√ Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri – Ciri, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

√ Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri – Ciri, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Pasar Oligopoli – Pada kesempatan kali Ini kita akan membahas sebuah materi mengenai Pasar Oligopoli yang meliputi pengertian , ciri , jenis serta kelebihan dan kekurangannya . Langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini .

Pengertian Pasar Oligopoli

Pengertian Pasar Oligopoli adalah  suatu pasar dimana di dalamnya terdapat beberapa produsen atau  penjual yang menguasai pasar dengan banyak konsumen atau pembeli. Pasar Oligopoli merupakan  salah satu bentuk pasar persaingan tidak sempurna dimana barang yang dijual di pasar ini sifatnya homogen atau sulit  untuk di bedakan meskipun produsennya ada beberapa. Jenis pasar ini biasanya di dominasi oleh lebih dari dua produsen namun  tidak lebih dari sepuluh produsen.

Pada umumnya produsen di pasar persaingan Oligopoli aktif  dalam melakukan promosi atau iklan karena produk yang di jual di pasar ini sifatnya homogen dan  juga dapat saling menggantikan. Melalui iklan atau promosi tersebut produsen membentuk persepsi konsumen mengenai  perbedaan suatu produk dengan produk lain yang terdapat  di PASAR.

Ketatnya persaingan antar produsen di pasar Oligopoli membuat  mereka melakukan berbagai upaya supaya  dapat bertahan. Persaingan di pasar ini berpengaruh terhadap  penentuan harga produk yang dijual, pada saat  salah satu perusahaan menurunkan harga maka perusahaan yang  lain pun akan melakukannya supaya  tidak kehilangan konsumen.

Baca Juga :  √ Pertumbuhan Penduduk : Pengertian, Faktor, Macam  dan  Rumusnya

Ciri – Ciri Pasar Oligopoli

Cukup sulit untuk membedakan pasar persaingan Oligopoli dengan bentuk pasar lainnya. Akan tetapi , terdapat  beberapa ciri khas jenis pasar ini sehingga dapat dikenali.

Mengacu pada pengertiannya di atas, ciri – ciri pasar Oligopoli adalah sebagai berikut :

  • Umumnya terdapat lebih dari dua produsen ( namun  kurang dari sepuluh ) yang menguasai pasar ini.
  • Jenis produk yang di jual di pasar ini sifatnya homogen dan juga bisa saling menggantikan. Misalnya, sabun mandi dengan berbagai pilihan bentuk, warna, dan aroma.
  • Kebijakan produsen utama yang menguasai pasar biasanya akan berpengaruh terhadap kebijakan produsen yang
  • Harga barang di pasar ini cenderung sama atau ada perbedaan kecil.
  • Produsen atau penjual baru sangat sulit untuk memasuki pasar ini karena biasanya produsen lama akan bermain harga untuk lebih menarik konsumen.
  • Diperlukan strategi promosi atau  iklan serta inovasi secara terus menerus supaya  dapat  bertahan di pasar ini.

Jenis   –  Jenis Pasar Oligopoli

Secara umum, terdapat  dua jenis pasar persaingan Oligopoli, diantaranya adalah sebagai berikut :

Pasar Oligopoli Murni

Bentuk pasar ini disebut juga dengan Pure Oligopoli, yaitu  adalah jenis pasar yang didalamnya terdapat beberapa produsen dimana produk yang di jual sifatnya identik atau sama sehingga sulit untuk dibedakan. Cara untuk mengenali produk perusahaan tertentu  dapat  di lakukan dengan melihat merk atau brand pada kemasan produk. Contohnya adalah industri air mineral, semen, seng, dan yang  lain – lain.

Pasar Oligopoli Terdiferensiasi

Jenis pasar ini di sebut juga dengan Differentiated Oligopoly, yaitu pasar yang di dalamnya terdapat beberapa produsen dimana produk yang dijual sifatnya homogen. Produk pada pasar jenis ini sangat sulit  untuk di bedakan kualitasnya, akan tetapi  bisa  di bedakan dengan melihat coraknya. Contohnya adalah industri sabun, rokok, sepeda motor, dan yang  lain – lain.

Baca Juga :  √ Faktor - faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

Semua bentuk pasar mempunyai kelebihan dan  juga kekurangannya masing – masing. Demikian juga halnya dengan jenis pasar yang satu ini. Sesuai dengan penjelasan di atas, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan  dari pasar Oligopoli :

Kelebihan Pasar Oligopoli

  • Konsumen bisa memilih produk sesuai dengan keinginannya karena pasar ini menyediakan banyak pilihan.
  • Ketatnya persaingan antar produsen memberikan keuntungan tersendiri bagi konsumen, yaitu kesadaran produsen mengenai pentingnya produk  yang berkualitas dengan harga terjangkau.
  • Umumnya produsen di pasar Oligopoli selalu melakukan inovasi terhadap produk dan pelayanannya sehingga dengan sendirinya produk akan terus berkembang.

Kekurangan Pasar Oligopoli

  • Produsen baru akan kesulitan untuk masuk ke pasar ini karena persaingannya yang sangat ketat.
  • Sering terjadi perang harga antar produsen untuk memikat lebih banyak konsumen.
  • Membutuhkan modal besar untuk melakukan promosi atau iklan secara terus menerus supaya  dikenal atau diingat oleh konsumen, dan juga  produknya bisa di bedakan dengan produk dari produsen lain.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri – Ciri, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya semoga bermanfaat dan juga berguna untuk kalian semua , terimakasih .