Alat Musik Melodis: Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Contohnya

Posted on

Alat Musik Melodis – Bunyi yang dihasilkan dari alat musik melodis mengatur nada utama dalam sebuah lagu atau musik. Alat musik ini bisa membunyikan melodi dalam lagu secara lengkap.

Bunyi yang dihasilkan alat musik melodis ini mengatur nada utama dalam sebuah lagu atau musik.

Pengertian Alat Musik Melodis

Alat musik melodis ialah alat yang bisa menghasilkan nada atau melodi dalam lagu. Alat musik jenis ini sangat berperan untuk membuat alunan musik dan lagu terdengar indah dan merdu.

Seperti diketahui terdapat tiga jenis alat musik yang dapat dibedakan berdasarkan fungsinya yakni alat musik ritmis, alat musik harmonis dan alat musik melodis.

Keberadaan alat musik melodis bisa dibilang sangat penting dalam suatu karya seni musik. Instrumen melodis memiliki banyak fungsi penting untuk mengaktifkan nada maupun irama musik.

Alat musik melodi juga bisa menghasilkan suatu nada atau notasi. Berbeda dengan alat musik harmonis dan alat musik ritmis, alat musik melodis bisa dimainkan sendiri atau solo.

Nah untuk memahami lebih dalam mengenai alat musik melodis yuk kenali fungsi dan contoh alat-alatnya. Berikut ini rangkuman tentang fungsi dan beberapa alat musik melodis.

Fungsi Alat Musik Melodis

Setiap jenis instrument memiliki fungsi yang bisa digunakan untuk jenis musik tertentu. Tanpa alat musik melodis, alunan musik terdengar ada yang kurang atau tidak utuh karena fungsi alat musik tersebut untuk mengatur nada dan ritme.

Baca Juga :  Suku Ternate : Sejarah, Mata Pencaharian, Bahasa Serta Agama

Jenis Alat Musik Melodis

Jenis alat musik melodis banyak sekali, mulai yang dimainkan dengan cara dipetik, ditiup, ditekan, digoyang, digesek hingga dimainkan dengan cara dihisap.

Contoh Alat Musik

Adapun contoh alat musik diantaranya yaitu:

Piano

Piano merupakan alat musik yang memiliki banyak fungsi, seperti untuk menciptakan lagu, mengiringi sebuah lagu, dan bisa dimainkan untuk mengiringi berbagai genre musik.

Piano bisa dimainkan dengan cara ditekan oleh jari-jari tangan. Piano dibagi menjadi tiga macam, yaitu baby grand piano, grand piano, dan upright piano.

Gitar

Gitar merupakan alat musik melodis modern yang paling populer. Alat musik tersebut banyak digunakan saat membawakan sebuah lagu.

Gitar terdiri dari tiga bagian, yaitu badan gitar, stang gitar, dan senar, yang bisa dimainkan dengan cara dipetik. Gitar terbagi menjadi dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Biola

Biola adalah alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pop atau akustik.

Walau biola identik dengan perempuan, tetapi lelaki juga bisa memainkan biola.

Biola dirancang dengan memiliki empat senar yang mempunyai interval sempurna. Biola terdiri dari beberapa bagian, yaitu badan biola, leher biola, jembatan biola, senar, dan papan jari.

Akordion

Akordion merupakan alat musik yang hampir mirip piano, namun dimainkan dengan cara menggantungkan alat musik di badan pemain. Lalu tangan kiri pemain menekan tombol akord dan tangan kanan memainkan melodi.

Alat musik ini terbagi menjadi empat jenis, yaitu akordion diantonis, berwarna, concertinas, dan piano.

Seruling

Seruling adalah alat musik melodis tradisional, yang berasal dari daerah Jawa Barat. Alat musik ini sudah sangat jarang dimainkan di era modern seperti sekarang ini. Namun di beberapa sekolah, masih ada pelajaran untuk memainkan seruling.

Baca Juga :  Pengertian Kecepatan Dan Kelincahan Menurut Para Ahli

Alat musik ini terbuat dari bambu atau kayu, dan didesain dengan 6 hingga 7 lubang nada pada bagian batangnya dan ada lubang pemanis pada bagian ujungnya.

Pianika

Alat musik melodis yang selanjutnya adalah pianika. Berbeda dengan beberapa alat musik di atas yang dimainkan dengan ditekan, digesek, atau dipetik, pianika dimainkan dengan cara ditiup. Tangga nadanya sama dengan alat musik biasa yaitu do re mi fa so la si do dan ditiup secara tegak.

Harmonika

Harmonika adalah alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dihisap dan ditiup, maka akan mengeluarkan bunyi yang merdu.

Harmonika adalah instrument musik tiup sederhana yang terdiri dari pelat-pelat getar dari logam yang disusun secara horizontal dengan menyediakan nada tiup kromatis.

Kecapi

Kecapi merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawai atau senar yang terbentang di bagian atas papan kayu.

Teknik yang biasa digunakan dalam memetik alat musik kecapi ini juga sangat berpengaruh dengan suaraa atau nada yang akan dihasilkan oleh alat musik kecapi.

Makin mahir cara memainkan alat musik kecapi seorang pemain, makin baik pula melodi yang bisa dihasilkan dari petikannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Alat Musik Melodis semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.