Organisme Heterotrof : Pengertian Dan Jenisnya

Posted on

Organisme Heterotrof : Pengertian Dan Jenisnya

Organisne Heterotrof – Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai organisme heterotrof yang akan meliputi pengertian dan juga jenisnya, untuk lebih jelasnya maka langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini agar mudah untuk dipahami.

Pengertian Organisme Heterotrof

Heterotrof adalah organisme yang membutuhkan senyawa organik yang dimana karbon diekstraknya untuk pertumbuhan. Heterotrof lebih dikenal sebagai konsumer dan tidak dapat membuat makanan sendiri di dalam rantai makanan, melainkan hanya dapat bergantung pada yang lainnya.

Sebagian besar makhluk heterotrof merupakan parasit. Yang termasuk dalam heterotrof adalah semua hewan, jamur dan juga bakteri. Heterotrof sendiri merupakan kebalikan dari autotrof.

Pengertian lainnya yaitu adalah organisme yang tidak dapat menyusun anorganik menjadi zat organik, sehingga mendapatkan makanannya dengan cara memakan organisme yang lainnya.

Jenis Organisme Heterotrof

Heterotrof mempunyai beragam jenis, berdasarkan jenis makanannya heterotrof ini di bagi menjadi herbivor, omnivor, karnivor, scavenger, dan juga detritivor. Berikut ini adalah penjelasannya :

Herbivor

Herbivor adalah pemakan tumbuhan yang di dalam tingkatan rangkaian makanan di antaranya yaitu sapi, kelinci, rusa, belalang dan juga ulat.

Omnivor

Omnivor adalah pemakan segala, yang termasuk ke dalam omnivor adalah beruang, orangutan, kera, siamang, dan juga manusia. Secara umum hewan ini akan mendominasi ekosistem kecuali apabila ekosistemnya terganggu. Manusia adalah organisme omnivor yang bisa beradaptasi dalam segala jenis kondisi lingkungan, dan juga utamanya karena akal pikirannya. Karena itulah manusia mendominasi bumi.

Baca Juga :  √ Transpirasi : Pengertian , Proses, Macam , Faktor dan Mekanisme

Karnivor

Karnivor adalah pemakan daging. Yang termasuk ke dalam karnivor adalah kodok, laba-laba, ular, elang, dan juga kucing. Hewan ini juga disebut dengan predator karena memperoleh mangsanya dengan cara memburu mangsa yang lain.

Scavenger (Pemakan Bangkai)

Scavenger adalah hewan yang memakan tubuh hewan lainnya yang telah mati yang disebut juga dengan pemakan bangkai atau scavenger. Contoh hewan pemakan bangkai atau scavenger adalah burung nasar.

Destritivor

Destrivitor adalah serpihan organisme yang berupa serpihan daun. Batang atau potongan hewan adalah detritus. Organisme pemakan detritus disebut dengan setritivor contohnya adalah cacing tanah, serangga tanah dan juga rayap.

Demikianlah penjelasan mengenai Organisme Heterotrof : Pengertian Dan Jenisnya semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga berguna dalam menambah wawasan pengetahuan untuk anda semua, sekian artikel kali ini terimakasih banyak untuk kunjungannya ya, jangan lupa juga simak artikel yang lainnya ya.