Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli – Istilah pemerintahan tentu sudah taka sing lagi ditelinga. Apa itu pemerintahan? Kali ini kita akan bahas mengenai arti dari istilah pemerintahan.

Pemerintahan dalam pengertian yang sempit ialah segala aktivitas, tugas, fungsi dan kewajiban yang dijalankan oleh lembaga yang berwenang serta mengelola dan mengatur jalannya sistem pemerintahan negara untuk mencapai tujuan negara.

Pengertian Pemerintahan Dalam Arti Luas

Sedangkan dalam arti yang luas, pemerintahan merupakan sebuah bentuk organisasi yang tugasnya menjalankan suatu sistem pemerintahan dan segala bentuk aktivitas yang terorganisasi dan terstruktur dengan baik berlandaskan pada dasar negara, rakyat dan wilayah negaranya dalam mencapai tujuan sebuah negara. Adapun struktur pemerintah terdiri dari badan eksekutif, legislative dan yudikatif.

Pemerintahan sendiri mencakup atas seluruh pengertian struktur serta mekanisme kekuasaan dalam sebuah negara. Selain pengertian tersebut, bisa kita pahami lagi berbagai pendapat yang telah dikemukakan oleh para ahlinya dibidang pemerintahan.

Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

Berikut ini akan dijelaskan oleh beberapa ahli tentang pengertian dari pemerintahan diantaranya yaitu:

C.F. Strong

Ia Menjelaskan pengertian pemerintahan dalam arti luas yaitu sebagai aktivitas badan-badan publik yang terdiri atas kegiatan-kegiatan eksekutif, legislatif serta kegiatan yuridis dalam upaya agar dapat mencapai tujuan sebuah negara.

Beliau juga menjelaskan pengertian dari pemerintahan dalam arti yang sempit, yang beliau mengungkapkan bahwa pemerintahan yaitu segala bentuk dari kegiatan badan publik dan hanya terdiri atas badan eksekutif.

T. Simorangkir

Ia berpendapat bahwa pemerintahan merupakan sebagai alat negara yang menjalankan tugas dan fungsi dari pemerintah.

Brasz

Menurut pendapat dari beliau yang menjelaskan bahwa Pemerintahan yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana cara lembaga umum disusun & di fungsikan dengan baik secara ekstern sera intern terhadap warga negaranya.

Baca Juga :  Pengertian Dasar Negara : Kedudukan, Fungsi Dan Manfaatnya

W.S. Sayre

Ia menjelaskan bahwa pemerintahan yaitu sebuah organisasi dalam suatu negara yang menjalankan kekuasaannya.

Rosenal

Disini rosenal menjelaskan bahwa Pemerintahan yaitu sebuah ilmu yang mempelajari cara petunjuk kerja ekstern dan intern struktur dan proses dari pemerintahan secara global.

Mac Iver

Menurut pendapat dari mac iver disini la menjelaskan bahwa pengertian dari Pemerintahan yaitu suatu ilmu mengenai cara bagaimana orang-orang dapat diperintah.

Haryanto, dkk

Menurut pendapay dari haryanto dan kawan-kwan yang mana mereka menjelaskan bahwa pemerintahan secara fungsional yaitu sistem struktur dan organisasi dari berbagai macam fungsi yang dijalankan atas dasar tertentu guna mencapai tujuan dari sebuah negara.

Kusnardi

Beliau penjabarkan bahwa pengertian dari pemerintahan merupajkan sebagai urusan-urusan yang dilakukan dari suatu negara untuk menyelenggarakan kesejahteraan rakyat atau warganya serta kepentingan rakyatnya, menjalankan dan juga melaksanakan tugas eksekutif, lehislatif dan yudikatif.

Syafie Inu Kencana

Disini Syafie Inu Kencana berpendapat bahwa Pemerintahan yaitu sebuah ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana cara untuk melaksanakan pengurusan badan eksekutif, serta pengaturan badan llegistlatif, kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan baik pusat dengan daerahnya maupun rakyat dengan pemerintahnya dalam segala peristiwa dan gejala pemerintahan.

