Manajemen Kepegawaian – Artikel kali ini akan membahas mengenai Manajemen Kepegawaian , yangmana akan meliputi mengenai pengertian manajemen kepegawaian , tujuan , fungsi dan juga manfaatnya, langsung saja kita simak penjelasannya dengan seksama .
Pengertian Manajemen Kepegawaian
Manajemen kepegawaian adalah merupakan sebuah proses pengolahan pegawai ataupun karyawan mulai dari perekrutan ataupun rekruitmen hingga PHK ( Pemutusan Hubungan Kerja ) agar pegawai memberikan andil yang besar dalam lembaga dalam mencapai tujuan individu, lembaga dan juga masyarakat.
Sedangkan pengertian Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian yaitu adalah sebuah sistem informasi manajemen yang fungsinya untuk mengelola data, manajemen serta administrasi kepegawaian dari suatu instansi, perguruan tinggi ataupun perusahaan atau juga organisasi.
Pengertian Manajemen Kepegawaian Menurut Para Ahli
Adapun pengertian manajemen kepegawaian menurut para ahli diantaranya yaitu:
Manullang ( 2008 : 11 )
Pengertian manajemen kepegawaian menurut M. Manullang adalah sebuah seni dan ilmu perencanaan, pelaksanaan serta pengontrolan tenaga kerja guna tercapainya tujuan yang sudah ditentukan terlebih dahulu dengan adanya kepuasan hati pada diri para pegawai.
Atau juga manajemen kepegawaian yaitu merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai cara bagaimana memberikan fasilitas supaya dapat mengembangkan kemampuan serta rasa partisipasi pegawai dalam satu kesatuan tindakan demi tercapainya tujuan tertentu.
Musanef ( 2002 : 14 )
Pengertian manajemen kepegawaian menurut Musanef adalah guna melaksanakan kegiatan – kegiatan yang secara garis besar sudah ditentukan oleh administrator dengan menitik beratkan pada usaha – usaha.
Handoko ( 2000 : 24 )
Pengertian manajemen kepegawaian menurut Handoko adalah sebuah penarikan, seleksi, pengembangan, serta pemeliharaan dan pembinaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan baik tujuan – tujuan individu maupun organisasi.
Drs. F.X Soedjadi, M.P.A
Menurut Drs.F.X.Soedjadi, M.P.A manajemen kepegawaian adalah suatu proses aktivitas yang harus di kerjakan oleh setiap pimpinan agar dapat tercapainya tujuan organisasi yang seimbang dengan sifat, hakikat, serta fungsi organisasi dan juga sifat dan hakikat dari anggotanya.
Tujuan Manajemen Kepegawaian
Tujuan dari manajemen kepegawaian adalah untuk meraih tujuan organisasi atau badan usaha yang sudah di tentukan sebelumnya. Tujuan tersebut dapat berupa hasil, produk ataupun produksi. Karena itu, tujuan tersebut dapat juga disebut dengan tujuan yang berorientasi kepada hasil ataupun production oriented.
Aktivitas didalam manajemen kepegawaian adalah sebagai berikut:
- Pengadaan atau penerimaan sumber daya manusia, proses rekruitmen serta seleksi, orientasi atau trainning dan juga penempatan pegawai.
- Mengembangkan sumber daya manusia, kesejahteraan pegawai, dan konseling, pelatihan dan juga pendidikan, mutasi, rotasi, promosi, serta pemindahan, perlibatan di dalam aktivitas dan yang lain sebagainya.
- Pemanfaatan pegawai, motivasi, pemberhentian dan juga pemensiunan. Sistem informasi manajemen kepegawaian di terapkan yang bertujuan untuk mewujudkan suatu sistem informasi manajemen yang memiliki integritas di dalam jaringan komputer yang bisa menghasilkan informasi yang berkualitas untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian pada lingkungan instansi atau perusahaan.
