Hewan Melata : Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh Dan Gambarnya

Posted on

Hewan Melata – Hewan melata merupakan sekelompok vertebrata atau hewan yang memiliki tulang belakang dan berdarah dingin (poikilotern) serta sisik yang menutupi seluruh tubuh.

Untuk lebih jelasanya simak pembahasan mengenai Hean Melata mulai dari Pengertian Hewan Melata, Ciri-Ciri Hewan Melata, Contoh Hewan Melata dan Gambar Hewan Melata dibawah ini.

Pengertian Hewan Melata

Hewan melata ialah sekelompok vertebrata atau hewan yang memiliki tulang belakang dan berdarah dingin (poikilotern) serta sisik yang menutupi seluruh tubuh. Di bumi ini hewan melata hidup di setiap benua kecuali di benua Antartika.

Beberapa ahli mengatakan bahwa binatang yang merayap ialah organisme pertama yang mampu berkembang biak di semua habitat. Dari habitat kering ke yang sedikit air. Contoh hewan merayap yang hidup di tempat-tempat seperti habitat tersebut ialah komodo dan kadal.

Selain mampu bertahan di tempat yang kering dan gersang, hewan melata juga dikenal sebagai hewan yang dapat hidup di 2 alam atau dalam bahasa ilmiah di sebut dengan amfibi. Darat dan air, tetapi hanya beberapa jenis saja yang hidup di tempat tersebut. Contohnya seperti kura-kura, ular dan buaya.

Hewan melata memiliki habitat utama di daratan, ketika mereka berada di dalam air, mereka hanya bisa memasok makanan atau mestabilkan suhu tubuh. Dan hewan melata memiliki tinggi tubuh yang bervariasi dari yang terkecil hingga yang terbesar. Perhatikan tabel dibawah ini :

Ciri Ciri Hewan Melata

Berikut ini adalah ciri ciri hewan melata secara umum, yaitu diantaranya :

  • Memiliki perangkat sensorik seperti mata, hidung dan telinga.
  • Secara umum, Anda memiliki umur yang panjang.
  • Mampu hidup di tempat yang kering dan gersang dan ada yang mampu hidup di dua alam, darat dan air.
  • Memiliki sistem saraf dalam bentuk otak.
  • Tubuh hewan melata ditutupi dengan sisik.
  • Termasuk dalam kelompok hewan berdarah dingin.
  • Memiliki peralatan pernapasan utama dalam bentuk paru-paru
  • Kebanyakan hewan melata berkembang biak secara bertelur. Sebagian kecil lainnya secara Vivipar dan Ovovivipar.
Baca Juga :  Usus Halus : Pengertian, Fungsi, Struktur, Bagian Dan Enzimnya

Contoh Hewan Melata

Berikut ini adalah contoh hewan melata diantaranya yaitu :

Ular

Hewan ini tidak mempunyai kaki namun pada bagian tubuh dengan ukuran yang panjang. Ular adalah hewan yang melata dengan tubuh yang tertutupi oleh sisik.

Hewan yang memiliki banyak jenis ini akan dapat ditemukan di berbagai daerah yakni daerah gunung, daerah hutan.

Pada daerah dataran rendah akan bisa ditemukan di daerah laut maupun darat. Sebagian besar jenis ular akan dapat ditemukan di daerah dengan iklim tropis.

Iguana

Iguana merupakan hewan yang berasal dari tropis di seperti Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Hewan memiliki penglihatan yang sangat tajam.

Selain itu, Iguana juga memiliki kemampuan untuk melihat bayangan dan mampu melihat dalam jarak yang jauh. Hewan ini memiliki warna yang unik yaitu untuk mengelabui musuh dengan cara berkamuflase.

Komodo

Komodo adalah salah satu spesies yang termasuk ke dalam kadal terbesar. Hewan ini juga diketahui sebagai hewan yang  hanya bisa ditemukan di pulau komodo.

Pada Daerah lain seperti Flores dan Gili banyak yang menyebut hewan yang satu ini dengan sebutan ora. Hewan ini mampu tumbuh hingga mencapai 70 kg.

Kura-Kura

Kura – kura adalah binatang yang melengkapi kaki empat. Hewan ini mempunyai sisik yang tumbuh pada seluruh tubuhnya. Hewan yang satu ini termasuk ke dalam hewan golongan reptile.

Tokek

Hewan ini berkembang biak dengan cara ovovivipar atau bertelur dan melahirkan. Selain di hutan dan tempat lainnya, hewan ini bisa ditemukan di lingkungan rumah. Tokek merupakan hewan pemakan serangga dan hewan yang lebih kecil.

Penyu

Penyu merupakan salah satu hewan yang memiliki kekerabatan dengan kura-kura. Penyu memiliki bentuk tubuh yang dilengkapi dengan tempurung.

Baca Juga :  √ Batang Otak ( Brainstem ) : Pengertian, Fungsi, Struktur Beserta  Bagian - Bagiannya

Hewan ini juga memiliki ukuran yang beraneka ragam tergantung jenisnya. Penyu adalah hewan yang berkembang biak ovipar atau bertelur.

Kadal

Kadal merupakan salah satu jenis dari hewan reptil. Reptil sendiri adalah hewan yang memiliki sifat untuk ditutupi sisik. Sisik tersebut akan menutupi bagian tubuhnya. Banyak jenis kadal yang mampu untuk tinggal di bagian atas tanah.

Sebagian kadal bisa ditemukan bersembunyi pada tanah yang struktur yang gembur. Hewan yang satu ini serikali berkeliaran di batang atau ranting pohon. Hewan ini menjadi hewan yang memakan buah – buahan dan serangga.

Demikianlah pembahasan mengenai Hewan Melata semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.