Waralaba – Pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai pengertian waralaba yang dilengkapi dengan jenis, tipe, serta kelebihan dan juga kekurangannya . Langsing saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah dipahami.
Contents
Pengertian Waralaba
Waralaba atau yang lebih populernya disebut dengan Franchise (Bahasa Perancis) dan Franchaising (Bahasa Inggris) adalah hak untuk menjual produk atau jasa atau layanan. Pengertian lainnya yaitu hubungan kerja yang mempunyai kontrak atau perjanjian antara pemilik waralaba dan juga penerima.
Jalannya bisnis waralaba ini sering berbentuk kegiatan pertukaran uang dengan perjanjian atau kontrak agar dapat menjalankan bisnis tersebut dalam jangka waktu tertentu. Di dalam aktivitasnya waralaba, franchise atau yang mempunyai waralaba yang bertugas untuk menjual produk atau jasa sesuai dengan ketetapanfranchisor. Tugas dari franchisor atau penerima ini yaitu melakukan pengembangan bisnis waralaba tersebut.
Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli
Adapun pengertian waralaba menurut para ahli diantaranya yaitu:
Douglas J. Queen
Waralaba adalah model perluasan pemasaran dan juga bisnis. Pemegang franchise yang membeli bisnis manfaat dari kesadaran pelanggan akan nama dagang, sistem yang teruji dan juga pelayanan lainnya yang disediakan oleh pemilik franchise.
Rooseno Harjowidigdo
Waralaba adalah kerjasama pada bidang perdagangan atau jasa yang menjadi salah satu hal untuk mengembangkan sistem usaha di tempat yang lain. Yang dimana secara ekonomi franchisor sangat untung dan juga akan memperoleh managementfee dari franchisee, barang produknya tersebar ke tempat lainnya yang dimana frenchisee mengusahakan franchisenya dan untuk konsumen yang membutuhkan barang hasil produk franchise, bisa cepat didapat dalam keadaan fresh dan belum atau tidak jadi rusak.
Dominique Voillemont
Waralaba merupakan cara melakukan kerja sama di bidang bisnis antara dua perusahaan atau lebih, satu pihak bertindak sebagai franchisor dan yang lainnya sebagai franchisee.
Charles L. Vauhn
Waralaba adalah bentuk kegiatan pemasaran serta distribusi yang didalamnya ada perusahaan yang memberi hak atau privilage pada pihak lain dalam menjalankan bisnis tertentu, dalam waktu serta tempat tertentu pada individu atau perusahaan yang relatif lebih kecil.
Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007
Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang, perorangan atau badan usaha pada sistem bisnisnya dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan atau digunakan oleh suatu pihak, berdasarkan perjanjian waralaba.
Asosiasi Franchise Indonesia
Waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara yang sudah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Jenis – Jenis Waralaba Menurut Kriteria/ Produk Yang Ditawarkan
Adapun jenis-jenis waralaba menurut kriteria/produk yang ditawarkan yaitu:
Waralaba Produk
Waralaba produk adalah produk yang dijual yang berbentuk barang seperti misalnya makanan. Contohnya Mc Donald, KFC, Kebab Turki, Cakekinia dan yang lain sebagainya.
Waralaba Jasa
Yaitu adalah jenis waralaba yang memberikan produk dalam bentuk layanan jasa. Contohnya pada bidang pendidikan, studio photo atau jasa sewa video, jasa agen perjalanan dan juga travel.
Waralaba Gabungan
Waralaba gabungan adalah suatu produk yang dijual dalam jenis waralaba ini yang berbentuk barang dan juga jasa.
Jenis Waralaba Menurut Asalnya
Waralaba Luar Negeri
Jenis waralaba ini mengarah ke jenis waralaba yang disukai oleh masyarakat, karena waralaba ini sistemnya berlaku dan jelas. Merek perusahaan yang diterima oleh orang di seluruh dunia dinilai lebih bergengsi.
Waralaba Dalam Negeri
Jenis waralaba yang satu ini masuk dalam kategori pilihan investasi bagi orang yang akan menjadi pengusaha secara cepat, akan tetapi tidak mempunyai pengetahuan cukup tentang awal dan kelanjutan usaha pemilik waralaba. Contohnya waralaba yang berasal dari dalam negeri, misalnya restoran cepat saji.
Tipe – Tipe Waralaba
Adapun tipe-tipe waralaba yaitu:
Trade NameFranchising
Trade Name Franchising adalah jenis waralaba yang mendapatkan hak untuk melakukan produksi contohnya PT Great River mempunyai hak untuk melakukan produksi pakaian dalam Triumph dengan lisensi yang berasal dari Jerman.
Product Distribution Franchising
Product Distribution Franchising adalah jenis waralaba yang mendapatkan hak untuk melakukan penditribusian di wilayah tertentu, seperti softdrink, cosmetics.
Pure Franchising/ Busininess Format
Pure Franchising / Busininess Format adalah jenis waralaba yang memperoleh hak penuh mulai dari trademark, penjualan, peralatan, metode operasi, strategi pemasarn, bantuan manajemen dan juga teknik, pengendalian kualitas, dan yang lain sebagainya. Contohnya adalah restaurat, fastfood, pendidikan, konsultan, dan yang lain-lain.
Kelebihan / Keuntungan Waralaba
- Proses membuka usaha yang lebih cepat
- Memiliki sistem yang sudah terbukti berhasil
- Memiliki brandimage yang telah dikenal luas dan terbukti berhasil
- Risiko kegagalan sangat kecil
Kekurangan/Kerugian Waralaba
- Mewajibkan membayar FranchiseFee
- Mewajibkan membayar RoyaltyFee
- Memberlakukan aturan main yang harus di ikuti
- Melakukan pengotrolan dan juga pengawasan dengan teratur
Demikianlah ulasan mengenai Waralaba yang sudah dijelaskan di atas , semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat , sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.