Tulang Dada : Pengertian, Fungsi, Bagian, Penyakit Dan Gejalanya

Posted on

Tulang Dada – Nah apakah kalian ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tulang Dada? Kali ini kami akan membahas mengenai Tulang Dada, nah untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Tulang Dada

Matriks Tulang ialah salah satu bagian terkeras yang terletak di lapisan luar tulang, yang diakibatkan oleh pengendapan mineral dalam matriks, yang sehingga tulang pun mengalami klasifikasi.

Di dalam tubuh manusia juga terdapat yang namanya tulang rawan (cartilago) yakni jaringan ikat yang memiliki kemampuan meregang, membentuk penyokong yang kuat bagi jaringan lunak, memberikan kelenturan dan sangat tahan terhadap tekanan.

Tulang Dada ialah salah satu tulang yang memiliki bentuk yang cukup pipih yang tentunya terletak di dalam bagian organ dada. Adapun banyak beberapa organ yang mengelilinginya.

Di bagian kiri terdapat tempat tulang tusuk yang menempel. Perlu kalian ketahui perlindungan jantung kalian ialah terletak pada tulang dada dan tulang rusuk.

Selain melindungi jantung tulang dada juga dapat melindungi paru-paru dan pembuluh darah lainnya yang berskala besar. Perlindungan tulang rusuk dan tulang dada ialah untuk menghindari organ tersebut dari segala cidera.

Fungsi Tulang Dada

Adapun fungsi tulang dada diantaranya yaitu:

Menjaga Organ Pada Bagian Dada

Menjaga organ bagian di tulang dada, seperti pada jantung dan paru-paru. Dua organ tersebut begitu berpengaruh untuk kelangsungan hidup manusia.

Baca Juga :  Fungsi Mineral 

Dengan begitu tulang dada melindungi organ tersebut dari berbagai benturan, trauma serta juga dari gerak tubuh manusia itu sendiri agar tetap mampu bertahan terhadap posisinya serta menjalankan fungsinya secara baik.

Menjaga Organ Tubuh Sekitarnya

Menjaga organ sekitarnya seperti lambung, ginjal beserta limpa. Sebab tulang dada bersamaan tulang rusuk mempunyai bentuk yang begitu keras serta juga padat, sangat baik agar melindungi organ-organ dalam terhadap berbagai benturan seperti pada alat ekskresi ginjal dan sistem ekskresi paru-paru.

Sebagai contohnya saat terjadi kecelakaan, benturan keras pun umumnya tidak dapat dihindari, karena terkadang berbagai orang yang terburu-buru dengan begitu melaju dengan kecepatan sangat tinggi.

Membantu Proses Pernafasan

Tidak dapat dipungkiri tanpa tulang dada, kita tidak akan dapat bernafas secara lancar karena tidak adanya pelindung untuk paru-paru yang merupakan sebuah alat pernafasan terhadap manusia pada berbagai guncangan serta juga rangsangan bersumber dari luar tubuh.

Jika organ pernafasan dapat bekerja serta terlindungi secara sangat baik. Dengan begitu sistem pernafasan pun tidak akan terganggu terkecuali memang sedang terjadi masalah khusus pada alat pernafasannya.

Sebagai Kerangka

Sebagai kerangka dimana tulang dada menyediakan kerangka kerja untuk otot-otot dada, punggung, perut serta bahu atas bisa menempel. Pada bagian dalam, dibatas bawah tulang rusuk juga berfungsi sebagai tempat melekatnya diafragma.

Tanpa adanya tulang dada, tubuh manusia tidak akan terbentuk secara sempurna karena tidak mempunyai penyokong, tulang dada membuat tampilan tubuh menjadi kuat serta memperindah bentuk postur tubuh.

Bagian-Bagian Tulang Dada

Adapun bagian-bagian tulang dada diantaranya yaitu:

Tulang Hulu (Kepala)

Terletak pada bagian atas dari tulang dada dan terdapat persendian di dalamnya merupakan tempat melekatnya rusuk yang pertama.

Baca Juga :  Tulang Tengkorak

Dan yang kedua disebut juga sebagai tulang kepala karena secara anatomi terletak pada bagian paling atas (kepala) dari tulang dada, bersifat kokoh sehingga mampu melindungi bagian lain di bawahnya dan organ di dalamnya.

Tulang Badan

Yaitu bagian tengah, tempat melekatnya tulang rusuk ketiga hingga ke tujuh dan gabungan tulang rusuk ke delapan hingga ke sepuluh.

Memiliki bagian yang lebar dan pipih, merupakan tulang yang berstruktur kuat dan mampu menyangga tulang rusuk dengan baik.

Tulang Taju Pedang

Tulang taju pedang ialah tulang yang terletak di bagian bawah dari tulang dada, terbentuk dari tulang rawan.

Tulang ini rawan akan trauma sebab disusun dari tulang rawan yang tidak berkembang menjadi keras ketika dewasa, sehingga sama seperti halnya tulang pada bayi yang baru lahir.

Penyakit Dan Gejala Tulang Dada

Kostokondritis ialah salah satu penyebab dari tulang dada yang merasa sakit serta salah satu penyebab yang paling sering terjadi.

Keadaan ini sendiri umumnya terjadi jika tulang rawan yang berada di antara tulang dada serta juga tulang rusuk mengalami suatu kondisi peradangan maupun teriritasi.

Kostokondritis ini sendiri dapat terjadi akibat osteoarthritis, tetapi kondisi ini sendiri juga dapat disebabkan oleh beberapa hal ataupun tanpa adanya penyebab secara jelas. Dengan keadaan seperti ini akan menyebabkan rasa sakit serta nyeri di tulang dada.

Gejala Penyakit Tulang Dada

Adapun gejala penyakit tulang dada diantaranya yaitu:

  • Akan terasa nyeri yang begitu tajam perih tepat pada bagian tengah dada tersebut.
  • Dada akan terasa sakit pada saat bersin, batuk maupun ketika menarik napas berkala secara dalam.
  • Merasakan ketidaknyamanan yang akan terjadi pada tulang rusuk, dimana berhubungan erat dalam bekerjasama dengan tulang dada.
Baca Juga :  Sistem Reproduksi Wanita : Pengertian, Organ Penyusun Dan Cara Merawatnya

Demikianlah pembahasan mengenai Tulang Dada semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

4.7/5 - (176 votes)