Antibodi Monoklonal : Pengertian Antibodi Monoklonal Dan Kegunaannya

Posted on

Antibodi Monoklonal : Pengertian Antibodi Monoklonal Dan Kegunaannya

Antibodi Monoklonal – Pada kesempatan kali ini , kita akan membahas materi mengenai pengertian antibody monoclonal. Apakah yang dimaksud dengan antibody mono0klonal tersebut ? untuk mengetahui lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Hibridoma

Teknik Hibridoma merupakan teknik dari  penggabungan antara dua sel dari organisme yang sama ataupun  berbeda sehingga menghasilkan suatu sel tunggal yang berupa sel hibrid ( Hibridoma ) yang mempunyai kombinasi dari sifat kedua sel tersebut. Teknik hibridoma ini sangat penting untuk menghasilkan antibodi serta hormon dalam jumlah yang besar.

Pengertian Antibodi Monoklonal

Salah satu yang merupakan hasil dari teknik hibridoma tersebut adalah antibodi monoklonal. Antibodi monoklonal adalah antibodi yang di dapatkan  dari suatu sumber tunggal atau sel klona yang hanya mengenal satu jenis antigen saja . Pembentukan antibodi monoklonal dilakukan dengan cara  menggunakan kelinci atau tikus.

Teknik Pembuatan Antibodi Moniklonal Untuk Pengobatan Kanker

Langkah yang  pertama adalah dengan menginjeksikan antigen ke dalam tubuh tikus atau  kelinci percobaan, selanjutnya  limpanya dipisahkan. Sel – sel pembentuk antibodi yang terdapat pada limpa kemudian dilebur (  Fusi ) dengan sel – sel mieloma ( Sel Kanker ). Sekitar 1% dari sel limpa merupakan  sel plasma yang menghasilkan antibodi, sedangkan 10% sel hibridoma akhir terdiri atas  sel – sel yang menghasilkan antibodi.

Setiap hibridoma yang dilakukan hanya dapat menghasilkan satu antibodi. Disini teknik seleksi dikembangkan guna mengidentifikasi sel tersebut, selanjutnya di lakukan pengembangan atau pengklonan berikut nya. Klona yang didapatkan  dari hibridoma berupa antibodi monoklonal. Antibodi monoklonal dapat disimpan dalam keadaan beku, selanjutnya  dapat diinjeksikan ke dalam tubuh hewan atau dibiakkan kedalam suatu kultur guna menghasilkan antibodi dalam jumlah yang besar.

Baca Juga  Kapasitor : Pengertian, Jenis, Fungsi, Dan Rumusnya

Kegunaan dari antibodi monoklonal cukup beragam. Para ilmuwan berharap bisa  menggunakan antibodi monoklonal dalam pengobatan kanker. Beberapa jenis dari sel kanker membuat antigen yang berbeda dengan protein yang di buat oleh sel – sel yang  sehat. Dengan teknologi yang ada, dapat dibuat antibodi monoklonal yang hanya menyerang protein serta  menyerang sel – sel tanpa mempengaruhi sel – sel yang sehat.

Antibodi Monoklonal : Pengertian Antibodi Monoklonal Dan Kegunaannya

Kegunaan Antibodi Monoklonal

Kegunaan antibodi monoklonal antara lain sebagai berikut:

  • Mencegah suatu penolakan jaringan terhadap sel hasil dari transplatasi jaringan.
  • Untuk menditeksi kandungan hormone korionik gonadotropin ( HCG ) pada urin wanita hamil.
  • Untuk mengikat racun serta menonaktifkannya , contohnya seperti, racun tetanus dan kelebihan obat digoxin dapat di nonaktifkan dengan antibodi ini.

Demikianlah pembahasan mengenai Antibodi Monoklonal : Pengertian Antibodi Monoklonal Dan Kegunaannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Antibodi Monoklonal : Pengertian Antibodi Monoklonal Dan Kegunaannya
5 (100%) 1 vote