Dribbling Bola Basket Adalah: Pengertian, Tujuan, Macam Dan Cara Melakukannya

Posted on

Dribbling Bola Basket Adalah – Dribbling adalah teknik yang dilakukan untuk membawa bola basket dengan cara memantul – mantulkan bola ke lantai  dengan menggunakan satu tangan ataupun  secara bergantian dan  dapat  dilakukan dengan berjalan  maupun  berlari.

Dribbling hanya boleh di lakukan dengan satu tangan atau  dapat juga  dilakukan dengan  cara bergantian tangan kanan dan kiri. Dribbling bertujuan untuk membawa bola ke  arah depan  dan  menghindari dari rebutan lawan. Dribbling biasanya di lakukan dengan posisi tubuh di antara bola dan lawan. Jadi  ketika  bola akan direbut oleh  lawan maka badan bisa  digunakan untuk menghalangi rebutan.

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai Dribbling dalam permainan bola basket , untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah di pahami

Pengertian Dribbling

“Dribbling” adalah istilah yang sering digunakan dalam berbagai olahraga, terutama dalam sepak bola (soccer), bola basket, dan hoki. Pengertian dribbling dapat sedikit bervariasi tergantung pada olahraga yang dimaksud, tetapi secara umum, dribbling merujuk pada keterampilan mengendalikan bola dengan menggunakan kaki atau tangan untuk melewati lawan atau bergerak melalui pertahanan lawan.

Berikut adalah pengertian dribbling dalam beberapa olahraga tertentu:

  • Sepak Bola (Soccer): Dribbling dalam sepak bola merujuk pada keterampilan mengontrol dan membawa bola menggunakan kaki. Pemain dapat melakukan dribbling untuk menghindari pemain lawan dan mempertahankan posisi bola, sehingga menciptakan peluang untuk melewati atau mencetak gol.
  • Bola Basket: Dribbling dalam bola basket adalah keterampilan mengendalikan bola menggunakan tangan, terutama dengan bantuan jari-jari dan telapak tangan. Pemain bola basket melakukan dribbling saat bergerak di lapangan untuk menghindari lawan dan mencari peluang menembak atau memberikan umpan.
  • Hoki: Dribbling dalam hoki merujuk pada keterampilan mengendalikan bola atau puck dengan menggunakan stick. Pemain hoki melakukan dribbling untuk melewati pemain lawan dan menciptakan peluang untuk mencetak gol atau memberikan assist.

Dalam semua olahraga ini, dribbling adalah aspek penting dari keterampilan individu pemain dan memungkinkan mereka untuk tetap mengendalikan bola atau puck bahkan ketika berhadapan dengan tekanan dari pemain lawan.

Tujuan Dribbling

Tujuan dari melakukan dribbling dalam berbagai olahraga, seperti sepak bola, bola basket, dan hoki, adalah untuk mengendalikan bola atau puck dan memanfaatkannya secara efektif untuk mencapai berbagai tujuan. Berikut adalah beberapa tujuan utama dari melakukan dribbling:

  • Menghindari Pemain Lawan
    Pemain melakukan dribbling untuk melewati atau menghindari pemain lawan yang berusaha merebut bola. Dengan mengendalikan bola dengan baik, pemain dapat mempertahankan posisi dan keuntungan dalam pertandingan.
  • Membuka Ruang
    Dribbling dapat digunakan untuk membuka ruang di antara pemain lawan. Dengan menggerakkan bola secara cerdas, pemain dapat menciptakan celah atau kesempatan untuk melepas tembakan atau memberikan umpan kepada rekan satu tim.
  • Menggiring Bola ke Area Berbahaya
    Dalam beberapa olahraga, seperti sepak bola, dribbling digunakan untuk membawa bola ke area lawan yang lebih berbahaya. Pemain berusaha untuk melewati pertahanan lawan dan mendekati gawang untuk menciptakan peluang mencetak gol.
  • Memperpanjang Serangan
    Dribbling dapat memperpanjang serangan tim. Pemain yang mahir dalam dribbling dapat membawa bola jauh ke depan lapangan atau lapangan lawan, menciptakan peluang serangan yang lebih baik.
  • Membuat Peluang Gol
    Dribbling dapat digunakan untuk menciptakan peluang gol. Dengan menggiring bola melewati pemain lawan atau mengelabui penjaga gawang, pemain dapat menciptakan peluang tembakan yang baik.
  • Membuat Taktik Tim Lebih Fleksibel
    Dribbling memberikan fleksibilitas taktis kepada tim. Pemain yang dapat mengendalikan bola dengan baik dapat membuat keputusan cepat dan menyesuaikan permainan berdasarkan situasi lapangan.
Baca Juga :  Lari Jarak Menengah: Pengertian, Sejarah, Teknik, Nomor, Peraturan Dan Manfaatnya

Penting untuk diingat bahwa tujuan dribbling dapat bervariasi tergantung pada konteks olahraga yang dimainkan dan strategi tim yang diadopsi. Dalam semua kasus, keterampilan dribbling yang baik adalah aset penting bagi pemain dan tim untuk meraih kesuksesan dalam pertandingan.

Macam-Macam Dribbling Dalam Permainan Bola Basket

Dalam permainan bola basket, terdapat beberapa macam dribbling yang dapat digunakan oleh pemain untuk menggiring bola melewati lawan atau melindungi bola. Beberapa jenis dribbling yang umum digunakan dalam bola basket meliputi:

  • Dribbling Sederhana (Basic Dribble)
    Ini adalah tipe dribbling yang paling dasar, di mana pemain menggunakan satu tangan untuk menggiring bola. Dribbling sederhana digunakan untuk bergerak maju atau menjauhi lawan dengan cara yang efisien.
  • Crossover Dribble
    Dalam crossover dribble, pemain membawa bola dari satu tangan ke tangan lainnya di depan tubuh. Ini adalah teknik yang efektif untuk melewati pemain lawan dengan cepat.
  • Behind-the-Back Dribble
    Pada behind-the-back dribble, pemain membawa bola di belakang punggung dengan cepat untuk mengelabui lawan. Teknik ini dapat menciptakan kejutan dan menghasilkan gerakan yang sulit diantisipasi.
  • Spin Dribble
    Spin dribble melibatkan pemutaran cepat tubuh pemain sambil membawa bola bersama. Ini membantu pemain untuk mengatasi tekanan dari pemain lawan dan bergerak ke arah yang berbeda.
  • In-and-Out Dribble
    In-and-out dribble melibatkan gerakan tangan yang membuat lawan percaya bahwa pemain akan mengarahkan bola ke satu arah, tetapi kemudian bola diubah arah secara tiba-tiba. Ini dapat membuka ruang untuk melewati lawan.
  • Double Crossover Dribble
    Double crossover adalah variasi dari crossover dribble, di mana pemain melakukan dua perpindahan cepat dari satu tangan ke tangan lainnya untuk mengelabui lawan secara lebih intens.
  • Hesitation Dribble
    Pada hesitation dribble, pemain menggunakan gerakan yang tidak terduga untuk menunda atau memperlambat dribbling sebelum melanjutkannya dengan cepat. Ini dapat membingungkan lawan dan menciptakan peluang untuk melewati mereka.
  • Between-the-Legs Dribble
    Pada between-the-legs dribble, pemain membawa bola di antara kaki mereka, menciptakan gerakan yang halus dan efisien untuk menghindari pemain lawan.
Baca Juga :  Renang Gaya Punggung : Pengertian, Sejarah, Beserta Teknik Dasarnya

Pemain bola basket yang mahir menggunakan berbagai jenis dribbling ini dapat menjadi lebih fleksibel dalam mengatasi tekanan lawan dan menciptakan peluang serangan. Keterampilan dribbling yang baik juga dapat membantu pemain menjaga kontrol bola saat bergerak di lapangan.

Cara Melakukan Dribbling

Dribbling merupakan salah satu  teknik yang wajib dikuasai oleh semua  para pemain bola basket. Untuk   dapat  menguasai teknik dribbling dengan benar  maka pemain  harus  memahami tata cara dalam  melakukan dribbling yang benar.

Berikut adalah beberapa panduan umum tentang cara melaksanakan dribbling dalam permainan bola basket. Dribbling melibatkan penggunaan tangan dan teknik tubuh yang benar untuk mengendalikan bola saat bergerak di lapangan:

  • Posisi Tubuh yang Baik
    Pastikan posisi tubuh Anda rendah dengan lutut sedikit ditekuk. Ini memberikan stabilitas dan keseimbangan saat melakukan dribbling.
  • Pegang Bola dengan Jari-Jari
    Gunakan ujung jari-jari Anda untuk menggenggam bola, bukan telapak tangan. Ini memberikan kontrol yang lebih baik dan memungkinkan Anda bergerak dengan lebih cepat.
  • Pergantian Berat Badan
    Pergantian berat badan yang cepat dan tepat membantu Anda untuk memindahkan bola ke arah yang diinginkan dengan lebih efektif. Ketika Anda menggiring bola ke depan, pindahkan berat badan dari satu kaki ke kaki yang lain secara lincah.
  • Gunakan Lengan Secara Efisien
    Lindungi bola dengan lengan dan tubuh Anda. Elakkan pemain lawan untuk mencuri bola dengan menjaga lengan luar di antara bola dan lawan.
  • Pandang ke Depan
    Selalu perhatikan permainan di depan Anda. Jangan terlalu fokus pada bola. Ini membantu Anda mengantisipasi gerakan lawan dan membuat keputusan yang lebih baik.
  • Variasi Dribbling
    Kombinasikan berbagai teknik dribbling seperti crossover, behind-the-back, atau spin dribble untuk membuat permainan Anda lebih efektif dan sulit diprediksi oleh lawan.
  • Latihan Percepatan dan Perlambatan
    Latih kemampuan Anda untuk mempercepat dan memperlambat dribbling. Ini dapat membantu Anda mengontrol ritme permainan dan mengecoh pemain lawan.
  • Praktikkan di Kedua Tangan
    Jangan hanya mengandalkan satu tangan. Latih dribbling dengan kedua tangan untuk meningkatkan keterampilan dan fleksibilitas Anda di lapangan.
  • Reaksi Cepat
    Dribbling efektif memerlukan reaksi yang cepat terhadap perubahan kondisi di lapangan. Latihan reaksi dan kecepatan untuk meningkatkan kelincahan Anda.
  • Pola Latihan
    Buat pola latihan yang mencakup berbagai gerakan dribbling untuk meningkatkan keterampilan Anda secara keseluruhan.
  • Pertahankan Kendali
    Kendalikan kecepatan dan intensitas dribbling Anda. Jangan terlalu terburu-buru sehingga kehilangan kendali bola.
Baca Juga :  Gerak Manipulatif Adalah : Pengertian, Contoh Dan Cara Melatihnya

Selalu ingat bahwa keterampilan dribbling yang baik memerlukan latihan yang konsisten. Lakukan latihan secara teratur untuk memperbaiki teknik dan membangun kepercayaan diri dalam mengendalikan bola saat bermain bola basket.

Kesimpulan

Teknik dribbling di dalam bola basket sangatlah penting.  Akan tetapi   dribbling secara berlebihan juga tidak baik. Karena dribbling yang berlebihan  bisa membuat teman tim  yang lainnya di hadang oleh lawan karena tidak bergerak  dan  bola  bisa direbut. Terlalu banyak dribbling akan  menunjukkan bahwa tim kurang dalam  hal kerja sama serta  akan menguras stamina dengan cepat.

Demikianlah pembahasan mengenai Dribbling Bola Basket yang sudah dijelaskan di atas. Semoga mudah untuk di pahami dan juga dapat bermanfaat untuk anda semua , sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya , oia jangan lupa juga simak artikel kamu yang lainnya ya , terimakasih dan salam olahraga .