Waralaba : Pengertian Jenis, Tipe, Kelebihan Dan Kekurangannya

Posted on

Waralaba  – Pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai pengertian waralaba yang dilengkapi dengan jenis, tipe, serta kelebihan dan juga kekurangannya . Langsing saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah dipahami.

Pengertian Waralaba

Waralaba atau yang  lebih populernya disebut dengan Franchise (Bahasa Perancis) dan Franchaising (Bahasa Inggris) adalah hak untuk menjual produk atau jasa atau layanan. Pengertian lainnya yaitu hubungan kerja yang mempunyai  kontrak atau perjanjian antara pemilik waralaba dan juga penerima.

Jalannya bisnis waralaba ini sering berbentuk kegiatan pertukaran uang dengan perjanjian atau kontrak agar dapat  menjalankan bisnis tersebut  dalam jangka waktu tertentu. Di dalam aktivitasnya waralaba, franchise atau yang mempunyai waralaba yang bertugas untuk menjual produk atau jasa sesuai dengan ketetapanfranchisor. Tugas dari franchisor atau penerima ini  yaitu melakukan pengembangan bisnis waralaba tersebut.

Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

Adapun pengertian waralaba menurut para ahli diantaranya yaitu:

Douglas J. Queen

Waralaba adalah model perluasan pemasaran dan juga bisnis. Pemegang franchise yang membeli bisnis manfaat dari kesadaran pelanggan akan nama dagang, sistem yang teruji dan juga  pelayanan lainnya yang disediakan oleh pemilik franchise.

Baca Juga :  Ciri Ciri BUMN: Tujuan, Fungsi, Jenis Dan Contohnya Di Indonesia

Rooseno Harjowidigdo

Waralaba adalah kerjasama pada bidang perdagangan atau jasa yang menjadi salah satu hal untuk mengembangkan sistem usaha di tempat yang lain. Yang dimana secara ekonomi franchisor sangat untung dan juga akan memperoleh managementfee dari franchisee, barang produknya tersebar ke tempat lainnya yang dimana frenchisee mengusahakan franchisenya dan untuk konsumen yang membutuhkan  barang hasil produk franchise, bisa cepat didapat dalam keadaan fresh dan belum atau tidak jadi rusak.

Dominique Voillemont

Waralaba merupakan  cara melakukan kerja sama di bidang bisnis antara dua perusahaan atau lebih, satu pihak bertindak sebagai franchisor dan yang  lainnya sebagai franchisee.

Charles L. Vauhn

Waralaba adalah bentuk kegiatan pemasaran serta  distribusi yang didalamnya ada perusahaan yang memberi hak atau privilage pada pihak lain dalam menjalankan bisnis tertentu, dalam waktu serta tempat tertentu pada individu atau perusahaan yang relatif lebih kecil.

Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007

Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang, perorangan atau badan usaha pada sistem bisnisnya dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang terbukti berhasil dan dapat  dimanfaatkan atau digunakan oleh suatu pihak, berdasarkan perjanjian waralaba.

Asosiasi Franchise Indonesia

Waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara yang sudah  ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Jenis – Jenis Waralaba Menurut Kriteria/ Produk Yang Ditawarkan

Adapun jenis-jenis waralaba menurut kriteria/produk yang ditawarkan yaitu:

Waralaba Produk

Waralaba produk adalah produk yang dijual yang berbentuk barang seperti misalnya makanan. Contohnya Mc Donald, KFC, Kebab Turki, Cakekinia dan yang  lain sebagainya.

Baca Juga :  Perencanaan Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Tujuan, Unsur Dan Jenisnya

Waralaba Jasa

Yaitu adalah jenis waralaba yang memberikan  produk dalam bentuk layanan jasa. Contohnya pada bidang pendidikan, studio photo atau jasa sewa video, jasa agen perjalanan dan juga travel.

Waralaba Gabungan

Waralaba gabungan adalah suatu produk yang dijual dalam jenis waralaba ini yang berbentuk barang dan juga  jasa.

Jenis Waralaba Menurut Asalnya

Waralaba Luar Negeri

Jenis waralaba ini mengarah ke jenis waralaba yang disukai oleh masyarakat, karena waralaba ini sistemnya berlaku dan jelas. Merek perusahaan yang diterima oleh orang di seluruh dunia dinilai lebih bergengsi.

Waralaba Dalam Negeri

Jenis waralaba yang satu ini masuk dalam kategori pilihan investasi bagi orang yang akan menjadi pengusaha secara cepat, akan tetapi  tidak mempunyai  pengetahuan cukup tentang awal dan  kelanjutan usaha pemilik waralaba. Contohnya waralaba yang berasal dari dalam negeri, misalnya restoran cepat saji.

Tipe – Tipe Waralaba

Adapun tipe-tipe waralaba yaitu:

Trade NameFranchising

Trade Name Franchising adalah jenis waralaba yang mendapatkan  hak untuk melakukan produksi contohnya PT Great River mempunyai  hak untuk melakukan produksi pakaian dalam Triumph dengan lisensi yang berasal dari Jerman.

Product Distribution Franchising

Product Distribution Franchising adalah jenis waralaba yang mendapatkan  hak untuk melakukan penditribusian di wilayah tertentu, seperti softdrink, cosmetics.

Pure Franchising/ Busininess Format

Pure Franchising / Busininess  Format adalah jenis waralaba yang memperoleh  hak penuh mulai dari trademark, penjualan, peralatan, metode operasi, strategi pemasarn, bantuan manajemen dan juga  teknik, pengendalian kualitas, dan yang  lain sebagainya. Contohnya adalah restaurat, fastfood, pendidikan, konsultan, dan yang lain-lain.

Kelebihan / Keuntungan Waralaba

  • Proses membuka usaha yang lebih cepat
  • Memiliki sistem yang sudah terbukti berhasil
  • Memiliki brandimage yang telah dikenal luas dan terbukti berhasil
  • Risiko kegagalan sangat kecil
Baca Juga :  Macam-Macam Kebutuhan Dan Alat Pemuas Kebutuhan

Kekurangan/Kerugian Waralaba

  • Mewajibkan membayar FranchiseFee
  • Mewajibkan membayar RoyaltyFee
  • Memberlakukan aturan main yang harus di ikuti
  • Melakukan pengotrolan dan juga pengawasan dengan teratur

Demikianlah ulasan mengenai Waralaba yang sudah dijelaskan di atas , semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat , sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.