Asteroid : Pengertian, Ciri- ciri, Jenis, Contoh Dan Cara Melihatnya Dari Bumi

Posted on

Asteroid : Pengertian, Ciri- ciri, Jenis, Contoh Dan Cara Melihatnya Dari Bumi

Asteroid – Pernahkah anda tidur terlentang di malam hari sambil menatap langit yang cerah? Kita akan melihat banyak benda berkilauan di atas sana. Orang-orang menyebutnya dengan bintang, padahal bukan hanya bintang yang berada di atas sana. Akan tetapi ada banyak benda langit yang bersinar lainnya seperti bulan. Orang-orang menyebut bintang adalah benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri. Dan juga memang benar begitu. Sedangkan bulan hanya memperoleh cahaya dari sinar matahari yang memantul.

Di atas sana terdapat banyak benda langit lainnya yang juga bersinar, selain bintang dan bulan ada juga planet tata surya, komet, asteroid dan lain sebagainya. Berikut ini akan kita bahas secara lebih lengkap mengenai asteroid.

Asteroid Adalah Sebuah Benda Langit

Mungkin anda juga sudah sering mendengar mengenai asteroid. Dan banyak orang yang telah membahasnya. Asteroid merupakan kumpulan benda langit yang jumlahnya jutaan serta bergerombol yang membentuk sebuah sabuk raksasa. Gerombolan asteroid yang membentuk sabuk tersebut, berada diantara planet Mars dan Jupiter.

Sehingga adanya asteroid ini juga yang mengelompokkan planet, yang disebut dengan planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet yang berada di antara matahari dan juga sabuk asteroid tersebut. diantaranya yaitu planet Merkurius, planet Venus, planet Bumi dan Mars. Dan planet luar adalah planet yang ada sesudah sabuk asteroid, bila dilihat dari posisi matahari berada. Diantaranya yaitu planet Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Baca Juga  √ Jaringan Tumbuhan : Pengertian Jaringan Tumbuhan dan Fungsinya

Asteroid juga sering disebut dengan planet minor atau planetoid. Asteroid merupakan benda langit yang apabila dilihat dari dekat bentuknya menyerupai bebatuan. Jumlahnya banyak sekali dan mereka mempunyai orbitnya masing-masing. Orbit dari asteroid ini bentuknya elips serta beraktivitas dengan bebas di angkasa. Asteroid terbentuk dari zat yang terdiri dari tanah liat, silikat, dan yang lain sebagainya.

Ciri- ciri Asteroid

Benda-benda langit jika dilihat dari bumi dengan jarak yang tidak begitu jauh maka akan terlihat sama saja, yaitu berkelip-kelip. Namun apabila kita tahu bagaimana bentuk yang sebenarnya maka akan terlihat perbedaannya. Tidak seperti planet yang bentuknya bulat tepat pada kedua kutubnya, asteroid berbentuk tidak beraturan. Berikut ini adalah beberapa ciri dari asteroid :

Bentuknya tidak beraturan

Tidak seperti planet, asteroid memiliki bentuk yang tidak beraturan. Bentuknya mirip dengan bebatuan kecil yang berwarna warni seperti penghias akuarium, terkadang lonjong, terkadang bulat, namunbersudut-sudut. Karena asteroid adalah batu ruang angkasa. Serta permukaannya tidak rata, tapi terdapat lubang atau kawah.

Mengorbit pada matahari

Sebagian besar benda langit memiliki aktivitas yang sama yaitu mengorbit dengan mengelilingi matahari. Bukan hanya planetnya saja, namun juga asteroid mengorbit matahari. Asteroid juga memiliki lintasannya sendiri dalam mengorbit matahari, yang bentuknya lonjong atau elips. Dalam berputar mengelilingi matahari, asteroid juga berputar dan kadang hingga terjatuh tidak tentu arah. Keadaan tersebutlah yang kadang membuat bahaya, karena apabila menabrak bumi maka permukaan bumi akan rusak dan dapat merusak kehidupan yang ada di bumi.

Tersusun atas debu dan es

Elemen yang menyusun asteroid tersusun atas debu dan es. Debu menjadi beku karena adanya es tersebut, ditambah dengan jarak yang cukup jauh dari matahari. Debu dan partikel tersebut menjadi keras sehingga menyebabkan asteroid menjadi benda yang juga keras dan berbahaya.

Baca Juga  √ Telinga Manusia:  Anatomi Telinga Manusia, Bagian, Fungsi Dan Strukturnya

 

Mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada planet kerdil

Asteroid madalah benda langit yang ukurannya kecil. Ukurannya bahkan lebih kecil dari planet kerdil yang dulu dikenal dengan nama planet Pluto. Ukuran dari asteroid ini ada yang mempunyai diameter 1-60 Mil.

Jumlah terbanyak terdapat di sabuk asteroid yakni diantara Mars dan Jupiter

Jumlah asteroid sangat banyak di angkasa, bahkan ada ribuan. Asteroid juga tersebar ke seluruh bagian langit. Namun yang paling banyak berada di antara orbit planet Mars dan juga Jupiter. Pada sabuk asteroid ini jumlah asteroid sekitar 75 ribu.

Benda langit yang tidak aktif

Asteroid adalah benda langit yang tidak aktif. Meskipun benda ini bergerak bebas di angkasa. Benda ini juga hanya mengorbit matahari saja dan tidak aktif seperti meteor.

Mempunyai suhu sangat dingin

Asteroid juga adalah benda langit yang suhunya sangat dingin, suhunya bahkan mencapai -73oC.

Mempunyai permukaan yang berbatu

Asteroid juga mempunyai permukaan yang tidak halus tapi juga berbatu. Bukan hanya berbatu, namun permukaan asteroid juga banyak terdapat di kawah.

Jumlahnya banyak sekali dan tersebar di seluruh tata surya

Selain banyak terdapat pada sabuk asteroid, asteroid juga banyak terdapat di luar angkasa yang beredar dengan bebas.

Jenis- Jenis Asteroid

Asteroid adalah benda langit dengan jumlah yang sangat banyak. Namun dibalik jumlahnya yang banyak ini, asteroid juga terdiri atas beragam jenis. Jenis asteroid ini dikelompokkan berdasarkan orbit dan komposisi penyusun. Berikut ini adalah jenis-jenis asteroid dalam tata surya, diantaranya yaitu :

  • Jenis C (karbon yang kabu- abuan), adalah asteroid yang tersusun atas tanah liat serta batuan silikat. Asteroid ini kebanyakan berada di luar sabuk utama.
  • Jenis S (asteroid silicaceous), adalah asteroid yang terbuat dari bahan besi dan nikel. Kaebanyakan mendominasi sabuk dalam.
  • Jenis M (asteroid metalik), adalah asteroid yang tersusun atas besi dan nikel yang berwarna kemerah- merahan. Kebanyakan berada di tengah sabuk utama.
  • Jenis V adalah asteroid yang tersususn atas batuan basaltikserta kerak vulkanik.
Baca Juga  √ Jaringan Ikat :  Pengertian, Struktur, Fungsi, Ciri, Dan Jenisnya

Contoh Asteroid

Terdapat banyak asteroid yang teridentifikasi oleh para ilmuwan, dan telah diberi nama. Contoh asteroid tersebut antara lain :

  • Ceres
  • PallasVesta
  • Hygiea
  • Interamnia

Cara Melihat Asteroid Dari Bumi

Pada saat malam hari memang sangat sulit untuk melihat benda langit dan juga membedakan jenisnya, mana bintang dan mana yang bukan bintang. Apalagi jika kita hanya melihat dengan mata telanjang, maka kita akan kesulitan untuk melihat bentuk benda langit tersebut. Diperlukan alat khusus untuk melihat benda langit yaitu teleskop. Teleskop ini juga disebut dengan teropong bintang, yang memang biasa digunakan oleh orang-orang untuk melihat bintang.

Akan tetapi pada dasarnya kita dapat selalu melihat asteroid. Asteroid yang akan terlihat adalah asteroid yang melintas dan juga dekat dengan bumi. Pada kesempatan itu, kita dapat melihatnya dengan menggunakan teleskop ruang angkasa.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Asteroid : Pengertian, Ciri- ciri, Jenis, Contoh Dan Cara Melihatnya Dari Bumi semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.