Marketing Plan – Pada pembahasan materi kali ini kita akan membahas sebuah materi yang berhubungan dengan pemasaran, yaiatu lebih tepatnya mengenai Marketing plan atau rencana pemasaran , di materi kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai pengertian dari marketing plan , tujuan dan juga cara menyusunnya, langsung saja simak penjelasan lengkapnya.
Contents
Pengertian Marketing Plan
Marketing Plan atau Rencana Pemasaran adalah suatu bentuk dari proses manajemen yang mengarah kepada strategi pemasaran yanmana tujuan utamanya adalah untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dapat dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis serta melalui koordinasi untuk memperoleh keputusan rencana pemasaran. Istilah marketing plan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan pebisnis. Hal ini karena keahlian dalam menyusun rencana marketing sangat menentukan dari keberhasilan tujuan bisnis, yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar – besarnya.
Perusahaan yang bisa membuat perencanaan pemasaran yang baik dan juga strategis mampu mencapai keuntungan dengan cara yang lebih efektif dan juga efisien. Yang termasuk marketing plan dalam bisnis diantaranya adalah seperti pengumpulan informasi, penyebarluasan informasi, dan juga strategi promosi serta koordinasi pemasaran. Semua komponen tersebut juga merupakan bentuk dari taktik perusahaan untuk menggunakan sumber daya dengan seefektif mungkin.
Pengertian Marketing Plan Menurut Para Ahli
Adapun pengertian marketing plan menurut para ahli diantaranya yaitu:
- Kurowski dan Sussman
Menurut Kurowski dan Sussman, Marketing plan atau rencana pemasaran adalah suatu dokumen yang terdiri atas analisis situasi pemasaran saat ini, analisis peluang dan ancaman, sasaran pemasaran, serta strategi pemasaran, program tindakan, dan juga pendapatan yang diproyeksikan atau keuntungan lainnya. Rencana tersebut mungkin merupakan suatu pernyataan terakhir mengenai arahan yang strategis dari sebuah bisnis, akan tetapi kemungkinan besar hanya berlaku untuk merek atau produk tertentu. Selanjutnya, rencana pemasaran merupakan perangkat implementasi yang terintegrasi dalam keseluruhan rencana bisnis strategis. - Malcom McDonald
Pengertian marketing plan menurut Malcom McDonald adalah merupakan suatu proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan tersebut merupakan urutan yang logis dan rangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran, dan juga membuat rumusan rencana untuk mencapai suatu tujuan.
Sekilas Tentang Perencanaan Pemasaran
Marketing Plan secara umum berguna untuk menentukan bagaimana suatu perusahaan dapat menempatkan strategi marketing secara nyata dalam praktek di pasar. Subyek utama dalam marketing plan adalah sumber daya manusia perusahaan. Hal tersebut karena marketing plan berperan untuk menentukan dan juga memastikan bagaimana SDM perusahaan mampu menjalankan apa yang telah direncanakan. Sehingga untuk membentuk suatu marketing yang efektif maka perlu menetapkan tujuan yang jelas agar dapat menuju tujuan yang strategis pada jangka panjang perusahaan Anda.
Tujuan Marketing Plan
Banyak pemilik usaha yang membuat marketing plan namun kemudian tidak menggunakannya. Akan tetapi , rencana pemasaran merupakan peta jalan yang memberi arahan guna mencapai tujuan bisnis sebuah organisasi. Marketing plan harus menjadi rujukan serta dinilai hasilnya secara berkala.
Berikut ini adalah tujuan marketing plan :
- Menciptakan hubungan dan jaringan kerja yang lebih luas dengan organisasi-organisasi lain
- Mengetahui serta memperbanyak informasi perubahan pasar dan competitor
- Meningkatkan keuntungan dengan usaha yang efesien dan efektif
- Sebagai bentuk penyesuaian bisnis
Manfaat Marketing Paln
Membuat rencana pemasaran secara terperinci merupakan sesuatu yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Berikut adalah manfaat dari Marketing Plan :
- Dapat mengidentifikasi sejauh mana sebuah perusahaan dapat berkembang
- Untuk mencapai koordinasi aktivitas pemasaran yang lebih baik
- Menjadi sumber informasi bagaimana kebijakan perusahaan harus dibuat atau diperbarui
- Dapat menjadi alat untuk menghindari konflik mengenai bagaimana perusahaan harus bergerak
- Menjadi acuan bagaimana perusahaan harus berubah
- Menjadi acuan agar manajer bergerak dan berpikir ke arah yang lebih sistematis
Selain itu, Marketing Plan juga dapat memberikan keuntungan lainnya bagi sebuah bisnis, diantaranya :
- Memberikan kejelasan siapa target market. Lebih mudah untuk menemukan klien atau pelanggan jika anda tahu siapa mereka
- Membantu dalam membuat pesan pemasaran yang akan memberikan hasil. Pemasaran merupakan tentang mengetahui apa yang bisa dilakukan produk atau layanan anda guna membantu target pasar. Pesan perlu berbicara langsung dengan pasar .
- Menyediakan fokus dan arah. Email, media sosial, periklanan, blog tamu, surat langsung, publisitas, dan yang lainnya . Dengan begitu banyaknya pilihan pemasaran, anda membutuhkan sebuah rencana untuk menentukan tindakan terbaik untuk bisnis anda.
Cara Menyusun Rencana Pemasaran
Berikut ini beberapa langkah cara menyusun rencana pemasaran:
Melakukan Analisis Situasi
Salah satu komponen utama ketika memulai penyusunan marketing plan adalah dengan analisis SWOT . Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat dan memetakan bagaimana suatu peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa saja kekuatan dan juga kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.
Menetapkan Tujuan dan Sasaran
Setelah melakukan analisis SWOT, maka marketing plan dilanjutkan dengan menetapkan suatu sasaran atau target pemasaran. Misalnya dengan mengidentifikasi siapa saja yang memerlukan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan. Jika sudah mengetahui kearah mana pemasaran dilakukan dapat dilakukan dengan cara penyusunan startegi guna mencapai target tersebut. Strategi pemasaran sangat penting dilakukan untuk meminimalkan anggaran dan juga effort yang di perlukan untuk promosi akan tetapi dengan keuntungan yang maksimal.
Menyusun Strategi dan Program
Strategi dan program dibuat dengan berdasarkan pada tujuan atau sasaran yang sudah ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan dalam jangka panjang yang dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Dan juga untuk mendukung strategi tersebut maka dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan.
Demikianlah pembahasan mengenai Marketing Plan semoga materi yang di berikan dapat bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih telah berkunjung.