√ Manajemen Kepegawaian :  Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Posted on

√ Manajemen Kepegawaian :  Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Manajemen Kepegawaian – Artikel kali ini akan membahas mengenai Manajemen Kepegawaian , yangmana akan meliputi mengenai pengertian manajemen kepegawaian , tujuan , fungsi dan juga manfaatnya, langsung saja kita simak penjelasannya dengan seksama .

Pengertian Manajemen Kepegawaian Menurut Para Ahli

Manajemen kepegawaian adalah merupakan  sebuah  proses pengolahan pegawai ataupun karyawan mulai dari perekrutan ataupun rekruitmen hingga  PHK ( Pemutusan Hubungan Kerja ) agar  pegawai memberikan andil  yang besar dalam lembaga dalam mencapai tujuan individu, lembaga dan juga  masyarakat. Sedangkan pengertian Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian yaitu  adalah sebuah sistem informasi manajemen yang fungsinya  untuk mengelola data, manajemen serta  administrasi kepegawaian dari suatu instansi, perguruan tinggi ataupun perusahaan atau juga organisasi.

Pengertian Manajemen Kepegawaian Menurut Para Ahli

Manullang ( 2008 : 11 )

Pengertian manajemen kepegawaian menurut M. Manullang adalah  sebuah seni dan ilmu perencanaan, pelaksanaan serta  pengontrolan tenaga kerja guna  tercapainya tujuan yang sudah  ditentukan terlebih dahulu dengan adanya kepuasan hati pada diri para pegawai. Atau  juga manajemen kepegawaian yaitu merupakan  suatu ilmu yang mempelajari mengenai  cara bagaimana memberikan fasilitas supaya  dapat  mengembangkan kemampuan serta rasa partisipasi pegawai dalam satu kesatuan tindakan demi tercapainya tujuan tertentu.

Musanef ( 2002 : 14 )

Pengertian manajemen kepegawaian menurut Musanef adalah guna  melaksanakan kegiatan – kegiatan yang secara garis besar sudah  ditentukan oleh administrator dengan menitik beratkan pada usaha – usaha.

Baca Juga  Marketing Plan : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Cara Menyusunnya

Handoko ( 2000 : 24 )

Pengertian manajemen kepegawaian menurut Handoko adalah sebuah penarikan, seleksi, pengembangan, serta  pemeliharaan dan pembinaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan baik tujuan – tujuan individu maupun  organisasi.

 

Drs. F.X Soedjadi, M.P.A

Menurut  Drs.F.X.Soedjadi, M.P.A manajemen kepegawaian  adalah suatu proses aktivitas yang harus di kerjakan oleh  setiap pimpinan agar  dapat tercapainya tujuan organisasi yang  seimbang dengan sifat, hakikat, serta  fungsi organisasi dan juga sifat dan hakikat dari anggotanya.

Tujuan Manajemen Kepegawaian

Tujuan dari manajemen kepegawaian adalah untuk meraih tujuan organisasi atau badan usaha yang sudah  di tentukan sebelumnya. Tujuan tersebut  dapat  berupa hasil, produk ataupun produksi. Karena itu, tujuan tersebut  dapat  juga disebut dengan tujuan yang berorientasi kepada hasil ataupun production oriented.

Aktivitas didalam manajemen kepegawaian adalah sebagai berikut:

  • Pengadaan atau penerimaan sumber daya manusia, proses rekruitmen serta seleksi, orientasi atau trainning dan juga penempatan pegawai.
  • Mengembangkan sumber daya manusia, kesejahteraan pegawai, dan konseling, pelatihan dan juga  pendidikan, mutasi, rotasi, promosi,  serta pemindahan, perlibatan di dalam aktivitas dan yang lain sebagainya.
  • Pemanfaatan pegawai, motivasi, pemberhentian dan juga pemensiunan. Sistem informasi manajemen kepegawaian di terapkan yang bertujuan untuk mewujudkan suatu sistem informasi manajemen yang memiliki integritas di dalam jaringan komputer yang bisa  menghasilkan informasi yang berkualitas untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian pada lingkungan instansi atau perusahaan.

Fungsi Sistem Informasi Manajamen

Kepegawaian

Adapun fungsi dari  sistem informasi manajemen kepegawaian adalah sebagai berikut :

  • Untuk meningkatkan aksessibilitas data yang di sajikan dengan tepat waktu serta  akurat
  • Untuk menyediakan informasi pegawai yang cermat untuk keperluan perencanaan , pengembangan, kesejahteraan dan juga  pengendalian pegawai
  • Untuk menghasilkan data pegawai yang terbaru serta terintegrasi
  • Adanya jaminan kualitas dan juga keterampilan dari sumber daya manusia
  • Memperlancar pekerjaan di bidang kepegawaian, dan yang paling penting dalam membuat laporan
  • Proses perencanaan yang efektif butuh dikembangkan
  • Menjadikan lebih bagus produktivitas sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan
Baca Juga  √ Sistem Ekonomi Tradisional: Pengertian, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Manfaat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian

Manfaat yang didapat  dari sistem informasi manajemen kepegawaian adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan informasi pegawai dengan cepat dan terkini
  • Memudahkan dalam pembuatan laporan
  • Mengetahui bahwa pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapatkan  kenaikan gaji berkala
  • Menjadikan pekerjaan lebih mudah  yang berkaitan dengan kepegawaian seperti  angka kredit pegawai
  • Menjadikan mudah dalam memantau pembagian cuti
  • Menjadikan mudah pada pengelolaan beban kerja untuk para  pegawai
  • Menjadikan mudah dalam presentasi serta pemberian upah pegawai
  • Menjadikan mudah perekrutan pegawai
  • Dapat membuat rencana penyebaran pegawai yang sesuai dengan pendidikan dan juga  kompetensinya
  • Dapat membuat rencana kebutuhan atau keperluan  pegawai

Ruang Lingkup Manajemen Kepegawaian

Menurut Poniran ( 2011 ) memberikan penjelasan bahwa manajemen kepegawaian terdapat beberapa kegiatan atau lingkung prosesnya,  antara lain sebagai berikut :

Perencanaan  : Perencanaan adalah  suatu aktivitas yang dilakukan untuk menyusun serta  menetapkan formasi pegawai.

Pengadaan : Pengadaan adalah aktivitas atau kegiatan  untuk mengisi formasi yang kosong yang dilaksanakan dimulai dari perencanan, pengumuman, pelamaran, serta  penyarian, pengangkatan sampai dengan pengangkatan menjadi pegawai.

Pengembangan Kualiatas : Dalam  tahap ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan dan juga  pendidikan untuk pegawai. Hal ini dilaksanakan guna  menunjang dan juga  meningkatkan kredibilitas para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat.

Penempatan:  Apabila sudah memperoleh  bimbingan teknis serta  fungsi tugas maka akan dilakukan penempatan kepada para pegawai yang telah  dipilih dengan keahlian serta  kriteria masing – masing anggota supaya tugas dan juga  fungsi yang kemudian di berikan bisa  berjalan dengan baik.

Promosi  : Promosi jabatan dilakukan guna  menghargai pengorbanan serta pengabdian pegawai selama ia bekerja.

Penggajian : Gaji bersifat hak pegawai dan merupakan balas jasa atas hasil kerja, maka gaji pegawai ditetapkan berdasarkan  atas pekerjaan dan juga  besarnya tanggung jawab serta  juga tidak melupakan aspek kelayakan untuk hidup

Baca Juga  √ Kegiatan Konsumsi : Pengertian, Ciri, Faktor, Tujuan dan Contohnya

Kesejahteraan : Kesejahteraan diukur serta  dipengaruhi oleh kebutuhan para pegawai yang berbeda – beda. Hal ini akan sulit untuk mengukur tingkat kesejahteran antara pegawai satu dengan pegawai yang lain.

Pemberhentian : Pemberhentian pegawai adalah  pemberhentian yang menyebabkan yang bersangkutan tidak lagi berkedudukan sebagai seorang  pegawai.

Pensiun : Pensiun yaitu  merupakan hak kepegawaian yang di berikan kepada pegawai yang memenuhi syarat – syarat dengan  menurut perundang – undangan yang berlaku

Demikianlah artikel di atas mengenai penjelasan √ Manajemen Kepegawaian : Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya semoga mudah dipahami dan tentunya berguna untuk kalian semua , terimakasih.