√  Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Ciri dan Kelebihannya

Posted on

√  Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Ciri dan Kelebihannya

Pasar Persaingan Sempurna – Pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai Pengertian Pasar Persaingan Sempurna yang meliputi ciri dan juga kelebihannya . Agar lebih mudah di pahami langsung saja simak penjelasan di bawah ini .

 

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana penjual dan pembeli tidak bisa  mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar – benar merupakan hasil  dari kesepakatan serta  interaksi antara penawaran dan permintaan.

Meskipun  pada dasarnya tidak ada satupun pasar yang ada didunia mutlak sempurna. Namun  salah satu dari contoh pasar yang mendekati yaitu  pasar beras. Hal ini disebabkan karena bentuk, warna dan juga tampilan lainnya  tersebut yang  relatif sama, dan juga penjual maupun  pembelinya itu sangat banyak.

Ciri – ciri Pasar Persaingan Sempurna

Terdapat beberapa ciri – ciri yang membedakan dari pasar persaingan sempurna dengan pasar tidak sempurna.  Berikut  ini adalah  beberapa ciri – cirinya, yaitu sebagai berikut :

Barang yang di perjualbelikan mempunyai  sifat homogen

Karena bersifat homogen, hal ini menyebabkan masing – masing dari barang tersebut saling menggantikan antara ( substitusi )  antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian pembeli bebas untuk membeli kepada penjual manapun. Sementara itu  untuk penjual tidak bisa  menentukan harga yang berbeda dengan penjual yang lain dikarenakan  barang yang dijual tersebut  tidak bersifat unik.

Baca Juga :  Buku Besar : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, Fungsi, Macam, Bentuk Dan Contoh

Terdapat banyak penjual serta pembeli

Tidak terdapat batasan tentang jumlah penjual yang bisa  berada di pasar,  dan juga  jumlah pembeli yang membeli di pasar tersebut.

Pembeli serta penjual berlaku sebagai penerima harga ( price taker )

Banyaknya jumlah penjual  dan   pembeli ini menyebabkan penjual dan pembeli mempunyai  sifat sebagai penerima harga ( price taker ). Hal ini disebabkan karena tidak dapat menentukan harga yang tercipta di pasar ( price maker ).

 

Pembeli serta penjual bebas masuk dan juga keluar pasar

Tidak adanya  sanksi ataupun larangan bagi tiap – tiap pembeli untuk membeli di pasar persaingan sempurna. Penjual juga bisa  masuk  dan  menutup usahanya dengan  sesuka hati. Contohnya jika  penjual merasa mengalami kerugian dalam berjualan di pasar tersebut. Maka penjual tersebut dapat  dengan mudah untuk menghentikan usahanya.

Informasi sempurna

Baik pembeli maupun penjual mempunyai informasi yang sempurna mengenai  harga, kualitas dan juga jumlah barang yang ada  di pasar. Adanya informasi yang sempurna tersebut menyebabkan penjual tidak akan mengenakan harga yang lebih tinggi di bandingkan dengan penjual yang  lainnya pada barang yang sama.

Jika penjual melakukan hal tersebut maka pembeli akan meninggalkan penjual tersebut. Dan  membeli barang yang sama pada penjual  yang lainnya yang menjualnya sesuai dengan harga pasar yang berlaku

Faktor produksi dapat bergerak secara bebas

Karena tidak adanya  hambatan dalam memasuki pasar. Maka penjual tersebut juga memiliki kebebasan untuk memindahkan faktor produksinya kemanapun.

 

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Berikut ini adalah beberapa  kelebihan dan kekurangan dari pasar persaingan sempurna, adalah  sebagai berikut  :

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

  • Tidak dapat persaingan harga antar penjual disebabkan karena harga yang tercipta di pasar akan diikuti oleh seluruh penjual.
  • Informasi yang sempurna dimiliki oleh penjual maupun pembeli.
  • Penjual juga bisa memindahkan faktor produksinya kamanapun di sebabkan karena tidak adanya hambatan dalam memasuki pasar.
  • Efisiensi maksimum dalam produksi.
Baca Juga :  Riset Pasar : Pengertian, Jenis, Metode, Beserta Contoh

Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

  • Produk yang mempunyai sifat homogen tersebut membuat pembeli tidak memiliki  Dapat  kita katakan bahwa jenis pasar tersebut membatasi pilihan konsumen sehingga tidak bisa  mencapai sebuah kepuasan yang maksimal.
  • Tidak mendorong inovasi di sebabkan karena teknologi atau inovasi yang dilakukan bisa di contoh oleh perusahaan lain.

Demikianlah pembahasan  yang telah di jelaskan di atas mengenai √ Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Ciri dan Kelebihannya semoga mudah di pahami dan dapat bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih .