√ Pengertian Kewirausahaan Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Ciri – Tujuan – Manfaat

Posted on

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Ciri – Tujuan – Manfaat

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Ciri – Tujuan – Manfaat – Kewirausahaan berasal dari kata wirausaha yang artinya seseorang yang memiliki kreasi dan inovasi untuk menjadikan jasa atau produk memiliki suatu nilai lebih yang bisa dimanfaatkan bagi dirinya dan orang lain. Istilah wirausaha biasa disebut dengan wiraswasta yang menggantikan istilah dari entrepreneur. Istilah entrepreneur pertama kali dikemukakan oleh Richard Cantillon yang berasal dari orang irlandia yang berdiam di Prancis yang dalam bukunya Essai sur la natura du Commerceen, di tahun 1755. Sedangkan jika dilihat dari segi etimologis wiraswasta berasal dari kata wiradan swasta. Wira berarti berani dan swasta berarti berdiri menurut kekuatan sendiri.

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum

Kewirausahaan secara umum ialah kemampuan seorang manajer resiko “risk manager” yang mengarah kepada ilmu/sikap mental/jiwa yang dimiliki wirausaha untuk menjadikan sumberdaya yang ada dengan memadukan beberapa ide kreatif, inovatif dan orisinal kesemuanya dikemas dalam visi untuk dijadikan sebuah peluang yang outputnya adalah membawa keuntungan untuk dirinya dan orang lain yang terlibat dengannya. Beda halnya dengan pengertian wirausaha, wirausaha mengarah kepada pelaku “orang” yang memiliki jiwa kewirausahaan itu.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Adapaun pengertian kewirausahaan menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

  • Menurut Thomas W Zimmerer
    Kewirausahaan ialah penerapan keinovasian & kreativitas untuk pemecahan masalah & memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.
  • Menurut Andrew J Dubrin
    Seseorang yang menjalankan dan mendirikan suatu usaha yang inovatif.
  • Menurut Robbin & Coulter
    Kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir & sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi & keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.
  • Menurut Peter F Drucker
    Sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru & berbeda.
  • Menurut Drucker
    Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda “ability to create the new and different”.
  • Menurut Kathleen
    Wirausaha ialah seseorang yang menjalankan, mengatur dan berani mengambil resiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.
  • Menurut Acmad Sanusi
    Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha & perkembangan usaha.
  • Menurut Mas’ud Machfoedz & Mahmud Machfoedz
    Wirausaha ialah seorang yang mempunyai inovasi untuk mengubah kesempatan menjadi suatu ide yang bisa dijual, mampu memberikan nilai plus lewat usaha, biaya, waktu dan kecakapan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
  • Menurut Joseph Schumpeter
    Wirausaha ialah seseorang yang mendapat peluang & menciptakan suatu organisasi untuk mengejar sebuah peluang tersebut.
  • Menurut Arif F. Hadipranata
    Wirausaha merupakan sosok yang mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mengelola & mengatur segala urusan serta menerima sejumlah keuntungan financial maupun non financial.
  • Menurut Raymond
    Wirausaha ialah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkannya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri dilingkungan dan masyarakat.
  • Menurut Kasmir
    Wirausaha ialah seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.
  • Menurut Harvey Leibenstein
    Kewirausahaan mencakup berbagai kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan & menciptakan perusahaan pada saat dimana pasar belum terbentuk/belum teridentifikasi dengan jelas, atau beberapa komponen fungsi produksinya belum teridentifikasi secara penuh.
  • Menurut Soeparman Spemahamidjaja
    Kewirausahaan adalah suatu kemampuan “ability” dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.
  • Menurut S. Wijandi
    Kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.
  • Menurut Soeharto Prawiro
    Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha “star-up phase” dan perkembangan usaha “venture growth”.
Baca Juga  √ Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri - Ciri, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Fungsi Atau Peran Wirausaha Dalam Perekonomian Nasional

Ada beberapa peranan wirausaha dalam perekonomian nasional sebagai berikut:

  • Menciptakan lapangan kerja, dengan jiwa wirausaha, faktor produksi dapat dikombinasikan sehingga menghasilkan produk baru yang berarti kesempatan kerja menjadi lebih terbuka.
  • Munculnya banyak kesempatan atau produksi, kesenjangan sosial antara masyarakat yang berpenghasilan tinggi dengan masyarakat yang berpenghasilan rendah dapat dikurangi.
  • Memperkokoh perekonomian nasional dengan berbagai kegiatan usaha yang memiliki wirausaha.
  • Semakin banyak wirausaha yang dapat mengolah kekayaan alam akan membuka peluang untuk meningkatkan pendapatan dan sekaligus akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Mendorong terciptanya masyarakat adil dan makmur.
  • Meningkatnya pendapatan nasional.
  • Munculnya produk baru, baik barang maupun jasa akan memberikan sumbangan terhadap baiknya pendapatan nasional.

Ciri-Ciri Wirausaha

Seseorang dianggap wirausaha kalau sudah tentu bisa memenuhi definisi wirausaha itu sendiri. Nah untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.

Berjiwa Pemimpin

Jiwa kepemimpinan mesti dimiliki oleh seseorang wirausaha, dengan adanya jiwa pemimpin tersebut maka bisa mengembangkan usaha mereka supaya menjadi lebih maju.

Tidak Konsumtif

Konsumtif atau sering berbelanja termasuk penyakit yang selalu menggerogoti seseorang saat ini. Seorang wirausaha mestilah tidak konsumtif atau tidak sering berbelanja kepada hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Analisis Yang Tepat

Seseorang bisa dianggap wirausaha kalau mempunyai pengetahuan yang tepat dalam membuat analisis yang tepat, analisisnya selalu mendekati 100 persen benar.

