√ Pengertian Budi Pekerti, Tujuan, Manfaat  Beserta  Contohnya

Posted on

√ Pengertian Budi Pekerti, Tujuan, Manfaat  Beserta  Contohnya

Budi Pekerti – Artikel kali ini akan membahas sebuah materi mengenai Budi Pekerti yang meliputi pengertian,  Tujuan , manfaat dan juga contohnya . Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pengertian Budi Pekerti

Budi Pekerti dapat di artikan sebagai kesadaran perbuatan, tindakan atau perilaku seseorang. Sedangkan menurut dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) budi pekerti adalah suatu tingkah laku, akhlak, watak, perangai. Sedangkan apabila  di artikan dari bahasa arab  Pekerti di sebut juga  dengan akhlak serta  dari bahasa inggris adalah  ethics. Maka dari penjelasan tersebut Budi Pekerti  dapat  juga di artikan  dengan etika.

Kemudian istilah budi pekerti dapat di lihat dari segi etimologi  yang merupakan gabungan dari 2 kata yaitu  budi dan pekerti. Yangmana kata Budi sendiri mempunyai  arti sadar, nalar, pikiran ataupun  watak. Selanjutnya  untuk kata Pekerti adalah  suatu perilaku, perbuatan, tabiat, watak. Sehingga dapat  di lihat dari kedua kata tersebut memiliki  hubungan yang cukup erat karena memang pada dasarnya budi seseorang terdapat dalam batin sehingga tidak akan terlihat sebelum dilakukan dalam bentuk yang dinamakan  dengan pekerti ( Perbuatan ).

Maka dapat disimpulkan bahwasanya pendidikan budi pekerti yang di maksud  yaitu merupakan penanaman dan  pengembangan dari nilai budi pekerti yang  luhur contohnya sopan santun, bertanggung jawab, disiplin, jujur, ikhlas dan  yang lain sebagainya.

Tujuan Pendidikan Budi Pekerti

Meberikan pendidikan budi pekerti bagi anak sedini mungkin merupakan  suatu hal yang memang sangat penting karena melihat dari segi pengertian budi pekerti sendiri merupakan  perilaku seseorang sehingga harus terdidik dan juga  di tanamkan dengan berbagai nilai budi pekerti yang luhur.

Baca Juga  √ Pengertian Pendidikan Secara Umum, Etimologi, Undang-Undang & Menurut Para Ahli Serta Tujuan - Fungsi - Manfaat - Ciri - Ruang Lingkup

Untuk pendidikan budi pekerti sendiri memiliki  beberapa tujuan di antaranya adalah  sebagai dasar dalam mencegah berbagai kejadian yang sifatnya negative, berusaha menanamkan mulai sejak dini dari nilai – nilai norma yang luhur yang pada saat  ini mulai berkurang serta sebagai peningkatan kualitas hidup bermasyarakat  dengan melalui pemahaman pendidikian budi pekerti tersebut.

Manfaat Pendidikan Budi Pekerti

Saat  ini, pendidikan budi pekerti terlihat memang sangat penting sekali hal ini karena mengingat berbagai nilai luhur dari kalangan remaja yang  semakin lama semakin  menghilang. Maka mengenai  hal ini akan di jelaskan tentang beberapa manfaat yang dapat  di diperoleh  dari pendidikan budi pekerti salah satunya adalah dapat  membantu para remaja supaya dapat  meningkatkan nilai diri melalui  penanaman ketatasusilaan serta  nilai – nilai moralitas dan juga mulai belajar bagaimana bersikap  yang baik.

Selain itu budi pekerti juga mempunyai  manfaat dalam membantu meningkatkan kesadaran para remaja tentang  bagaimana pentingnya penanaman budi pekerti sebagai penyikap dan juga  siasat dengan kompleksnya perkembangan zaman. Pendidikan budi pekerti pun sangat bermanfaat dalam  meningkatkan SDM atau sumber daya manusia dalam  upaya menciptakan manusia yang berbudi luhur dengan melalui pendidikan dan juga  penanaman budi pekerti di bangku sekolah.

Demikianlah ulasan di atas tentang √ Pengertian Budi Pekerti, Tujuan, Manfaat Beserta Contohnya semoga bermanfaat untuk kalian semua ya , dan terimakasih atas kunjungannya.