Biografi Sri Mulyani –  Tokoh Pakar Ekonomi Indonesia

Posted on

Biografi Sri Mulyani –  Tokoh Pakar Ekonomi Indonesia

 Sri Mulyani – Beliau  adalah  salah satu sosok wanita dengan segudang prestasi di Indonesia  dan  di akui oleh dunia Internasional. Sri Mulyani adalah   seorang tokoh wanita indonesia dan juga Pakar Ekonomi Indonesia.

Biografi Sri Mulyani

Karena pengetahuannya dalam  bidang ekonomi, membuat beliau  pernah di tunjuk sebagai Menteri Keuangan Indonesia ketika  masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo.

Biodata Sri Mulyani

Nama :Sri Mulyani Indrawati S.E., M.Sc.,Ph.D
Tempat , tanggal lahir : Lampung , 26 Agustus 1962
Agama :Islam
Orangtua :Prof Dr Satmoko ( Ayah ) , Prof Dr Retno Sriningsih Satmoko ( Ibu )
Suami :Tonny Sumartono
Anak :Dewinta Illinia, Adwin Haryo Indrawan, Luqman Indra Pambudi

Profil dan Biografi Sri Mulyani Singkat

Beliau  di lahirkan dengan nama Sri Mulyani Indrawati di Lampung ,  pada tanggal 26 Agustus 1962. Ayah beliau  bernama Prof Dr Satmoko yang  merupakan seorang guru besar di Universitas Negeri Semarang, sedangkan  ibu nya bernama Prof Dr Retno Sriningsih Satmoko yang juga merupakan seorang  guru besar di Universitas Negeri Semarang.

Sri Mulayni terlahir dari keluarga yang  berpendidikan, beliau adalah  anak ketujuh dari 10 orang bersaudara. Orang tua Sri Mulyani selalu menekankan bahwa pendidikan merupakan hal penting dan utama bagi para anak – anaknya.

Pendidikan Sri Mulyani

Sangat sedikit informasi yang bisa  di ketahui mengenai   dimana Sri Mulyani mengawali  sekolah dasarnya, yang di ketahui bahwa beliau pernah bersekolah di SMP Negeri 2 Bandar Lampung sejak tahun 1975 hingga 1978, selanjutnya beliau   pindah ke Semarang mengikuti orang tuanya kemudian beliau  melanjutkan pendidikan nya di SMA Negeri 3 Semarang dari tahun 1978 sampai  1981 dengan predikat sebagai juara sekolah. Sejak SMA, Sri Mulyani Indrawati di kenal sebagai  seorang siswi yang cerdas. Segala macam kegiatan organisasi, estrakurikuler dan juga  olahraga beliau  ikuti di sekolahnya dan beliau  sempat menjadi ketua OSIS di SMA. Beliau di ketahui sejak SD sering menggunakan sepeda ke sekolah hingga masa SMA nya.

Baca Juga  Biografi Dan Profil Rizal Ramli : Ahli Ekonomi Indonesia

Kuliah Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Lulus  dari SMA, Sri Mulyani selanjutnya  memilih  untuk melanjutkan pendidikannya di jurusan Ekonomi Program Studi Pembangunan ( ESP ) Universitas Indonesia padahal orang tuanya berharap kalau  Sri Mulyani  dapat  memilih kedoteran ataupun teknik. Di kampusnya, Sri Mulyani sangat menyukai tentang  ilmu ekonomi, beliau  kemudian lulus S1 pada  tahun 1986 dengan predikat Lulusan Terbaik.

Setelah menjadi sarjana, Sri Mulyani selanjutnya  bekerja sebagai peneliti di Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat ( LPEM ) serta  sebagai asisten peneliti di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia di mana sebelum beliau menjadi  sarjana beliau  mendaftar dan di terima bekerja.

Kuliah Master dan Doktor di University of Illinois Urbana – Champaign, USA

Hal tersebut  selanjutnya  banyak menambah pengalaman Sri Mulani  pada bidang ekonomi. Beberapa tahun kemudian, Fakultas Ekonomi UI menawarkan Sri Mulyani beasiswa S2 ke luar negeri. Beliau  kemudian mendaftar di University of Birmingham di Inggris dan di terima akan tetapi  kesempatan tersebut  ditolak oleh Sri Mulyani.

Beliau  kemudian menerima tawaran sekolah dari University of Illinois Urbana – Champaign di Amerika Serikat sekaligus menawarkan juga program S3 atau Ph.D untuk Sri Mulyani dan juga  beliau  dapat  memboyong keluarganya untuk tinggal di Amerika.

