Permainan Bola Besar : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Ciri Dan Jenisnya

Posted on

Permainan Bola Besar – Untuk kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ulasan yakni Permainan Bola Besar. Apakah ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Permainan Bola Besar? Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Permainan Bola Besar

Permainan bola besar ialah salah satu cabang olahraga yang banyak populer dan digemari oleh setiap para manusia, karena permainan bola besar akan membutuhkan tenaga ataupun energi yang cukup besar dalam melakukannya.

Permainan bola besar ialah permainan yang biasa dilakukan menggunakan sebuah bola yang berukuran besar atau memiliki diameter lebih dari 50 cm dan pergerakannya menggunakan anggota tubuh. Olahraga jenis ini biasanya dimainkan secara berkelompok dan dilakukan di sebuah lapangan.

Sejarah Permainan Bola Besar

Sejarah olahraga bola meluas melintasi budaya yang tak terhitung jumlahnya sepanjang sejarah yang tercatat. Sama halnya terkait dengan penemuan bola karet yang digunakan dalam olahraga kuno seperti permainan bola Mesoamerika.

Tetapi, dengan adanya ungkapan “olahraga bola” yang begitu meluas dikalangan masyarakat, permainan yang dapat masuk dalam kategori ini tidak lagi diragukan karena telah dimainkan bahkan selama ribuan tahun sebelum waktu itu.

Pada awal 1700 SM, Mesoamerika kuno sedang melakukan pembuatan bola karet dari lateks pohon karet untuk berbagai macam keperluan. Selain dibuat dengan tujuan keagamaan dan ritual, bola karet juga diguanakan untuk berbagai olahraga. Salah satu ialah olahraga tertua di dunia yang menggunakan bola karet sebagai alat permainannya.

Permainan bola Mesoamerika disebut dengan Ōllamaliztli yaitu semacam olahraga religius yang dimainkan oleh banyak suku Mesoamerika paling lambat sekitar tahun 1600 SM. Untuk melakukan permainan ini, membutuhkan dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari dua ataupun empat orang untuk mempertahankan permainnya.

Baca Juga :  Lompat Jauh : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Teknik Dan Aturan Permainannya

Olahraga yang sering digunakan sebagai ritual keagamaan ini juga, seringnya melambangkan pertempuran antara hidup dan mati atau matahari dan bulan. Lapangan batu besar didirikan di banyak kota kuno ini untuk memfasilitasi permainan ritualistik ini, meninggalkan bukti abadi akan pentingnya dalam budaya Mesoamerika.

Fungsi Permainan Bola Besar

Adapun fungsi permainan bola besar diantaranya yaitu:

Berat Badan Terkontrol

Pemain bola besar rata-rata memiliki berat badan yang ideal, karena dalam permainan bola besar membutuhkan cukup tenaga yang besar dalam setiap permainannya.

Olahraga bola besar sangat membantu proses pembakaran lemak yang terdapat dalam tubuh.

Meninggikan Badan

Permainan bola besar juga dapat memberikan fungsi yaitu meninggikan pemainnya, sebab dalam teknik permainannya setiap gerakan melompat.

Dapat melatih tulang kaki sehingga mempengaruhi pertumbuhan pada tulang kaki yang menyebabkan tulang-tulang cepat berkembang.

Menjaga Stamina Tubuh

Permainan bola besar dapat meningkatkan stamina tubuh. Karena, permainan bola besar membutuhkan tenaga yang besar ataupun stamina yang kuat dalam tubuh.

Dimana pemain dalam permainan bola besar harus memiliki stamina yang kuat agar mereka tidak cepat merasa kelelahan saat bermain.

Konsentrasi Akan Terlatih

Permainan bola besar dapat melatih konsentrasi pemainnya, sehingga konsentrasi yang mereka punya mampu membuat mereka bertahan dan menyerang lawan.

Konsentrasi yang baik akan menghasilkan ketepatan berfikir dan meningkatkan pemain cepat dalam melakukan keputusannya.

Memiliki Mental dan Kepribadian yang Kuat

Permainan bola besar yang dilakukan seseorang harus memiliki sebuah mental dan kepribadian yang kuat. Permainan bola besar, selain membutuhkan stamina yang kuat juga membutuhkan kerja keras.

Dimana, apabila pemain tidak memiliki kedua hal tersebut, tentu secara tidak langsung akan berdampak pada permainannya. Kepribadian seseorang dalam melakukan permainan bola besar juga diperlukan guna melatih kerja sama tim yang baik.

Ciri Ciri Permainan Bola Besar

Adapun ciri-ciri permainan bola besar diantaranya yaitu:

Adanya Pemain Cadangan

Permainan bola besar dalam melakukan kegiatannya harus memerlukan pemain cadangan. Karena, apabila terdapat pemain yang terjadi cidera pada saat pertandingan, permainan tetap terus diteruskan karena terdapat pengganti atau pemain cadangan.

Memerlukan Anggota Banyak

Permainan bola besar pada dasarnya membutuhkan anggota dalam setiap timnya. Anggota yang banyak pada setiap tim akan saling membantu satu sama lain agar tim yang dibentuk dapat meraih keberhasilan.

Baca Juga :  Lempar Lembing : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peralatan, Gaya, Dan Aturan

Adanya Strategi Atau Teknik-Teknik Yang Harus Dikuasai

Strategi atau teknik-teknik dalam permainan bola besar sangat dibutuhkan karena untuk melakukan keputusan yang tepat, pemain harus mengetahui dan melatih dahulu strategi apa yang akan digunakan saat dimulainya permainan bola besar.

Lebih Rumit Daripada Permainan Bola Kecil

Permainan bola besar sedikit rumit dasarnya dibandingkan dengan permainan bola kecil. Sebab, permainan bola besar terdapat beberapa aturan yang wajib diikuti selama masa permainanan habis.

Menggunakan Bola Yang Ukuran Besar

Permainan bola besar pada dasarnya mempunyai ciri khusus yakni sesuai dengan namanya yang membutuhkan bola dengan ukuran besar.

Jenis Jenis Permainan Bola Besar

Adapun jenis-jenis permainan bola besar diantaranya yaitu:

Futsal

Futsal merupakan suatu jenis olahraga yang menyerupai sepakbola. Tetapi, futsal bentuk permainannya lebih kecil dan terdapat beberpa perbedaan.

Mulai dari jumlah pemain, lapangan dan hal lainnya. Permainan futsal dilakukan dengan 5 orang yang terdiri dari satu tim. Lapangan yang juga digunakan berukuran kecil dibandingkan dengan sepak bola.

Sepak Bola

Permainan sepak bola sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Dapat dikatakan bahwa permainan sepak bola sudah menjadi permainan yang sangat diminati oleh banyak orang dan terbilang sebagai olahraga paling populer dari semua cabang olahraga.

Dalam permainan sepak bola membutuhkan dua tim, dimana satu tim terdiri dari 11 orang pemain sudah termasuk kiper dan belum termasuk pemain cadangan.

Bola Basket

Permainan bola basket merupaka salah satu cabang olahraga yang saat ini sangat terkenal di Amerika. Bola yang digunakan juga harus memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih keras apabila dibandingkan dengan permainan bola besar lainnya.

Dalam permainan bola basket membutuhkan 2 tim, dimana satu tim terdiri dari 5 orang pemain dengan tugas untuk memasukkan bola ke dalam keranjang basket milik lawan. Skor merupakan sistem penilaian dalam permainan bola basket. Dimana tim yang memiliki skor terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Sepak Takraw

Takraw ialah salah satu jenis permainan sepak takraw yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Bola yang digunakan dalam sepak takraw ini terbuat dari kayu maupun rotan.

Sistem permainannya seperti voli dan badminton, dimana ada sebuah net ditengah tengah. Poin akan didapatkan apabila kita tepat menjatuhkan bola kedalam lapangan lawan.

Baca Juga :  Atletik : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Sejarah - Nomor

Bola Tangan

Bola tangan merupakan duplikat dari sepakbola yaitu dengan memiliki tujuan yang sama untuk memasukkan bola ke dalam gawang milik lawan. Tetapi, terdapat juga perbedaan pada cara bermainnya.

Olahraga ini tidak menggunakan kaki, melainkan menggunakan tangan untuk melempar dan mengoper. Jumlah pemainnya pun sebanyak 7 orang pemain utama dalam setiap regu atau tim. Skor dihitung apabila pemain memasukan bola kedalam lapangan milik lawan.

Voli Pantai

Permainan voli pantai pada umumnya sama seperti permainan bola voli biasa, hanya saja tempat atau lokasi yang membedakannya. Voli pantai tentunya dilakukan di pantai.

Perbedaan lainnya juga terdapat pada, jumlah tim dalam permainan bola voli adalah 2 orang saja, berbeda dengan olahraga voli asli yang membutuhkan 6 orang pemain dalam sebuah tim.

Polo Air

Polo air merupakan olahraga yang mungkin kurang populer di telinga masyarakat Indonesia. Meskipun terdengar cukup asing, tetapi olahraga ini sudah dipertandingkan pada banyak kejuaran nasional seperti PON.

Bahkan Timnas Polo Air Indonesia berhasil meraih emas pada SEA Games 2019 lalu. Polo air dimainkan beregu dengan tujuan memasukan bola ke dalam gawang lawan, sama seperti sepak bola ya teman teman.

Bowling

Bowling yakni salah satu bagian olahraga yang tidak asing dikalangan masyarakat. Tetapi, olahraga ini tidak terlalu populer di Indonesia.

Bowling dapat dimainkan dengan cara menggelindingkan bola untuk menjatuhkan 10 pin yang telah disusun dalam bentuk segitiga. Bowling sering ditemui pada ruangan atau indoor. Biasanya dapat kita temukan di mall atau supermarket besar.

Rugby

Rugby yakni salah satu bagian olahraga yang hampir sama dengan American Football, tetapi keduanya memiliki perbedaan. Rugby tidak terlalu populer di Indonesia dan bisa dibilang hanya segelintir orang saja yang tahu.

Olahraga ini sangat populer di Eropa dan Amerika. Sistemnya sama seperti sepak bola, yakni bertujuan untuk mencetak poin dengan cara membawa bola, melempar, atau menendang bola hingga menyentuh garis belakang lawan.

Demikianlah pembahasan mengenai Permainan Bola Besar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

5/5 - (125 votes)