Hacker : Pengertian – Tujuan – Jenis – Cara Kerjanya

Posted on

Pengertian Hacker – Apa itu yang dimaksud dengan Hacker ?? Kata hacker sendiri mungkin tidak asing bagi banyak orang, ada orang yang mengatakan bahwa hacker ialah orang yang kerjaannya meretas internet ataupun komputer orang lain.

Dan ada pula yang mengatakan bahwa hacker merupakan seseorang yang membocorkan informasi rahasia kepada publik. Banyak asumsi terhadap profesi hacker itu sendiri yang sebenarnya pengertiannya kurang tepat, nah untuk lebih memahami apa itu hacker simak pemaparannya dibawah ini.

Pengertian Hacker

Arti Hacker sebenarnya ialah seseorang yang ahli atau mempelajari seluk beluk komputer dan jaringan internet dengan mencoba menganalisa, menerobos ataupun memodifikasi.

Jadi, pada dasarnya profesi hacker itu memiliki arti yang sangat luas, dan salah jika kita mengatakan bahwa hacker hanyalah seorang peretas. Bahkan seorang programmer atau pembuat aplikasi andorid dan startup pun juga merupakan seorang hacker.

Hacker tidak perlu menjadi seorang peretas, pencuri data atau bahkan penerobos sistem keamanan, hacker juga bisa berarti profesi yang positif dan kreatif.

Tujuan Hacker

Tujuan hacker itu beragam, pada intinya tujuan hacker ialah untuk membuat suatu aktivitas yang dilakukan oleh komputer dan jaringannya. Misalnya seseorang yang membuat suatu program komputer dinamakan hacker karena ia bertujuan untuk membuat rangkaian aktivitas dan program melalui komputer.

Di sisi lain, seseorang yang berusaha menerobos sistem keamanan jaringan internet suatu instansi juga dinamakan contoh hacker, kenapa ?? karena ia berusaha melakukan aktivitas jaringan komputer melalui ilmu hackernya.

Jenis-Jenis Hacker

Di dunia ada dua golongan hacker yang dikenal pada umumnya, dua golongan tersebut ialah white hacker dan black hacker, untul lebih jelasnya dari masing-masing simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga :  √ Pengertian Bridge , Fungsi dan Cara Kerja Bridge pada Jaringan Komputer

Black Hacker

Black Hacker ialah seorang hacker yang menerobos sistem keamanan suatu jaringan komputer baik itu untuk mencuri data, membocorkan data ataupun merusak data suatu program.

Kegiatan ini dilakukan tanpa izin dari pemilik program baik itu perorangan atau instansi, meskipun black hacker dikonotasikan sebagai suatu profesi yang negatif, tak sedikit pula black hacker yang melakukan kebaikan sebagai hacker. Contohnya ada black hacker yang meretas website pemerintah untuk melakukan kritik terhadap kejahatan yang dilakukannya terhadap rakyat.

White Hacker

Lantas ada pula yang namanya white hacker, jika black hacker merupakan seorang atau sekelompok hacker yang menyerang sistem keamanan, white hacker merupakan seorang atau sekelompok hacker yang melindungi sistem keamanan.

Jadi mereka akan mencoba mencari celah dari suatu sistem keamanan lalu memberitahukan hal tersebut kepada si pemilik program, nah dari situ mereka mendapatkan penghasilan maka dari itu white hacker juga sering disebut sebagai profesi.

Cara Kerja Hacker

Merupakan gambaran tentang keseluruhan proses kegiatan hacking, berikut ini langkah-langkahnya yaitu:

  • Footprinting
    Intelejen awal tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan target yang dituju. Dengan cara ini seorang penyerang akan memperoleh profile/postur keamanan yang lengkap dari organisasi/jaringan yang akan di serang.
  • Scanning
    Scanning merupakan tanda dari dimulainya sebuah serangan oleh peretas “pre-attack”, pada tahap ini, peretas akan mencari berbagai kemungkinan yang dapat digunakan untuk mengambil alih komputer atau sistem dari target. Tahapan ini dapat dilakukan jika informasi yang didapat pada tahap reconnaissance mencukupi sehingga pereras bisa mecari “jalan masuk” untuk menguasai sistem. Berbagai peralatan “tools” dapat membantu seorang peretas untuk melalui tahapan ini.
  • Enumeration
    Enumerasi adalah tahapan mendapatkan informasi dari korban seperti halnya dengan tahapan awal proses hacking hanya saja, anda melakukannya dengan cara yang lebih aktif karena langsung menyasar korban anda. Karena anda langsung berhubungan dengan korban, tindakan ini sangat mungkin dicatat oleh firewall ataupun IDS sehingga dianggap sebagai tahapan yang cukup berbahaya untuk hacker.
  • Gaining Acces
    Gaining acces juga dapat dikatakan fase penetrasi, dimana dalam fase ini hacker mengekploitasi kelemahan dari sistem yang sudah diketahui setelah melakukan kegiatan reconnaissance dan scanning. Hacker berusaha untuk mendapatkan hak akses, sebagai contoh: hacker berusaha masuk untuk mendapatkan hak akses sebagai administrator padahal hacker tersebut bukanlah administrator pada sistem tersebut.
  • Escalating Privilege
    Escalating Privilega, bila baru mendapatkan user password ditahap sebelumnya ditahap ini diusahakan mendapat privilese admin jaringan dengan password cracking atau exploit sejenis get admin, sechole atau Ic messages.
  • Pilfering
    Proses pengumpulan informasi dimulai lagi untuk mengidentifikasi mekanisme untuk mendapatkan akses ke trusted system, mencakup evaluasi trust dan pencarian cleart text password diregiatry, config file dan user data.
  • Covering Tracks
    Begitu control penuh terhadap sistem diperoleh, maka menutup jejak menjadi prioritas, meliputi membersihkan network log dan penggunaan hide tool seperti macam-macam rootkit dan file streaming.
  • Creating Backdoor
    Pintu belakang diciptakan pada berbagai bagian dari sistem untuk memudahkan masuk kembali ke sistem ini dengan cara membentuk user account palsu, menjadwalkan batch job, mengubah startup file, menanamkan service pengendali jarak jauh serta monitoring tool dan menggantikan aplikasi dengan trojan.
  • Denial Of Service
    Bila semua usaha dia atas gagal, penyerang dapat melumpuhkan sasaran sebagai usaha terakhir, meliputi SYN flood, teknik-teknik ICMP, Supermuke, land/latierra, teardrop, bonk, newtear, trincoo, dan lain-lain.
Baca Juga :  Sistem Informasi : Pengertian, Fungsi, Komponen Dan Ciri - Ciri Sistem Informasi

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Hacker semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