Pengertian Birokrasi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian birokrasi yang meliputi pengertian , ciri , jenis , dan juga karakteristik serta perannya yang akan di bahas secara singkat dan jelas. Langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Pengertian Birokrasi
Dalam KBBI Birokrasi secara bahasa di artikan sebagai sistem pemerintahan yang di lakukan oleh pegawai pemerintahan karena telah berpegang dengan hierarki dan jenjang jabatan.
Sedangkan dalam Wikipedia, Birokrasi berasal dari kata “ Bureaucracy ” yang artinya sebagai sebuah organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang yang berada ditingkat bawah daripada tingkat atas, yang biasanya di temui pada instansi yang sifatnya sipil atau militer.
Pengertian birokrasi menurut para ahli dikemukakan oleh Michael G. Roskin, et.al. Definisi birokrasi menurut nya adalah setiap organisasi besar yang terdiri atas para pejabat yang diangkat yang mana fungsi utamanya adalah untuk menjalankan atau mengimplementasikan ( to implement ) kebijakan – kebijakan yang sudah diputuskan atau diambil oleh para pengambil keputusan ( decision makers ).
Dengan katan lain birokrasi merupakan struktur yang telah diorganisasi atau sistem rasional yang sudah dirancang dengan sedemikian rupa bentuknya agar memungkinkan terjadinya kebijakan publik yang efektif dan efisien. Birokrasi dijalankan dengan beberapa prosedur atau aturan yang sifatnya tetap. Sedangkan komando dalam bentuk hirarki kewenangan dimana berjalan atau mengalir dari atas kebawah.
Birokrasi dinamakan juga sebagai badan yang melakukan penyelenggaraan layanan publik ( Civil Service ). Birokrasi tersusun dari individu yang di angkat eksekutif serta posisi mereka selalu datang dan pergi. Dalam artian, individu tersebut duduk di dalam birokrasi karena dipertahankan menurut prestasi kerjanya dan terkadang mereka dikeluarkan karena prestasi kerjanya kurang baik.
Ciri – Ciri Birokrasi
Max Weber menerangkan bahwa ciri – ciri birokrasi adalah sebagai berikut :
- Jabatan administrasi yang diorganisir atau tersusun secara hierarkis.
- Masing – masing jabatan memiliki area kompetensi sendiri – sendiri.
- Pegawai negeri ditetapkan, tidak dipilih menurut pada kualitas teknik yang di tunjukan dengan ijazah ataupun ujian.
- Pegawai negeri memperoleh gaji tetap sesuai dengan pangkat atau kedudukannya.
- Pekerjaan merupakan karier yang terbatas, atau pada intinya, pekerjaannya sebagai pegawai negeri.
- Para pejabat tidak memiliki kantor sendiri
- Para pejabat sebagai subjek untuk melakukan pengontrolan dan pendisiplinan
- Promosi di dasarkan dari pertimbangan kemampuan yang melebihi rata – rata.
Jenis – Jenis Birokrasi Negara
Ideal typhus Amerika Serikat menyatakan bahwa dapat diketahui tipe – tipe birokrasi negara yang bisa digunakan untuk memisahkan tipe birokrasi. Dengan mengetahui Ideal typhus ini dapat membandingkan dengan birokrasi yang berada di Indonesia. Di Amerika Serikat ada empat jenis birokrasi antara lain yaitu sebagai berikut :
-
Departemen – Departemen di Dalam Kabinet ( The Cabinet Departements )
Dalam birokrasi tersusun dari beberapa lembaga birokrasi yang dibagi berdasar dari tugasnya. Seperti departemen pertahanan, departemen pendidikan, departemen kesehatan dan juga departemen lain yang memiliki tugas untuk melaksanakan kebijakan yang telah di tetapkan oleh lembaga eksekutif dan yudikatif.
-
Agen – Agen Federal ( Federal Agencies )
Agen – agen federal merupakan sebuah ungkapan lain dari tangan kanan dari lembaga keprisidenan. Agen ini terbentuk dengan dasar dari pilihan presiden yang sedang memerintah pada saat itu. Contohnya adalah NASA dan FBI ( Federal Bereau Investigation ). Sedangkan untuk di Indonesia contohnya seperti LAPAN ( Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ) dan BATAN ( Badan Tenaga Atom Nasional )
-
Perusahaan – Perusahaan Federal Milik Federal ( Federal Corporation )
Adapun jenis birokrasi ini adalah birokrasi yang menyatukan antara lembaga pemerintah dengan lembaga bisnis. Contoh di Indonesia adalah BUMN ( Bada Usaha Milik Negara ). Garuda Indonesia Airways ( GIA ). Perusahaan Jawatan Kereta Api ( PJKA ). Bank Mandiri dan Perusahaan Listrik Negara ( PLN )
-
Agen – Agen Pengaturan Independen ( Independent Regulatory Agencies )
Agen – Agen pengaturan independe merupakan birokrasi yang dibuat untuk kebutuhan dalam menyelengggarakan regulasi ekonomi atas dunia bisnis. Contoh birokrasi seperti ini di Indonesia adalah BPPN ( Badan Penyehatan Perbankan Nasional ), KPK ( Komisi Pemberantasan Korupsi ), KPPU ( Komisi Pengawasan Persaingan Usaha ), KPU ( Komisi Pemilihan Umum ), KPI ( Komisi Penyiaran Indonesia ) dan yang lain sebagainya.
Karakteristik Birokrasi
Max Weber menyatakan karakteristik yang ideal dari birokrasi yaitu sebagai berikut :
- Kerja yang ketat pada peraturan ( Rule )
- Tugas yang sifatnya khusus ( Spesialisasi )
- Kaku dan sederhana ( Zakeliik )
- Diselenggarakan secara resmi ( Formal )
- Diatur dari atas ke bawah ( Heirarchi )
- Berpedokan pada logika ( Rational )
- Tersentralistis ( Otorithy )
- Taat dan patuh ( Obedience )
- Disiplin ( Dicipline )
- Terstruktur ( Sistematic )
- Tanpa pandang bulu ( Impersonal )
Peran Birokrasi dalam Pemerintahan Modern
Michael G. Roskin, et . al menyatakan bahwa birokrasi memiliki peranan penting dalam sebuah pemerintahan modern. Peran birokrasi pada pemerintahan modern antara lain yaitu sebagai berikut :
- Administrasi
Peran administrasi pemerintahan modern yang mencakup kegiatan administrasi, pengaturan, pelayanan, perizinan, dan pengumpul informasi.
- Pelayanan
Birokrasi bertujuan sebagai pelayanan masyarakat atau kelompok tertentu. Misalnya yaitu untuk di Indonesia adalah Badan Metereologi dan Geofisika ( BMG ).
- Pengaturan ( Regulation )
Peran pengaturan dari birokrasi adalah yang dibuat untuk memberikan kesejahteraan masyarakat.
- Pengumpul Informasi ( Information Gathering )
Badan birokrasi dijadikan sebagai ujung tombak dari jalannya kebijaksanaan sebuah negara untuk menyiapkan data yang berkaitan dengan kebijaksanaan terhadap beberapa pelanggaran atau kebutuhan dalam menentukan kebijakan baru dengan situasi faktual.
Menurut Andrew Heywood, peran birokrasi antara lain yakni :
- Melaksanakan administrasi
- Nasehat kebijakan ( Policy Advice )
- Artikulasi kepentingan
- Stabilitas politik
Demikianlah penjelasan yang sudah di jelaskan di atas mengenai Pengertian Birokrasi semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat serta berguna dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kalian semua , terimakasih.