Pengertian Tenaga Eksogen Beserta Dengan Jenis Dan Juga Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Tenaga Eksogen Beserta Dengan Jenis Dan Juga Contohnya Lengkap

Tenaga Eksogen – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai tenaga eksogen yang mana akan meliputi pengertian , jenis beserta contohnya. Langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami.

Pengertian Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen merupakan suatu tenaga yang berasal dari luar bumi yang mempunyai sifat merusak permukaan bumi yang terbentuk dari tenaga endogen. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal atau bersumber dari angin , sinar matahari, air, gletser serta organisme yang akan dapat mengakibatkan terjadinya proses, sedimentasi, erosi denudasi dan pelapukan. Secara umum tenaga eksogen berasal dari tiga sumber yaitu sebagai berikut :

  • Makhluk hidup dalam bentuk jasad renik, tumbuh-tumbuhan, hewan dan juga manusia.
  • Atmosfer, merupakan suatu perubahan suhu dan angin
  • Air dalam bentuk aliran air, gelombang air laut yang menghempas, gletser, siraman air hujan dan yang lain sebagainya.

Contoh dari tenaga eksogen antara lain yaitu bukit yang tercipta dari tenaga endogen lalu terkikis oleh angin yang menjadikan bentuk bumi menjadi berubah.

Jenis-Jenis Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen terbagi menjadi beberapa klasifikasi antara lain sebagai berikut:

Pelapukan

Pelapukan merupakan suatu proses dimana terjadinya perusakan kulit bumi yang di sebabkan karena baik secara fisis, biologi maupun secara kimia.proses perusakan yang terjadi tersebut bisa di karenakan dalam bentuk alterasi atau perubahan komposisi material serta fragsinasi atau pemisahan kristal yang berasal dari larutan magma batuan ataupun material yang lainnya di dekat atau di atas permukaan bumi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti, perubahan suhu, terpapar unsur kimia yang dapat larut dalam air hujan, cuaca dan iklim, dan juga karena perbuatan manusia.

Baca Juga  Iklim : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Karakteristik - Unsur - Jenis - Sifat - Dampak Perubahan

Proses pelapukan akan berdampak pada komposisi tanah serta asal bentuknya batuan sedimen yang berada di dalam tanah. Bahkan lebih dari itu, proses pelapukan juga dapat mengakibatkan material yang pada awalnya besar hingga menjadi bagian – bagian yang lebih kecil lagi.

Menurut agen pelapukannya proses pelapukan dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut :

  • Pelapukan secara fisika ( Mekanis )
  • Pelapukan secara kimiawi
  • Pelapukan secara biologi

Erosi (Pengikisan)

Erosi adalah suatu peristiwa pengikisan padatan yang berupa tanah , sedimen , batuan dan yang lain sebagainya, karena transportasi air, angin, es serta hujan dan juga pengaruh dari gravitasi atau karena kegiatan mahkluk hidup. Proses erosi bisa mengakibatkan turunnya daya dukung tanah dan produktivitas tanah.

Serasa nyata , erosi merupakan suatu proses yang terjadi secara alami dan sangat baik untuk ekosistem. Namun sering kali kejadian erosi ini di perparah dengan adanya aktivitas atau kegiatan manusia dalam tata kelola lahan yang buruk dan juga adanya penggundulan dan kegiatan yang dapat merugikan lainnya.

Menurut penyebabnya erosi dibagi menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut:

  • Erosi oleh air ( Alasi )
  • Erosi oleh angin ( Deflasi )
  • Erosi oleh Es ( Eksarasi )
  • Erosi oleh gelombang laut ( Abrasi )
  • Korosi

Sedimentasi (Pengendapan)

Sedimentasi adalah suatu proses pengendapan yang berupa material batuan dengan proses gravitasi yang dapat terjadi di daratan, zona transisi atau garis pantai ataupun pada dasar laut karena terbawa oleh media air, angin ataupun es.

Pada saat terjadi pengikisan batuan yang merupakan hasil dari pelapukan, materialnya tersangkut oleh air ataupun angin yang menjadikan pada saat kekuatan yang berasal dari pengangkutan material batuan yang berkurang maka batuan tersebut akan mengendap pada wilayah alirannya.

Baca Juga  √ Pengertian Letak Geografis dan Letak Astronomis , Contoh dan Pengaruhnya

Tidak Cuma air atau angin saja, ternyata gletser juga mampu masuk dalam media yang mengangkut. Meskipun pergerakan dalam pengangkutan oleh gletser lebih lambat, namun daya pengangkutan yang dibawa sangat besar. Pengendapan yang terjadi pada dasar laut atau danau dapat menyebabkan dasar laut akan menjadi dangkal.

Menurut penyebabnya, sedimentasi (Pengendapan) dapat dibedakan menjadi beberapa macam antara lain yaitu sebagai berikut :

  • Sedimentasi Fluvial
  • Sedimentasi Marine
  • Sedimentasi Aeolis
  • Sedimentasi Glasial

                                                                      

Pergerakan Tanah atau Pergerakan Batu (MassWasting)

Pergerakan tanah atau batu adalah suatu perpindahan atau juga penghancuran pada massa batuan perpindahan dan atau penghancuran massa tanah atauyang terjadi secara besar-besaran hingga menuju pada tempat yang lebih rendah dari tempat asalnya. Tanah atau batuan yang pecah bergerak menuju ke arah yang lebih rendah yang di sebabkan karena adanya gaya gravitasi. Berdasarkan pada besar dan juga kecepatan batuan atau tanah yang bergerak tersebut, maka massawasting dapat di bedakan menjadi beberapa macam antara lain sebagai berikut :

  • Pergerakan Lambat ( Rayapan )
  • Pergerakan Cepat
  • Landslide

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Tenaga Eksogen Beserta Dengan Jenis Dan Juga Contohnya Lengkap semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk kunjungannya.