Pengertian Ringkasan, Tujuan, Manfaat Dan Cara Membuatnya

Posted on

Pengertian Ringkasan, Tujuan, Manfaat Dan Cara Membuatnya

Ringkasan – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas sebuah materi mengenai ringkasan yang mana Di dalam pembahasannya akan meliputi mengenai pengertian tujuan manfaat dan juga cara membuatnya. Untuk informasi lebih lengkapnya Maka langsung saja kita simak penjelasan berikut ini secara seksama agar dapat memahaminya.

Pengertian Ringkasan

Ringkasan adalah suatu penyajian secara singkat dari suatu karangan asli, namun dengan tetap mempertahankan urutan isi beserta sudut pandang pengarang aslinya.

Perbandingan bab ataupun bagian dari karangan yang asli secara proposional akan tetapi tetap dipertahankan dalam bentuknya yang singkat.

Tujuan Ringkasan

Tujuan dari ringkasan yaitu adalah agar dapat membantu seseorang untuk memahami ataupun mengerti dan juga mengetahui isi dari sebuah buku atau pun sebuah karangan. Dengan membuat ringkasan, maka seseorang tersebut dibimbing dan juga dituntun untuk membaca karangan asli secara cermat lalu menuliskan kembali dengan benar dan tepat.

Lalu untuk membuat sebuah ringkasan yang benar dan baik, maka kita perlu membaca buku ataupun karangan asli secara cermat atau teliti. Dengan membaca buku atau karangan secara cermat, maka kita bisa menangkap serta dapat membedakan antara gagasan utama dengan gagasan tambahan.

Cara Membuat Ringkasan

Berikut ini adalah beberapa pedoman ataupun pegangan yang dapat digunakan untuk membuat suatu ringkasan yaitu sebagai berikut:

  • Membaca naskah yang asli dengan tujuan untuk menangkap kesan umum dan sudut pandang dari pengarang.
  • Mencatat gagasan utamanya.
  • Membuat reproduksi yaitu dengan cara menyusun kembali suatu karangan singkat atau ringkasan dengan berdasarkan pada gagasan utamanya.
  • Ketentuan tambahan:
    • sebaiknya anda menggunakan kalimat tunggal.
    • Apabila mungkin, maka ringkaslah kalimat menjadi sebuah frasa-frasa menjadi kata, rangkaian gagasan lalu diganti dengan gagasan yang sentral saja.
    • Sedangkan jumlah alinea tergantung pada besarnya ringkasan serta jumlah topik utama yang akan dimasukkan ke dalam ringkasan tersebut.
    • Jika memungkinkan semua Keterangan atau kata sifat dibuang.
    • Pertahankan susunan gagasan yang asli dan ringkas gagasan-gagasan tersebut di dalam urutan seperti urutan naskah yang asli.
    • Jika teks yang asli mengandung dialog maka harus diubah kedalam bahasa yang tidak langsung.
    • Penulis harus memperhatikan panjang dari ringkasan yang
Baca Juga  √ Permainan Bahasa : Pengertian dan Manfaat dalam Proses Pembelajaran

Manfaat Ringkasan Atau Rangkuman

Manfaat dari ringkasan ataupun rangkuman itu sendiri yaitu adalah sebagai sebuah sarana yang dapat membantu kita di dalam mengingat isi dari sebuah buku ataupun uraian yang begitu panjang. Ringkasan membuat ide ide pokok yang mewakili dari setiap bagian yang terdapat pada bacaan aslinya. Dengan membaca sebuah ringkasan maka kita seolah-olah memahami secara keseluruhan isi dari buku tersebut dengan  utuh.

Demikianlah pembahasan singkat kali ini mengenai Pengertian Ringkasan, Tujuan, Manfaat Dan Cara Membuatnya yang dapat dijelaskan semoga informasi yang diberikan mudah untuk dipahami dan juga tentunya dapat bermanfaat untuk anda semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya jangan lupa simak artikel yang lainnya ya sampai jumpa.