Fungsi Sistem Informasi Manajamen
Kepegawaian
Adapun fungsi dari sistem informasi manajemen kepegawaian adalah sebagai berikut :
- Untuk meningkatkan aksessibilitas data yang di sajikan dengan tepat waktu serta akurat
- Untuk menyediakan informasi pegawai yang cermat untuk keperluan perencanaan , pengembangan, kesejahteraan dan juga pengendalian pegawai
- Untuk menghasilkan data pegawai yang terbaru serta terintegrasi
- Adanya jaminan kualitas dan juga keterampilan dari sumber daya manusia
- Memperlancar pekerjaan di bidang kepegawaian, dan yang paling penting dalam membuat laporan
- Proses perencanaan yang efektif butuh dikembangkan
- Menjadikan lebih bagus produktivitas sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan
Manfaat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
Manfaat yang didapat dari sistem informasi manajemen kepegawaian adalah sebagai berikut:
- Mendapatkan informasi pegawai dengan cepat dan terkini
- Memudahkan dalam pembuatan laporan
- Mengetahui bahwa pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapatkan kenaikan gaji berkala
- Menjadikan pekerjaan lebih mudah yang berkaitan dengan kepegawaian seperti angka kredit pegawai
- Menjadikan mudah dalam memantau pembagian cuti
- Menjadikan mudah pada pengelolaan beban kerja untuk para pegawai
- Menjadikan mudah dalam presentasi serta pemberian upah pegawai
- Menjadikan mudah perekrutan pegawai
- Dapat membuat rencana penyebaran pegawai yang sesuai dengan pendidikan dan juga kompetensinya
- Dapat membuat rencana kebutuhan atau keperluan pegawai
Ruang Lingkup Manajemen Kepegawaian
Menurut Poniran ( 2011 ) memberikan penjelasan bahwa manajemen kepegawaian terdapat beberapa kegiatan atau lingkung prosesnya, antara lain sebagai berikut :
- Perencanaan : Perencanaan adalah suatu aktivitas yang dilakukan untuk menyusun serta menetapkan formasi pegawai.
- Pengadaan : Pengadaan adalah aktivitas atau kegiatan untuk mengisi formasi yang kosong yang dilaksanakan dimulai dari perencanan, pengumuman, pelamaran, serta penyarian, pengangkatan sampai dengan pengangkatan menjadi pegawai.
- Pengembangan Kualiatas : Dalam tahap ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan dan juga pendidikan untuk pegawai. Hal ini dilaksanakan guna menunjang dan juga meningkatkan kredibilitas para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat.
- Penempatan: Apabila sudah memperoleh bimbingan teknis serta fungsi tugas maka akan dilakukan penempatan kepada para pegawai yang telah dipilih dengan keahlian serta kriteria masing – masing anggota supaya tugas dan juga fungsi yang kemudian di berikan bisa berjalan dengan baik.
- Promosi : Promosi jabatan dilakukan guna menghargai pengorbanan serta pengabdian pegawai selama ia bekerja.
- Penggajian : Gaji bersifat hak pegawai dan merupakan balas jasa atas hasil kerja, maka gaji pegawai ditetapkan berdasarkan atas pekerjaan dan juga besarnya tanggung jawab serta juga tidak melupakan aspek kelayakan untuk hidup
- Kesejahteraan : Kesejahteraan diukur serta dipengaruhi oleh kebutuhan para pegawai yang berbeda – beda. Hal ini akan sulit untuk mengukur tingkat kesejahteran antara pegawai satu dengan pegawai yang lain.
- Pemberhentian : Pemberhentian pegawai adalah pemberhentian yang menyebabkan yang bersangkutan tidak lagi berkedudukan sebagai seorang pegawai.
- Pensiun : Pensiun yaitu merupakan hak kepegawaian yang di berikan kepada pegawai yang memenuhi syarat – syarat dengan menurut perundang – undangan yang berlaku
Demikianlah artikel di atas mengenai penjelasan Manajemen Kepegawaian semoga mudah dipahami dan tentunya berguna untuk kalian semua , terimakasih.