Utrech

Disini Utrech membagi pengertian dari pemerintahan ini menjadi tiga (3) bentuk, yaitu

  • Pemerintahan sebgai gabungan dari semua badan kenegaraan yang berkuasa memerintah.
  • Pemerintahan sebagai gabungan badan-badan kenegaraaan tertinggi yang berkuasa untuk memerintah disuatu negara.
  • Pemerintahan dalam arti kepada negara yang mana bersama dengan kabinetnya.

Woodrow Wilson

Menurut pendapat dari Woodrow Wilson yang menjelaskan bahwa Pemerintahan yaitu suatu pengorganisasian kekuatan, yang mana tidak selalu dengan organisasi kekuatan angkatan bersenjata, tetapi dua atau sekelompok orang dari sekian banyak kelompok orang dipersiapkan oleh suatu organisasi agar dapat mewujudkan maksud-maksud bersama mereka, dengan hal-hal yang memberikan keterangan untuk urusan umum kemasyarakatan.

S. Sayre

Menurutpendapatnya Pemerintah yaitu sebagai organisasi yang terdapat dalam sebuah negara yang memperlihatkan serta menjalankan kekuasaannya

Robert Mac Iver

Disini Robert Mac Iver menyampaikan pendapatnya bawha Pemerintah yaitu suatu organisasi dari orang-orang yang memiliki kekuasaan, bagaimana manusia tersebut dapat diperintah.

Samuel Edwar

Menurut pendapat dari Samuel Edwar yang menjelaskan bahwa Pemerintah disini harus mempunyai kegiatan terus-menerus, negara tempat kegiatan itu berlangsung, pejabat yang memerintah dan cara, metode juga sistem oleh pemerintah kepada masyarakat.

Baca Juga :  Kasasi : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Alasan - Proses - Fungsi - Tata Cara

Apter

Disini apter menyampaikan pendapatnya bahwa Pemerintah yaitu suatu anggota yang paling umum sarta mempunyai tanggung jawab tertentu guna mempertahankan sistem yang mencakupnya itu merupakan bagian dan monopoli praktis tentang kekuasaan paksaaan.

G. A. Van Poelje

Ia menyatakan bahwa Pemerintahan ini mengajarkan bagaimana dinas umum dapay disusun serta dipimpin dengan sebaik-baiknya.

Rosenthal

Ia menjelaskan bahwa pengertian dari Pemerintahan yaitu ilmu yang menggeluti studi menganai penunjukkan cara kerja ke dalam dan keluar struktur serta proses pemerintahan umum.

Taliziduhu Ndraha

Pemerintahan menurut pendapat dari Taliziduhu Ndraha yaitu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana memenuhi serta melindungi kebutuhan dan tuntutan tiap orang akan jasa publik serta layanan sipil yang terdapat dalam hubungan pemerintahan ketika sedang dibutuhkan oleh yang bersangkutan.

Musanaf

Beliau mengemukakan bawha definisi dari Pemerintahan yaitu suatu ilmu yang bisa untuk menguasai serta  memimpin dan menyelidiki unsur-unsur dinas, yang ada hubungan dengan keserasian ke dalam dan hubungan antara dinas-dinas tersebut dengan masyarakat yang kepentingannya diwakili oleh dinas tersebut.

Merriam (1957:31)

Menurut pendapat dari merriam yang menjelaskan bahwa Tujuan dari pemerintah sendiri terdiri atas external security, internal order, justice, general welfare dan freedom.

Syafiie (2011:23)

Menurut pendapat dari syafiie bahwa Ilmu pemerintahan yaitu sebuat ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara melaksanakan pengurusan (eksekutif), pengaturan (legislatif), kepemimpinan serta koordinasi dari pemerintahan (baik pusat dengan daerah, atau dari rakyat dengan pemerintahnya) dalam berbagai peristiwa serta gejala pemerintahan, secara baik dan benar.

S. T. Simorangkir

Ia menyatakan bahwa Pengertian dari pemerintahan yairu sebagai alat negara yang menjalankan tugas serta fungsi dari pemerintah.

