√ Radioaktif :  Pengertian , Jenis, Sifat, Manfaat  dan  Efek  Bagi Kesehatan

Posted on

√ Radioaktif :  Pengertian , Jenis, Sifat, Manfaat  dan  Efek  Bagi Kesehatan

Pengertian Radioaktif – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Radioaktif yang meliputi pengertian , jenis , sifat , manfaat dan juga efeknya untuk kesehatan . Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini .

Pengertian Radioaktif

Radioaktif  adalah  unsur yang secara tiba – tiba memancarkan radiasi. Unsur – unsur ini seringkali mempunyai  nomor atom di atas 83, contohnya adalah Uranium dengan nomor atom 92.

Pemanfaatan material radioaktif, yang secara spesifik radiasi radioaktif yaitu berdasarkan pada  kemampuan radiasi memunculkan perubahan diantaranya dapat  mengionkan nuklida atau molekul, memutuskan ikatan di antara atom sehingga di hasilkan radikal – radikal bebas, terbuatnya nuklida atau nukleon menjadi radiaoaktif akan melepaskan beberapa energi panas.

Untuk dapat  memanfaatkan dengan efektif dan efisien terlebih dahulu perlu  melakukan identifikasi untuk mengetahui jenis dan juga  jumlah radiasi yang akan digunakan . Hal tersebut penting dilakukan karena masing – masing jenis radiasi memiliki  sifat yang berbeda atau khas sehingga untuk menemukan keberadaannya baik dalam jenis dan jumlah radiasinya, juga penting menggunakan  cara dan teknik yang khas juga untuk masing – masing jenis radiasi. Peluruhan radioaktif terjadi dalam tiga jenis yaitu peluruhan alpha, beta dan gamma dengan simbol huruf pertama dari alfabet Yunani. Peluruhan radioaktif terdapat  pada inti atom yang tidak stabil yaitu  yang tidak memiliki  energi ikat yang cukup untuk menahan inti bersama – sama karena kelebihan baik proton atau neutron.

Baca Juga :  Sampah : Pengertian Sampah Organik dan Anorganik Beserta Contohnya

Radiasi gamma adalah  yang paling kuat dari ketiganya dan akan dapat  menembus beberapa sentimeter dari timah. Partikel beta akan terserap oleh beberapa milimeter dari alumunium sedangkan partikel alpha akan terhenti jejak mereka apabila  telah  beberapa sentimeter di udara atau selembar kertas.

Jenis – jenis Sinar Radioaktif

Berikut ini adalah jenis – jenis dari sinar radioaktif :

Sinar Alpha

  • Sinar alpha tersusun atas inti helium yang di dalamnya mengandung 2 proton dan 2 neutron
  • Ditemukan pada tahun 1903 oleh Ernest Rutherford ( 1871 – 1973 )
  • Muatannya positif, sehingga dapat membelok ke arah kutub negatif dalam medan positif
  • Daya ionisasi tinggi, akan tetapi daya tembus terhadap suatu benda rendah
  • Daya tembus kecil, sinar a hanya mempunyai daya jangkau 2,8 hingga  8,5 cm dalam udara dan dapat  di tahan oleh selembar kertas biasa.

Sinar Beta

  • Sinar beta tersusun atas elektron – elektron yang geraknya cepat
  • Ditemukan pada tahun 1903 oleh Ernest Rutherford ( 1871 – 1973 )
  • Muatannya negatif, sehingga di dalam medan listik membelok ke kutub yang positif
  • Daya tembus lebih besar di bandingkan sinar alpha, sinar beta dapat  menembus lempeng alumunium yang tebal
  • Dapat mengionkan benda – benda yang dilewati

Sinar Gamma

Sinar gamma adalah gelombang elektromagnetik, yang serupa dengan jenis sinar C tetapi mempunyai  panjang gelombang yang sangat pendek dengan panjang 1 – 10 – 3

  • Ditemukan oleh Paul Ultich Villard
  • Tidak mempunyai muatan listrik, karenanya tidak dapat  di belokkan oleh medan magnet atau listrik
  • Daya tembus sangat besar dan hanya dapat di tahan oleh selapis baja atau beton
  • Dapat mengionkan materi yang dilewati, akan  tetapi tidak sekuat sinar alpha atau beta
Baca Juga :  √ Orde Laju Reaksi : Pengertian, Rumus,  Dan Faktor Yang Memengaruhi

Sifaf – Sifat Sinar Radioaktif

  • Mempunyai daya tembus yang besar
  • Dapat mengionkan gas
  • Dapat berpendar ( berflouresense ) apabila  jatuh pada permukaan zat yang berlapis seng sulfida ( ZnS ) atau seng blende.

Manfaat Radioaktif Untuk Bidang Pertanian

Adanya radioaktif dapat  di manfaatkan untuk bidang pertanian, antara lain sebagai berikut :

Memberantas Hama Dengan Teknik Jantan Mandul

Radiasi dapat  mengakibatkan efek biologis misalnya pada hama kubis, pada laboratorium dikembangbiakkan hama kubis dalam bentuk serta  jumlah yang banyak. Hama tersebut  kemudian diradiasi sehingga serangga jantan menjadi mandul. Selanjutnya  hama dilepas di area yang di serang hama.

Kemudian dengan dilepasnya hama pada area tersebut sehingga dapat  terjadi perkawinan antara hama setempat dengan jantan mandul yang dilepas, telur hasil perkawinan tersebut tidak akan menetas. Sehingga reproduksi hama tersebut  akan menjadi terganggu dan populasinya akan berkurang.

Pemuliaan Tanaman

Pemuliaan tanaman atau pembentukan bibit unggul dapat  di lakukan dengan memanfaatkan radiasi. Contohnya pemuliaan bibit padi, bibit padi di beri radiasi dengan dosis yang bervariasi dari dosis terkecil yang tidak membawa pengaruh hingga  dosis rendah yang mematikan. Biji yang sudah  diradiasi selanjutnya disemaikan dan ditanam secara berkelompok menurut ukuran dosis yang diberikan.

Menyimpan Makanan

Bahan makanan seperti kentang dan bawang jika  disimpan akan bertunas. Dengan radiasi dapat  menghambat pertumbuhan bahan – bahan tersebut menjadi tunas. Maka sebelum bahan tersebut disimpan akan diberi radiasi dengan dosis tertentu sehingga tidak akan bertunas dengan demikian dapat  di simpan dalam waktu yang lama.

Efek Radioaktif Untuk Kesehatan Manusia / Bahaya Radioaktif

Terdapat 2 efek kesehatan utama yang di sebabkan  oleh adanya radiasi yang dilakukan yaitu jangka pendek dan jangka panjang dan  jarak yang lebih pendek dan lebih besar. Radiasi dapat  mengakibatkan pada masalah kesehatan dengan membunuh sel – sel di dalam tubuh serta  jumlah dan  jenis kerusakan yang di akibatkan tergantung dari dosis radiasi yang diberikan dan waktu kapan dosis tersebar.

Baca Juga :  Pemuaian : Pengertian Dan Macam - Macam Pemuaian

Bahan radioaktif yang tersebar ke bagian tubuh yang lebih luas dapat  menyebabkan efek kesehatan jangkan panjang melalui eksposur yang lama, utamanya jika  bahan tersebut masuk melalui makanan, terhirup atau tertelan secara langsung. Isotop radioaktif yodium yang mengalami peluruhan beta dapat  menumpuk di kelenjar tiroid dan dapat mengakibatkan kanker tiroid.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Radioaktif : Pengertian , Jenis, Sifat, Manfaat dan Efek Bagi Kesehatan semoga materi yang dijelaskan dapat bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih..