√  Gizi Seimbang : Pengertian Gizi Seimbang  Serta  Pentingnya Makanan Bergizi Untuk  Kesehatan

Posted on

√  Gizi Seimbang : Pengertian Gizi Seimbang  Serta  Pentingnya Makanan Bergizi Untuk  Kesehatan

Gizi Seimbang – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan  tentang pengertian gizi seimbang dan juga pentingnya makan yang bergizi bagi kesehatan yang akan di bahas secara lengkap dan jelas, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Gizi Seimbang

Menurut Kementrian Kesehatan RI, gizi seimbang adalah susunan makanan sehari – hari yang mengandung zat – zat gizi dalam jenis  dan  jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman makanan, aktivitas atau kegiatan  fisik, perilaku hidup bersih, serta berat badan normal untuk mencegah masalah kurang gizi.

Pada intinya, gizi seimbang terdiri atas  dari komponen – komponen yang cukup jumlahnya, cukup kualitasnya, mengandung beragam zat gizi ( energi, protein, vitamin, dan mineral ) yang dibutuhkan oleh  tubuh untuk bertumbuh ( pada anak – anak ), untuk menjaga kesehatan,  dan juga untuk melakukan aktivitas atau kegiatan  kehidupan sehari – hari,  dan juga  menyimpan zat gizi untuk mencukupi kebutuhan tubuh  pada saat   konsumsi makanan yang kurang bergizi.

Pedoman gizi seimbang mempunyai  empat prinsip utama yang tujuannya adalah  untuk menyeimbangkan antara zat gizi yang di keluarkan dengan zat gizi yang di masukkan dengan  melalui pemantauan berat badan. Empat prinsip utama tersebut  adalah :

  • Konsumsi Aneka Ragam Makanan
  • Perilaku Hidup Bersih
  • Mengupayakan Aktivitas Fisik
  • Memantau Berat Badan Normal

Dampak Kurang Gizi

Anda perlu mengonsumsi beraneka ragam makanan  yang bergizi supaya   tubuh dalam keadaan gizi seimbang. Dan gizi seimbang akan memungkinkan tubuh untuk berfungsi dengan baik meskipun usia terus bertambah. Apabila  keperluan  gizi tidak dipenuhi, maka anda akan mengalami kondisi kurang gizi, dan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini adalah dampak – dampak dari kurang gizi yang perlu di hindari :

  • Merasa kelelahan
  • Rambut sering dan juga mudah patah
  • Kuku bergerigi atau cekung ke dalam
  • Masalah gigi
  • Sembelit atau konstipasi
  • Gangguan mood dan mental
  • Mudah Memar dan luka lama sembuh
  • Daya tahan tubuh yang lemah
Baca Juga  √ Jaringan Ikat :  Pengertian, Struktur, Fungsi, Ciri, Dan Jenisnya

Makanan Bergizi

Mutu  dan  kelengkapan zat gizi bisa didapatkan dari keanekaragaman jenis makanan bergizi yang dikonsumsi. Semakin beragam makanan yang dikonsumsi, maka  akan semakin mudah juga untuk mencapai keadaan gizi seimbang. Dalam pedoman gizi seimbang oleh Kementrian Kesehatan RI, di jelaskan bahwa terdapat  lima kelompok makanan yang di anjurkan untuk dikonsumsi setiap hari atau setiap kali makan.

Lima kelompok makanan tersebut yaitu terdiri dari  makanan pokok, sayuran, lauk – pauk, buah – buahan, dan air. Akan lebih baik jika  setiap kali makan anda mengkonsumsi lebih dari satu jenis makanan dari setiap kelompok tersebut. Berikut akan di jelaskan masing – masing dari setiap kelompok makanan bergizi tersebut.

  • Makanan Pokok

Yang termasuk makanan pokok adalah yang mengandung karbohidrat dan telah   menjadi bagian utama dari pola konsumsi masyarakat Indonesia. Misalnya adalah beras, singkong, ubi, jagung, sagu, dan talas.  Selain mengandung karbohidrat, makanan pokok juga biasanya mengandung vitamin B1, B2, dan juga  sejumlah mineral. Makanan pokok yang berasal dari serealia utuh, seperti beras merah dan  beras hitam, juga mengandung serat dalam jumlah tinggi. Kandungan serat  sangat penting untuk melancarkan proses BAB  dan juga   mengendalikan kadar kolesterol.