Ramlan Surbakti (1992, 168)

Disini Ramlan Surbakti menjelaskan mehgenai istilah pemerintah dan pemerintahan yang mana memiliki arti yang berbeda. Dimana Pemerintahan sendirt menyangkut tugas serta kewenangan, sedangkan pemerintah sediri yaitu aparat yang menyelenggarakan tugas serta kewenangan negara.

Soewargono ( 1995 : 1 )

Beliau menjelaskan bawha Ilmu pemerintahan sendiri masih sering dianggap sebagai ilmu yang kurang jelas sosoknya. Pemerintahan dalam bahasa inggeris disebut dengan government yang mana berasal dari bahasa latin gobernare, greek kybernan yang artinya mengemudikan, maupun mengendalikan.

Suradinata

Menurut pendapat dari suradinata yang mana disini beliau menjelaskan bahwa pengertian dari Pemerintah yaitu suatu yang mempunyai kekuatan yang paling besar dalam sebuah negara, yang tergolong dengan urusan publik, teritorial, serta dalam suatu urusan dominasi agar dapat menjangkau tujuan negara

Baca Juga :  Sosialisasi Politik

Muhammad Rohidin Pranadjaja

Beliau menjelaskan bahwa Pemerintah merupakan berasal dari kata perintah, yang mana mempunyai makna kata-kata yang tujuannya untuk mengajak melakukan sesuatu kegiatan, atau lebih simpelnya sesuatu yang mesti dilakukan. Pemerintah yaitu sekumpulan  orang-orang, badan maupun aparat dihapus serta yang memberi perintah.

Affan

Pemerintah adalah kegiatan terorganisir oleh warga di wilayah negara berdasarkan atas dasar kedaulatan negara dan bersumber untuk mencapai tujuan dari warga di daerah itu sendiri.

Fungsi Pemerintahan

Adapun fungsi pemerintahan diantaranya yaitu:

  • Fungsi Pelayanan
    Secara umum pelayanan yang dilakukan pemerintah juga meliputi tentang pelayanan publik dan pelayanan sipil yang mengedepankan kesetaraan. Beberapa pelayanan yang dilakukan pemerintah pusat mencakup masalah hubungan luar negeri, peradilan, keuangan, agama, pertahanan dan keamanan.
  • Fungsi Pengaturan
    Dalam hal ini pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, memiliki fungsi untuk membuat suatu peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang hubungan manusia di dalam masyarakat agar kehidupan berjalan lebih harmonis dan dinamis.
  • Fungsi Pembangunan
    Pemerintah juga berfungsi sebagai pemacu pembangunan, baik di pusat maupun di daerah-daerah. Pembangunan yang dimaksud di sini adalah pembangunan infrastruktur dan juga pembangunan mental spiritual warga negara.
  • Fungsi Pemberdayaan
    Fungsi pemberdayaan ini bertujuan untuk mendukung otonomi daerah sehingga masing-masing daerah dapat mengelola sumber daya secara maksimal. Untuk mencapai suatu tujuan tersebut maka pemerintah daerah harus meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam kegiatan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan.

Tujuan Pemerintahan

Adapun tujuan pemerintahan diantaranya yaitu:

  • Melindungi hak asasi manusia, kebebasan, kesetaraan, perdamaian, dan keadilan bagi seluruh rakyatnya.
  • Menjunjung tinggi dan menjalankan konstitusi sehingga setiap warga negara diperlakukan dengan adil.
  • Menjaga perdamaian dan keamanan di dalam masyarakat dengan menerapkan hukum secara adil.
  • Melindungi kedaulatan bangsa dari berbagai unsur yang mengancam, baik dari dalam maupun dari luar.
  • Membuat dan menjaga sistem moneter sehingga memungkinkan perdagangan domestik dan internasional berjalan dengan baik.
  • Menarik pajak dan menetapkan APBN secara bijak sehingga pengeluaran negara tepat sasaran.
  • Membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik.
  • Menjaga hubungan diplomatik dengan negara lain dengan cara membangun kerjasama di berbagai bidang.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.