√ Pengertian Demokrasi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sejarah – Macam – Ciri – Prinsip – Kelebihan – Kekurangan

Posted on

Pengertian Demokrasi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sejarah – Macam – Ciri – Prinsip – Kelebihan – Kekurangan – Dalam hal ini Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintah yang dimana seluruh warga negaranya dapat mengambil keputusan sendiri.

Pengertian Demokrasi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sejarah – Macam – Ciri – Prinsip – Kelebihan – Kekurangan

Warga negara memiliki hak atas negara yang mereka tinggali yang dapat mengubah hidup mereka. Kalau begitu simak lebih lanjut ulasannya dibawah ini.

Pengertian Demokrasi Secara Umum

Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani yakni demokratia yang terbentuk dari kata demos yang artinya rakyat dan kratein yang artinya pemerintahan/kekuasaan, sehingga arti dari demokratia ialah kekuasaan atau pemerintahan rakyat. Secara umum, pengertian demokrasi merupakan suatu sistem pemerintah yang melibatkan rakyat dalam sistem pemerintahan negara.

Selain itu, pengertian demokrasi adalah bentuk sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya dalam mewujudkan kedaulatan rakyat atas kekuasaan negara untuk dijalankan oleh pemerintahan negara tersebut. Pilar demokrasi yang biasa kita kenal adalah prinsip trias politica, dimana membagi ketiga kekuasaan politik negara yaitu eksekutif, yudikatif dan legislatif. Dalam mewujudkan ketiga jenis lembaga negara yang bersifat independen dan berada dalam kesejajaran satu sama lain, diharapkan agar ketiga lembaga negara ini dapat saling mengontrol dan mengawasi.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian demokrasi menurut para ahli sebagai berikut:

  • Menurut Abraham Lincoln
    Demokrasi merupakan pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat “government of the people, by the people and for the people”. Hal ini berarti kekuasaan tertinggi dalam sistem demokrasi ada di tangan rakyat dan rakyat mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama dalam mengatur kebijakan pemerintahan. Melalui demokrasi keputusan yang diambil berdasarkan suara terbanyak.
  • Menurut Hans Kelsen
    Demokrasi merupakan pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat dimana yang melaksanakan kekuasaan negara adalah wakil-wakil rakyat yang terpilih dan rakyat yakin bahwa segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan didalam melaksanakan kekuasaan negara.
  • Menurut Sidney Hook
    Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung ataupun tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.
  • Menurut H. Harris Soche
    Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan rakyat, karena itu kekuasaan pemerintahan melekat pada diri rakyat atau orang banyak dan hak bagi rakyat atau orang banyak untuk mempertahankan, mengatur dan melindungi dirinya dari paksaan dan pemerkosaan orang lain atau badan yang diserahi untuk memerintah.
  • Menurut Ranny
    Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan yang ditata dan diorganisasikan berdasarkan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat, kesamaan politik, konsultasi atau dialog dengan rakyat dan berdasarkan pada aturan mayoritas.
  • Menurut Hannry B. Mayo
    Demokrasi merupakan kebijaksanaan umum yang ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana dimana terjadi kebebasan politik.
  • Menurut Merriam, Webster Dictionary
    Demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan oleh rakyat yang khususnya oleh mayoritas dan pemerintahan dimana kekuasaan tertinggi tetap dilakukan oleh rakyat baik secara langsung ataupun tidak langsung melalui sebuah sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan mengadakan pemilu bebas yang diadakan secara periodik dan rakyat umum khususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik dan tidak adanya distingsi kelas yang berdasarkan kesewenang-wenangan/keturunan.
  • Menurut C.F. Strong
    Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan dimana mayoritas anggota dewan dari masyarakat yang ikut serta dalam politik atas dasar perwakilan yang menjamin pemerintahan akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakan pada mayoritas tersebut.
  • Menurut Abdul Ghani Ar Rahhal
    Demokrasi didefinisikan sebagai kekuasaan rakyat oleh rakyat. Rakyat merupakan sumber kekuasaan, ia menyebutkan bahwa Plato adalah orang yang pertama kali mengungkap teori demokrasi dimana sumber kekuasaannya merupakan keinginan yang satu bukan majemuk.
  • Menurut Yusuf Al-Qordhawi
    Demokrasi merupakan wadah masyarakat untuk memilih seorang untuk mengurus dan mengatur kepentingan masyarakat. Pimpinannya bukan orang yang dibenci, peraturannya bukan yang masyarakat tidak kehendaki dan masyarakat berhak meminta pertanggungjawaban penguasa apabila pemimpin tersebut salah. Masyarakat juga berhak memecatnya jika menyeleweng, mereka juga tidak boleh dibawa ke sistem ekonomi, sosial, budaya atau sistem politik yang tidak mereka kenal dan tidak sukai.
Baca Juga  Fungsi MPR : Pengertian, Tugas, Wewenang, Hak Dan Kewajibannya

Sejarah Demokrasi

Sistem demokrasi mulai diterapkan sejak zaman Yunani kuno, dengan sistem ini maka rakyat bisa terlibay langsung dalam pengambilan keputusan, menyangkut keberlangsungan sebuah negara. Jadi seluruh perkara kenegaraan harus dibicarakan langsung dengan para rakyatnya. Demokrasi murni atau demokrasi langsung adalah sistem yang diusung di zaman tersebut.

