Manajeman Kualitas : Pengertian, Kriteria Dan Pendekatannya

Posted on

Manajeman Kualitas : Pengertian, Kriteria Dan Pendekatannya

Manajeman Kualitas – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai manajemen kualitas yang mana dalam penjelasannya akan meliputi pengertian, pendekatan dan juga kriterianya. Untuk informasi lebih lengkapnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Pengertain Manajeman Kualitas

Bisa merupakan suatu badan standardisasi nasional yang menyatakan mengenai pengertian kualitas, yaitu merupakan suatu kemampuan atau barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggannya.

Manajemen kualitas sendiri merupakan sebuah perbuatan dalam mengawasi semua aktivitas dan tugas-tugas yang dibutuhkan di dalam mempertahankan tingkat keunggulan yang diinginkan. yang mana itu meliputi atas Kebijakan mutu, membuat kita merencanakan mutu dan juga jaminan beserta kontrol kualitas dan juga peningkatannya.

Untuk kualitasnya sendiri di awasi  tidak hanya sebatas pada kualitas produknya saja titik akan tetapi, Jika pada kualitas perusahaan secara keseluruhan. Mulai dari kualitas karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut hingga sampai pada kualitas dimata konsumen. Kualitas ini merupakan salah satu penilaian terhadap mutu yang dihasilkan Apakah sudah sesuai dengan standar perusahaan ataupun masih berada di bawahnya. Sehingga harus terdapat manajemen yang menangani hal ini. Disamping itu kualitas manusia juga dalam proses kondisi kondisi lingkungan.

Kualitas pada manajemen ini digunakan sebagai upaya dalam menanamkan kesadaran kualitas pada proses di sebuah organisasi. yang dilakukan dengan cara melakukan pendekatan manajemen dengan tujuan untuk organisasi yang terpusat pada kualitas, menurut partisipasi dari seluruh anggotanya dalam mencapai suatu keserasian untuk jangka yang panjang dengan melihat kepuasan dari pelanggan serta memberikan keuntungan terhadap anggota yang ada di organisasinya.

Baca Juga  Buku Besar : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, Fungsi, Macam, Bentuk Dan Contoh

Pendekatan Manajemen Kualitas

Menurut David kualitas tidak hanya menekankan terhadap aspek akhir yaitu jasa dan produk saja Paman namun juga berkaitan dengan kualitas dari manusianya, kualitas lingkungan, dan kualitas proses. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

TranscendentalApproach

Transcendental approach adalah sesuatu yang dapat dirasakan Namun susah untuk diartikan, untuk dioperasikan ataupun untuk diukur.

Product-based Approach

Product Based approach yaitu adalah suatu karakteristik atau atribut yang bisa diukur titik perbedaan dari kertas ini dapat menunjukkan bahwa adanya perbedaan atribut yang terdapat pada produk secara objektif sama namun pendekatan ini tidak dapat menjelaskan mengenai perbedaan selera dan juga preferensi Individual.

User-Based Approach

User Based approach merupakan suatu kualitas yang tergantung pada orang yang melihat dan juga produk yang memuaskan referensi dari seseorang atau cocok dengan selera fitness for used yang merupakan suatu produk yang berkualitas tinggi.

Manufacturing-Based Approach

Manufacturing based approach merupakan kualitas yang bersifat supply beserta atau berasal dari sudut pandang produsen yang mengartikan mengenai kualitas sebagai sesuatu yang bersesuaian dengan syarat “conformance quality” prosedur.  Pendekatan ini dilakukan dengan fokus pada kesesuaian spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan secara internal. Sehingga di dalam menentukan kualitasnya yaitu adalah standar yang ditentukan oleh perusahaan dan bukan konsumen yang menggunakannya.

Value-Based Approach

Value Based approach yaitu merupakan kualitas dari segi nilai serta harga yang dapat diartikan sebagai affordable ascellence. Oleh karenanya kualitas dalam pandangan ini bersifat produk yang mempunyai kualitas yang tinggi belum tentu mempunyai nilai pada produknya dan juga relatif. Sedangkan produk yang paling bernilai merupakan suatu produk yang paling tepat untuk dibeli atau untuk digunakan.

Baca Juga  √ MLM  ( Multi Level Marketing ) : Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya

Kriteria Manajemen Kualitas

Menurut Garvin, kriteria dari manajemen kualitas dapat dijabarkan diantaranya yaitu adalah sebagai berikut:

Performance atau kinerja merupakan karakteristik yang utama pada produk ini.

  • Conformance atau kesesuaian merupakan sejauh mana karakteristik desain serta operasi dari produk dapat terpenuhi dengan menggunakan standar-standar yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Reliability atau kehandalan merupakan suatu kemungkinan dari tingkat kegagalan akan penggunaan.
  • features adalah karakteristik pelengkap atau tambahan.
  • Serveability atau pelayanan adalah mudah untuk diperbaiki, yang mencakup atas , kecepatan pemakaian, fasilitas, di dalam pemeliharaan serta penanganan terhadap keluhan yang membuat puas.
  • Durability atau daya tahan merupakan sesuatu yang mengukur Berapa lama sebuah umur teknis ataupun umur ekonomis dari sebuah produk.
  • Perciped qualityyaitu adalah berhubungan dengan Citra ataupun reputasi dari suatu produk serta tanggung jawab perusahaan pada produknya.
  • Asthetichs atau estetikaitu adalah yang berhubungan dengan rasa, pola serta daya tarik dari suatu produk.

Demikianlah pembahasan kali ini yang menjelaskan mengenai Manajeman Kualitas Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna dalam menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya.