Tenis Lapangan : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Jenis, Cara Bermain, Manfaat Dan Peraturannya

Posted on

Tenis Lapangan – Untuk kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai Tenis Lapangan yang di mana meliputi Pengertian Tenis Lapangan, Sejarah Tenis Lapangan, Teknik Dasar Tenis Lapangan, Jenis Tenis Lapangan, Cara Bermain Tenis Lapangan, Manfaat Tenis Lapangan dan Peraturan Tenis Lapangan.

Nah apakah kalian ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar apa itu istilah Tenis Lapangan? Untuk mengetahui lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Tenis Lapangan

Tenis lapangan ialah salah satu jenis permainan yang menggunakan raket untuk memukul agar bola masuk dan melewati net tim lawa sampai lawan tidak dapat mengembalika bola. Permainan tenis lapangan dapat dimainkan secara single ataupun ganda.

Pengertian Tenis Lapangan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian tenis lapangan menurut para ahli diantaranya yaitu:

  • Menurut Permana
    Tenis yakni suatu permainan yang dimainkan dengan memakai teknik, bukan dengan sembarang memukul saja.
  • Menurut Lardner
    Tenis yakni salah satu permainan yang memerlukan kecepatan kaki, ketepatan yang terkendali, stamina, ketetapan hati, kecerdikan dan antisipasi.
  • Menurut Katili
    Tenis yakni salah satu dari permainan bola kecil yang mempunyai lapangan berbentuk persegi.

Sejarah Tenis Lapangan

Kata tenis berasal dari bahasa Prancis “tenez” yang artinya kerjakan atau bersiap. Olahraga ini sebenarnya diyakini sudah mulai dimainkan sejak zaman sebelum Masehi. Namun catatan tertua menyebut kegiatan tenis lapangan berasal dari abad ke-11.

Masyarakat Prancis sudah melakukan permainan yang menyerupai tenis lapangan yang diberi nama jeu de peume dan cara memainkannya mirip dengan tenis lapangan modern. Kemudian, pada abad ke-13, permainan tenis mulai populer di negara-negara lain Eropa.

Raket bersenar pertama kali diperkenalkan pada abad ke-15 di Italia. Pada tahun 1868, berdirilah All England Croquet Club di Wimbledon, Inggris yang merupakan awal mula organisasi tenis. Wimbledon merupakan kejuaraan tenis yang paling populer dan mendunia yang dilaksanakan pada tahun 1877 dan pada tahun 1881, terbitlah standar peraturan dan organisasi kompetisi tenis lapangan.

Baca Juga :  Senam Aerobik : Pengertian dan Sejarah Senam Aerobik

Teknik Dasar Tenis Lapangan

Adapun teknik dasar tenis lapangan diantaranya yaitu:

Teknik Servis

Servis merupakan suatu teknik awalan yang dapat dilakukan untuk memulai sebuah pertandingan. Terdapat beberapa teknik dalam permainan tenis lapangan yaitu sebagai berikut:

  • Flat serve, yaitu suatu teknik yang menghasilkan pukulan keras serta cepat.
  • Slice serve, yaitu suatuteknik yang sangat mematikan bagi para lawan dengan cara mengejutkan lawan sehingga sulit bagi lawan dalam mengembalikannya.
  • Kick serve, yaitu suatuteknik ini dilakukan dengan cara melaksanakan melempar bola hingga di atas kepala kemudian memukul bola dengan keras.
  • Twist serve, yaitu suatuteknik ini hamper sama dengan kick serve, hanya saja twist serve dalam mengayunkan raket lebih jauh lagi.

Teknik Memegang Raket

Teknik memegang raket merupakan suatu tekni dasar yang diperlukan pemain guna memainkan permainan tenis lapangan ini agar dapat memaksimalkan sebuah pukulan. Berikut beberapa macam memegang raket.

  • Western grip, yaitu suatu teknik yang dilakukan dengan cara menyerupai layaknya memegang panci. Pada saat kamu melaksanakan pukulan topsin, sangat disarankan untuk dapat menggunakan pukulan ini.
  • Continental grip, yaitu suatu teknik yang sudah ada semenjak zaman awal terbentuknya permainan tenis lapangan, yang dilakukan dengan cara posisi tangan ada di atas gagang raket.
  • Forehand eastern, yaitu suatu teknik yang paling mudah dalam teknik memegang karet, karena teknik ini dilakukan dengan cara hanya berjabat tangan.

Teknik Pukulan

Teknik pukulan merupakan suatu teknik untuk melakukan pukulan terhadap bola. Terdapat beberapa cara mengenai teknik pukulan yaitu diantaranya :

  • Pukulan forehand, apabila kamu seorang pengguna tangan kanan, teknik ini dilakukan jikalau bola tiba dari kanan.
  • Pukulan backhand, apabila kamu seorang pengguna tangan kanan, teknik ini dilakukan jikalau bola tiba dari kiri.
  • Pukulan lob, teknik ini digunakan untuk membuat lawan kesusahan dalam mengambil bola dengan melambung sedikit tinggi diatas net.
  • Pukulan voli, pukulan ini sangat tepat dilakukan apabila kamu mendapatkan bola dari lawan dengan jarak bersahabat dengan net.
  • Pukulan chop, teknik ini dapat dilakukan dengan cara mengayunkan tangan dari atas ke bawah agar menghasilkan pukulan yang amat keras dan menukik.
  • Pukulan overhead smash, sama halnya dengan pukulan voli, pukulan ini dilakukan untuk mendapatkan bola dari lawan jikalau jarak anda bersahabat dengan net.

Jenis Jenis Pukulan Tenis Lapangan

Adapun jenis-jenis pukulan tenis lapangan diantaranya yaitu:

  • Smash
    Smash yakni salah satu pukulan yang bersifat untuk melakukan serangan, dimana serangan tersebut mampu mematikan lawan dalam permainan sehingga pukulan smash ini sangat berguna agar bola yang dipukul akan jatuh dengan tajam ke lapangan tim lawan.
  • Passing Shot
    Passing Shot yakni jenis pukulan yang bersifat untuk menipu lawan dan dapat di lakukan dengan gerakan yang cepat sehingga lawan dengan mudah akan lemah dan kalah.
  • Groundstroke
    Groundstroke yakni salah satu pukulan yang bersifat menyerang akan tetapi termasuk serangan yang dalam bentuk patahan sehingga pukulan ini bersifat forehand dan backhand.
  • Volley
    Volley yakni suatu jenis pukulan dalam bentik ketika bola tenis belum memantul ke arah lapangan sehingga pukulan ini biasanya dilakukan dengan pukulan smash.
  • Spin
    Spin yakni suatu jenis pukulan yang dilakukan dengan cara raket sedikit dimiringkan karena akan menyebabkan pergerakan ke arah bola dengan gerakan spin ini dapat dilakukan menggunakan teknik forehand atau teknik backhand.
  • Slice/Chop
    Slice/Chop yakni salah satu Jenis dalam pukulan yang dapat dilakukan dengan cara dimiringkan sehingga memukul bola dengan ke arah bawah atau dapat dilakukan menggunakan teknik forehand serta backhand.
  • Dropshot
    Dropshot yakni jenis pukulan yang bersifat dengan penuh serangan sehingga dalam menyerang bola bergerak mengenai net pada saat bola di daerah permainan lawan.
  • Lob
    Lob yakni salah satu bentuk pukulan lob atau disebut sebagai pukulan melambung hal ini bertujuan untuk menempatkan bola dengan gerakan ke arah belakang permainan lawan.
Baca Juga :  Lari Jarak Jauh : Pengertian, Sejarah, Teknik Dan Peraturannya

Cara Bermain Tenis Lapangan

Adapun cara bermain tenis lapangan diantaranya yaitu:

