Olahraga Billiard : Pengertian, Sejarah, Jenis, Teknik Dasar, Pelanggaran, Peraturan, Peralatan Dan Manfaatnya

Posted on

Billiard – Apakah ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Billiard? Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai apa sih Olahraga Billiard itu? Untuk mengetahui selengkapnya simak ulasan berikut ini.

Pengertian Billiard

Billiard merupakan salah satu permainan yang sangat mudah dimainkan, billiard dapat dimainkan di tempat yang tertutup sehingga dapat memicu konsentrasi dalam melatih otak. Billiard dapat dimainkan secara perorangan maupun secara tim.

Sejarah Billiard

Asal mula permainan billiard ini tidak dapat diketahui secara pasti siapa penciptanya, tetapi meskipun tidak diketahui secara tepat mengenai sejarah awal permainan biliard ini mampu diyakini telah dimainkan dalam berbagai samaran selama berabad-abad lalu.

Permainan billiard pada awalnya mengalami kesuksesan luar biasa yang sesuai dikatakan dalam drama Shakespeare, sehingga dapat dinikmati oleh para politisi, ilmuwan, dan selebriti. Permianan billiard sangat digemari oleh Louis XIV dari Perancis, Napoleon, Mozart, dan George Washington.

Pada akhir abad ke-17 billiar tersebut diperkenalkan serta diyakini dan dapat dimainkan menggunakan tongkat untuk melakukan pemukulan terhadap bola. Selanjutnya, pergantian abad ke-19, permainan billiard benar-benar lepas landas di Inggris. Peraturan dan peralatan yang digunakan dalam permainan ini pun cepat berkembang setiap tingkatannya.

Amerika Serikat merupakan negara cikal bakal permainan billiar sembilan ball pool. Lima belas bola diberi nomor berurutan dari satu hingga lima belas dan pemain mengumpulkan skor yang sama dengan jumlah bola yang mereka pot.

Pemain pertama yang mencapai 61, atau lebih dari setengah dari total 120 bola, dinyatakan sebagai pemenang. Di Indonesia permainan billiard ini dapat dimainkan oleh orang orang yang mempunyai waktu yang cukup luang untuk dapat mengisi waktunya dalam memainkan permainan billiard.

Jenis-Jenis Billiard

Adapun jenis-jenis billiard diantaranya yaitu:

Snooker

Snooker yakni jenis olahraga yang sama seperti billiard yang dapat dimainkan di atas meja yang sudah ditutupi kain hijau, dimana terdapat empat kantong disetiap sudutnya.

Ketentuan ukuran meja snooker sedikit lebih besar dari meja billiard yang mempunyai maksimal 9 kaki. Meja snooker memakai ukuran 12 kaki yaitu sekitar 3,7 m x 1,8 m.

Baca Juga :  Karate : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan dan Manfaatnya

Bola 8

Bola-bola billiard dibagi 2 yakni bola solid (1-7) dan bola stripes (9-15). Bola 8 termasuk dalam bola yang terakhir akan dimasukkan dalam permainan ini. ketentuan ukuran meja yang biasa digunakan yaitu memakai meja 7, 8, 9 kaki sedangkan untuk professional memakai 9 kaki.

Bola 9

Bola 9 yang digunakan yakni bola billiard yang bernomor 1 sampai dengan 9 ditambah dengan bola berwarna putih yang akan digunakan sebagai cue ball. Pada umumnya bola 9 memakai meja dengan ukuran 7, 8, 9 kaki tetapi lebih seringnya untuk professional biasanya memakai 9 kaki.

Teknik Dasar Billiard

Adapun teknik dasar billiard diantaranya yaitu:

Masse

Pukulan ini membuat bola putih bergerak melengkung. Pukulan ini biasanya dilakukan pada saat bola sasaran terhalangi oleh bola yang lain.

English Shot

English shot yakni istilah yang digunakan untuk memukul bola dengan menggunakan efek. Pukulan ini memungkinkan bola bergerak tidak terduga.

Draw Shot

Draw shot yakni suatu teknik yang dapat dilakukan dengan cara memukul bola putih berada diposisi sedikit di bawah titik tengah. Dampak dari draw shot ialah bola akan berjalan mundur sesudah terkena pool ball.

Hal ini dapat terjadi apabila bola sasaran di pukul secara sejajar, sedangkan apabila tidak dilakukan secara sejajar, bola memiliki sudut pantul yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Spin Shot

Spin shot yakni suatu teknik yang dapat dilakukan dengan cara memukul bola sedikit di kiri atau kanan titik tengah bola putih. Dampak dalam spin shot ialah bola akan mengalami pergerakan ke arah yang tidak terduga sebelumnya apabila sudah terkena bola sasaran.

Stop Shot

Stop shot atau yang biasa disebut stop stroke yakni suatu jenis pukulan yang cukup mudah dalam permainan billiard. Pada tengah – tengah bola putih terdapat titik pukul stik.

Dampak yang dilakukan ialah bola dapat berhenti di tempat, apabila di pukul sejajar dengan bola sasaran. Sedangkan terjadi pukulan yang tidak sejajar, maka laju bola tidak akan mampu berjalan terlalu cepat atau pun secara lambat.

Jump Shot

Teknik pukulan jump shot yakni suatu tekni yang membuat bola putih melompat untuk dapat menghindari bola yang menghalangi jalur cue ball dengan bola sasaran.

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara menekan bola putih dari atas sehingga bola bereaksi bergerak keatas menggunakan stik khusus.

Follow Shot

Follow shot yakni suatu tekni yang dapat dilakukan dengan cara memukul bola putih dengan berada sedikit di atas garis tengah. Dampak yang terjadi apabila pool ball di pukul secara sejajar, bola putih akan berjalan maju.

Baca Juga :  Lari Jarak Menengah : Pengertian, Sejarah, Teknik, Nomor, Peraturan Dan Manfaatnya

Sedangkan apabila dilakukan tidak sejajar, maka bola putih akan mempunyai sudut pantul lebih sempit, serta mempunyai laju yang lebih cepat.

Pelanggaran Billiard

Adapun pelanggaran billiard diantaranya yaitu:

  • Bola putih masuk ke dalam lubang meja.
  • Bola putih tidak menyentuh bola sasaran ketika dipukul sama sekali.
  • Pelanggaran dapat terjadu apabila pakaian yang digunakan pemain bagian tubuh dari pemain menyentuh bola yang berada di dalam meja.
  • Bola keluar meja dalam permainan billiard.
  • Memukul bola waktu bola yang lain masih bergerak.
  • Bola putih dapat dipukul dan terkena bola yang bukan nomor terkecil pertama kali.
  • Menaruh begitu saja stik di atas meja.

Peraturan Billiard

Beberapa peraturan dalam permainan billiard dengan 9 ball yaitu:

  • Permainan dapat menggunakan bola billiard yang bernomor 1-9 dan ditambah dengan bola putih.
  • Dapat menyusun bola dengan nomor 1-9 dalam bentuk wajik pada saat break.
  • Bola yang mempunyai nomor 1 posisinya ada di bagian atas wajik, tetapi bola dengan nomor 9 posisinya ada pada bagian tengah tengah dan yang lainnya secara acak.
  • Pemain harus memasukkan bola dari nomor 1-9 secara urut, dari 1 hingga 9. Tidak boleh secara acak.
  • Dalam proses memasukkan bola bisa dilakukan secara langsung yaitu dengan cara menyodok bola dari nomor terkecil atau mengkombinasikan bola sasaran dengan bola lain.

Peralatan Billiard

Adapun peralatan billiard diantaranya yaitu:

Stik Billiard

Stik billiard yang digunakan saat permainan akan menentukan kemampuan kamu dalam bermain, stik yang tepat akan mampu membuat permainan kamu menghasilkan hasil yang maksimal, terdapat beberapa ketentuan dalam memilih stik billiard, yaitu:

  • Berat : suatu stik billiard dapat dihitungnya menggunakan hitungan Oz, dimana hitungannya ada yang 19, 20, dan 21 Oz, jadi kamu hanya tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kamu. (1 Oz = 28,35 gram).
  • Ukuran : stik billiard bervariasi dengan rata-rata panjangnya sekitar 58-60 inchi (147 – 152 cm).

Cue Ball Billiard

  • Cue ball billiard berwarna putih polos biasa disebut juga sebagai bola gaco memiliki berbagai ragam jenis dan mempunyai berat berbeda.
  • Pemahaman para pemain terhadap cue ball ini, semakin sering cue ball billiard ini dimainkan maka cue ball billiard akan semakin kotor, maka akan berimbas menjadi sulit dikendalikan jalannya cue ball.
  • Cue ball dapat dilihat dari 25 titik berlainan yang berdasarkan arah cue ball dan elevasi cue ball terhadap meja, yang mana pukulan pada titik yang spesifik akan mampu menghasilkan jalannya cue ball yang hasilnya spesifik dan jelas.
  • Ke 25 titik itu di asosiasikan kedalam arah jarum jam pendek dan panjang serta 1 (satu) tiik lagi sebagai titik sentral.
Baca Juga :  Atletik : Pengertian Atletik, Sejarah, Nomor Dan Cabor Atletik

Meja Billiard

  • Ketentuan dalam menentukan meja billiard yaitu harus memiliki bentuk persegi panjang yang mana memiliki ukuran yang panjangnya 2 x lipat dari ukuran lebar meja billiard.
  • Ukuran meja billiard dapat menggunakan dalam satuan kaki yang dapat dimulai dari ukuran 7 kaki, 8 kaki, 9 kaki. (1 kaki = 30,48 cm).
  • Meja ukuran 9 kaki mempunyai meja yang khusus untuk dilakukannya permainan professional.
  • Untuk meja billiard di tempat kediaman biasanya memakai billiard ukuran 7 kaki karena memiliki tempat yang ruangannya tidak begitu besar atau karena alasan efektifitas maupun kenyamanan.
  • Untuk ukuran 8 kaki bila memiliki ruangan yang cukup besar. Jadi, pemilihan ukuran meja berdasarkan situasi ruangan dan juga budget yang dimilikinya.
  • Ukuran meja billiard mempunyai panjang sesuai dengan tipe ukuran meja dan lebar setengah dari tipe ukuran meja.
  • Meja ukuran 9 kaki mempunyai panjang sekitar 270 cm dan lebar 135 cm.
  • Meja billiard berkualitas bagus biasanya berukuran 9 kaki yang mempunyai alas meja yang dibuat dari batu granit hitam yang berguna untuk mencegah adanya tonjolan yang tidak dikehendaki dan kemungkinan adanya perubahan bentuk disebabkan oleh kelembaban udara.

Kapur Stik

Kapur stik yakni suatu bagian yang menjadi properti penting dalam permainan billiard yang memiliki fungsi untuk membuat tip stik agar tidak licin pada saat melakukan sodokan terhadap bola billiard.

Manfaat Billiard

Adapun manfaat billiard diantaranya yaitu:

Membakar Kalori

Meskipun dalam permainan billiard tubuh kita bergerak hanya sedikit saja, tetapi ini dapat membakar kalori yang berada dalam tubuh kita.

Mengencangkan Otot

Permainan billiard seringkali membutuhkan kaki, punggung dan pinggul menekuk. Banyaknya gerakan yang dilakukan kaki dan punggung mampu membuat otot merasa kencang.

Mempertajam Pikiran

Permainan billiard ini diperlukannya perhitungan yang tepat, karena perhitungan yang tepat dan tajam akan melatih kita untuk memiliki pikiran yang lebih tajam.

Membangun Fokus

Permaian billiar melatih kamu untuk mencoba menemukan sudut yang sempurna untuk menepis dalam tembakan membutuhkan fokus lebih dalam. Sehingga permainan ini mampu membangun kefokusan dalam diri.

Demikianlah pembahasan mengenai Olahraga Billiard semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

5/5 - (146 votes)