Pengurangan Pecahan : Cara Menghitung Dan Contoh Soalnya

Posted on

Pengurangan Pecahan – Operasi pengurangan pecahan pada umumnya hampir sama dengan penjumlahan pecahan, memerlukan pemahaman mengenai KPK, FPB dan sifat operasi pengurangan.

Nah kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai Pengurangan Pecahan baik itu pecahan biasa maupun pecahan campuran, untuk itu simak saja ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Pengurangan Pecahan

Operasi penjumlahan dan juga pengurangan pada Pecahan dalam sistem matematika. Penjumlahan dan juga Pengurangan pecahan pada materi kali ini membahas mengenai pengurangan yakni pada pecahan.

Sebelum itu tentunya kita harus memahami terlebih dahulu apa itu pengertian dari bilangan pada pecahan. Baik itu dalam bentuk bilangan pecahan, maupun pembilang dapat kalian baca lebih dulu baru setelah itu dibaca dengan bilangan penyebutnya.

Perlu kalian ketahui bilangan pecahan yakni bilangan yang dapat dinyatakan dengan p dan juga q dengan p dan q yaitu bilangan bulat misalnya seperti q≠0. Bilangan p biasa disebut dengan istilah pembilang sedangkan q bilangan ini bisa disebut dengan istilah penyebut.

Dan juga pecahan dapat dinyatakan senilai apabila pecahan itu memiliki nilai yang sama atau bisa juga dibilang bentuk paling sederhana.

Pengertian mudahnya yaitu :

  • Bilangan p disebut dengan istilah pembilang dan bilangan
  • q biasa disebut dengan istilah penyebut.
  • Dan Pecahan dapat dinyatakan senilai jika pecahan tersebut mempunyai nilai yang sama atau bisa dibilang bentuk paling sederhana.
Baca Juga :  Bilangan Asli : Pengertian Dan Contohnya

Cara Pengurangan Pecahan Biasa (Dasar)

Mengurangi pecahan biasa adalah dasar dari operasi pengurangan pecahan. Secara sederhana, pengurangan pecahan dapat dilakukan ketika penyebut kedua pecahan sama.

Mengurangi Pecahan Biasa Penyebut Berbeda

Waktu belajar kira-kira 4 minutes. Mengurangi pecahan biasa berbeda penyebut dilakukan dengan menyamakan penyebut yang dikurangi, berikut langkah-langkahnya.

Contoh Soal

Sebelum belajar pengurangan pecahan campuran, perlu dipahami cara mengurangi pecahan biasa. Berikut salah satu contoh soal mengurangi pecahan biasa.

Menyamakan Penyebut

Menyamakan penyebut dapat dilakukan dengan menghitung KPK penyebut dari pecahan yang dihitung. Berdasarkan contoh dihitung KPK dari 4 dan 6. Jika sudah sama, maka langkah ini dapat dilewati.

Menghitung Pecahan Senilai

Cari pecahan senilai dengan penyebut KPK-nya dari masing-masing pecahan yang dikurangi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengalikan pembilang dan penyebut sehingga diperoleh pecahan senilai yang tepat.

Tips: Bagi penyebut KPK dengan penyebut awal untuk menemukan pasangan perkalian.

Mengurangi Dengan Pecahan Senilai

Saat mengurangi pecahan dengan penyebut sama, yang dikurangi hanya pembilang. Sampai di sini, pengurangan pecahan sudah selesai.

Catatan: Jika hasil pengurangan merupakan pecahan tidak biasa, maka nilai tersebut dapat diubah kebentuk yang lebih sederhana.

Pengurangan Pecahan Campuran

Pengurangan pecahan campuran secara umum hampir sama dengan mengurangi pecahan biasa. Hanya saja pada pecahan campuran, nilai bulat dan nilai pecahan dipisahkan. Kemudian, nilai pecahan dikurangi terlebih dahulu.

Contoh Soal Pengurangan Pecahan Campuran

Berikut langkah-langkahnya:

Memisahkan Nilai Bulat dan Pecahan

Jika sudah terbiasa, maka dapat dilakukan tanpa menulis pemisahan.

Catatan: pemisahan menghasilkan operasi penjumlahan.

Menghitung Nilai Pecahan

Dengan menggunakan cara seperti mengurangi pecahan biasa di atas, diperoleh.

Catatan: untuk beberapa kasus, langkah ini dapat menghasilkan nilai negatif.

Baca Juga :  Standar Deviasi : Pengertian, Rumus Dan Contoh Soalnya
Menghitung Nilai Bulat

Menggabungkan Nilai

Demikianlah pembahasan mengenai Pengurangan Pecahan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.