√ Kebugaran Jasmani : Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani, Cara Melatih,  dan Juga  Manfaatnya

Posted on

√ Kebugaran Jasmani : Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani, Cara Melatih,  dan Juga  Manfaatnya

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani –  Pada kesempatan kali ini admin akan membahas sebuah materi mengenai unsur – unsur kebugaran jasmani , cara ,melatih dan juga manfaatnya. Seperti yang telah kita ketahui  kesehatan dan kebugaran adalah  faktor yang sangat penting. Menjaga kesehatan dan  juga kebugaran tubuh merupakan  kunci utama  bagi kita, sebagai manusia, mampu melaksanakan berbagai macam tugas dan  juga pekerjaan.

Terdapat  banyak hal yang terhambat atau bahkan tidak  bisa  di lakukan jika  kita mengalami  jatuh sakit. Menjaga kebugaran jasmani adalah sebuah  kebutuhan yang wajib untuk  dipenuhi oleh kita, sebagai manusia. Berbagai manfaat  juga tentunya akan diperoleh dengan menjaga hal tersebut.

Dalam menjaga kebugaran jasmani,  terdapat  setidaknya 10 unsur yang sebaiknya  dipenuhi. Adapun unsur – unsur kebugaran jasmani tersebut adalah  suatu  hal yang jika  kita dapat  memenuhinya,  maka tubuh kita akan dijamin mampu  meraih  apa yang disebut dengan bugar. Berikut ini adalah unsur – unsur dalam kebugaran jasmani .

Unsur Kebugaran Jasmani

Berikut ini adalah unsur – unsur yang terdapat dalam kebugaran jasmani :

Speed

Speed   dalam bahasa indonesia  disebut dengan kecepatan. Kecepatan  dapat di artikan sebagai kemampuan seseorang untuk menjalankan gerakan tertentu pada jarak  dan waktu yang singkat. Kecepatan  dapat  di hitung seperti halnya saat kita belajar fisika. Dalam arti rumus fisika tersebut yang dimaksud dengan kecepatan adalah   lamanya seseorang  dalam melakukan gerakan secara kontinyu guna  mencapai tujuan tertentu. Tujuan tersebut  dapat diartikan sebagai banyak hal seperti jarak, jumlah, dan  yang lain sebagainya.

Baca Juga  Lompat Jauh Gaya Jongkok : Tata Cara Melakukan Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok Yang Benar

Ada banyak olahraga yang memiliki  unsur kecepatan di dalamnya.  Salah satunya adalah olahraga lari. Dalam kegiatan berolahraga, terdapat  3 jenis kegiatan untuk mengukur kecepatan. Yang pertama adalah kecepatan dalam bereaksi, kecepatan dalam bergerak,  dan juga  kecepatan dalam melakukan sprint.

Dalam olahraga kaitannya dengan kecepatan, terdapat  beberapa faktor yang mempengaruhinya. Adapun faktor – faktor tersebut  adalah sebagai berikut :

  • Kecepatan tubuh dalam bereaksi
  • Teknik untuk melakukan kegiatan cepat
  • Faktor keturunan
  • Ketahanan tubuh terhadap gangguan luar
  • Elastisitas atau kelenturan otot
  • Kemauan dan  daya konsentrasi

Keturunan hanyalah  merupakan satu dari banyak faktor yang  bisa mempengaruhi kecepatan. Latihan adalah faktor yang sangat penting untuk di lakukan bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kecepatan. Untuk meningkatkan kecepatan tubuh , kita  bisa   melatihnya dengan melakukan olahraga rutin jenis lari pendek dengan jarak 40 m hingga  dengan 60 m dan lari menaiki bukit atau tangga.

Strength

Kekuatan  merupakan  bagian dari unsur – unsur kebugaran jasmani,  Kekuatan memegang peranan  yang penting dalam kebugaran. Kekuatan  dapat diartikan sebagai suatu kondisi yangmana tubuh  bisa  menggunakan otot yang ada secara maksimal ketika  melakukan sebuah aktivitas atau kegiatan  fisik. Dalam olahraga, kekuatan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Dengan mempunyai  tenaga yang tepat, maka kita  bisa  terhindar dari terjadinya cedera dan juga dapat melakukan gerakan secara maksimal sesuai dengan  apa yang diharapkan.

Dengan melakukan olahraga secara rutin,  maka kekuatan  di dalam tubuh akan  dapat meningkat.  Anda  dapat   melakukan beberapa latihan olahraga antara lain seperti  push up, angkat beban, squat, back up dan sit up. Gerakan tersebut  dapat melatih kekuatan beberapa otot yang berbeda.

Endurance

Endurance atau daya tahan   adalah   suatu kemampuan yang dimiliki oleh  seseorang dalam hal melakukan kegiatan olahraga  secara berulang dengan durasi tertentu  dan  tempo berbeda – beda dengan cara yang efektif, efisien,  dan juga   tidak merasakan kesakitan ataupun kelelahan.

Baca Juga  Narkoba : Pengertian Narkoba Dan Bahaya Narkoba Untuk Kesehatan

Daya tahan  dapat  dilatih dengan cara melakukan kegiatan olahraga yang ringan seperti  jogging dengan waktu, jarak,  dan juga   gerakan yang konsisten dan juga  teratur setiap harinya.

Flexibility

 Flexibility dapat   di artikan sebagai kelenturan atau keluwesan dalam menggerakan otot terutama otot – otot yang berada di  bagian persendian. Kelenturan merupakan  suatu hal yang  dapat  mendukung banyak kegiatan olahraga. Dengan memiliki kelenturan yang baik, maka  gerak refleks juga akan semakin baik.   Selain  itu, kelenturan juga mampu  mengurangi tingkat terjadinya cedera pada saat  melakukan aktivitas atau kegiatan  olahraga. Anda  dapat  melatih kelenturan dengan melakukan kegiatan olahraga seperti yoga, senam, dan  juga renang.

Agility

Agility atau  kelincahan ,  adalah  yang tidak boleh di tinggalkan dalam peningkatan kebugaran jasmani. Kelincahan yang dimaksud adalah kemampuan  dari seseorang untuk mengendalikan tubuh dalam menyesuaikan diri terhadap satu gerakan ke gerakan yang lainnya dengan cepat seperti  dari kiri ke kanan atau depan ke belakang. Olahraga yang berbentuk permainan seperti badminton dan juga  sepak bola sangat membutuhkan  unsur kebugaran jasmani satu ini. Latihan yang  dapat  dilakukan untuk membuat kelincahan semakin meningkat seperti  lari zig – zag dan juga  turun naik tangga.

Accuracy

Ketepatan atau accuracy merupakan sebuah   kemampuan dari tubuh seseorang untuk mengendalikan suatu gerakan pada sasaran atau tujuan.  Seperti  kemampuan dalam  menggerakan bola yang  sesuai dengan arah yang di inginkan atau menggerakan shuttle cock dengan tujuan tertentu serta   dengan kecepatan tertentu. Kegiatan olahraga yang sangat memerlukan  ketepatan  seperti  olahraga menembak, panahan, bowling, billiard, dan juga  olahraga  yang sejenisnya. Latihan keakuratan atau ketepatan  dapat  di lakukan dengan melakukan olahraga yang melatih fokus.

Baca Juga  √ Renang Gaya Bebas   : Pengertian, Teknik Dasar, Sejarah, Beserta  Manfaatnya

Muscular Power

Muscular  Power atau daya otot. Daya otot yang dimaksud  disini  adalah  yaitu kemampuan seseorang dalam menaikan kekuatan hingga pada  tingkatan maksimal dalam rentang waktu yang sesingkat mungkin. Olahraga yang dapat  di lakukan  dalam  melatih unsur kebugaran jasmani ini adalah front jump, vertical jump,  dan side jump.

Reaction

Reaction atau reaksi adalah  bagian dari unsur – unsur kebugaran jasmani. Reaksi adalah  suatu kemampuan dalam  tubuh seseorang untuk memberikan tanggapan dengan bergerak sesuai dengan rangsangan yang di berikan. Kecepatan  dan juga  ketepatan reaksi sangat dibutuhkan  untuk berbagai jenis olahraga termasuk olahraga permainan atau olahraga atletik. Latihan yang dapat   dilakukan seperti  tangkap bola, dan yang  lain  sebagainya.

Coordination

Coordination atau koordinasi  adalah suatu kondisi yang mana tubuh  bisa  melakukan beberapa gerakan yang  berbeda dalam satu kesatuan secara  efektif dan juga efisien. Supaya  dapat melakukan unsur koordinasi ini, maka  kita memerlukan  satu unsur lagi, yaitu konsentrasi. Tanpa konsentrasi,  maka gerakan koordinasi  dapat   kacau balau.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Kebugaran Jasmani : Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani, Cara Melatih, dan Juga Manfaatnya semoga bermanfaat dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.