Komunikasi Interpersonal : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Faktor Dan Aspeknya

Posted on

Komunikasi Interpersonal – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi mengenai komunikasi interpersonal , yang mana akan meliputi pengertian, tujuan, fungsi, faktor dan juga aspeknya. Untuk lebih jelasnya maka langsung saja simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah di pahami.

Pengertian Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan dengan cara tatap muka, serta saling memengaruhi, mendengarkan, memberikan pernyataan, saling terbuka, kepekaan yang merupakan cara yang paling efektif dalam merubah sikap, opini serta tingkah laku seseorang dengan efek umpan balik secara langsung.

Pengertian lainnya yaitu komunikasi yang dilakukan oleh seseorang dalam bertukar gagasan, atau pemikiran pada individu yang lainnya. Definisi komunikasi interpersonal merupakan sebuah konteks komunikasi yang dimana masing-masing individunya berkomunikasi pada perasaan, gagasan, emosi, dan juga informasi yang lainnya dengan cara bertatap muka kepada individu yang lainnya.

Pengertian Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli

Menurut Ronald B. Adler dkk

Komunikasi interpersonal adalah semua komunikasi antara dua orang atau secara kontekstual intepersonal.

Menurut Joseph A. Devitu

Komunikasi interpersonal adalah sebuah interaksi verbal serta nonverbal antara dua (atau kadang-kadang lebih dari dua) orang yang saling tergantung satu sama lain.

Menurut Judy C. Pearsondkk

Komunikasi interpersonal adalah sebuah proses yang menggunakan beberapa pesan untuk mencapai kesamaan makna, antara dua orang pada sebuah situasi yang memungkinkan adanya kesempatan yang sama untuk pembicara dan juga pendengar.

Menurut G.R Miller dan M. Steinberg

Komunikasi interpersonal adalah sebagai komunikasi yang terjadi dalam suatu hubungan intersonal.

Baca Juga :  Jenis Norma Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Tujuan Komunikasi Interpersonal

Menemukan Personal Atau Pribadi

Di dalam komunikasi interpersonal ini terdapat peluang untuk saling berbicara mengenai apa yang disukai atau tentang diri kita, yang menjadikan komunikasi tersebut menjadi nyaman dan juga menarik untuk dibicarakan. Dengan cara membahas diri kita pada orang lain, kita juga memberikan umpan balik pada perasaan, pikiran dan juga perilaku kita.

Menemukan Dunia Luar

Komunikasi interpersonal juga akan membuat kita paham lebih banyak lagi mengenai diri kita, serta orang lain yang diajak komunikasi. Ada banyak informasi yang diketahui dari komunikasi interpersonal.

Membentuk Dan Menjaga Hubungan Yang Penuh Arti

Salah satu keinginan orang yang sangat besar, adalah terbentuknya dan juga terpeliharanya hubungan dengan orang lain. Banyak waktu yang dimanfaatkan di dalam komunikasi interpersonal yang diabadikan, dalam menjaga dan membuat hubungan sosial dengan orang yang lainnya.

Merubah Sikap Dan Tingkah Laku

Dengan komunikasi interpersonal akan membuat banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah sikap serta tingkah laku orang lain. Caranya dapat dengan memberikan mereka pilihan seperti mencoba diet dengan cara baru, membeli barang tertentu, menonton film, menulis, membaca buku dan juga banyak waktu yang digunakan dalam posisi intepersonal.

Untuk Bermain Dan Kesenangan

Berbicara dengan teman tentang kegiatan di akhir pekan, melakukan diskusi mengenai olahraga, bercerita cerita lucu pada umumnya hal tersebut adalah pembicaraan yang menghabiskan waktu. Komunikasi interpersonalbisa memberikan keseimbangan yang penting dalam pikiran, yang membutugkan rileks atau santai pada seluruh keseriusan yang berada di lingkungan kita.

Untuk Membantu

Ahli kejiwaan, ahli psikologi klinis dan terapi menggunakan komunikasi interpersonal dalam aktivitas profesional mereka dalam memberikan arahan pada kliennya. Hal tersebut mempunyai fungsi dalam membantu orang lain dalam interaksi interpersonal sehari-hari. Misalnya  Kita berkonsultasi dengan seorang teman yang putus cinta, berkonsultasi dengan mahasiswa tentang  mata kuliah dan lain  sebagainya.

Baca Juga :  Komunikasi : Pengertian, Tujuan , Fungsi, Jenis Serta Komponenya

Fungsi Komunikasi Interpersonal

  • Menjadikan terbentuk dan terpeliharanya hubungan baik antar individu.
  • Memberikan pengetahuan serta informasi
  • Merubah sikap dan juga perilaku
  • Memecahkan masalah hubungan antar manusia
  • Menjadikan citra diri lebih baik lagi
  • Membantu jalan untuk sukses

Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi Interpersonal

Lunandi (1994:85) menyatakan bahwa ada enam faktor yang memengaruhi komunikasi interpersonal, faktor ini antara lain yaitu adalah :

Citra Diri (SelfImage)

Masing-masing manusia adalah penggambaran tertentu tentang dirinya, status sosialnya, kelebihan dan kekurangannya. Citra diri pun menjadi penentu eksresidan juga persepsi dari orang lain. Manusia juga belajar membuat citra dirinya melalui hubungannya dengan orang lain, terutama manusia lainnya yang penting bagi dirinya.

Citra Pihak Lain (The Imageof The Others)

Citra dari pihak lain juga penting dalam penentuan cara serta kemampuan orang dalam berkomunikasi. Pihak lainnya ini adalah orang yang juga ikut dalam komunikasi yang memiliki gambaran khas tentang dirinya. Kadang orang lain yang satu komunikatif juga lancar, tenang, jelas, dengan yang lainnya namun bisa tiba-tiba bingung. Ternyata pada saat berkomunikasi memang dirasakan ada campur tangan dari orang lain.

Lingkungan Fisik

Perilaku manusia tidak sama dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Karena pada setiap tempat mempunyai normanya sendiri untuk ditaati. Selain itu, tempat atau lingkungan fisik sudah memiliki hubungan dengan dengan kedua faktor yang sebelumnya.

Kondisi

Kondisi fisik juga memiliki pengaruh pada komunikasi yang sedang sakit, sehingga kurang cermat dalam memilih kata. Kondisi emosional yang kurang stabil, komunikasinya juga kurang stabil, karena komunikasi berlangsung timbal balik. Kondisi tersebut bukan hanya menjadi pengaruh pengiriman, namun juga penerimanya. Arti komunikasi adalah luapan sesuatu yang penting, yang meringankan kesesalan yang bisa membantu menempatkan semuanya dalam proporsi yang wajar.

Baca Juga :  Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli: Menyelusuri Kekayaan Konseptual Disiplin Sosial

Bahasa Badan

Komunikasi tidak hanya dikirim atau terkirim dengan kata yang terucap. Badan juga menjadi medium komunikasi yang kadang efektif namun kadang juga samar. Namun dalam hubungan diantara orang di suatu lingkungan kerja tubuh, bisa menafsirkan bahasa pertanyaan secara umum.

Aspek-Aspek Komunikasi Interpersonal

Rahmat (1998:75) menyatakan dalam komunikasi interpersonal, bukan hanya menghubungkan dua orang yang tatap muka saja namun ada juga aspek yang penting, yang mendukung keberhasilan komunikasi interpersonal. Yaitu :

Rasa Percaya

Dengan rasa percaya ini akan membuat orang lain terbuka dalam mengeluarkan pikiran serta perasaannya pada individu, sehingga akan terjalin hubungan yang akrab serta berlangsung dengan mendalam.

Sikap Suportif

  • Deskripsi yang berarti penyampaian perasaan dan juga persepsi tanpa menilai.
  • Orientasi masalah adalah mengkomunikasikan kehendak untuk bekerja sama mencari pemecahan masalah.
  • Spontanitas adalah sikap jujur dan tidak mau menyelimuti motif yang dipendam.
  • Empati adalah merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.
  • Persamaan adalah sikap yang menganggap sama derajatnya, saling menghargai dan menghormati perbedaan pandangan dan juga keyakinan yang ada.
  • Profesionalisme adalah kesediaan untuk meninjau kembali pendapatnya dan juga sedianya mau mengakui kesalahan.

Sikap Terbuka

  • Sikap ini sangat besar pengaruhnya pada komunikasi yang efektif, pada karakteristik orang yang terbuka diantaranya yaitu sebagai berikut :
  • Melakukan penilaian pesan secara objektif.
  • Berorientasi pada isi.
  • Mencari informasi dari berbagai sumber.
  • Sifatnya profesional serta bersedia merubah kepercayaan.
  • Mencari pengertian pesan dan juga tidak sesuai dengan rangkaian kepercayaan.

Demikianlah penjelasan mengenai Komunikasi Interpersonal semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya.