Energi : Pengertian, Macam, Sifat, Perubahan, Fungsi Dan Contoh

Posted on

Energi : Pengertian, Macam, Sifat, Perubahan, Fungsi Dan Contoh

Energi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi mengenai energy secara lebih lengkap, dimana dalam pembahasan kali ini akan m,eliputi, pengertian energy, bentuk, sifat, perubahan,fungsi serta contohnya. Untuk lebih jelasnya l;angsung saja simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Energi

Energi adalah suatu  kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan atau aktifitas (usaha). Kata Energi sendiri berasal  dari bahasa yunani yaitu “ Ergon ” yang mempunyai arti “ Kerja “. Ketika melakukan sesuatu atau kegiatan kita selalu menggunakan energi, baik sadar maupun tidak sadar. Energi merupakan suatu besaran turunan dengan satuan ( N.m ) atau Joule.

Energi dan kerja mempunyai satuan yang sama. Energi di definisikan  sebagai suatu  tenaga atau gaya untuk melakukan atau berbuat sesuatu, yang secara umum dapat di artikan  sebagai kemampuan untuk  melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan . Sedangkan kerja dapat di definisikan sebagai usaha guna  memindahkan benda yang sejauh S ( m ) dengan gaya F ( Newton ).

Setiap kegiatan atau pekerjaan tentunya  memerlukan energi dalam jumlah serta  bentuk yang berbeda –  beda. Energi tidak dapat di lihat akan tetapi  pengaruhnya dapat di rasakan. Energi bisa berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk yang  lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )  energi dapat di definiskan sebagai daya atau kekuatan yang di butuhkan  untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Energi adalah  bagian dari suatu bendanamun tidak terikat pada benda tersebut. Energi mempunyai sifat yang  fleksibel yang artinya dapat berpindah serta berubah.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

  • Menurut Michael J. Moran : Energi adalah suatu konsep dasar yang termodinamika dan merupakan salah satu aspek penting dalam analisis teknik
  • Menurut Robert L. Wolke : Energi adalah suatu kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi
  • Menurut Mikrajuddin : Energi adalah kemampuan dari benda untuk melakukan suatu usaha
  • Menurut Pardiyono : Energi merupakan suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau di miliki oleh suatu benda

Satuan Energi

Satuan Internasional untuk energi adalah  Joule ( J ), satuan tersebut digunakan untuk menghormati James Presscot Joule dan  percobaannya dalam persamaan mekanik panas. Satuan lain yangb dapat di gunakan untuk energi adalah Kalori ( Kal ). Berikut ini adalah hubungan anatara Joule dan Kalori :

Baca Juga  Gerhana : Pengertian Gerhana Bulan Dan Matahari, Jenis Beserta Prosesnya
1 Kalori = 4,2 Joule atau 1 Joule = 0,24 Kalori

Hubungan Joule dengan Satuan Internasional Dasar  yang lain :

1 Joule = 1 Newton – Meter dan 1 Joule = 1 kg m2 s – 2

Hukum Kekekalan Energi

Energy  mempunya satuan hukum yang disebut dengan hukum kekekalan energi. Hukum kekelan energy tersebut berbunyi Bunyi  “  Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, akan  tetapi energi dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya “ ( Hukum I Termodinamika ).

Macam Dan Bentuk Energi

Energi yang paling besar adalah energi matahari. Energi panas dari sinar matahari mempunyai banyak manfaat untuk  kehidupan di muka bumi ini.  Selain dapat bermanfaat bagi umat manusia energi matahari juga bermanfaat bagi tumbuhan yang mempunyai klorofil atau zat hijau daun untuk dapat melakukan proses pembuatan makanan yaitu proses fotosintesis.

Manusia membutuhkan energi yang ramah lingkungan yang bebas polusi dan tidak merusak alam untuk mendapatkan nya. Energi yang ramah lingkungan sendiri adalah merupakan energi yang pemanfaatannya tidak memberikan dampak negative atau buruk bagi kondisi lingkungan. Energi alternatif sendiri terdapat banyak jenisnya.  Berikut ini adalah beberapa macam energy alternative :

Energi : Pengertian, Macam, Sifat, Perubahan, Fungsi Dan Contoh

Energi mekanik

Energi mekanik merupakan suatu  energi yang dimiliki oleh suatu benda karena sifat geraknya. Energi Mekanik dibagi menjadi dua, yaitu :

Energi Potensial

Energi Potensila adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda terhadap  suatu tempat atau kedudukan tertentu. Dari kedudukan atau tempat tersebut   dapat melakukan usaha. Oleh sebab itu energi potensial juga  disebut sebagai  energi tenaga tempat.  Sehingga dapat di rumuskan sebagai berikut :

Energi Potensial

Keterangan ( Satuan ) :

Ep = Energi Potensial ( Joule )

m = Massa ( kg )

g = Gravitasi ( m/s2 )

h = Ketinggian ( m )

Energi Kinetik

Energi kinetic adalah suatu  Energi yang dimiliki oleh suatu benda karena pergerakan atau kelajuannya. Energi kinetik secara jelas dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk melakukan suatu usaha agar dapat menggerakkan benda dengan massa tertentu hingga mencapai suatu kecepatan tertentu. Semakin tinggi kecepatan dari suatu benda maka semakin besar pula energi kinetiknya. Yang dapat di rumuskan secara Fisika  ebagai berikut :

Energi Kinetik

Keterangan (Satuan) :

Ek = Energi Kinetik ( Joule )

m = Massa ( kg )

v = Kecepatan ( m/s )

Energi Mekanik = Energi Potensial = Energi Kinetik
Energi Bunyi

Energi Bunyi adalah suatu  energi yang dihasilkan oleh getaran partikel – partikel yang berasal dari udara di sekitar sumber bunyi. Sebenarnya setiap kali terjadinya suatu getaran pada sebuah  benda pasti terdapat energi bunyi, akan tetapi  tidak semua bunyi tersebut akan terdengar. Semakin kuat getarannya, maka akan semakin besar pula energi bunyi yang dihasilkan.

Baca Juga  √ Cahaya : Pengertian, Macam, Sifat Dan Contohnya
Energi Panas ( Kalor )

Energi Panas adalah energi yang terjadi karena adanya suatu pergerakan internal dari partikel penyusun dalam suatu benda. Energi panas adalah  energi yang berpindah dari suatu partikel yang bersuhu tinggi ke partikel yang bersuhu lebih rendah, di mana matahari merupakan sumber energi panas yang paling besar. Energi panas dapat berpindah melalui tiga cara, yaitu secara konduksi, konveksi, dan juga radiasi.

Energi Cahaya

Energi Cahaya adalah suatu Energi yang dihasilkan dari gelombang elektromagnetik. Contohnya adalah pada saat cahaya dari lampu, semakin jauh dari sumber cahaya maka akan  semakin sedikit pengaruh cahaya tersebut terhadap penglihatan.

Energi Kimia

Energi Kimia adalah suatu  energi yang dihasilkan dikarenakan  adanya suatu  interaksi secara kimia dari reaksi kimia yang terjadi.

Energi Nuklir

Energi Nuklir adalah suatu energi yang dihasilkan oleh reaksi inti oleh bahan radioaktif. Energi ini di hasilkan oleh inti atom yang membelah atau dua inti atom yang menyatu. Pembelahan atau penyatuan inti atom akan menghasilkan suatu  energi yang sangat besar karena terjadi perubahan pada inti atomnya.

Fungsi Dan Manfaat Energi Sehari-Hari

Dari hukum kekekalan energi , apabila  energi dapat dirubah ke dalam bentuk energi yang lainnya maka energi tersebut akan dapat di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan energi yang paling banyak dan dapat di manfaatkan adalah perubahan dari energi listrik yang dirubah ke dalam bentuk energi yang lainnya.

Contoh perubahan dari energi tersebut antara lain:

  • Energi listrik menjadi energy panas saat penggunaan setrika untuk menggosok pakaian
  • Energy listrik menjadi energy gerak pada saat penggunaan kipas angin
  • Energy cahaya menjadi energy kimia , seperti pemanfaatan cahaya matahari yang di gunakan sebagai bahan dasar dalam proses fotosintesis pada tumbuhan.

Sifat Energi

Transformasi energi, energi dapat diubah menjadi bentuk yang lain. Sebagai contohnya adalah energi panas dari pembakaran menjadi energi mekanik mesin. Transfer energi, energi panas dari suatu material atau tempat dapat di transferkan ke tempat atau meterial yang lain. Sebagai contoh pemanasan air pada panci, dengan energi panas yang berasal dari api ditransferkan melalui material atau bahan  panci sehingga memanaskan air dan setelah melalui titik didih air, maka air akan menguap.

Baca Juga  √ Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit : Pengertian, Ciri, Jenis Beserta  Contohnya

Energi juga dapat di pindahkan, dari benda yang lain oleh suatu gaya yang menyebabkan terjadinya suatu  pergeseran. Energi juga  adalah kekal, sehingga energi tidak dapat di ciptakan dan juga  di musnahkan.

Perubahan Bentuk Energi

Energi dapat berubah dari satu bentuk energi  ke bentuk energi yang lainnya. Suatu bentuk energi akan terlihat manfaat atau kegunaannya  setelah berubah bentuk menjadi bentuk energi yang lain.

Contoh Perubahan Bentuk Energi

  • Perubahan Energi Gerak menjadi Energi Panas

Contoh : Kedua tangan yang saling di gososkkan akan terasa hangat

  • Perubahan Energi Gerak manjadi Energi Panas

Contoh : kertas yang di bentuk menjadi spiral akan berputar saat di panaskan di atas lilin.

  • Energi Listrik menjadi Energi Cahaya

Contoh : televise, lampu neon , lampu pijar.

  • Energi Listrik menjadi Energi Panas

Contoh : Solder, setrika, oven, dispenser

  • Energi Listrik menjadi Energi Gerak

Contoh : mixer, kipas angin, mesin cuci

Energi dapat di ubah menjadi sebuah energi yang setara, akan tetapi energi tersebut tidak dapat di musnahkan dan juga tidak dapat di ciptakan. Hal tersebut disebut dengan hukum kekekalan energi. Albert Einstein mengemukakan pendapatnya mengenai hukum kekekalan materi dan energi, bahwa pada waktun ya orang dapat mengubah suatu unsur menjadi suatu  energi dan juga sebaliknya energi diubah menjadi unsur kembali.

Akan tetapi para ahli menegaskan bahwa pendapat Einstein  yang  mengemukakan bahwa unsur dan juga energy merupakan dua macam bentuk yang  saling berlainan, maka akan tetap berlaku hukum kekekalan. Bahwa energi dapat di ubah dari energy yang satu ke energy yang lain, akan tetapi dengan  jumlah akhir adalah tetap.

Demikianlah pembahasan mengenai Energi : Pengertian, Macam, Sifat, Perubahan, Fungsi Dan Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.