Ideologi Kapitalisme : Pengertian ,Ciri , Sejarah, Kelebihan Dan Kekurangan

Posted on

Ideologi Kapitalisme : Pengertian ,Ciri , Sejarah, Kelebihan Dan Kekurangan

Ideologi Kapitalisme – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Ideologi Kapitalisme yang meliputi pengertian , cirri , sejarah , kelbihan dan kekurangannya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya .

Pengertian Kapitalisme

Kata kapitalisme berasal dari bahasa latin yang akar katanya “ Caput ” yang berarti kepala. Paham atau ideologi kapitalisme adalah meyakini bahwa pemilik modal bisa  melakukan berbagai usaha untuk meraih keuntungan yang sebesar – besarnya. Tokoh terbesar dalam berkembangnya ideologi ini adalah Adam Smith yang menyerang merkantilisme dengan melalui para psiokrat karena menggapnya kurang mendukung perkonomian masyarakat.

Para psiokrat sendiri beranggapan bahwa tanah merupakan  hal yang paling penting dalam pola produksi. Adam Smith beranggapan  bahwa terdapat  kekuatan yang tersembunyi yang bisa  mengatur pasar sehingga pasar harus mempunyai  kebebasan dari investasi pemerintah. Dalam hal ini pemerintah hanya bertugas untuk mengawasi semua pekerjaan yang dilakukan oleh rakyatnya, di  beberapa negara yang menganut paham kapital yaitu Belanda, Spanyol, Australia, Protugis dan Perancis.

Ciri – ciri Kapitalisme

Beberapa ciri – ciri yang ideologi kapitaslisme :

  • Pengakuan yang luas atas hak – hak milik pribadi
  • Kepemilikan alat – alat produksi di tangan individu, berbanding terbalik dengan ideologi komunisme.
  • Pasar befungsi memberikan sinyal kepada para produsen serta konsumen dalam bentuk harga – harga.
  • Campur tangan pemerintah diusahakan agar sekecil mungkin. “ The Invisible Hand ” yang mengatur perekonomian agar menjadi efesien.
  • Individu bebas dalam menentukan pekerjaan ataupun  usaha yang dipandang tidak baik bagi dirinya.
  • Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar
  • Manusia di pandang sebagai makhluk homo – economicus yang selalu mengejar kepentingan atau keuntungan sendiri.
Baca Juga  Ekonomi Sosialis : Pengertian Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Sejarah Ideologi Kapitalisme

Pada abad ke-18 dataran Eropa di kuasai oleh tiga golongan besar yaitu raja, kaum Feodal, serta  pihak gereja. Pihak gereja sangat berperan besar dalam segala aspek kehidupan.  Pihak gereja tidak mempunyai  hak untuk menentukan berjalanya kegiatan ekonomi ataupun  politik, bahkan lebih dari semua itu. Pihak gerejapun berjan untuk membatasi kebebasan setiap individu dalam segala aspek kehidupan, seperti dalam  megemukakan pendapat. Secara garis besar pihak gereja sangat berkuasa. Dengan kedaan seperti itu , membuat rakyat merasa tersiksa sehingga menimbulkan reaksi perlawanan dari raja – raja dan juga  kaum feodal yang tirani. Mereka menuntuk Liberty, Fraternity dan Egality. Dengan keadaan yang  demikian melahirkan beberapa ideologi besar seperti Liberalisme di bidang politik dan free value di bidang sains.

Revolusi industri di Inggris ketika  itu juga membawa semangat baru berkaitan dengan semangat kapitalisme. Bahwa ideologi kapitalisme muncul ke dalam ranah ekonomi. Pada saat  inggris terjadi revolusi industri terjadi perubahan kegiatan ekonomi yang semulanya berpola masyarakat pertanian sehingga berubah menjadi masyarakat industry Hal ini menjadikan adanya perubahan-perubahan dari alat industri yang digunakan.

Pelopor  Kapitalis adalah Adam Smith ( 1729 – 1790 M ) yang merupakan seorang tokoh klasik yang mempunyai  nama lengkapProf. Doktor John Adam Smith. Adam Smith dilahirkan  di Kirkaldy, Skotlandia pada  tanggal 5 juni 1723 M. Adam Smith terkenal dengan karyanya  yaitu “ An Inquiry Into The Nature And Causes Of The Welth Of Nations dan The Theory Of Moral Sentiments “ . Adapun pemikiran Adam Smith “ Invisible Hand ” ( Tangan – tangan tersembunyi ) serta Pasar Bebas yang merupakan produk serta  pemikiranya yang  sangat berkaitan dengan kebebasan alamiah bagi setiap individu untuk produksi.

Baca Juga  Hedonisme Dalam Sosiologi : Pengertian Penyebab, Dampak, Dan Ciri  - Cirinya

 

Kelebihan Sistem Kapilasme

  • Ideologi kapitalisme lebih efisien dalam memanfaatkan sumber – sumber daya dan juga  distribusi barang.
  • Kreativitas masyarakat menjadi lebih berkembang dengan adanya kebebasan dalam melakukan segala hal yang terbaik dirinya.
  • Untuk pengawasan politik serta sosial minimal karena waktu serta  biaya yang dibutuhkan lebih kecil.
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi yang terdesentralisasi, faktor ini di anggap sebagai salah satu kelebihan terbesar dari kapitaslisme.
  • Dalam perekonomian yang terdesentralisasi, individu mempunyai lebih banyak pilihan dalam bisnis.
  • Kerja keras sangat di hargai dalam ekonomi kapitalis, karena pengusaha mempunyai kinerja yang baik dan juga mampu terus melakukan invovasi yang akan memenangkan pesaingnya.
  • Kapitalisme membentuk ekonomi dimana konsumen mengatur pasar.

Kekurangan Kapitalisme

  • Tidak adanya pesaing yang sempurna, yang ada hanyalah persaingan yang  tidak sempurna dan pesaingan monopolisik.
  • Sistem harga gagal mengalokasikan sumber – sumber secara efisien karena adanya faktor – faktor eksternalitas “ Tidak memperhitungkan yang menekan upah buruh dan yang lainya ”
  • Sebagian menganggap bahwa persaingan sengit yang dibawa oleh kapitaslisme sebagai kelemahan utama.
  • Kapitalisme membuat ekonomi yang berorientasi pada uang, perusahaan bisnis akan melihat ekonomi dengan titik pandang materialistik.
  • Profit dipandang menjadi tujuan bisnis dengan raksasa bisnis yang mengambil alih perusahaan – perusahaan kecil.
  • Kapitalisme memicu kekuranga nya SDA karena eksploitasi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.
  • Kapitalisme juga di yakini dapat menyebabkan distribusi kekayaan yang tidak adil dengan kekayaan serta kekuasaan hanya di kuasai oleh segelintir orang.

Tokoh Kapitalisme diantaranya adalah seperti John Locke, Adam Smith, David Ricardo, Marthin Luther King, Robert Malthus, Lord Keynes, Karl Marx dan David Hume. Serta  negara penganut paham kapitalisme adalah yaitu  Inggris, Belanda,  Spanyol, Portugis, Prancis dan juga  Australia.

Baca Juga  √ Norma Sosial : Pengertian, Ciri, Macam dan Contohnya

Demikianlah artikel kali ini yang menjelaskan tentang Ideologi Kapitalisme : Pengertian ,Ciri , Sejarah, Kelebihan Dan Kekurangan semoga dapat bermanfaat serta berguna dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuan untuk kalian semua , terimakasih.