Komunikasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Unsur, dan Bentuknya

Posted on

Komunikasi Bisnis – Pada kasempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi baru yang berhubungan dengan komunikasi bisnis. Dimana dalam materi kali ini akan meliputi mengenai Pengertian komunkiasi bisnis, tujuan , fungsi dan juga bentuknya. Untuk informasi yang lebih jelasnya langsung sdaja kita simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Pengertian komunikasi bisnis adalah merupakan  suatu aktivitas pertukaran informasi, gagasan, pendapat, dan juga  instruksi yang di sampaikan secara personal maupun  impersonal  dengan melalui symbol – simbol atau sinyal tertentu sehingga di peroleh  pemahaman yang sama antara pihak – pihak yang berkomunikasi.

Di dalam aktivitas komunikasi bisnis terjadi suatu  pertukaran informasi yang berlangsung secara terus menerus. Komunikasi tersebut  di lakukan secara verbal maupun  non verbal dengan tujuan untuk membantu proses pengambilan keputusan pada suatu bisnis.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian komunkasi bisnis menurut para ahli :

  • Philip Kolter
    Menurut Philip Philip Kolter, pengertian komunikasi bisnis adalah merupakan suatu kegiatan manusia yang di tujukan untuk memuaskan kebutuhan serta  keinginan dengan melalui peroses pertukaran.
  • William Albig
    Menurut William Albig, pengertian komunikasi bisnis yaitu  pertukaran informasi, pendapat ,  gagasan, serta  intruksi yang memiliki  target tertentu yang di hidangkan secara personal ataupun  impersional dengan melalui lambang atau sinyal.
  • Djoko Purwanto
    Menurut Djoko Purwanto, komunikasi bisnis merupakan suatu  komunikasi yang digunakan  di dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik yang  verbal ataupun  non – verbal guna  mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Rosenbalt
    Menurut Rosenbalt, pengertian  komunikasi bisnis adalah  merupakan suatu tindakan pertukaran informasi, idea tau opini, intruksi, dan lain  sebagainya, yang di sampaikan secara personal ataupun  non – personal dengan  melalui lambang serta sinyal untuk mencapai target perusahaan.
  • Katz
    Menurut Katz, pengertian komunikasi bisnis adalah suatu  aktivitas pertukaran ide, pesan, dan  juga konsep yang berhubungan dengan pencapaian sejumlah target komersil.
Baca Juga :  Macam-Macam Kebutuhan Dan Alat Pemuas Kebutuhan

Unsur – Unsur Komunikasi Bisnis

  • Adanya pertukaran , yang maksudnya adalah komunikasi melibatkan setidaknya dua orang atau lebih yang disebut dengan kominakator dan komunikan.
  • Berisi informasi , gagasan , opini , intruksi , hal ini merupakan isi dari pesan yang terdapat dalam komunkasi yangmana bentuknya dapat beragam tergantung pada situasi , kondisi serta tujuannya.
  • Adanya tujuan, yang maksudnya adalah komunikasi tersebut mempunyai  tujuan yang sudah  di tentukan dan yang  sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Memakai symbol atau sinyal , yang maksudnya adalah metode ataupun alat yang digunakan untuk berkomunikasi sehingga bisa di mengerti oleh penerima pesan.
  • Memanfaatkan saluran personal meupun impersonal, maksudnya adalah komunikasi bisa  di lakukan dengan cara  bertatap muka, memanfaatkan media khusus, ataupun  media massa bila  ingin menjangkau banyak orang.
  • Pencapaian target atau tujuan organisasi, dimana tujuan tersebut sudah di tetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Secara garis besar,  terdapat tiga tujuan utama dari di lakukannya komunikasi di dalam bisnis, yaitu :

  • Memberi Informasi ( Informing )
    Dalam hal ini, informasi yang d imaksud adalah  berupa hal – hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis dengan berbagai pihak. Misalnya, seorang manajer marketing ingin meningkatkan sebuah penjualan produk baru, maka ia akan mencoba dengan memasang iklan di berbagai media. Masing – masing media pun mempunyai  kelebihan dan kekurangan, baik dari segi  biayanya ataupun  dari segi impact yang diperoleh . Cara penyampaian informasi di setiap media juga menjadi faktor penentu dalam menentukan  keberhasilan iklan tersebut.
  • Melakukan Persuasi ( Persuading )
    Persuasi merupakan cara berkomunikasi yang dipakai  untuk mempengaruhi serta  meyakinkan orang lain. Persuasi sering di lakukan dalam aktivitas atau kegiatan  pemasaran supaya  orang lain terpengaruh dan membeli suatu produk, serta  dalam penegasan konfirmasi pesanan konsumen agar tidak terjadi kesalahan dalam  pemesanan.
  • Melakukan Kolaborasi ( Collaborating )
    Kolaborasi adalah suatu bentuk kerjasama, interaksi, kompromi  dari pihak – pihak yang terlibat secara langsung maupun  tidak langsung yang menerima akibat dan  juga manfaat. Dengan adanya komunikasi yang baik maka kerjasama bisnis bisa  dilakukan dengan lebih mudah. Komunikasi bisnis bisa  di lakukan dengan berbagai media. Seperti  via telepon atau Smartphone, Chatting, Email, dan yang lainnya.
Baca Juga :  MLM  ( Multi Level Marketing ) : Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya

Fungsi Komunikasi Bisnis

Secara umum, ada empat fungsi dari komunikasi di dalam bisnis, yaitu ;

Komunikasi Bisnis Pengertian Tujuan Fungsi Unsur dan Bentuknya

Fungsi Informative

Dalam hal ini fungsi informative dipakai  oleh para manajer dan juga  karyawan dalam melaksanakan tugas – tugas mereka secara efisien. Beberapa informasi yang dibutuhkan terkait dengan beberapa hal berikut, :

  • Hal – hal yang berhubungan dengan pekerjaan yaiu tujuan perusahaan, prosedur, peraturan, dan yang lainnya.
  • Standar kerja serta laba perusahaan.
  • Sosio emotional perusahaan secara umum.

Fungsi Regulatory

Komunikasi mempunyai  fungsi sebagai alat  yang bdigunakan untuk mengendalikan serta mengatur jalannya suatu organisasi. Bentuk komunikasi ini bisa  berupa perintah dan laporan.

Fungsi Persuasive

Fungsi persuasive ini berlangsung pada saat terjadi komunikasi serta  interaksi antar karyawan, yangmana  tujuan komunikasi tersebut adalah supaya  orang lain bisa  menerima ide seseorang .

Fungsi Integrative

Integrasi yang terjadi didalam  sebuah perusahaan akan membuat perusahaan tersebut mampu  beroperasi secara terpadu dan juga  utuh. Hal tersebut hanya dapat  dilakukan jika  komunikasi dan koordinasi di perusahaan tersebut  berjalan dengan baik.

Bentuk Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis pada umumnya dilakukan dengan dua cara, berikut ini penjelasannya :

Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah suatu  bentuk komunikasi yang di lakukan dengan cara lisan ataupun  tulisan. Bentuk komunikasi ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu aktif dan pasif.

Komunikasi Non Verbal

Yaitu  komunikasi yang di sampaikan tanpa menggunakan kata – kata. Beberapa contoh komunikasi non verbal dalam bisnis diantaranya  sebagai berikut :

Simbol – simbol

  • Sandi
  • Warna
  • Gerakan Tubuh
  • Ekspresi wajah

Demikianlah penjelasan singkat mengenai  Komunikasi Bisnis Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua ya, terimakasih. 🙂 🙂 🙂