Bahasa Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri, Struktur, Jenis Dan Perannya

Posted on

Bahasa Adalah – Nah kalian apa ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bahasa? Kali ini kami akan membahas mengenai apa itu Bahasa? Untuk mengetahui lebih lengkapnya simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Bahasa

Bahasa ialah salah satu alat komunikasi yang digunakan manusia, bahasa juga penghubung yang penting antar hubungan sesame manusia.

Maka oleh karena itu, bahasa bisa dikatakan sebagai hal wajib dan sangat penting sebagai syarat untuk berkomunikasi antar sesama.

Bahasa ini secara harfiah yakni sarana yang digunakan oleh setiap makhluk hidup (khususnya manusia) untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan makhluk hidup lainnya.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami arti dari bahasa, beberapa ahli linguistik dan antropologi pernah mengkaji akan hal ini. Berikut penjelasannya:

1. Finocchiaro (1964)

Menurut Finocchiaro dalam bukunya Teaching Children Foreign Language, bahasa adalah suatu sistem vokal yang arbitrer dan memungkinkan semua orang dalam satu kebudayaan tertentu atau orang lain yang telah mempelajari sistem kebudayaan tersebut untuk saling berkomunikasi.

2. Pei & Gaynor (1954)

Pengertian bahasa menurut Pei & Gaynor adalah sistem komunikasi dengan bunyi atau lewat alat ujaran dan pendengaran antara individu dari kelompok atau masyarakat tertentu dengan menggunakan simbol-simbol vokal yang berarti arbitrer dan konvensional.

3. Sapir (1921)

Sapir mengartikan bahasa sebagai suatu metode yang bersifat naluri yang dimiliki manusia untuk mengkomunikasikan ide, emosi, dan keinginan menggunakan berbagai simbol yang dibuat untuk tujuan tertentu.

4. Koentjaraningrat (1992)

Menurut Koentjaraningrat seorang antropolog mengatakan bahwa bahasa merupakan bagian dari kebudayaan. Bahasa dan kebudayaan saling berhubungan satu sama lain.

Dalam buku ‘Pengantar Antropologi’ bahasa masuk ke dalam salah satu unsur kebudayaan. Bahasa ini tercipta karena suatu kebudayaan dan bahkan kebudayaan dapat dipengaruhi oleh bahasa.

5. Levi-Strauss (1972)

Levi Strauss mengatakan bahwa bahasa adalah hasil dari kebudayaan.

Terkenal akan kajian tentang upacara dan ritual, menurutnya bahasa yang digunakan oleh suatu kelompok masyarakat adalah suatu cerminan kebudayaan masyarakat tersebut. Pelaksanaan upacara atau ritual itu dapat menghasilkan bahasa.

6. Ferdinand De Saussure (1857)

De Saussure seorang ahli linguistik mengeluarkan konsep bahasa yang terbagi menjadi tiga, yaitu langage, langue, dan parole.

  • Langage: pemahaman yang merujuk pada sistem kebahasaan manusia dan tidak berarti apa apa selain sebagai sistem.
  • Langue: bahasa sebagai proses sosial atau disebut juga bahasa yang dipraktikkan masyarakat untuk berbicara dan menulis.
  • Parole: sistem kebahasaan yang dipraktikkan individu untuk menghasilkan makna tertentu.
Baca Juga :  Teks Prosedur: Pengertian, Tujuan , Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Macam Dan Contohnya

Dapat disimpulkan dari keenam pengertian di atas bahwa bahasa ini adalah satu sistem yang disepakati bersama untuk digunakan dalam berkomunikasi. Cara masyarakat berkomunikasi mempengaruhi kebiasaan sehingga membentuk suatu kebudayaan tersendiri.

Sedangkan dalam konsep bahasa yang dikemukakan oleh Ferdinand De Saussure, parole merupakan sistem kebahasaan yang paling banyak mempengaruhi bahasa dan tata bahasa.

Fungsi Bahasa

Adapun fungsi bahasa diantaranya yaitu:

  • Untuk tujuan praktis, yaitu mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari.
  • Untuk tujuan artistik, yaitu manusia mengolah dan menggunakan bahasa dengan seindah-indahnya guna pemuasan rasa estetis manusia.
  • Alat untuk menyalurkan arti kepercayaan, norma dan nilai-nilai yang ada di masyarakat.
  • Sebagai alat untuk berpikir.
  • Sebagai alat kontrol sosial.
  • Untuk tujuan pembelajaran, sebagai sebuah media dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, baik itu yang masih berada pada suatu ruang lingkup bahasa itu sendiri, ataupun diluar ruang lingkup bahasa, seperti pada pengetahuan sejarah dan ilmu pengetahuan yang lainnya.
  • Sebagai sarana memahami diri dan orang lain.
  • Sebagai sarana berekspresi.
  • Membangun karakter dan kecerdasan.
  • Untuk tujuan filologis, fungsi bahasa untuk mempelajari berbagai naskah tua untuk menyelidiki latar belakang dari sejarah manusia, perkembangan bahasa itu sendiri, dan lain sebagainya.
  • Sebagai pedoman untuk melihat adanya kenyataan di suatu masyarakat.

Manfaat Bahasa

Adapun manfaat bahasa diantaranya yaitu:

Manfaat Bahasa

Bahasa Resmi Suatu Negara

Ada negara yang di dalamnya terdapat banyak bahasa daerah, contohnya Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa.

Oleh karena itu, dibutuhkan bahasa resmi untuk dapat mempersatukan seluruh warga negara Indonesia dari berbagai suku. Dalam hal ini, bahasa resmi kita ialah Bahasa Indonesia.

Pengantar dalam Dunia Pendidikan

Dalam penyampaian materi di dunia pendidikan harus menggunakan bahasa resmi yang dimengerti oleh warga negara yang bersangkutan.

Itulah sebabnya kegiatan belajar-mengajar di negara kita menggunakan bahasa Indonesia dan menjadi salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh para siswa.

Alat Pengembang Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan

Dalam berbagai upaya pengembangan kebudayaan yang ada di Indoensia, tentu sangat berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia.

Meskipun pada setiap suku dan daerah di Indonesia ini juga memiliki bahasa sendiri, namun dalam proses pengembangan kebudayaan dan sebuah ilmu pengetahuan di negara kita juga harus memakai bahasa resmi, yaitu Bahasa Indonesia.

Sebagai Alat Berkomunikasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahasa merupakan kumpulan kata-kata yang memiliki makna. Setiap kata tertentu memiliki makna dan hubungan abstrak dengan suatu konsep atau objek yang diwakilinya.

Melalui bahasa, setiap individu dapat melakukan komunikasi dua arah yang dimengerti oleh masing-masing individu.

Sebagai Alat Pemersatu Suatu Bangsa

Bahasa juga dapat berfungsi sebagai salah satu alat pemersatu bangsa karena penggunaannya sebagai alat untuk dapat berkomunikasi. Setiap warga suatu bangsa dapat menyampaikan pemikirannya dengan menggunakan bahasa yang dimengerti.

Komunikasi masyarakat dengan menggunakan bahasa yang sama dan dimengerti satu sama lain akan mempersatu suatu bangsa menjadi lebih kuat.

Sebagai Identitas Suatu Suku atau Bangsa

Bahasa juga dapat berfungsi sebagai identitas suatu suku atau bangsa karena keunikannya. Setiap suku/ bangsa tentunya memiliki bahasa yang berbeda-beda, hal ini menjadi identitas dan keunikan tersendiri bagi suatu suku atau bangsa.

Ciri Ciri Bahasa

Adapun ciri-ciri bahasa diantaranya yaitu:

Bahasa Sebagai Sistem

Maksudnya bahwa terdiri dari komponen – komponen teratur dan berdasarkan oleh pola tertentu. Bersistematis yaitu tersusun oleh polanya.

Contoh :

  • Saya : Sistematis dan bermakna
  • Yasa : Tidak sistematis dan tidak bermakna atau tidak memiliki arti
  • Aasy : Tidak sistematis dan tidak bermakna atau tidak memiliki arti
Baca Juga :  Seminar Adalah : Pengertian, Syarat, Tujuan, Fungsi, Ciri Dan Pihak Yang Terlibat

Bahasa Sebagai Lambang

Lambang – lambang bahasa diwujudkan dalam bentuk bunyi, yang berupa satuan – satuan bahasa seperti kata maupun gabungan kata.

Contoh :

  • Bendera merah putih
  • Merah : Berani
  • Putih : Suci

Bahasa adalah Bunyi

Yang dimaksud dengan bunyi pada bahasa atau termasuk lambang bahasa yaitu ialah bunyi yang bukan dihasilkan dari alat ucap manusia tidak termasuk bunyi bahasa.

