√ Struktur organisasi ASEAN

Posted on

√ Struktur organisasi ASEAN

Struktur Organisasi ASEAN – ASEAN adalah sebuah organisasi internasional dalam lingkup regional. Dalam menjalankan kegiatan atau aktivitasnya , ASEAN mempunyai struktur organisasi ASEAN yang berdasarkan pada Deklarasi Bangkok. Nah, dalam pembahasan materi kita kali ini, admin akan membahas mengenai struktur oraganisasi ASEAN yang akan dijelaskan secara lengkap, langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Struktur Organisasai ASEAN

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)

Otoritas atau kekuasaan tertinggi dalam ASEAN merupakan  Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT ) ASEAN yang merupakan suatu pertemuan kepala negara dan juga  pemerintahan Negara – negara anggota ASEAN. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di selenggarakan  untuk menentukan arah kerjasama ASEAN.

Sidang Tahunan Menteri Luar Negeri

Sidang tahunan menteri luar negeri memiliki  peran serta  tanggung jawab untuk merumuskan garis kebijaksanaan serta  koordinasi kegiatan – kegiatan ASEAN. Sidang tahunan ini juga memeriksa tentang implikasi – implikasi politis atas keputusan ASEAN.

Sidang Tahunan Menteri Ekonomi

Sidang tahunan menteri ekonomi adalah  badan tertinggi dalam menentukan kebijakan dalam kerjasama ekonomi ASEAN. Sidang ini biasanya di adakan setahun sekali.

Sidang Tahunan Menteri Non – ekonomi

Selain  sidang para menteri ekonomi masih terdapat juga  sidang – sidang menteri non – ekonomi, antara lain menteri pertanian dan menteri kehutanan. Menteri energi, menteri tenaga kerja, menteri pendidikan , menteri penerangan dan menteri lingkungan hidup.

Baca Juga  Fungsi MPR : Pengertian, Tugas, Wewenang, Hak Dan Kewajibannya

Panitia Tetap

Selama masa  kegiatan selama setahun yang di lakukan oleh menteri luar negeri menjadi tanggung jawab dari panitia tetap ASEAN. Ketua panitia tetap ASEAN secara bergilir di jabar oleh menteri luar negeri salah satu negara anggota ASEAN.

 

Komite – komite

Kegiatan – kegiatan nyata dari ASEAN di laksanakan oleh komite – komite. Terdapat  dua macam komite, yaitu komite ekonomi, dan komite non – ekonomi. Komite ekonomi antara lain, komite keuangan dan perbankan, pertanian dan kehutanan, komite perdagangan dan pariwisata , komite perhubungan dan komunikasi , komite pangan ,komite industri mineral dan energi. Komite – komite non – ekonomi antara lain, komite penerangan dan kebudayaan, komite ilmu pengetahuan, dan teknologi, dan  komite pembangunan sosial.

Sekretariat ASEAN

Sekretariat ASEAN ada dua macam, yaitu sekretariat tetap ASEAN dan sekretariat Nasional ASEAN. Sekretariat tetap ASEAN di pimpin oleh seorang Sekretaris Jendral ( Sekjend ) yang  berkedudukan di Jakarta. Sekjend di pilih secara bergilir oleh masing – masing anggota ASEAN. Tugas  dari Sekretariat Nasional ASEAN adalah untuk  melaksanakan tugas ASEAN atas berdasarkan nama negara masing – masing dan juga  melayani Sidang Tahunan atau Sidang Khusus untuk para menteri Luar Negeri. Sidang – sidang Panitia Tetap dan juga Komite – komite ASEAN.

Itulah di atas ulasan serta penjelasan lengkap mengenai √ Struktur organisasi ASEAN Semoga dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan serta ilmu pengetahuan untuk kalian semua, terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa simak terus artikel dari Teks.co.id