waktu sudah terlambat. Bintang sudah kembali ke kota untuk mendatangi ibunya yang sakit.

Sinopsis Film Pendek “Beda Warna”

Ada dua orang sahabat yang memiliki kegemaran yang sama yaitu minum kopi. Evan dan Andi menyukai minum kopi, hanya saja mereka berdua memiliki selera rasa kopi yang berbeda satu sama lain. Andi lebih menyukai kopi hitam, sedangkan Evan lebih suka kopi susu. Saat Andi mengajak Evan untuk pergi minum kopi bersama. Evan membuat Andi marah, kopi hitam yang dibelikan Andi untuk Evan sama sekali tidak disentuh oleh Evan, dari itulah Andi salah paham dengan perlakuan Evan. Di waktu yang berbeda Evan mengajak Andi untuk pergi minum kopi bersama dan disitulah Evan menjelaskan kenapa dia tidak meminum kopi hitam pemberian Andi waktu itu.

Sinopsis Film Pendek “Sekolah Ku”

Andi adalah seorang anak yang hidup di sebuah desa yang masih asri. Andi seorang anak berumur 17 tahun yang tidak memilih harapan lagi untuk melanjutkan sekolahnya di tingkat SMA, karena biaya yang terbatas. Suatu pagi seperti hari biasa dimana ia membantu ayahnya bekerja disawah, ia terdiam melihat sekelompok anak mengenakan seragam, sepatu dan membawa tas hendak berangkat ke sekolah. Andi hanya bisa berangan-angan kapan ia bisa ikut bersama temannya berangkat sekolah. Harapan Andi untuk sekolah seakan tidak akan pernah terwujud, karena faktor kesejahteraan ekonomi yang rendah dan harus membantu orang tuanya sebagai buruh tani.

Baca Juga  √ Teks Prosedur  :  Pengertian,  Tujuan , Struktur  , Ciri, Kaidah Kebahasaan, Macam dan Contohnya

Di sore hari saat ia akan pulang dari sawah, ia melihat sekelompok orang membawa peralatan pertanian “cangkul, sabit dan lain-lain” dari arah berlawanan. Andi merasa keheranan dan bertanya-tanya mau pergi kemana orang-orang itu, mau pergi berunjuk rasa atau mengamuk warga. Namun semakin dekat massa tersebut, Andi sedikit kaget setelah melihat mereka juga membawa alat tulis, ketika mereka berpapasan, Andi diajak untuk ikut bergabung dan pergi bersama mereka.

Sesampainya mereka di tujuan, Andi baru tahu bahwa mereka menuju kesekolah yang ada di desanya. Sekolah baru itu adalah sekolah terbuka, siswa sekolah itu tidak dibatasi umur layaknya sekolah umum yang ada. Sekolah ini memberikan pelayanan secara gratis bagi siswanya, pelayanan tersebut ialah gratis uang sekolah, alat tulis, dll. Siswa yang lulus dari sekolah ini pun mendapat sertifikat. Kegiatan pembelajaran di sekolah ini dilakukan 3 kali dalam seminggu disore hari selama 3 tahun, sehingga tidak mengganggu aktivitas siswanya. Dengan adanya sekolah terbuka, Andi bisa melanjutkan pendidikannya dan menggapai mimpinya yang belum tercapai selama ini.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Sinopsis Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri – Fungsi – Jenis – Cara Membuat – Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