Arti Integritas : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Tujuan Dan Contohnya

Posted on

Arti Integritas – Arti Integritas itu, hal ini ialah salah satu bentuk sebagai dengan kata kejujuran untuk kebajikan dalam berperilaku yang baik sehingga dapat dikembangkan untuk pencegahan ketidak jujuran seseorang yang harus di miliki dalam berprilaku yang dihasilkan.

Nah dalam artikel kali ini mengenai Arti Integritas dalam hal ini meliputi dari pengertian, fungsi, manfaat, tujuan dan contohnya agar mudah dipahami. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini.

Pengertian Integritas

Integritas ialah salah satu bentuk dari perilaku yang memiliki kepribadian terhadap seseorang yang bertindak secara konsisten pada perkataan atau ucapan dengan perbuatan yang sesuai dengan nilai terhadap kode etik.

Maksud dari Integritas secara umum ialah sebagai kualitas dengan kejujuran atau prinsip dengan moral yang terdapat dalam diri seseorang pada saat melakukan kegiatan secara konsisten pada kehidupannya.

Secara etimologis sebuah kata dari Integritas memiliki akar kata yang Latin sehingga memiliki arti yakni “Integer” dengan suatu bilangan bulat bukan bilangan pecahan.

Jadi setiap orang yang memiliki jiwa yang berintegritas merupakan sesuatu hal yang akan dijadikan modal dalam akan melakukan segala kegiatan yang dimana nuansa dapat menjaga keutuhan pada perbuatan.

Seseorang yang dianggap berintegritas dan memiliki kepribadian dengan karakternya ialah:

  • Jujur dan dapat dipercaya
  • Memiliki komitmen
  • Bertanggung jawab
  • Menepati ucapannya
  • Setia
  • Menghargai waktu
  • Memiliki prinsip dan nilai-nilai hidup

Sehingga kata dari “integritas” berasal dari Bahasa Latin yang banyak mengandung arti di antaranya:

  • Keteguhan sikap pada saat mempertahankan sebuah prinsip yang menjadi landasan dalam hidup yang melekat pada diri seseorang.
  • Mutu dan sifat dengan keadaan yang dapat menunjukkan tentang kesatuan yang utuh dan memiliki potensi dalam kemampuan jiwa yang jujur.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa integritas juga merupakan lawan dari kemunafikan sehingga pengertian integritas juga memiliki pendapat dari para ahli diantaranya ialah:

  • Andreas Harefa – telah menyatakan bahwa arti integritas adalah segala suatu kunci dari kehidupan yang dapat diamati dengan cara yang langsung sehingga dapat menunjukkan kejujuran seseorang dengan konsisten.
  • Henry Cloud – telah menyatakan bahwa arti integritas adalah sesuatu hal yang sangat berhubungan pada keutuhan yang kefektifan seseorang insan yang di mana manusia dalam menjalankan fungsinya yang sesuai dengan rancangan sebelumnya.
  • Ippho Santoso – telah menyatakan bahwa arti integritas adalah segala sesuatu hal dengan keadaan yang dapat menyatunya pikiran dengan perkataan sehingga dapat melahirkan reputasai pada kepercayaan seseorang.
  • KBBI – telah menyatakan bahwa arti integritas dalam Bahasa Indonesia adalah salah satu mutu dan sifat dengan keadaan yang menggambarkan tentang kesatuan yang sangat utuh, sehingga dapat memiliki potensi dengan kemampuan terhadap kejujuran.
Baca Juga :  Ide Pokok Adalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Cara Menentukan Dan Contohnya

Fungsi Integritas

Setelah memahami ulasan diatas maka disini juga terdapat beberapa fungsi dari integritas. Berikut beberapa fungsi utama dari integritas sebagai berikut:

Fungsi Kognitif

Dalam hal ini dapat mencakup tentang kecerdasan moral dan wawasan dengan meliputi dari pengetahuan secara refleksi sehingga dapat dijelaskan bahwa integritas sebuah moral seseorang untuk memiliki pengetahuan yang luas dalam berpikir.

Fungsi Afektif

Dalam hal ini dapat mencakup tentang hati nurani dan harga diri seseorang dalam menjaga manusia agar tetap memiliki perasaan sesama manusia.

Manfaat Integritas

Dari beberapa pembahasan diatas telah disebutkan bahwa integritas itu memiliki berbagai macam kedudukan sehingga seseorang dapat menjaga secara kognitif integritas itu sendiri maka di sini juga terdapat beberapa manfaat dalam sebuah kata integritas diantaranya yaitu:

  • Manfaat secara fisik – adalah sebuah individu dengan memiliki rasa yang cenderung dan dapat merasakan manfaat pada fisiknya sehingga lebih sehat dan bugar pada saat melakukan kegiatan.
  • Manfaat secara intelektual – adalah sebuah individu yang memiliki dalam mengoptimalkan pada kemampuan dengan orang yang munafik.
  • Manfaat secara emosional – adalah salah satu orang yang yang memiliki kata motivasi yang tinggi dan sadar diri serta solidaritas yang tinggi sehingga dapat melakukannya denga stabil.
  • Manfaat secara spiritual – adalah salah satu yang dapat menjadikan seseorang dengan bijaksanaan dalam melakukan segala sesuatu sesuai dengan pengalaman hidupnya.
  • Manfaat secara sosial – adalah sebuah sikap yang dapat di lakukan pada diri seseorang dengan menjalin hubungan baik di masyarakat.

Tujuan Pentingnya Integritas

Dari kutipan yang telah dibahas diatas bahwa integritas ialah suatu hal yang terpenting dalam menjalani kehidupan secara menyeluruh sehingga integritas ini sangat penting di lakukan dan dikenal dalam membangun kehidupan pribadi yang mulia.

Tetapi Integritas itu sangat berbahaya tanpa adanya:

  • Integritas
  • Motivasi
  • Kapasitas
  • Pengetahuan
  • Pengalaman
Baca Juga :  √ Kata Baku Dan Tidak Baku : Pengertian, Ciri, Contoh, Kalimatnya, Artinya Lengkap

Berikut ini akan dijelaskan mengapa sebuah integritas sangat penting dalam kehidupan seseorang.

  • Integritas merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan seseorang karena dapat membentuk pribadi yang konsisten saat menjalankan nilai-nilai dalam norma yang berlaku pada kehidupan.
  • Integritas merupakan hal yangdapat menentukan dirinya dalam memimpin yang memiliki kepribadian dalam belajar dari orang lain.
  • Integritas merupakan hal yang dapat menentukan seberapa besar dirinya akan menemukan tindakan yang konsisten.
  • Integritas Merupakan hal yang dapat menghasilkan reputasi dalam berpikir dan bertindak dengan cara yang konsisten.

Contoh Sikap Integritas Di Dalam Diri

Hampir semua pemimpin di dunia setuju bahwa seorang karyawan yang berintegritas tinggi adalah karyawan idaman setiap organisasi dan perusahaan. Integritas diri yang dimiliki seseorang akan tercerminkan pada integritas kerja yang diberikannya.

Arti integritas kerja adalah nilai-nilai, komitmen dan konsistensi yang diberikan oleh seseorang pada setiap pekerjaan yang dimilikinya.

Ada 5 kebiasaan integritas yang perlu dimiliki setiap orang, terutama bagi mereka yang ingin memiliki integritas tinggi dalam hidupnya. 5 kebiasaan ini dapat menjadi contoh sikap integritas. Bentuk integritas yang kuat akan dimiliki seseorang jika ia menerapkan lima kebiasaan di bawah ini.

1. Selalu Datang Tepat Waktu

Kebiasaan pertama dan paling utama yang perlu diterapkan adalah membiasakan diri untuk selalu datang tepat waktu, setiap saat. Sikap ini mencerminkan bahwa kita memiliki komitmen dan konsistensi yang tinggi terhadap waktu, karena dengan datang tepat waktu artinya kita menghargai waktu yang kita miliki dan waktu yang orang lain punya.

Sikap seperti ini akan membuat orang-orang di sekitar kita semakin yakin bahwa kita adalah individu yang dapat diandalkan, karena kita hidup dalam integritas. Sebaliknya, ketika kita sering datang terlambat, orang lain tidak akan menghormati kita dengan baik.

Bagaimana tidak, kita saja tidak menghormati waktu yang mereka miliki. Apakah kita masih layak mengharapkan penghormatan dari orang lain? Bukan hanya rasa hormat yang semakin memudar, namun ini juga akan merusak kredibilitas kita di dalam perusahaan. Oleh karena itu, latih diri kita mulai dari sekarang dan terapkan kebiasaan ini setiap saat.

2. Sampaikan dengan Jelas tentang Komitmen Apa yang Tidak Dapat Kita Lakukan

Integritas meliputi komitmen dan konsistensi yang kita miliki terhadap sesuatu. Itulah sebabnya kita perlu menyampaikan segala sesuatu yang mungkin tidak bisa kita lakukan dari awal, yang mana hal-hal tersebut mungkin bertentangan dengan nilai-nilai atau prinsip kehidupan yang kita miliki.

Dengan menyampaikan hal ini di awal, orang-orang di sekitar kita akan semakin yakin bahwa kita adalah seorang yang berintegritas tinggi. Mengapa? Karena kita tetap berpegang teguh pada nilai-nilai yang kita miliki sekarang dalam kondisi apapun, kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga :  Frasa Adalah

3. Buat Klarifikasi tentang Semua Tindakan atau Catatan yang Kita Tulis di Setiap Akhir Pertemuan

Klarifikasi itu penting, tujuannya agar apa yang kita pahami dan catat memang sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh orang lain di dalam suatu pertemuan. Salah satu alasan terbesar mengapa banyak hal di dalam rapat yang sering terlewatkan adalah karena tidak ada satu orang pun yang mau membuat klarifikasi tentang semua hal-hal, baik berupa poin-poin penting atau persetujuan di akhir rapat.

Sebagai contoh, pihak penerima tidak tahu persis tentang apa yang diminta pihak lain dalam rapat. Tentu saja hal ini akan membahayakan posisi mereka, karena jika hal-hal yang diminta tidak dapat dipenuhi, maka kredibilitas mereka akan hilang di mata klien atau pihak lain.

Membangun integritas bisa dilakukan melalui kebiasaan yang baik dalam mengklarifikasi semua poin-poin atau tindakan yang didiskusikan, dan disampaikan dengan jelas di akhir suatu pertemuan.

4. Selalu Memenuhi Tanggung Jawab yang Diberikan kepada Kita

Orang-orang dengan integritas yang tinggi pasti selalu berusaha untuk memenuhi tanggung jawab yang ada pada diri mereka. Selain itu, mereka akan berusaha untuk memberikan hasil yang semaksimal mungkin, tanpa melemparkan tanggung jawab yang ada kepada orang lain.

Jadi, jika rekan-rekan pembaca sangat ingin memiliki integritas yang tinggi, yuk mulai dari sekarang terapkan kebiasaan yang baik untuk memenuhi semua tanggung jawab yang ada. Tidak peduli apakah itu adalah tanggung jawab kecil maupun besar, yang namanya tanggung jawab memang harus diselesaikan sampai tuntas.

5. Jangan Biarkan Stres Mengontrol Integritas Diri

Seringkali stres dan tekanan membuat orang-orang merasa serba salah dan mengambil jalan pintas dengan merusak integritas diri yang mereka miliki. Sebagai contoh, seorang karyawan di perusahaan XYZ sebelumnya adalah pribadi yang sangat berintegritas tinggi.

Namun, karena situasi yang semakin menyulitkan dirinya dalam pekerjaan dan membuat dirinya hampir putus asa, maka dia melakukan sesuatu yang melanggar hukum. Ketika dirinya melakukan suatu pelanggaran yang merugikan perusahaan, secara tidak langsung dirinya juga sedang merusak integritas yang ada pada dirinya. Jadi biarkan stres menjadi pemicu bagi kita untuk mengambil napas sedalam-dalam dan bersikap sebaik-baiknya. Jangan biarkan stres malah menghancurkan integritas diri yang sudah kita miliki sebelumnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Arti Integritas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.