  • Sayuran

Sayuran merupakan  makanan bergizi yang merupakan sumber dari beragam mineral, vitamin, serta serat. Sebagian mineral dan vitamin yang terdapat pada  sayuran sangat  bermanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan fungsinya  adalah untuk menangkal senyawa – senyawa jahat yang berada  di dalam tubuh. Beberapa jenis sayuran juga mengandung karbohidrat, seperti  wortel dan kentang.

  • Lauk – Pauk

Lauk – pauk adalah makanan bergizi yang berasal dari sumber dari protein hewani dan juga protein nabati. Yang termasuk dalam lauk – pauk sumber protein hewani antara lain yaitu  daging merah ( daging sapi, daging kambing, daging rusa, dan yang lain sebagainya  ) , daging unggas ( daging ayam, daging bebek, dan yang lainya ), daging ikan ( termasuk seafood ), telur, dan susu ( termasuk produk olahannya ).

Baca Juga  √ Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit : Pengertian, Ciri, Jenis Beserta  Contohnya

Sedangkan makanan bergizi yang termasuk lauk – pauk sumber protein nabati yaitu adalah  kacang – kacangan dan juga produk olahannya ( tahu, tempe, susu kedelai, dan yang lain – lain ), kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kacang tolo, dan kacang hitam. Meskipun  kedua jenis makanan bergizi tersebut sama – sama menyediakan protein, namun   terdapat  kelebihan serta  kekurangan dari masing – masing  dari jenis makanan tersebut .

  • Buah – buahan

Sama seperti sayuran, buah – buahan juga adalah sumber dari beragam jenis vitamin, mineral, dan serat. Buah – buahan juga mengandung vitamin  dan   mineral yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal senyawa – senyawa jahat. Akan tetapi   berbeda dengan sayuran, buah – buahan pada  umumnya mengandung karbohidrat yang biasanya berupa glukosa dan fruktosa. Semakin matang buah, maka akan semakin tinggi kandungan fruktosa serta  glukosanya, sehingga rasanya akan semakin manis. Buah – buahan tertentu, seperti alpukat dan buah merah, juga memiliki  kandungan lemak tidak jenuh.

Bersamaan dengan sayuran, konsumsi buah – buahan terbukti membantu  dalam mempertahankan tekanan darah, kadar gula darah,  dan juga  kadar kolesterol normal. Buah – buahan juga membantu anda supaya   tetap lancar BAB dan tidak mudah gemuk.

  • Air

Air juga memiliki kandungan gizi makro. Itu artinya anda membutuhkan   air dalam jumlah yang  banyak agar tetap sehat. Malahan, sekitar 2 / 3 dari berat tubuh manusia berasal dari air. Bagi tubuh, air berperan  dalam  mengatur proses biokimia, mengatur suhu, media transportasi zat gizi, membuang sisa metabolisme, melumaskan sendi, dan  sebagai bantalan organ.

Gangguan pada keseimbangan air dalam tubuh  dapat mengakibatkan  berdampak yang buruk bagi kesehatan, bahkan menyebabkan berbagai penyakit. Contohnya  seperti susah buang air besar ( sembelit ), infeksi saluran kencing, batu di kandung kemih, gangguan ginjal, hingga obesitas. Anda bisa memenuhi kebutuhan air  dengan melalui konsumsi minuman ataupun makanan.

Baca Juga  √ Daur Air : Pengertian , Proses dan Tahapannya

Demikianlah penjelasan mengenai √ Gizi Seimbang : Pengertian Gizi Seimbang Serta Pentingnya Makanan Bergizi Untuk Kesehatan yang sudah dijelaskan di atas ,  untuk mencapai keadaan gizi seimbang, maka  anda perlu mengkonsumsi lima kelompok makanan bergizi yang terdiri dari makanan pokok, sayuran, lauk – pauk, buah – buahan, dan air. Semoga bermanfaat ,  dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya .