Tips Sehat Dan Sederhana Ketika Berpuasa Agar Tidak Loyo

Posted on

Tips Sehat Dan Sederhana Ketika Berpuasa Agar Tidak Loyo

Tips sehat saat puasa – puasa di bulan ramadhan membawa banyak risiko dehidrasi karena tidak makan dan minum yang di mulai sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Kemudian, orang yang menjalani puasa akan didorong untuk bangun pagi sekali menjalankan sahur yang kadang mungkin jarang dilakukan bangun sepagi ini. kurangnya tidur sebab di bangunkan untuk sahur dan juga dehidrasi inilah yang menyebabkan kepala sakit. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tips sehat saat puasa. Puasa sehat adalah puasa seseorang sedang menjalani ibadah puasa dengan mengkonsumsi jenis makanan tepat dan juga dengan jumlah yang tepat pula. Berikut ini adalah sejumlah tips sehat saat puasa, antara lain :

Jangan melewatkan sahur

Pepatah menyatakan bahwa “sarapan adalah makan yang terpenting”. Selama di bulan ramadhan, kita identik sahur dengan sarapan karena hal ini adalah modal awal pada saat sebelum menjalankan aktivitas fisik harian, jadi hal ini penting dilakukan.

Baca Juga :  √ Pengertian Ibadah Dalam Islam

Minum cukup air

Hidrasi adalah hal paling penting yang perlu diatasi di dalam puasa ramadhan. Sebelum dan setelah ketika berpuasa, ingatlah untuk segera minum air dengan jumlah besar. Kebutuhan akan hidrasi dalam tubuh minimal ialah 1,5 liter dalam sehari yang tidak dapat ditawar.

Pola makan yang sehat

Lebih baik kalian terapkan untuk pola diet sehat di waktu berbuka puasa. Jangan berlebihan pada saat memakan makanan yang manis – manis misalnya kurma, hal ini malah akan mampu mengisi ulang energi secara cepat.

Makan secukupnya

Makanan yang berlebihan ini selain bisa mengganggu metabolisme pada tubuh justru malah akan mengakibatkan ngantuk dan juga akan mengganggu pada saat shalat tarawih. Buka puasa sebaiknya tidak di identikan dengan makan makanan yang berlebih.

Proposional dalam berbuka puasa

Hindari kebiasaan dengan berbuka dalam porsi yang besar. Mulailah dengan makan sup, kolak ataupun makanan pembuka lainnya dan juga berhentilah sejenak pada saat sebelum kalian makan makanan yang besar.

Pola sehat makan sahur

Pada ketika sahur, kalian harus makan makanan buah – buahan yang mengandung banyak vitaminnya dan juga sumber karbohidrat misalnya seperti nasi dan juga ubi-ubian yang dapat bertahan hingga berbuka puasa. Usahakan untuk menyantap sahur pada saat mendekati waktu imsak.

Tetap makan dalam sehari 3 kali

Meskipun puasa ini di mulai sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, seharusnya kalian tetap makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Pertama pada saat sahur, kedua ketika kalian berbuka dan ketiga adalah sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka. Hal ini bertujuan untuk menjaga gizi tubuh kalian.

Tidur di awal siang dan juga hindari dari sinar matahari

Apabila situasi yang memungkinkan, maka tidurlah sesaat ketika siang hari untuk mengumpulkan energi dan juga hindari sinar matahari untuk mencegah dehidrasi.

Baca Juga :  √ Puasa : Pengertian, Manfaat dan Macam-macam Puasa

Kurangi pemakaian tenaga fisik

Khususnya untuk para atlet harusnya lebih ekstra dalam berolahraga serta berhati hati jangan terlalu keras pada saat puasa di bulan ramadhan. Apabila ingin berolahraga, maka lakukanlah dengan tidak intensif pada sore hari sebelum kalian berbuka.

Khusus penderita diabetes ada tipsnya

Monitor gula darah kalian serta jaga tubuh kalian terhadap dehidrasi dan juga ingat untuk tidak makan dengan yang manis -manis yang tidak ada saran dari medis.

Orang yang lemah fisiknya

Secara umum, orang yang dalam kondisi lemah fisiknya ini tidak di wajibkan melakukan puasa. Misalnya seperti ibu hamil maupun menyusui, lansia, penyakit jantung, penyakit asma dan juga pasien hipertensi. Akan tetapi, apabila tetap menjalankan puasa, maka disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika sedang merasakan tanda tanda dari gangguan kesehatan. Coba kalian untuk pergi di dokter pada saat sebelum dan sesudah ramadhan.

Janganlah menghentikan pengobatan yang tidak ada nasihat dari tim medis

Apabila kalian sedang pada masa pengobatan, maka coba kalian minta saran pada dokter ataupun ustadz karena kalian tidak perlu menjalankan ibadah puasa selama bulan ramadhan jika hal ini dapat membawa resiko yang dapat membahayakan kesehatan kalian.

Membatalkan puasa ketika kalian sedang dalam masalah kesehatan

Jika kalian sedang terjadi masalah medis selama satu hari dan tidak bisa pulih secara cepat, maka kemungkinan seharusnya kalian tidak berpuasa satu hari saja atau beberapa hari. Kalian dapat menggantinya dengan hari lain yang mana kalian tidak berpuasa dapat diganti pada saat sebelum di bulan ramadhan berikutnya. Kesehatan ini harus dijaga.

Kurangilah makan gorengan, tinggi gula dan asin

Ketika tidak makan dan minum, maka pertahankan prinsip pola makan yang sehat. Sehingga kurangilah untuk makan makanan yang mengandung banyak lemak, seperti gorengan serta jangan yang terlalu manis manis.

Baca Juga :  Ilmu Kalam : Pengertian Menurut Para Ahli Beserta Ruang Lingkupnya

Ramadhan ini adalah bulan yang suci bagi kita umat islam, yaitu jatuh di bulan kesembilan pada kalender hijriah. Ramadhan adalah pada waktu muslim akan di dorong untuk melatih diri, dan juga termasuk puasa yang menahan diri dari hawa nafsu makan dan minum yang di mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Demikianlah Tips Sehat Dan Sederhana Ketika Berpuasa Agar Tidak Loyo semoga bermanfaat dan terimakasih untuk kunjungannya.