Tentunya dengan cakupan wilayah sangat luas dengan jumlah penduduk hingga 250 juta. Sistem tersebut sudah tidak relevan untuk diterapkan. Sehingga rakyat tidak mungkin lagi secara langsungh terlibat dalam setiap keputusan pemerintah.

Oleh karena itu terbentuklah seperti sekarang dengan adanya Dewan Perwakilan Rakyat. Sebagai perpanjangan tangan dari aspirasi rakyat. Kondisi itu memunculkan istilah demokrasi perwakilan atau demokrasi tidak langsung.

Indonesia pernah menerapkan sistem demokrasi terpimpin di era pemerintahan Soekarno. Sedangkan demokrasi pancasila diusung pada masa pemerintahan Soeharto. Hingga era reformasi, negara kita masih menganut sistem demokrasi pancasila. Sejarah singkat demokrasi ini harus dipahami setiap warga negara.

Namun pada masa reformasi ini, Indonesia mulai mengarah pada arti demokrasi yang sebenarnya. Karena sudah bisa melangsungkan pemilihan presiden, anggota legeslatif dan kepala daerah secara langsung. Perubahan status wilayah dan pemekaran daerah juga diberikan pemerintahan pusat. Demi menjawab seluruh keinginan dan aspirasi rakyat.

Sistem pemerintahan yang semakin adil bisa dirasakan, setelah penerapan demokrasi sekarang ini. Rakyat berperan aktif dalam memilih wakil dan para pemimpinnya secara leluasa. Harapannya keadilan dan kesejahteraan bisa dirasakan oleh setiap warga Indonesia.

Macam-Macam Demokrasi

Demokrasi dibagi atas beberapa macam yaitu diantaranya sebagaimana berikut ini:

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Fokus Perhatiannya

  • Demokrasi formal demokrasi yang hanya berpusat pada bidang politik tanpa sama sekalipun meminimkan kesenjangan politik.
  • Demokrasi Material, demokrasi yang berpusat pada bidang ekonomi tanpa pengurangan pada kesenjangan politik.
  • Demokrasi gabungan demokrasi ini merupakan kombinasi dari demokrasi formal serta demokrasi material.
Baca Juga  √ Pengertian Kasasi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Alasan - Proses - Fungsi - Tata Cara

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

  • Demokrasi dengan langsung atau bahasa Inggrisnya direct democracy merupakan demokrasi yang dengan langsung mengikutsertakan rakyat terkait penentuan dan pemilihan keputusan tertentu kepada negara, contohnya adalah pemilihan umum atau pemilu.
  • Demokrasi tak langsung atau bahasa Inggrisnya Indirect Democracy, Demokrasi yang tidak langsung memasukkan semua rakyat sebuah negara pada penentuan suatu keputusan. Misalnya keputusan tertentu yang diadakan dan ditetapkan oleh wakil-wakil rakyat misalnya DPRD, DPD, dan DPR.

Ciri-Ciri Demokrasi

Adapun ciri-ciri sebuah negara yang menggunakan sistem demokrasi ialah sebagaimana berikut ini:

  • Setiap keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah sesuai dengan kehendak dan keperluan masing-masing rakyat atau seluruh rakyat.
  • Terdapat ciri konstitusional yaitu terkait kehendak kekuasaan maupun kepentingan rakyat yang disusun dan dicatat pada sebuah undang-undang negara.
  • Mempunyai ciri perwakilan yaitu saat mengelola setiap kepentingan negara kedaulatan dan juga kekuasaan rakyat telah diwakili pada yang tadinya telah dipilih dan ditentukan dari rakyat itu sendiri.
  • Setiap aktivitas politik dilaksanakan dalam memilih pihak mana yang hendak diamanahi untuk menjalankan roda pemerintahan. Ciri kepartaian yaitu hanyalah suatu sarana dan media selaku unsur-unsur dan penerapan sistem demokrasi.

Prinsip Demokrasi

Pada umumnya prinsip sistem demokrasi diantaranya yaitu sebagaimana berikut ini:

  • Kebebasan disepakati diakui dan disetujui oleh masing-masing warga negara.
  • Keikutsertaan setiap warga negara terkait pelaksanaan dan penentuan keputusan politik.
  • Kesetaraan masing-masing warga negara.
  • Masing-masing warga negara memiliki kesetaraan dan kesamaan terkait praktek politik.

Kelebihan Dan Kekurangan Demokrasi

Adapun kelebihan dan kekurangan demokrasi sebagai berikut:

Kelebihan Atau Keuntungan Sistem Demokrasi

  • Kesamaan hak menyebabkan masing-masing masyarakat boleh ikut ambil bagian terkait sistem politik.
  • Penerima kekuasaan ditentukan berdasarkan keinginan serta suara rakyat.
  • Menghindari adanya monopoli kekuasaan.
Baca Juga  √ Pengertian Pancasila Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sejarah - Nilai - Butir - Fungsi - Tujuan

Kekurangan Atau Kelemahan Demokrasi

  • Mudah goyahnya kepercayaan rakyat karena efek-efek yang bersifat negatif misalnya media yang tidak objektif atau subjektif terkait penyampaian informasi.
  • Dinilai tidak adil terkait kesamaan hak sebab menurut para ahli masing-masing orang memiliki pemahaman politik yang tidak sama persis.
  • Fokus konsentrasi pemerintah yang masih menjabat menjadi berkurang, lantaran mendekati pemilihan umum selanjutnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Demokrasi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sejarah – Macam – Ciri – Prinsip – Kelebihan – Kekurangan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