Komputer : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Jenis – Fungsi – Manfaat

Posted on

Pengertian Komputer – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai pengertian komputer yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian komputer secara umum, pengertian komputer menurut para ahli, pengertian sistem komputer, pengertian komputer secara singkat, fungsi komputer, manfaat komputer, jelaskan pengartian komputer secara bahasa dan istilah, pengertian komputer secara lengkap, jelaskan secara singkat cara kerja komputer, jelaskan peran komputer dalam berbagai aspek kehidupan, dan fungsi komputer dalam kehidupan sehari hari.

Nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Komputer Secara Umum

Komputer secara umum bisa kita artikan kepada kumpulan alat elektronik yang terusun menjadi rangkaian membentuk sebuah mesin yang berteknologi dengan kontrol sistem opreasi yang disertai program-program yang mempu menerima dan menyimpan data, melakukan pengolahan dan memberikan hasil dalam bentuk informasi sesuai prosedur operasi yang dirumuskan.

Komputer yaitu alat yang digunakan untuk memproses data menurut prosedur yang sudah dirumuskan. Kata komputer awal mulanya dipergunakan untuk melukiskan orang yang pekerjaannya lakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tiada alat bantu, namun makna kata ini lalu dipindahkan pada mesin itu sendiri.

Pengertian Komputer Berdasarkan Beberapa Sumber Referensi

Adapun pengertian komputer berdasarkan beberapa sumber referensi diantaranya yaitu:

Menurut Barnhart Concise Dictionary Of Etymology

Kata komputer digunakan dalam Bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk orang yang melakukan perhitungan kemudian berubah lagi menjelang tahun 1897 juga digunakan sebagai “mesin atau alat hitung mekanis” disaat masih terjadi Perang Dunia II kata komputer untuk mengistilahkan para pekerja wanita di Amerika Serikat dan Negara Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Komputer pun dulunya diartikan untuk menyebutkan segala jenis mesin hitung baik kalkulator, handphone dan lain-lain. Namun karena semakin majunya jaman barang-barang tersebut di kategorikan berdasarkan jenisnya masing-masing.

Baca Juga :  √  Wayang Orang : Pengertian Wayang Orang, Tujuan, Fungsi dan Cirinya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “KBBI”

Komputer/kom.pu.ter/ (n) alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan dan memberikan hasil pengolahan serta dapat menjalankan sistem multimedia “film, musik, televisi, faksimile dan sebagainya” biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan serta unit pengontrolan.

Menurut Dinus

Komputer ialah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Menurut Wikipedia

Komputer ialah separangkat alat yang dijadikan satu untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.

Menurut Oxford English Dictionary “OED2”

Edisi ke-2 mengartikan komputer sebagai suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.

Menurut American Standard Institute

Yang berpendapat bahwa komputer pada dasarnya merupakan suatu pemroses data “data processor” yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesan.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Adapun beberapa para ahli mendefinisikan mengenai komputer yang diantaranya yaitu:

Menurut Arif Susanto

Komputer ialah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input alat yang mengolah input dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis. “Arif Susanto, 2009”.

Menurut Wimatra, dkk

Komputer ialah suatu sistem perangkat elektronik yang memiliki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna. “Wimatra, dkk. 2008”.

Menurut Robert H. Blissmer

Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas antara lain menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi, “Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 “2nd Edition”, John Wiley & Sons, 1985″

Baca Juga :  Logika :  4 Pengertian Logika Secara Umum dan Menurut Para Ahli serta Proposisinya

Menurut William M. Fouri

Komputer ialah suatu alat pemroses data yang mampu melakukan perhitungan dengan jumlah besar secara cepat termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan dari manusia. “William M. Fuori, Introduction to the Cmputer: The Tool of Business “3rd Edition”, Prentice Hall, 1981″.

Menurut Jhon J. Longkutoy

Komputer ialah pemecah persoalan atau pengolah data yang dapat menghasilkan informasi yang diperlukan.

Menurut Donald H. Sanders

Komputer ialah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program “sistem operasi” yang tersimpan di memori penyimpanannya “stored program”, “Donald H. Sanders, 1985”.

Menurut V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan S.G. Zaky

Komputer ialah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi. “V. Carl Hamacher Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization “5th Edition”, McGraw-Hill, 2001″.

Menurut Gordon B. Davis

Komputer ialah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti. “Gordon B. Davis dalam buku Introduction To Computers”.

Menurut Elias M Awad

Komputer ialah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret “digital” dan data kontinyu “analog”.

Menurut Larry Long Dan Nancy Long

Komputer ialah alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, ouput, perhitungan dan operasi-operasi logika”.

Menurut June Parsons

Komputer ialah perangkat serba guna yang menerima input proses data penyimpanan data dan menghasilkan ouput semua menurut serangkaian instruksi disimpan.

Menurut Garry B. Shelly Dan Randolph E. Gunter

Komputer merupakan perangkat elektronik, beroperasi di bawah kendali instruksi di simpan dalam memori yang dapat menerima data mengelolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan memproduksi hasil.

Menurut Williams Sawyer

Komputer merupakan sebuah mesin multguna yanga dapat dilakuak pemrograman dan dapat diprogram dimana mesin-mesin tersebut dapat menerima data berupa fakta dan gambar kasar lalu kemudian memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi sebuah informasi yang bisa digunakan oleh usernya.

Menurut McGraw-Hill, 2001

Komputer ialah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi. “McGraw-Hill, 2001”.

Jenis-Jenis Komputer

Pada dasarnya hingga saat ini ada beberapa jenis komputer yang banyak digunakan. Jenis-jenis komputer tersebut dibedakan menurut beberapa aspek dari komputer itu sendiri. Berikut ini ialah beberapa jenis dari komputer yaitu:

Baca Juga :  √ Entrepreneur : Pengertian Definisi Entrepreneur Beserta Kelebihan dan Kekuranganya

Komputer Analog

Merupakan jenis komputer yang digunakan untuk menerima dan juga mentransmisikan sinyal dan data analog seperti data seismografik dan lainnya.

Komputer Digital

Merupakan jenis komputer yang digunakan untuk menerima dna mentransmisikan sinyal dalam bentuk digital. Contohnya ialah jenis komputer yang saat ini banyak digunakan secara umum oleh user.

Komputer Hybrid

Gabungan dari komputer jenis analog dan juga digital.

Fungsi Dan Manfaat Komputer

Komputer pada saat ini merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang, komputer menjadi suatu bagian yang penting bagi setiap kehidupan manusia karena lewat komputer kita bisa melakukan berbagai aktivitas pekerjaan sehingga menjadi lebih ringan dan untuk mempersingkat waktu pekerjaan tersebut.

Komputer tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, namun anak-anak pun juga bisa menggunakannya mereka bisa belajar sambil bermain. Berikut ini beberapa fungsi dari komputer yang sering dimanfaatkan oleh manusia yaitu:

Komputer Pada Bidang Keamanan

Pada bidang keamanan dan pertahanan, komputer merupakan suatu bagian yang sangat penting, karena lewat komputer suatu negara dapat memperkuat pertahanannya dari serang luar, dengan peralatan-peralatan yang canggih suatu negara cukup menyerang dan bertahan dengan mengendalikan komputer.

Komputer Untuk Bidang Kesehatan

Pada jaman yang canggih seperti sekarang ini pada bidang kesehatan pun telah mulai memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi diantaranya ialah penggunaan alat kedokteran yang menggunakan apalikasi komputer yaitu Ultra Sonografi “USG”.

Komputer Sebagai Sarana Pengontrolan

Komputer sebagai alat control bagi pemantauan CCTV, tata lampu traffic light, maupun escalator, dalam hal ini komputer sebagai alat control jarak dekat maupun jarak jauh.

Komputer Sebagai Sarana Usaha

Dengan adanya komputer kita dapat membuka usaha misalnya usaha percetakan atau sablon, usaha video editing, usaha desain arsitektur dan warnet.

Komputer Sebagai Sarana Informasi

Komputer yang terhubung ke internet akan membuat kita akan lebih mudah mencari informasi mulai dari berita politik, perdagangan, travel, referensi bagi pelajar dan lain sebagainya.

Komputer Sebagai Sarana Untuk Komunikasi

Dengan menggunakan komputer kita bisa mengirim gambar, video dan audio melalui e-mail, melakukan chatting dengan seseorang dan berkomunikasi melalui webcam.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Komputer semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya, sampai jumpa di postingan berikutnya. 🙂 🙂 🙂