Worm Adalah: Pengertian, Jenis, Ciri, Dampak dan Pencegahannya dalam Dunia Komputer

Posted on

Worm Adalah – Jika sering berselancar di internet, Anda mungkin pernah mendengar arti worm dan malware. Namun, apa sebetulnya arti dari arti itu? Worm adalah malware yang sanggup menyebabkan kerusakan komputer, kebanyakan disebut juga sebagai cacing komputer.

Dalam ranah dunia komputer, istilah “worm” merujuk pada jenis malware yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dan menyebar ke komputer lain melalui jaringan. Worm berbeda dengan virus komputer, karena tidak memerlukan host untuk menyebar. Worm dapat menginfeksi sistem tanpa interaksi pengguna dan mampu menyebar dengan cepat melalui koneksi jaringan.

Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh John Brunner di tahun 1975. Brunner mengatakan ‘computer worm’ di dalam novel science fictionnya yang berjudul The Shockware Rider. Dalam novel tersebut, sang protagonis bernama Nick Haflinger menciptakan cacing computer ini  untuk menguak rahasia-rahasia pemerintah.

Worm yang dibikin oleh Haflinger sanggup menyusup ke di dalam akses computer dan jaringan. Selain  itu, cacing computer ini juga sanggup menggandakan dirinya sendiri dan menyebar di dalam jaringan. Bagaimana karakteristik dan model malware yang satu ini sebenarnya? Simak penjelasannya selanjutnya ini.

Apa Itu Worm?

Worm adalah jenis malware yang bertujuan untuk menginfeksi dan menyebar ke komputer atau perangkat lain melalui jaringan. Dibandingkan dengan virus, worm dapat beroperasi secara mandiri dan tidak memerlukan file atau program host untuk menyebarkan dirinya. Worm dapat mengeksploitasi kelemahan dalam sistem operasi atau perangkat lunak untuk menyebarkan dirinya dengan cepat.

Baca Juga :  Gopher Adalah

Di  dunia nyata, Worm mempunyai langkah kerja yang mirip dengan apa yang tersedia didalam novel karangan John Brunner. Jenis malware yang satu ini sanggup menggandakan diri sendiri dan menyebar didalam sebuah jaringan. Karena itu, cacing komputer membuahkan replika yang bentuknya mirip identik dengan yang asli dan dapat menjangkiti komputer satu ke komputer lainnya.

Penyebaran ini sanggup berjalan baik melalui LAN, WAN, maupun internet. Worm yang masuk ke didalam komputer Anda dapat membuat pengaruh buruk, menjadi dari ketidaknyamanan sementara mengfungsikan device, hingga merusak hardware.

Jenis malware yang satu ini sanggup menghabiskan disk space Anda agar kinerja komputer menurun. Malware yang satu ini termasuk sanggup menghapus file sendiri dan menginstal beragam software beresiko yang dapat memperparah rusaknya komputer Anda.

Cara kerjanya adalah dengan mengfungsikan celah-celah keamanan pada komputer maupun jaringan. Misalnya, dengan mengfungsikan kesalahan konfigurasi pada WiFi, atau adanya loopholes pada OS, dan aplikasi yang mempunyai udah lama tidak update agar keamannya lemah.

Untuk menggandakan diri, cacing komputer mengfungsikan sumber energi jaringan. Proses ini tentu saja membutuhkan kinerja ekstra dari komputer dan dapat memakan sangat banyak memori. Karena itulah, komputer yang terjangkit kebanyakan mempunyai kinerja lambat dan sangat panas walau hanya untuk mengakses program biasa.

Worm Adalah

 

Jenis-jenis Worm

Selain cara kerja dan dampaknya yang berbahaya untuk komputer maupun jaringan, Anda juga sebaiknya mengetahui jenis-jenis worm berdasarkan pendistribusiannya. Berikut adalah jenis-jenis yang harus Anda hindari.

  1. Email Worms: Worm jenis ini menyebar melalui lampiran email. Ketika pengguna membuka atau mengunduh lampiran tersebut, worm dapat menginfeksi sistem dan mulai menyebar ke kontak email lainnya.
  2. Network Worms: Worm ini menyebar melalui jaringan komputer, memanfaatkan kerentanannya dalam sistem operasi atau perangkat lunak jaringan. Mereka dapat menginfeksi komputer secara otomatis begitu terhubung ke jaringan yang terinfeksi.
  3. Internet Worms: Worm ini menyebar melalui internet, memanfaatkan kerentanannya dalam perangkat lunak atau protokol jaringan. Mereka dapat menyebar ke server dan komputer yang terhubung ke internet.
  4. File-sharing Worms: Worm ini menyebar melalui berbagi file, seperti melalui jaringan peer-to-peer (P2P). Mereka dapat menyembunyikan diri di dalam file yang diunduh pengguna.
Baca Juga :  Pengertian Virus Komputer: Macam Dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Komputer Terserang Worm

Komputer yang terserang worm akan mengalami tanda-tanda yang dapat Anda waspadai. Berikut adalah tanda-tanda worm yang wajib Anda periksa di komputer Anda:

  • Adanya aktivitas tidak biasa pada computer
  • Performa komputer menurun, sering mengalami lag dan loading lebih lambat
  • Ada program yang berjalan secara otomatis walaupun tidak pernah Anda konfigurasi
  • Sistem operasi sering freeze dan tidak merespon
  • Ada banyak error pada aplikasi, sistem operasi, atau bahkan hardware
  • Sering mendapat peringatan dari firewall
  • Banyak email dan chat yang terkirim secara otomatis tanpa sepengetahuan Anda
  • Banyak add-ons terinstal pada web browser tanpa Anda sadari
  • Ada file yang terhapus atau berubah bentuk
  • Terdapat berbagai file dan ikon asing yang muncul ada browser atau komputer

Dampak Worm dalam Dunia Komputer

Adapun dampak worm sendiri dalam dunia komputer diantaranya yaitu:

  1. Penyebaran Cepat: Worm dapat menyebar dengan sangat cepat melalui jaringan, menginfeksi banyak komputer dalam waktu singkat.
  2. Penghancuran Data: Beberapa worm dirancang untuk merusak atau menghapus data pada komputer yang terinfeksi.
  3. Penggunaan Sumber Daya: Worm dapat menggunakan sumber daya komputer seperti bandwidth dan daya pemrosesan, memperlambat kinerja sistem.
  4. Pencurian Informasi: Sebagian worm dirancang untuk mencuri informasi pribadi atau rahasia dari komputer yang terinfeksi.
  5. Membuka Backdoor: Beberapa worm dapat membuka pintu belakang (backdoor) pada sistem, memungkinkan penyerang untuk mendapatkan akses yang tidak sah.

Pencegahan dan Perlindungan

Setelah mengetahui jenis, cara kerja, dan ciri-ciri worm Anda mungkin ingin tahu bagaimana cara mencegahnya. Berikut adalah tips mencegah komputer terjangkit bahaya yang satu ini.

  1. Perbarui Perangkat Lunak: Selalu perbarui sistem operasi dan perangkat lunak dengan patch terbaru untuk mengatasi kerentanannya.
  2. Gunakan Antivirus dan Antimalware: Instal perangkat lunak keamanan yang dapat mendeteksi dan menghapus worm.
  3. Hati-hati terhadap Lampiran Email: Jangan membuka lampiran email dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.
  4. Firewall: Aktifkan firewall untuk memantau dan mengontrol lalu lintas jaringan.
  5. Pendidikan Pengguna: Berikan pendidikan keamanan siber kepada pengguna agar mereka dapat mengidentifikasi potensi ancaman dan mengambil langkah-langkah pencegahan.
Baca Juga :  Pengertian Microsoft Word: Sejarah, Fungsi, Manfaat, Kegunaan Dan Fitur-Fiturnya

Dengan meningkatnya ancaman keamanan siber, pemahaman tentang worm dan langkah-langkah pencegahan sangat penting untuk menjaga keamanan sistem dan data komputer.

Kesimpulan

Worm adalah salah satu jenis malware yang harus Anda waspadai. Walaupun terkesan sepele, tapi meningkatkan keamanan agar tidak terkena dampak buruknya sangat penting untuk Anda lakukan. Demikianlah penjelasan tentang worm pada komputer. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda seputar keamanan komputer dan jaringan, ya.