Semangat Dan Kemauan Keras

Seorang wirausaha harus mempunyai semangat dan kemauan keras supaya tidak mudah menyerah dalam berusaha.

Berani Mengambil Resiko

Seseorang bisa dianggap wirausaha kalau mempunyai sifat berani dalam mengambil resiko, hal tersebut tentu saja mesti sesuai dengan perencanaan yang sebelumnya sudah dilakukan serta adanya pengamatan yang dilakukannya terhadap ide yang dimilikinya tersebut.

Baca Juga  √ Norma Sosial : Pengertian, Ciri, Macam dan Contohnya

Memiliki Keberanian Dan Daya Kreasi

Seorang wirausaha mesti mempunyai keberanian dalam berkreasi atau tidak takut untuk merencanakan dan bermimpi. Segala ketakutan akan sia-sia dalam bermimpi dan berencana mestilah dihilangkan. Setidaknya mesti diingat STOP “stop “Berhenti (Stop), berfikir (think), observasi (Observation) dan rencana (Plan), kalau terjadi hal-hal yang telah membuat ide tersebut menjadi mandek atau tertunda.

Berorientasi Pada Masa Depan

Kalau anda seseorang wirausaha yang kreatif dan inovatif serta mempunyai beberapa ciri wirausaha yang lain maka anda akan mempunyai kemampuan ini.

Ciri-Ciri Kewirausahaan Yang Profesional Dan Handal

  • Menciptakan transaksi
  • Jujur, Santun dan berani
  • Komunikatif dan negosiasi ramah dalam melakukan pelayanan
  • Tidak berdebat dengan calon pelanggannya
  • Mengenal banyak produknya
  • Yakin terhadap produk yang dimilikinya

Tujuan Berwirausaha

Nah berikut ini beberapa tujuan wirausaha dalam berkewirausahaan yaitu:

  • Mengembangkan dalam bentuk kreasi dan inovasi supaya bisa tercipta dinamika di dunia bisnis atau kewirausahaan sehingga kemakmuran bisa tercapai.
  • Menyebarluaskan dan membuat budaya ciri-ciri kewirausahaan di sekelilingnya terutama di masyarakat.
  • Ikut serta dalam mengembangkan dan menumbuhkan kesadaran serta orientasi kewirausahaan yang kuat.
  • Ikut serta dalam mewujudkan kemampuan para wirausaha untuk menambah kemakmuran dan kesejahteraan negara dan masyarakatnya.
  • Bertekad dan berusaha dalam meningkatan jumlah para wirausaha yang baik dengan kata lain ikut aktif dalam melakukan pengkaderan manusia sebagai calon wirausaha untuk bisa membangun jaringan bisnis yang lebih baik.

Manfaat Kewirausahaan

Dari beberapa penelitian mengedintifikasi bahwa pemilik bisnis mikro, kecil dan percaya bahwa mereka cenderung bekerja lebih keras, menghasilkan lebih banyak uang dan lebih membanggakan dari pada bekerja di suatu perusahaan besar. Sebelum mendirikan usaha, setiap calon wirausaha sebaiknya mempertimbangkan manfaat kepemilikan bisnis mikro, kecil atau menengah. Thomas W Zimmerer et. al “2005” merumuskan manfaat kewirausahaan adalah sebagai berikut:

  • Memberi peluang dan bebesan untuk mengendalikan nasib sendiri memiliki usaha sendiri akan memberikan kebebasan dan peluang bagi pebisnis untuk mencapai tujuan hidupnya.
  • Memberi peluang melakukan perubahan semakin banyak bisnis yang memulai usahanya karena mereka dapat menangkap peluang untuk melakukan berbagai perubahan yang menurut mereka sangat penting. Mungkin berupa penyediaan perumahan sederhana yang sehat dan layak pakai dan mendirikan daur ulang limbah untuk melestarikan sumber daya alam yang terbatas.
  • Memberi peluang untuk mencapai potensi diri sepenuhnya banyak orang menyadari bahwa bekerja di suatu perusahaan seringkali membosankan, kurang menantang dan tidak ada daya tarik. Hal ini tentu tidak berlaku bagi seorang wirausahawan, bagi mereka tidak banyak perbedaan antara bekerja atau menyalurkan hobi atau bermain, keduanya sama saja.
  • Memiliki peluang untuk meraih keuntungan walaupun pada tahap awal uang bukan daya tarik utama bagi wirausahawan, keuntungan berwirausahawan merupakan faktor motivasi yang penting untuk mendirikan usaha sendiri, kebanyakan pebisnis tidak ingin menjadi kaya raya, tetapi kebanyakan diantara mereka yang menang menjadi berkecukupan.
  • Memiliki peluang untuk berperan aktif dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usahanya pengusaha atau pemilik usaha kecil seringkali merupakan warga masyarakat yang paling dihormati dan dipercaya.
  • Memiliki peluang untuk melakukan sesuatu yang disukai dan menumbuhkan rasa senang dalam mengerjakan hal yang didasarkan oleh pengusaha kecil atau pemilik perusahaan kecil adalah bahwa kegiatan usaha mereka sesungguhnya bukan kerja.
Baca Juga  √ Pengertian Manajemen Secara Umum, Etimologi & Menurut Para Ahli Serta Fungsi - Prinsip - Tujuan - Jenis

Dengan beberapa manfaat berkewirausahaan tersebut diatas jelas bahwa menjadi usahawan lebih memiliki berbagai kebebasan yang tidak mungkin diperoleh jika seseorang menjadi karyawan atau menjadi orang gajian atau menjadi pekerja bagi para pemilik perusahaan.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Kewirausahaan Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Ciri – Tujuan – Manfaat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: