Pengertian Integrasi, Faktor, Jenis Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Integrasi, Faktor, Jenis Dan Contohnya

Integrasi  – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai integrasi yang mana dalam pembahasan yang meliputi pengertian, faktor, jenis dan juga akan dilengkapi dengan contohnya detik untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Pengertian Integrasi

Kata integrasi berasal dari bahasa Inggris yang yaitu integration yang mempunyai arti pembaruan sampai menjadi kesatuan yang utuh. atau dapat diartikan sebagai keadaan dimana ras dan etnis bisa beradaptasi dengan kebudayaan mayoritas suka makan tetapi tetap mempertahankan kebudayaan mereka yang asli masing-masing.

Jenis – Jenis Integrasi

Integrasi Nasional

Integrasi Nasional adalah suatu proses dimana adaptasi yang di antara unsur yang berbeda di dalam kehidupan dalam bermasyarakat secara nasional, sehingga dapat menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi serta dapat memberikan fungsi tersendiri bagi para masyarakat tersebut.

Integrasi Bangsa

Integrasi bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam serta dengan berbeda-beda, mereka tidak dapat merumuskan secara eksak titik yang mana mereka juga memiliki faktor-faktor objek tertentu yang dapat membedakannya dengan bangsa yang lainnya.

Integrasi Sosial

Integrasi sosial sendiri adalah merupakan suatu penyesuaian yang berada di antara beberapa unsur khusus di dalam kehidupan sosial sehingga dapat menghasilkan suatu pola kehidupan yang nyaman bagi masyarakat tersebut.

Integrasi Kebudayaan

Integrasi kebudayaan merupakan suatu proses dimana penyesuaian yang terjadi diantara beberapa unsur kebudayaan yang berbeda sehingga dapat mencapai keserasian di dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga :  √ Pengertian Budaya Hidup Sehat , Penjelasan Lengkap

Integrasi Masyarakat

Integrasi Masyarakat adalah suatu proses perpaduan atau penyatuan diantara beberapa unsur-unsur yang berbeda yang di dalam masyarakatnya mencakup antara lain pranata sosial, peranan sosial dan juga kedudukan sosial.

Faktor Pendorong Integrasi

Berikut ini adalah beberapa faktor faktor yang dapat mendorong terjadinya proses integrasi yaitu:

  • Fungsi pemerintahan yang berjalan dengan semakin baik dan juga bijaksana .
  • pesatnya komunikasi serta transportasi antardaerah.
  • adanya rasa toleransi, rasa saling menghormati dan juga rasa tenggang rasa.
  • Meningkatkan rasa solidaritas sosial sebagai langkah untuk menghadapi kejadian bersama-sama.
  • terjadinya perkawinan silang dengan suku lain.

Contoh Integrasi

  • Integrasi Sosial

Salah satu contoh yang dapat dijadikan sebagai bentuk dari integrasi sosial itu adalah seperti konflik yang terjadi antar suku Dayak asli dengan warga imigran Madura yang terjadi di Kalimantan.  dimana kedua warga Madura diserang oleh sejumlah warga Dayak, serta konflik ini menyebabkan lebih dari 500 orang meninggal dan juga lebih dari 100000 korban warga Madura yang kehilangan tempat tinggalnya.

  • Integrasi Nasional

Contoh dari integrasi sosial yaitu adalah salah satunya Polri dan TNI yang menghadapi Gerakan separatis yang mengancam kedamaian Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mulai dari RMS sampai Organisasi Papua Merdeka Atau OPM yang terjadi di Papua.

Perbedaan Integrasi dan Disintegrasi

Disintegrasi yaitu adalah suatu kegagalan yang terjadi di suatu masyarakat di dalam proses beradaptasi dengan masyarakat yang lainnya.

Demikian pembahasan singkat kita kali ini mengenai Pengertian Integrasi semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya, dan jangan lupa juga untuk simak artikel yang lainnya ya sampai jumpa.

Baca Juga :  √ Implikasi : Pengertian  Jenis Dan Contohnya