√ Pengertian Internet Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sejarah – Fungsi – Manfaat

Posted on

Pengertian Internet Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sejarah – Fungsi – Manfaat

Pengertian Internet Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sejarah – Fungsi – Manfaat – Dalam perkembangan Internet saat ini, internet dikelola dan dijaga oleh perjanjian multilateral dan protokol yang menampilkan perpindahan data antara rangkaian. Protokol dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force “IETF” yang terbuka secara umum. Badan yang mengeluarkan sebuah dokumen yang dikenal dengan RFC yaitu Request For Comment yang sebagian datanya dijadikan sebagai Standar Internet oleh Badan Arsitektur Internet. Protokol-protokol internet biasa digunakan ialah IP, TCP, UDP, DNS, IMAP, SMPTP, HTTPS, FTP, SSL, HTTP, LDAP, dll.

Pengertian Internet Secara Umum

Internet ialah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu sistem standar global transmission control protocol/internet protocol suite “TCP/IP” yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket dalam melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia. Internet merupakan kependekan dari Interconnected network. Internet juga dapatr diartikan sebagai jaringan komunukasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan atau milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis dengan menggunakan tipe komunikasi misalnya telepon, satelit dan sebagainya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan penjelasan tentang pengertian internet yang dikemukakan oleh para ahli yang diantaranya yaitu:

  • Menurut Lani Sidharta “1996”
    Menurut Lanu Sidharta internet secara fisik merupakan interkoneksi antar jaringan komputer yang merupakan sumber daya. Internet berisi informasi yang bisa digambarkan seperti database atau perpustakan multimedia yang lengkap dan sangat besar. Beliau juga mengungkapkan bahwa internet ialah dunia dalam bentuk lain “maya” karena didalam internet ini mencakup seluruh aspek kehidupan yang ada didunia nyata seperti bisnis, hiburan, komunikasi, berita dan lain sebagainya.
  • Menurut Oetomo “2002”
    Menurut Oetomo internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar dimana jaringan tersebut terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung antara jaringan dan jaringan tersebut terhubung dengan jaringan yang ada di seluruh dunia.
  • Menurut Strauss, El-Ansary Dan Frost “2003”
    Menurut Strauss, El-Ansary dan Frost internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dengan jaringan yang ada diseluruh dunia. Komputer ini dapat terhubung dan bertukar data dengan komputer yang ada diseluruh dunia yang masih dalam satu jaringan global.
  • Menurut O’Brien “2003”
    Menurut O’Brien internet adalah jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, pemerintahan dan bidang lainnya yang saling terhubung dengan milyaran pengguna yang ada dilebih dari 200 negara.
  • Menurut Allan “2005”
    Menurut Allan internet ialah kumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protocol komunikasi yang disebut dengan Internet Protocol “IP” dan Transmission Control Protocol “TCP”. Protocol ini sebagai standar transmisi data atau bisa di artikan spesifikasi sederhana bagaimana komputer dapat saling bertukar informasi.
  • Menurut Turban, Reiner Dan Potter “2005”
    Menurut Turban, Reiner dan Potter internet ialah suatu jaringan yang besar yang menghubungkan jaringan komputer baik dari organisasi, bisnis, pemerintah ataupun sekolah-sekolah diseluruh penjuru dunia dengan cepat.
  • Menurut Onno W. Purbo “2005”
    Menurut pakar internet dari Indonesia, Onno W. Purbo menjelaskan bahwa internet ialah media yang digunakan untuk mengefisiensi proses komunikasi semisal web, VoIP, E-mail dan lainnya.
  • Menurut Tim Peneliti Dan Pengembang Wahana Komputer “2005”
    Menurut tim dari peneliti dan pengembangan wahana komputer internet ialah metode untuk menghubungkan berbagai macam komputer ke dalam suatu jaringan global melalui protocol yang disebut dengan Transmission Control Protocol “TCP”/Internet Protocol “IP”.
  • Menurut Sibero “2011”
    Menurut Sibenerno internet ialah suatu jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar komputer secara global atau sering disebut dengan jaringan dunia karena luasnya cakupan jaringannya.
  • Menurut Sarwono “2012”
    Menurut Sarwono internet merupakan kumpulan jaringan yang berskala global yang mana tidak ada satupun dari orang, kelompok atau organisasi yang bertanggung jawab untuk menjalankan internet.
Baca Juga  √ Virus Komputer : Pengertian dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Sejarah Internet

Internet ialah suatu jaringan komputer yang pertama kali dibentuk ileh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, dengan proyek ARPA yang disebut ARPANET. ARPA NET kekepanjangan dari Advanced Research Project Agency Network yang mendemonstrasikan cara suatu hadware dan software komputer memiliki basis UNIX dengan berkomunikasi dalam jarak yang jauh dengan saluran telepon.

Proyek ARPANET dirancang dengan standarisasi kehandalan dan berapa besaran informasi yang dapat kirim untuk saling bertukar informasi yang dari hal tersebut terbentuklah TCP/IP yang dikenal dengan Transmision Control Protocol/Internet Protocol. Tujuan awal dari Proyek Arpanet hanyalah keperluan militer untuk menghubungkan daerah atau wilayah vital.

ARPANET ditahun 1969 awalnya hanya dapat menghubungkan 4 situs seperti Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Lalu di bulan Oktober 1972 ARPANET dikenalkan secara umum dan berkembang pesat diseluruh wilayah sampai ARPANET kesulitan. Dari kesulitan tersebut, ARPANET dipecah menjadi dua yaitu MILNET untuk keperluan militer dan APRANET untuk keperluan non-militer. Seiring berjalannya waktu, masyarakat dikenal dengan nama DARPA dan disederhanakan menjadi Internet seperti sekarang ini. Istilah internet sendiri pertama kali ditahun 1982 dengan perkembangan name server membuat para pengguna dapat terhubung ke suatu host tertentu.

Fungsi Internet

Secara sederhana, fungsi internet ialah sebagai berikut:

  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai salah satu tempat untuk akses informasi
  • Berbagi sumber daya atau data
  • Dapat menyiarkan dan mengakses secara langsung baik itu berita dan bertukar data dengan internet online ke seluruh dunia.

Manfaat Menggunakan Internet

Dari kemudahan mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh sebagai pengguna internet. Fungsi menggunakan internet ialah sebagai berikut:

  • Komunikasi Cepat
    Perkembangan internet, membuat komunikasi antar individu mudah dan lebih cepat baik itu didalam negeri maupun di luar negeri dengan biaya yang relatif murah.
  • Internet Sebagai Wahana Liburan
    Internet dapat mengisi waktu kosong kalian dan dapat menghibur kalian dengan banyaknya media sosial seperti facebook, twitter, musik dan bermain game.
  • Menambah Wawasan Dan Pengetahuan
    Dari adanya internet kita dapat berbagai wawasan dan pengetahuan diseluruh dunia. Manfaat ini sangat memudahkan pelajar dalam mencari informasi mengenai pelajarannya.
  • Mudahnya Belanja DI Internet
    Internet juga dapat digunakan untuk belanja yang dikenal dengan belanja online. Belanja online memberikan kemudahan dan efisien dimana setiap orang tidak perlu keluar dan pergi tempat tujuan dalam mencari barang atau benda apapun itu yang tentunya dapat menyita waktu kalian.
  • Internet Dalam Bisnis
    Sekarang ini, banyak para kalangan yang mengetahui manfaat internet yang satu ini yaitu bisnis. Banyak orang yang berbisnis online yang keuntungannya bukan main banyaknya.
  • Tempat Mencari Lowongan Kerja
    Dari banyak perusahaan yang menggunakan internet, membuat informasi lowongan pekerjaan lebih mudah diterbitkan dan diketahui oleh para pencari lowongan pekerjaan yang banyak didapatkan di situs-situs penyedia informasi lowongan perkerjaan.
Baca Juga  √ Komunikasi Data  : Pengertian, Komponen Dan Karakteristiknya

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Internet Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sejarah – Fungsi – Manfaat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: