√ Hukum Gravitasi Newton Dalam Ilmu Fisika

Posted on

√ Hukum Gravitasi Newton Dalam Ilmu Fisika

Hukum Gravitasi Newton – Pada kesempatan kali ini kita akan mebahas tentang Hukum gravitasi Newton , yang akan di jelaskan secara jelas dan juga singkat , untuk informasi lebih lengkapnya , langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Mengenai  Gravitasi Bumi  pertama kali di perkenalkan oleh seorang Ahli Fisikawan, Ahli Astronomi, serta Ahli Matematikawan dan juga Teolog yang bernama Sir Isaac Newton yang lahir pada tahun 1643  –  1727 yang  berasal dari Inggris. Dalam  sejarahnya Sir Isaac Newton menemukan Hukum Gravitasi Newton  yang berasal ketika ia memperhatikan peristiwa apelpel yang jatuh dan Newton berpikir bahwa terdapat  suatu Gaya didalam Bumi yg belum di ketahui dan gaya tersebut dapat  menyebabkan benda yang awalnya diam menjadi Bergerak. Sir Isaac Newtonpun menyadari bahwa gaya tersebut yang menyebabkan bulan selalu berada di dekat planet bumi serta  tetap berada didalam lintasan orbit yang mengelilingi planet bumi. Berawal dari kejadian tersebut, Sir Isaac Newton lalu  menyebut bahwa  gaya tersebut sebagai Gaya Gravitasi lalu  menetapkan bahwa Gaya Gravitasi pasti ada di antara semua benda baik yang berada di Bumi ataupun  di Luar Angkasa.

Bunyi Hukum Gravitasi Newton

Hukum Gaya Gravitasi Newton berbunyi, ”  Setiap Massa menarik Massa yang lain dengan gaya segaris yangg menghubungkan antara kedua inti Massa dan juga  besarnya gaya tarik yg terjadi, berbanding lurus dengan perkalian kedua massa dan  berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua titik massa tersebut.

Baca Juga  Listrik Statis : Pengertian, Beserta Contohnya

Teori tentang  hukum Gravitasi Newton tersebut sudah  di kembangkan dengan  lebih jauh lagi bahwa disetiap benda yang ada di angkasa akan saling tarik – menarik dan hal  ini bisa  menjelaskan mengapa bumi terus berputar mengelilingi sang matahari untuk mengimbangi gaya tarik – menarik Gravitas Bumi – matahari sehingga dengan menggunakan  Fenomena tarik menarik gravitasi ini juga bisa  menjelaskan bahwa meteor yang mendekat ke planet bumi di ruang angkasa akan tertarik oleh gaya gravitasi bumi dan jatuh ke bumi. Selanjutnya  Sir Isaac Newton sendiri di dalam tulisannya di Journal Philosophiae Naturalis Principia Mathematica pada tanggal 5 Juli 1687 kemudian  menjelaskan secara lebih detail mengenai  gaya gravitasi dalam bentuk rumus yang diberi nama sebagai Rumus Gaya Gravitasi Newton.

Rumus Gravitasi Newton

Demikianlah ulasan singkat tentang √ Hukum Gravitasi Newton Dalam Ilmu Fisika semoga mudah untuk di pahami dan juga dapat bermanfaat untuk kalian semua , terimakasih.