√ Transpirasi : Pengertian , Proses, Macam , Faktor dan Mekanisme

Posted on

√ Transpirasi : Pengertian , Proses, Macam , Faktor dan Mekanisme

Transpirasi –  Pada artikel kali ini kita akan membahas sebuah materi mengenai Transpirasi yang meliputi pengertian transpirasi proses , macam dan juga faktor yang akan di bahas secara lengkap , langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Pengertian Transpirasi

Transpirasi adalah  suatu proses uap air yang  di bawa oleh tanaman dari akar dengan melalui pori – pori daun yang selanjutnya  berubah menjadi uap kemudian  di lepaskan ke atmosfer. Pada dasarnya tranpirasi adalah merupakan suatu proses pergerakan air pada tanaman yang kemudian menguap, proses penguapan nya terjadi pada bagian daun, batang ataupun bunga. Air dibutuhkan  oleh sebuah tumbuhan untuk tetap  dapat bertahan hidup akan tetapi  hanya sedikit air yang dapat  di ambil oleh akar yang di gunakan untuk pertumbuhan serta  metabolisme, sisanya 97 – 99,5% hilang oleh proses transpirasi dan juga gutasi.

Pada permukaan daun terdapat sebuah  pori – pori yang di sebut dengan  stomata serta sebagian besar tanaman memiliki  stomata yang terletak pada  bagian bawah daun. Pada stomata terdapat sel penjaga yang bisa membuka maupun menutup pori – pori. Pada pori – pori stomata inilah merupakan transpirasi pada tumbuhan terjadi. Akar dalam  tanaman berfungsi untuk menarik air dan juga  nutrisi yang di teruskan oleh  batang dan daun. Akan tetapi sebagian besar air tersebut di kembalikan ke udara dengan  melalui proses transpirasi. Tingkat transpirasi ini sangat bervariasi tergantung pada kondisi cuaca, seperti suhu, kelembaban, ketersediaan dan juga  intensitas sinar matahari, curah hujan dan  jenis tanah serta  saturasi, angin, kemiringan tanah, dan juga  ketersediaan air.

Baca Juga  Batang Otak (Brainstem) : Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Bagiannya

Macam – Macam Transpirasi

Transpirasi Kutikula

Traspirasi Kutiluka yaitu evaporasi air yang terjadi secara langsung dengan melalui kutikula epidermis, kutikula daun secara relatif tidak bisa di tembus oleh air dan juga  mayoritas dari  jenis tumbuhan yang melakukan transpirasi dengan  melalui kutikula hanya dalam jumlah yang sedikit.

Transpirasi Stomata

Yaitu evaporasi yang  terjadi  dengan melalui stomata. Air yang menguap melalui dinding – dinding basah mesofil menuju ke ruang antar sel, uap air kemudian  berdifusi dengan melalui stomata dari ruang antar sel ke atmosfer luar.

Fungsi Transpirasi

  • Menstabilkan suhu pada daun
  • Penyerapan serta pengangkutan air dan garam mineral
  • Membuang kelebihan air yang ada pada tumbuhan
  • Pengangkutan air ke daun dan difusi air antar sel

Faktor Yang Mempengaruhi Transpirasi

Suhu

Tingkat transpirasi akan naik seiring dengan  meningkatnya suhu, terutama selama musim pertumbuhan sedang berlangsung, pada saat  udara lebih hangat karena intensitas sinar matahari yang tinggi. Suhu yang lebih tinggi  juga akan menyebabkan sel – sel pada  tumbuhan yang mengendalikan stomata akan membuka, sedangkan apabila  pada musim dingin maka pori – pori akan menutup.

Jumlah Daun

Apabila suatu tumbuhan mempunyai  jumlah daun yang lebih banyak maka hal tersebut berarti bahwa  terdapat permukaan yang lebih besar dan juga  lebih banyak stomata untuk transpirasi. Hal tersebut akan membuat proses penguapan terjadi lebih banyak.

Jumlah Stomata

Jumlah stomata pada daun juga akan menentukan banyak atau tidaknya suatu tumbuhan melakukan transpirasi.

Ukuran Daun

Sebuah daun yang mempunyai  permukaan yang lebih besar maka  akan menyebabkan transpirasi terjadi dengan  lebih cepat di bandingkan dengan daun yang mempunyai  permukaan kecil.

Sinar Matahari

Baca Juga  √ Pengertian Hutan Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Fungsi - Jenis - Manfaat

Tingkat transpirasi di kendalikan oleh bukaan stomata, dan juga  pori – pori kecil ini terbuka terutama untuk melakukan proses fotosintesis. Pada dasarnya semakin tinggi intensitas sinar matahari maka akan mendorong stomata untuk terbuka serta  kecepatan transpirasi yang  akan semakin tinggi.

 

Kelembaban Udara

Udara yang basah dapat  menyebabkan proses transpirasi menjadi  terhambat sedangkan pada udara yang kering bisa  memperlancar proses terjadinya tranpirasi.

Angin

Angin dapat membantu mempercepat laju transpirasi dengan cara penyapuan uap air.

Air Tanah

Keadaan air tanah sangat mempengaruhi perkembangan sebuah tumbuhan, begitupun pada proses transpirasi hal tersebut sangat terpengaruh pada keadaan air tanahnya.

Tanaman mengatur proses transpirasi dengan  mengatur lubang stomata. Pada dasarnya tingkat transpirasi di pengaruhi oleh banyaknya  faktor yang telah di jelaskan sebelumnya, seperti suhu, kelembaban, pasokan tanah , sinar matahari dan faktor – faktor lainnya, dengan demikian maka tingkat transpirasi setiap tumbuhan akan berbeda – beda karena  tergantung pada  kondisi di lingkungan nya.

Mekanisme Transpirasi

Pada transpirasi selalu di awali dengan penguapan air oleh sel-sel mesofil ke rongga antar sel yang berada dalam daun. Yangmana  terdapat rongga antar sel jaringan bunga karang yang merupakan suatu rongga besar, sehingga mampu  menampung uap air dalam jumlah yang banyak. Terjadi nya penguapan air ke rongga antar sel yang  akan terus berlangsung selama rongga antar sel belum jenuh dengan uap air.

Sel – sel yang menguapkan air nya kerongga antar sel, tentunya  akan mengalami kekurangan air sehingga potensial air nya akan  menurun. Dalam kekurangan ini maka akan terus di isi oleh air yang berasal dari xilem tulang daun, yang selanjutnya  tulang daun akan menerima air dari batang dan batang menerima dari akar dan seterusnya.

Baca Juga  √ Pengertian Kingdom Animalia : Ciri , Klasifikasi , Dan Contoh

Uap air yang terkumpul pada  ronga antar sel akan tetap berada dalam rongga antar sel tersebut, selama stomata pada epidermis daun tidak membuka. Jika  stomata membuka, maka akan ada penghubung antara rongga antar sel dengan atmosfer jika  tekanan uap air di atmosfer tersebut  lebih rendah dari rongga antar sel maka uap air dari rongga antar sel tersebut akan keluar pada atmosfer dalam proses tersebut di sebut juga dengan  transpirasi. Jadi syarat utama dalam  berlangsungnya transpirasi adalah adanya penguapan air di dalam daun serta  terbukanya stomata.

Demikianlah di atas penjelasan mengenai √ Transpirasi : Pengertian , Proses, Macam , Faktor dan Mekanisme semoga mudah dimengerti , dan terimakasih untuk kunjungannya , dan juga jangan lupa  simak terus artikel dari kami.