  • Bermain tenis dapat dilakukan tunggal dan ganda. Tujuannya yaitu memukul bola ke daerah lawan.
  • Pemain harus terus bergerak di dalam lapangan sambil memukul bola ke daerah lapangan lawan, yang sehingga lawan kesusahan saat mengembalikan bola atau melakukan kesalahan sehingga kita mendapatkan sebuah poin, pemenang adalah pemain yang mampu memenangkan dua set diantaranya.
  • Permainan tenis terdiri atas 3 set, Setiap set terdiri dari game/game dan tujuan pemain yaitu mampu mencapai game ke-6 terlebih dahulu.
  • Agar ada set terakhir, maka setidaknya ada satu perbedaan atau selisih dalam pertandingan antar pemain. Bila 6/6 bertahan dalam permainan, maka tie-break harus dimainkan, hal ini seperti tambahan waktu atau extra time. Siapapun yang dapat memenangkan dan mencapai game ke-7 terlebih dahulu, maka dia lah yang akan memenangkan set permainan.
  • Permainan diselingi dengan aturan sebagai berikut : 15, 30, 40. Setiap pemain menang, maka pemain akan mendapatkan 15, lalu pergi ke 30, … hingga sesudah 40.
  • Bila pemain bisa mendapatkan satu gerakan lagi, pemain tersebut mendapatkan permainan jika pemain mempunyai 2 keunggulan.
  • Jika 40/40 tetap ada, hal itu disebut sebagai deuce setiap kali mereka terikat.
  • Dan permainan hanya akan berakhir ketika salah satu dari mereka mencapai 2 keunggulan dari lawan.

Manfaat Tenis Lapangan

Adapun manfaat tenis lapangan diantaranya yaitu:

Menambah Teman

Tenis lapangan yaitu olahraga yang mengasikkan. Itu akan memperbanyak sobat anda alasannya yaitu anda niscaya akan berkomunikasi dengan lawan.

Menambah Kecepatan Dan Refleks

Olahraga tenis lapangan yang dilakukan secara rutin, maka akan sanggup meningkatkan kecepatan gerak dan reflex yang bagus. Karena setiap gerakan dan tekniknya mampu memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Baca Juga :  Lari : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Tujuan - Macam - Manfaat

Meningkatkan Otot Tubuh

Permainan tenis lapangan sangat membutuhkan pukulan yang kuat dalam mencetak angka, hal itu yang menyebabkan otot terlatih menjadi besar dan kuat.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Olahraga tenis lapangan sangat cocok bagi kamu yang malas untuk melakukan olaharaga yang berat. Karena tenis lapangan merupaka suatu permainan yang asik dan juga sanggup menghilangkan banyak lemak dalam tubuh.

Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Permainan tenis lapangan yang dilakukan secara rutin akan memeinimalisir kamu terhindar dari penyakit – penyakit yang berbahaya, yaitu jantung diabetes dan obesitas.

Peraturan Tenis Lapangan

Adapun peraturan tenis lapangan diantaranya yaitu:

Raket

Raket yang digunakan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaky yaitu mempunyai ukuran 12,5 inchi untuk lebar dan panjangnya 29 inchi.

Bola tenis yang sebesar kepalan tangan dan lapangan yang sesuai dengan standar permainan tenis pada umumnya.

Lapangan

Ukuran lapangan tenis lapangan yaitu 23,78 meter lawan 10,96 meter. Jarak dalam melakukan service yaitu 6,40 meter. Garis pinggir lapangan 1,37 meter.

Tinggi net tenis lapangan yaitu 0.914 meter. Panjang ruangan yang digunakan yaitu 36 meter x 18.3 meter. Lapangan tenis haruslah rata tidak boleh bergelombang karena akan mengganggu permainan.

Penentuan tempat

Penentuan tempat dalam permainan tenis lapangan sama seperti permainan olahraga sepak bola, bulu tangkis dan basket dalam penentuan pertama yang akan melakukan serangan pertama terhadap lawna menggunakan undian.

Ada yang menggunakan koin dan ada juga menggunakan undian lainnya. Bagi yang berhasil mendapatkan koin maka ia akan memulai pertandingan.

Net (jaring)

Net yang digunakan harus sesuai dengan ketentuan yaitu mencapai 910 mm dari tanah dan terbuat dari anyaman tali nilon.

Jumlah Skor

Pertandingan resmi tenis lapangan, terdiri atas 3 set (babak), namun ada beberapa pertandingna yang berjumlah 5 set.

Penentuan Servis

Untuk mengetahui siapa yang melakukan servis pertama, dapat melalui sebuah undian yang dilakukan oleh wasit dengan memakai sebuah koin untuk ditebak.

Demikianlah pembahasan mengenai Tenis Lapangan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.