Sri Mulyani berhasil menyelesaikan program studi masternya pada tahun 1990 dengan mengambil konsentrasi di bidang Public Finance dan Urban Economy. Sementara itu , Suaminya Tonny Sumartono mengambil program Master pada  bidang Manajemen Keuangan ( Finance ). Hidup di Amerika membuat Sri Mulyani dan  juga suaminya hidup dengan serba pas – pasan karena hanya Sri Mulyani yang di biayai oleh beasiswa sementara itu suaminya terpaksa menjual mobilnya untuk membiayai kuliahnya.

Baca Juga  √ [ Profil ] Dr. Sumitro Djojohadikusumo

Setelah  menyelesaikan program masternya , Sri Mulyani kemudian melanjutkan pendidikan nya dengan mengambil program Ph.D atau Doktor di University of Illinois Urbana – Champaign. Selama mengambil program doctor tersebut , Sri Mulyani bekerja sebagai seorang  asisten dosen statistik di kampusnya.

Beliau  juga melahirkan anaknya yang pertama Dewinta Illinia di Amerika Serikat. Program doktor Sri Mulyani di selesaikan pada tahun 1992 dengan di sertasi tentang  Pajak Penghasilan ( Income Tax ), beliau  menyelesaikan master serta  doctornya hanya dalam kurun waktu empat tahun saja.

Menjadi Wakil Direktur LPEM UI

Sesudah  menyelesaikan program doktornya , beliau  kemudian kembali ke Indonesia dan bekerja sebagai wakil direktur pendidikan dan latihan di Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat ( LPEM ) di Universitas Indonesia hingga pada  tahun 1995 dan kemudian   menjadi Wakil Kepala Bidang Penelitian LPEM higga pada  tahun 1998. Beliau juga sempat menjabat sebagai Kepala Program Magister Perencanaan Kebijakan Publik – UI sampai  pada  tahun 1999. Pada  awal tahun 2000 – an, Sri Mulyani tinggal di Atalanta, Amerika Serikat  dan   menjadi konsultan US – AID.

Beliau  juga menjadi dosen pembimbing  dan juga pendamping mahasiswa yang tinggal serta  belajar di Amerika Serikat. Kemudian  pada  tahun 2002, Sri Mulyani pindah ke Washington DC dan bekerja sebagai Direktur Eksekutif di IMF.

Menteri Keuangan era SBY

Beberapa tahun bekerja di IMF, pada  tahun 2004, Sri Mulyani kembali ke Indonesia setelah beliau di tunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia dalam kabinet Indonesia Bersatu sampai  pada  tahun 2005. Kemudian  pindah menjadi Menteri keuangan. Sri Mulyani bahkan sempat merangkap sebagai Menteri Kordinator Bidang Perekonomian pada  era pemerintahan SBY. Pada  masa tersebut, Sri Mulyani bahkan di kait – kaitkan atau ikut terlibat dalam  skandal kasus Bank Century yang sempat menghebohkan Indonesia pada  tahun 2008. Selanjutnya  di tahun 2009 Sri Mulyani menulis  sebuah surat pengunduran diri kepada presiden SBY.

Baca Juga  Anders Celcius│ Penemu Derajat Celcius

Tahun berikutnya yaitu  2010, Sri Mulyani kemudian di tunjuk sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia yang menggantikan Juan Jose Daboub. Beliau  bekerja di Bank Dunia hingga pada tahun 2016 dan pindah ke  Amerika.

Menteri Keuangan era Joko Widodo

Pada   tahun 2016, Sri Mulyani kembali ke Indonesia setelah beliau  di tunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Keuangan pada bulan Juli  tahun 2016.

Pada bulan Agustus 2019, beliau di pilih  sebagai Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia periode 2019 – 2023.  Dan pada tanggal 23 Oktober 2019, Sri Mulyani Indrawati terpilih kembali untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Penghargaan Sri Mulyani

Nama Sri Mulyani bukan hanya di kenal di Indonesia saja , namun beliau  juga terkenal di dunia Internasional. Bahkan beliau  terpilih sebagai Menteri Keuangan Terbaik se – Asia pada  tahun 2006 dan  majalah Forbes memilihnya sebagai wanita paling berpengaruh di dunia urutan ke 23 pada tahun 2008 serta sebagai wanita yang paling berpengaruh di Indonesia ke 2 oleh majalah Globe Asia pada tahun 2007.