Mozaik Adalah

Posted on

Mozaik Adalah – Mozaik merupakan salah satu karya seni yang berasal dari Maroko. Proses pembuatannya pun terbilang rumit, sehingga harga jualnya pun semakin tinggi.

Mozaik ialah proses pembuatan karya seni dua dimensi atau tiga dimensi yang menggunakan potongan benda seperti kaca, batu, daun atau keramik untuk membentuk pola atau gambar.

Proses awal pembuatannya ialah memotong keramik sesuai pola, kemudian potongan itu dihaluskan menggunakan gerinda. Setiap keping keramik harus dipotong sesuai ukuran dan harus ditata satu per satu yang direkatkan menggunakan lem khusus.

Pengertian Mozaik

Mozik ialah karya seni yang menggabungkan potongan-potongan kecil benda seperti batu, kaca atau keramik sehingga membentuk gambar yang indah. Potongan-potongan kecil tersebut direkatkan menggunakan lem khusus sehingga terbentuk pola yang diinginkan.

Untuk membuat garis kontur yang berbeda tidak menggunakan pewarna yang dioleskan, tetapi menggunakan tempelan dari potongan-potongan yang berbeda warna.

Proses pembuatannya pun terbilang cukup rumit, sehingga membutuhkan kesabaran dan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sejarah Singkat Mozaik

Mozaik dibuat oleh bangsa Sumeria di Mesopotamia lama sekitar 3000 tahun SM. Pembuatan mozaik pada zaman tersebut menggunakan lempengan tanah liat pada dinding sehingga terbentuk pola gambar yang diinginkan.

Setelah zaman tersebut bangsa Mesir menggunakan bahan material berupa batuan permata yang digunakan untuk menghias dinding serta perabotan.

Dan sedangkan oleh bangsa Yunani dengan batu alam berwarna yang digunakan untuk pembuatan mozaik, bahan batu yang dipilih agar menghasilkan warna alami dan permanen.

Baca Juga :  Limbah Padat : Pengertian , Dampak , Contoh dan Cara Mengatasinya

Bahan berbentuk kepingan mulai dibuat orang Romawi sebagai bahan pembuatan mozaik. Material lain yang digunakan ialah dengan menggunaka keramik dan kaca serta tanah liat pada bagian tertentu untuk menghasilkan efek khusus.

Teknik Pembuatan Mozaik

Dalam pembuatan mozaik, terdapat tiga teknik yang bisa digunakan diantaranya yaitu:

Metode Langsung

Metode langsung ialah teknik dengan menempelkan satu persatu potongan benda yang digunakan pada permukaan benda tiga dimensi lain.

Metode Tidak Langsung

Teknik mozaik dengan menyusun kepingan mozaik terlebih dahulu di suatu tempat kemudian diletakkan dipermukaan benda tiga dimensi.

Metode Tidak Langsung Dua Kali

Pada teknik ini sama seperti metode tidak langsung namun dengan dua kali pengerjaan, sehingga setelah metode pertama selesai dilanjutkan dengan menerapkan metode yang sama.

Fungsi Seni Mozaik

Sebagai sebuah karya seni mozaik memiliki beberapa fungsi diantaranya yaitu:

  • Fungsi praktis estetis
    Dalam fungsi seni, mozaik adalah karya yang dapat digunakan sebagai hiasan atau dekorasi untuk mempercantik ruangan.
  • Fungsi ekspresi
    Dalam fungsi ekspresi, mozaik adalah karya didasarkan dari ide-ide kreatif pembuatnya.
  • Fungsi edukatif
    Mozaik adalah karya seni rupa yang dapat membantu meningkatkan kemampuan fungsi motorik, daya fikir, daya serap, emosi, cita rasa keindahan serta kreativitas.
  • Fungsi psikologis
    Dalam fungsi psikologis, mozaik adalah karya seni yang dapat menjadi media untuk menyalurkan berbagai macam emosi yang dialami seseorang.
  • Fungsi sosial
    Mozaik juga dapat berfungsi sosial yaitu sebagai sarana untuk mengembangan kebudayaa sehingga dapat menjadi hiburan dan edukasi bagi masyarakat.

Bahan Yang Digunakan Dalam Seni Mozaik

Bahan yang digunakan dalam seni mozaik sebagai berikut:

  • Batu
    Batu yang kerap digunakan pada seni mozaik adalah kepingan batu bata, kepingan batu alam, kepingan, batu pualam, batu kerikil, atau batu ubin.
  • Biji
    Biji yang kerap digunakan pada seni mozaik adalah beragam biji-bijian yang berasal tumbuh-tumbuhan.
  • Daun
    Daun yang dapat digunakan untuk seni mozaik adalah beragam daun-daunan yang berasal dari tumbuhan.
  • Kaca
    Kaca yang dapat digunakan dalam seni mozaik adalah kepingan-kepingan kaca dengan beragam bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan.
  • Keramik
    Adapun keramik yang digunakan dalam seni mozaik adalah kepingan keramik. Yang terdiri dari beragam warna dan motif yang dapat dijadikan sebuah karya mozaik.
  • Karet
    Umumnya, karet yang digunakan dalam seni mozaik adalah karet hasil olahan seperti ban bekas yang dibuat kepingan-kepingan atau dipotong kecil-kecil dengan bentuk dan ukuran yang sesuai kebutuhan.
  • Logam
    Jenis logam yang dapat digunakan dalam seni mozaik adalah kuningan, seng, dan aluminium. Logam tersebut dipotong sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
  • Mika
    Mika atau batu cermin yang biasa digunakan dalam seni mozaik adalah bahan galian seperti silikat aluminium atau magnesium kaca yang biasanya digunakan sebagai isolasi listrik.
  • Kertas
    Kertas yang biasa digunakan dalam mozaik adalah kertas warna atau origami yang telah dipotong sesuai kebutuhan.
  • Kulit
    Kulit yang dimaksud adalah lapisan terluar pada buah atau batang tumbuhan. Selain tumbuhan, jenis kulit lainnya yang dapat dijadikan bahan pada seni mozaik adalah kulit telur.
Baca Juga :  Media Pembelajaran Adalah

Langkah – Langkah Membuat Mozaik

Adapun langkah-langkah membuat mozaik diantara yaitu:

  • Menentukan tema yang akan digunakan.
  • Menyiapkan bahan yang dibutuhkan sesuai dengan tema yang diinginkan.
  • Menyiapkan peralatan untuk membuat mozaik.
  • Menentukan pola dari tema yang akan digambar.
  • Setelah mengetahui tema dan pola yang diinginkan, kemudian tempel potongan-potongan benda yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Gunakan lem khusus untuk merekatkanya agar tidak mudah lepas.
  • Berikan sentuhan akhir dengan merapikan bagain-bagian tepi agar terlihat lebih indah.
  • Selesai.

Demikianlah pembahasan mengenai Mozaik Adalah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.