Contoh :

  • Suara atau Bunyi teriakan, bersin, batuk, dan lain sebagainya.

Bahasa Mempunyai Makna

Seperti yang dijelaskma sebelumnya bahwa bahasa itu adalah system lambang , maka karena itu lambang – lambang itu mengacu pada suatu konsep , ide, atau pikiran, maka bisa dikatakan bahwa bahasa itu memiliki makna.

Contoh :

  • Kuda : Berkaki empat binatang peliharaan yang menjadi alat transportasi.

Bahasa Bersifat Arbitrer

Arbitrer yaitu sembarang, sewenang-wenang, maka suka, berubah-ubah. Maksudnya ialah tidak ada hubungan wajib antara lambang bahasa dengan konsep maupun pengertian yang dimaksud lambang tersebut misalnya kita tidak dapat menjelaskan hubungan antara lambang bunyi (air) dengan benda yang dilambangkan yaitu benda cair yang digunakan.

Contoh :

  • Kuda yang disebut oleh orang.

Struktur Bahasa

Adapun struktur bahasa diantaranya yaitu:

Wacana

Wacana merupakan satu kesatuan mana yang tersistem antar bagian di dalam satu Bahasa. Wacana juga dapat diartikan sebagai suatu komunikasi kebahasaan yang pada umumnya dapat terlihat sebagai suatu pertukaran dalam interaksi dimana bentuknya dapat ditentukan oleh tujuan sosial.

Berdasarkan dua penjelasan diatas maka wacana dapat diartikan dengan suatu rangkaian pernyataan yang dapat dinyatakan secara lisan atau tulisan dalam konteks tertentu yang memiliki memiliki makna dalam kesatuan bahasa.

Paragraf

Paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang tersusun dalam satu kesatuan. Paragraf juga sering disebut dengan alinea, keduanya memiliki arti yang sama.

Karena pragraf tersusun atas beberapa kalimat maka dalam paragraf terdapat pikiran yang lebih tinggi dan lebih luas dibandingkan kalimat.

Susunan kalimat dalam satu paragraf saling terkait antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. Setiap paragraf memiliki ide pokoknya sendir. Panjangnya paragraf juga tergantung pada sebuah ide pokok yang akan disampaikan dalam paragraf tersebut.

Kalimat

Kalimat tersusun dari beberapa kata dengan pola tertentu. Pada kalimat umumnya minimal mempunyai subjek dan predikat, memiliki intonasi dan makna.

Kalimat merupakan suatu satuan bahasa yang secara relative dapat berdiri sendiri dengan pola final dan terdiri atas klausa yang dingunakan untuk bisa menyususun dan menuangkan gagasan dalam sebuah pemikiran agar dapat dikomunikasikan dengan orang lain.

Kata

Kata merupakan kumpulan huruf yang tersusun menjadi satu kesatuan yang mengandung makna didalamnya. Kata juga dapat dijelaskan juga sebagai salah satu unsur dari kebahasaan berupa sebuah perasaan dan pemikiran yang dapat diwuijudkan dan dapat dipakai dalam bahasa.

Fonem

Fonem mrupakan unsur dari bahasa yang paling kecil dan fungsional namun dapat membedakan makna dari kata yang disampaikan.

Umumnya fonem memiliki pelafalan yang berbeda dalam beberapa pengucapannya bergantung dimana tempatnya dalam satu kata. Misalnya memiliki beberapa lafal terngantung dimana tempatnya.

Morfem

Morfem merupakan unsur terkecil dalam bahasa dimana bentuknya tidak mengandung bagian-bagian yang mirip dengan bentuk lain, baik itu dilihat dari bunyinya maupun maknanya.

Jenis Jenis Bahasa

Adapun jenis-jenis bahasa diantaranya yaitu:

Bahasa Lisan

Bahasa lisan yaitu merupakan suatu komunikasi antar manusia untuk mengutarakan maksudnya melalui kata kata yang terucap dari lisan atau mulut.

Bahasa Tulisan

Bahasa tulisan yaitu adalah suatu bentuk komunikasi yang terbentuk dari berbagai kosa kata yang disusun sehingga terbentuk suatu kalimat yang memiliki arti dan bisa dipahami yang kemudian dituangkan kedalam bentuk tulisan.

Baca Juga :  Macam Cerita Rakyat: Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur, Tujuan, Jenis, Unsur dan Contohnya

Bahasa Isyarat

Bahasa Isyarat, yaitu adalah suatu bentuk komunikasi yang menggunakan anggota tubuh seperti tangan dan gerak bibir.

Bahasa isyarat ini biasa digunakan oleh kaum tunarungu mereka mengkombinasikan antara gerakan tangan, gerak bibir, dan ekspresi wajah agar lawan bicaranya bisa memahami yang mereka maksud.

Bahasa Batin

Bahasa batin adalah suatu interaksi mental secara langsung menggunakan isi hati kita, bahasa batin tidak memerlukan sarana kata kata seperti jenis bahasa yang lainnya. Istilah yang lebih mirip dengan komunikasi bahasa batin yaitu telepati.

Bahasa Pemrograman

Tidak ada soal manusia, bahasa juga digunakan oleh berbagai tegnologi salah satunya komputer, yaitu bahasa pemrograman digunakan untuk memerintah komputer dengan menggunakan syntax-syntax yang telah diatur oleh bahasa pemrograman itu sendiri, tujuannya supaya komputer bisa menjalankan apa yang kita perintahkan.

Peran Bahasa dalam Masyarakat

Bahasa tentu saja memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dikarenakan bahasa merupakan suatu sistem yang telah disepakati bersama.

Adapun peran bahasa dalam masyarakat adalah sebagai berikut.

1. Bahasa sebagai Unsur Budaya

Seperti yang telah dijelaskan oleh Koentjaraningrat dalam buku ‘Pengantar Antropologi’ bahwasannya bahasa merupakan salah satu unsur kebudayaan.

Bahasa menjadi salah satu yang paling penting dalam memahami kebudayaan suatu kelompok. Para antropolog biasanya saat hendak meneliti suatu suku akan mempelajari bahasanya terlebih dahulu agar bisa lebih mudah masuk dan memahami kelompok tersebut.

2. Bahasa sebagai Penanda Strata

Bahasa yang digunakan juga dapat menjadi penanda stratifikasi sosial tertentu. Hal ini dikarenakan dalam bahasa memiliki kelas atau tingkatan tersendiri.

Seperti dalam bahasa Sunda, terdapat “undak usuk basa” yang menandakan tingkatan bahasa yang dipakai.

3. Bahasa sebagai Simbol Budaya Suku Bangsa

Bahasa dapat menjadi simbol suatu budaya. Hal tersebut dapat dilihat dari dialek, logat, dan ragam bahasa yang dipakai oleh suatu kelompok. Perbedaan geografis dan budaya akan menghasilkan bahasa yang berbeda juga.

Ragam Bahasa

Bahasa memiliki banyak ragam bahasa atau variasi yang digunakan dalam berbahasa. Menurut Mustakim (1994), ragam bahasa terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu:

  • Ragam bahasa dilihat dari segi pemakaiannya: ragam lisan dan ragam tulisan
  • Ragam bahasa dilihat dari situasi: menjadi ragam resmi/formal dan ragam tak resmi/informal
  • Ragam bahasa dilihat dari bidang pemakaian yang berbeda: di bidang edukasi, kesehatan, dan lainnya.

Ragam bahasa ini dapat dipilih dan disesuaikan penggunaannya berdasarkan situasi kondisi suatu masyarakat.

Sifat Bahasa

Bahasa juga memiliki sifat yang dapat menjadi ciri khusus dari bahasa itu sendiri. Beberapa sifat yang dimiliki oleh bahasa adalah sebagai berikut:

  • Bahasa itu sebuah sistem: bahasa merupakan sistem kesatuan bunyi dan makna yang berpadu.
  • Bahasa itu unik dan khas: setiap bahasa memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yang menggambarkan kebudayaan suatu kelompok masyarakat.
  • Bahasa bersifat universal: bahasa berlaku untuk umum atau universal, siapa saja boleh menggunakan bahasa yang ada di dunia.
  • Bahasa itu dinamis: bahasa mengalami berbagai perubahan tergantung zamannya, semakin berkembang dunia maka bahasa juga akan berkembang memunculkan kosa kata-kosa kata baru.
  • Bahasa bervariasi: variasi bahasa atau ragam bahasa ini sangat banyak yang menjadi ciri dari bahasa itu sendiri. Hal ini karena bahasa penggunaannya dapat berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi.

Demikianlah pembahasan mengenai Bahasa Adalah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.