Komunikasi Bisnis – Pada kasempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi baru yang berhubungan dengan komunikasi bisnis. Dimana dalam materi kali ini akan meliputi mengenai Pengertian komunkiasi bisnis, tujuan , fungsi dan juga bentuknya. Untuk informasi yang lebih jelasnya langsung sdaja kita simak penjelasan berikut ini.
Contents
Pengertian Komunikasi Bisnis
Pengertian komunikasi bisnis adalah merupakan suatu aktivitas pertukaran informasi, gagasan, pendapat, dan juga instruksi yang di sampaikan secara personal maupun impersonal dengan melalui symbol – simbol atau sinyal tertentu sehingga di peroleh pemahaman yang sama antara pihak – pihak yang berkomunikasi.
Di dalam aktivitas komunikasi bisnis terjadi suatu pertukaran informasi yang berlangsung secara terus menerus. Komunikasi tersebut di lakukan secara verbal maupun non verbal dengan tujuan untuk membantu proses pengambilan keputusan pada suatu bisnis.
Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah pengertian komunkasi bisnis menurut para ahli :
- Philip Kolter
Menurut Philip Philip Kolter, pengertian komunikasi bisnis adalah merupakan suatu kegiatan manusia yang di tujukan untuk memuaskan kebutuhan serta keinginan dengan melalui peroses pertukaran. - William Albig
Menurut William Albig, pengertian komunikasi bisnis yaitu pertukaran informasi, pendapat , gagasan, serta intruksi yang memiliki target tertentu yang di hidangkan secara personal ataupun impersional dengan melalui lambang atau sinyal. - Djoko Purwanto
Menurut Djoko Purwanto, komunikasi bisnis merupakan suatu komunikasi yang digunakan di dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik yang verbal ataupun non – verbal guna mencapai suatu tujuan tertentu. - Rosenbalt
Menurut Rosenbalt, pengertian komunikasi bisnis adalah merupakan suatu tindakan pertukaran informasi, idea tau opini, intruksi, dan lain sebagainya, yang di sampaikan secara personal ataupun non – personal dengan melalui lambang serta sinyal untuk mencapai target perusahaan. - Katz
Menurut Katz, pengertian komunikasi bisnis adalah suatu aktivitas pertukaran ide, pesan, dan juga konsep yang berhubungan dengan pencapaian sejumlah target komersil.
Unsur – Unsur Komunikasi Bisnis
- Adanya pertukaran , yang maksudnya adalah komunikasi melibatkan setidaknya dua orang atau lebih yang disebut dengan kominakator dan komunikan.
- Berisi informasi , gagasan , opini , intruksi , hal ini merupakan isi dari pesan yang terdapat dalam komunkasi yangmana bentuknya dapat beragam tergantung pada situasi , kondisi serta tujuannya.
- Adanya tujuan, yang maksudnya adalah komunikasi tersebut mempunyai tujuan yang sudah di tentukan dan yang sejalan dengan tujuan organisasi.
- Memakai symbol atau sinyal , yang maksudnya adalah metode ataupun alat yang digunakan untuk berkomunikasi sehingga bisa di mengerti oleh penerima pesan.
- Memanfaatkan saluran personal meupun impersonal, maksudnya adalah komunikasi bisa di lakukan dengan cara bertatap muka, memanfaatkan media khusus, ataupun media massa bila ingin menjangkau banyak orang.
- Pencapaian target atau tujuan organisasi, dimana tujuan tersebut sudah di tetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Tujuan Komunikasi Bisnis
Secara garis besar, terdapat tiga tujuan utama dari di lakukannya komunikasi di dalam bisnis, yaitu :
- Memberi Informasi ( Informing )
Dalam hal ini, informasi yang d imaksud adalah berupa hal – hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis dengan berbagai pihak. Misalnya, seorang manajer marketing ingin meningkatkan sebuah penjualan produk baru, maka ia akan mencoba dengan memasang iklan di berbagai media. Masing – masing media pun mempunyai kelebihan dan kekurangan, baik dari segi biayanya ataupun dari segi impact yang diperoleh . Cara penyampaian informasi di setiap media juga menjadi faktor penentu dalam menentukan keberhasilan iklan tersebut. - Melakukan Persuasi ( Persuading )
Persuasi merupakan cara berkomunikasi yang dipakai untuk mempengaruhi serta meyakinkan orang lain. Persuasi sering di lakukan dalam aktivitas atau kegiatan pemasaran supaya orang lain terpengaruh dan membeli suatu produk, serta dalam penegasan konfirmasi pesanan konsumen agar tidak terjadi kesalahan dalam pemesanan. - Melakukan Kolaborasi ( Collaborating )
Kolaborasi adalah suatu bentuk kerjasama, interaksi, kompromi dari pihak – pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung yang menerima akibat dan juga manfaat. Dengan adanya komunikasi yang baik maka kerjasama bisnis bisa dilakukan dengan lebih mudah. Komunikasi bisnis bisa di lakukan dengan berbagai media. Seperti via telepon atau Smartphone, Chatting, Email, dan yang lainnya.
Fungsi Komunikasi Bisnis
Secara umum, ada empat fungsi dari komunikasi di dalam bisnis, yaitu ;
Fungsi Informative
Dalam hal ini fungsi informative dipakai oleh para manajer dan juga karyawan dalam melaksanakan tugas – tugas mereka secara efisien. Beberapa informasi yang dibutuhkan terkait dengan beberapa hal berikut, :
- Hal – hal yang berhubungan dengan pekerjaan yaiu tujuan perusahaan, prosedur, peraturan, dan yang lainnya.
- Standar kerja serta laba perusahaan.
- Sosio emotional perusahaan secara umum.
Fungsi Regulatory
Komunikasi mempunyai fungsi sebagai alat yang bdigunakan untuk mengendalikan serta mengatur jalannya suatu organisasi. Bentuk komunikasi ini bisa berupa perintah dan laporan.
Fungsi Persuasive
Fungsi persuasive ini berlangsung pada saat terjadi komunikasi serta interaksi antar karyawan, yangmana tujuan komunikasi tersebut adalah supaya orang lain bisa menerima ide seseorang .
Fungsi Integrative
Integrasi yang terjadi didalam sebuah perusahaan akan membuat perusahaan tersebut mampu beroperasi secara terpadu dan juga utuh. Hal tersebut hanya dapat dilakukan jika komunikasi dan koordinasi di perusahaan tersebut berjalan dengan baik.
Bentuk Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis pada umumnya dilakukan dengan dua cara, berikut ini penjelasannya :
Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal adalah suatu bentuk komunikasi yang di lakukan dengan cara lisan ataupun tulisan. Bentuk komunikasi ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu aktif dan pasif.
Komunikasi Non Verbal
Yaitu komunikasi yang di sampaikan tanpa menggunakan kata – kata. Beberapa contoh komunikasi non verbal dalam bisnis diantaranya sebagai berikut :
Simbol – simbol
- Sandi
- Warna
- Gerakan Tubuh
- Ekspresi wajah
Demikianlah penjelasan singkat mengenai Komunikasi Bisnis Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua ya, terimakasih. 🙂 🙂 🙂