Marketing Plan : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Cara Menyusunnya

Posted on

Marketing Plan : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Cara Menyusunnya

Marketing Plan – Pada pembahasan materi kali ini kita akan membahas sebuah materi yang berhubungan dengan pemasaran, yaiatu lebih tepatnya mengenai Marketing plan atau rencana pemasaran , di materi kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai pengertian dari marketing plan , tujuan dan juga cara menyusunnya, langsung saja simak penjelasan lengkapnya.

Pengertian Marketing Plan

Marketing Plan atau  Rencana Pemasaran adalah suatu bentuk dari proses manajemen yang mengarah kepada strategi pemasaran yanmana tujuan utamanya adalah  untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dapat dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis serta melalui koordinasi untuk memperoleh  keputusan rencana pemasaran. Istilah marketing plan mungkin sudah tidak asing lagi bagi  kalangan pebisnis. Hal ini karena keahlian dalam menyusun rencana marketing sangat menentukan dari keberhasilan tujuan bisnis, yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang  sebesar –  besarnya.

Perusahaan yang bisa  membuat perencanaan pemasaran yang baik dan juga strategis mampu mencapai keuntungan dengan cara yang lebih efektif dan juga  efisien. Yang termasuk marketing plan dalam bisnis diantaranya adalah seperti pengumpulan informasi, penyebarluasan informasi, dan juga strategi promosi serta koordinasi pemasaran. Semua komponen tersebut juga merupakan bentuk dari taktik perusahaan untuk menggunakan sumber daya dengan seefektif mungkin.

Pengertian Marketing Plan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian marketing plan menurut para ahli diantaranya yaitu:

Baca Juga :  √ MLM  ( Multi Level Marketing ) : Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya
  • Kurowski dan Sussman
    Menurut Kurowski dan Sussman, Marketing plan atau rencana pemasaran adalah suatu  dokumen yang terdiri atas  analisis situasi pemasaran saat ini, analisis peluang dan ancaman, sasaran pemasaran, serta strategi pemasaran, program tindakan, dan juga pendapatan yang diproyeksikan atau keuntungan lainnya. Rencana tersebut mungkin merupakan suatu pernyataan terakhir mengenai  arahan yang strategis dari  sebuah bisnis, akan tetapi kemungkinan besar hanya berlaku untuk merek atau produk tertentu. Selanjutnya, rencana pemasaran merupakan  perangkat implementasi yang terintegrasi dalam keseluruhan rencana bisnis strategis.
  • Malcom McDonald
    Pengertian marketing plan menurut Malcom McDonald adalah merupakan suatu proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan tersebut merupakan urutan yang  logis dan rangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran, dan juga membuat rumusan rencana untuk mencapai suatu  tujuan.

Sekilas Tentang Perencanaan Pemasaran

Marketing Plan secara umum berguna untuk menentukan bagaimana suatu  perusahaan dapat menempatkan strategi marketing secara nyata dalam praktek di pasar. Subyek utama dalam marketing plan adalah sumber daya manusia perusahaan. Hal tersebut karena marketing plan berperan untuk menentukan dan juga  memastikan bagaimana SDM perusahaan mampu menjalankan apa yang telah  direncanakan. Sehingga untuk membentuk suatu marketing yang efektif maka perlu menetapkan tujuan yang jelas agar dapat  menuju tujuan yang strategis pada jangka panjang perusahaan Anda.

Tujuan Marketing Plan

Banyak pemilik usaha yang  membuat marketing plan namun kemudian tidak menggunakannya. Akan tetapi , rencana pemasaran merupakan peta jalan yang memberi arahan guna mencapai tujuan bisnis sebuah organisasi. Marketing plan harus menjadi rujukan serta dinilai hasilnya secara berkala.

Berikut ini adalah tujuan marketing plan :

  • Menciptakan hubungan dan jaringan kerja yang lebih luas dengan organisasi-organisasi lain
  • Mengetahui serta memperbanyak informasi perubahan pasar dan competitor
  • Meningkatkan keuntungan dengan usaha yang efesien dan efektif
  • Sebagai bentuk penyesuaian bisnis
Baca Juga :  E-Banking  : Pengertian, Manfaat, Jenis Layanan, Penerapan, Hambatan Dan Contohnya

Manfaat Marketing Paln

Membuat rencana pemasaran secara terperinci  merupakan  sesuatu yang sangat penting untuk  sebuah perusahaan. Berikut adalah manfaat dari Marketing Plan :

Marketing Plan : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Cara Menyusunnya

  • Dapat mengidentifikasi sejauh mana sebuah perusahaan dapat berkembang
  • Untuk mencapai koordinasi aktivitas pemasaran yang lebih baik
  • Menjadi sumber informasi bagaimana kebijakan perusahaan harus dibuat atau diperbarui
  • Dapat menjadi alat untuk menghindari konflik mengenai bagaimana perusahaan harus bergerak
  • Menjadi acuan bagaimana perusahaan harus berubah
  • Menjadi acuan agar manajer bergerak dan berpikir ke arah yang lebih sistematis

Selain itu, Marketing Plan  juga dapat memberikan keuntungan lainnya bagi sebuah bisnis, diantaranya :

  • Memberikan kejelasan siapa target market. Lebih mudah untuk menemukan klien atau pelanggan jika anda tahu siapa mereka
  • Membantu dalam membuat pesan pemasaran yang akan memberikan hasil. Pemasaran merupakan tentang mengetahui apa yang bisa  dilakukan produk atau layanan anda guna  membantu target pasar. Pesan perlu berbicara langsung dengan pasar .
  • Menyediakan fokus dan arah. Email, media sosial, periklanan, blog tamu, surat langsung, publisitas, dan yang lainnya . Dengan begitu banyaknya pilihan pemasaran, anda membutuhkan sebuah rencana untuk menentukan tindakan terbaik untuk bisnis anda.

Cara Menyusun Rencana Pemasaran

Berikut ini beberapa langkah cara menyusun rencana pemasaran:

Melakukan Analisis Situasi

Salah satu komponen utama ketika  memulai penyusunan marketing plan adalah dengan analisis SWOT . Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat dan memetakan bagaimana suatu peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa saja  kekuatan dan juga kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Setelah melakukan analisis SWOT, maka marketing plan dilanjutkan dengan menetapkan suatu sasaran atau target pemasaran. Misalnya dengan mengidentifikasi siapa saja yang memerlukan  produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan. Jika sudah mengetahui kearah mana pemasaran dilakukan dapat dilakukan dengan cara penyusunan startegi guna mencapai target tersebut. Strategi pemasaran sangat  penting dilakukan untuk meminimalkan anggaran dan juga effort yang di perlukan untuk promosi akan tetapi  dengan keuntungan yang maksimal.

Baca Juga :  Pasar Uang : Pengertian, Fungsi, Ciri - Ciri Dan Instrumennya

Menyusun Strategi dan Program

Strategi dan program dibuat dengan berdasarkan pada tujuan atau sasaran yang sudah  ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan dalam jangka panjang yang  dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai suatu  tujuan organisasi. Dan juga untuk mendukung strategi tersebut maka dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan.

Demikianlah pembahasan mengenai Marketing Plan : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Cara Menyusunnya semoga materi yang di berikan dapat bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih telah berkunjung.